Table of Content

9 Contoh Ide Bisnis Digital Paling Menjanjikan dan Menguntungkan

Ingin mencoba bisnis digital? Berikut adalah beberapa ide bisnis digital yang potensial, menjanjikan keuntungan, dan bisa dilakukan dari rumah.

Contoh Ide Bisnis Digital Paling Menjanjikan- Transformasi digital memberikan banyak manfaat di berbagai aspek dan bidang. Bagi pelaku usaha, digitalisasi merupakan peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mendulang profit, maupun mempercepat pengembangan usahanya.

Salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan adalah di bidang digital. Hal ini cukup beralasan, karena transfromasi digital telah menyebabkan perubahan yang signifikan terhadap pola berbisnis dan perilaku berbelanja konsumen.

Dalam laporan yang disusun oleh SAP Center for Business Insight dan Oxford Economics, menyebutkan 80% eksekutif telah meningkatkan keuntungan dengan adanya transformasi digital, serta 85% mengalami peningkatan pangsa pasar.

Internet dan aplikasi digital yang ada saat ini tak pelak menjadi alat dan media yang ampuh bagi pelaku bisnis untuk mempromosikan usaha yang dimilikinya, serta membuat konten-konten unik yang berhubungan dengan produknya. Di lain sisi, konsumen dengan mudah bisa mengakses dan membeli produk lewat smartphone dari mana saja.

Ide e-commerce masih dianggap model bisnis digital yang potensial bagi pelaku bisnis untuk mendapatkan keuntungan dari internet. Namun perlu dipahami bahwa meskipun prospek e-commerce masih cukup cerah di 2023, kompetisi akan semakin berat karena pemilik bisnis besar juga berfokus pada e-commerce.

Bila kamu ingin menggeluti bisnis digital, tentu harus memiliki ide bisnis digital yang potensial untuk mendatangkan profit namun dengan pangsa pasar yang luas dan persaingan yang rendah.

Selain itu, banyak strategi bisnis digital yang harus dipahami agar bisnis bisa berkelanjutan. Tanpa melakukan analisis bisnis digital, usaha kamu akan sulit berkembang.

Baca juga: Cara Meningkatkan View Video Dengan iBooming

Apa Itu Bisnis Digital

ide bisnis digital

Bisnis digital sudah berkembang sejak tahun 1980'an seiring penggunaan komputer dan internet untuk pemasaran. Menggunakan konsep pemasaran online, digital marketing menjadi salah satu praktik promosi dan penjualan produk yang efektif.

Menurut O'Brien (2003), bisnis digital adalah praktik e-commerce, komunikasi, dan kolaborasi lintas perusahaan berbasis web dalam infrastruktur perusahaan untuk berhubungan dengan konsumen atau mitra bisnis memanfaatkan komputer, internet, dan teknologi informasi lainnya.

Potensi bisnis digital, saat ini sangat besar untuk dikembangkan. Dengan beragam aplikasi yang tersedia, setiap orang bisa memiliki usaha sendiri.

Cara memulai bisnis digital, juga relatif tidak sulit selama memiliki koneksi internet, memahami platform digital yang akan digunakan, bisa memetakan peluang dan strategi pengembangan usaha, serta memliki ide bisnis digital yang mudah dijalankan.

Memahami Peluang Bisnis Digital Saat Ini

Tahukah kamu, bila 8 persen dari semua penjualan ritel dilakukan secara online? The American Shipper melaporkan bahwa US$394 miliar atau setara dengan Rp5.990 triliun dihasilkan dari penjualan online.

Tren bisnis digital juga mengalami peningkatan sejak dunia dilanda pandemi Covid-19, dimana menurut survey satu dari setiap lima penjualan berlangsung secara online, yang pada akhir 2023 nilainya diperkirakan mencapai US$1,1 triliun atau setara dengan Rp16.727 triliun.

Ini bisa menjadi referensi bahwa peluang bisnis digital, akan terus mengalami pertumbuhan seiring meningkatnya jumlah pengguna internet dan aplikasi-aplikasi digital.

Potensi bisnis digital juga terbuka luas mengingat jumlah pengguna internet di Indonesia sangat banyak, yang menurut We Are Social per Januari 2023 mencapai 233 juta orang, atau 77% dari populasi (276,4 juta jiwa).

Ide Bisnis Digital Yang Menjanjikan di 2023-2024

Transformasi digital terbukti telah membantu pelaku bisnis mempertahankan kegiatan usahanya maupun membangun bisnis baru. Menurut Kominfo, perkembangan bisnis digital Indonesia dalam Indeks Sistem Wirausaha Digital Global (GIDES) berada di ranking 71. Namun pemanfaatan teknologi digital harus relevan dengan kebutuhan dan tujuan perusahaan itu sendiri.

Selain itu, agar bisa merumuskan strategi bisnis digital yang berkelanjutan, mendapatkan info bisnis terbaru sangat penting dilakukan. Dengan mengakses berita bisnis, kamu bisa mengantisipasi isu-isu bisnis yang berpengaruh terhadap pengembangan usaha milikmu.

Lalu apa ide bisnis digital yang menguntungkan saat ini? Bila kamu ingin membangun bisnis, atau mengembangkan usaha ke beberapa sektor, berikut adalah beberapa contoh ide bisnis digital yang menjanjikan hingga beberapa tahun mendatang.

Ritel Online

Salah satu ide bisnis digital terbaik untuk tahun 2023 yang mudah dijalankan dan menguntungkan yaitu membuka usaha ritel online. Kamu bisa berperan sebagai pemilik bisnis, pembuat, maupun reseller.

Prospek bisnis digital untuk ritel juga cukup cerah, karena ada banyak produk ritel yang bisa kamu jadikan ide bisnis digital yang menguntungkan. Mulai dari ritel sepatu denim, furniture, hingga produk berbahan organik seperti popok bayi dan selimut.

Untuk pemasaran dan penjualannya, kamu bisa membuat website toko online sendiri, maupun membuat lapak online di e-commerce.

Berjualan di E-Commerce

Membuka lapak di toko online adalah ide bisnis digital yang sedang tren beberapa tahun terakhir, seiring banyaknya platform e-commerce seperti Bukalapak dan Shopee yang menyediakan lapak bagi pemilik usaha berjualan.

E-commerce merupakan model bisnis berbasis internet tempat bertemunya pemilik usaha dan pelanggan, dimana pemilik usaha bisa membuka lapak sendiri dan pembeli bisa memilih barang sesuai kebutuhannya. E-commerce menyediakan fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik usaha menjual produknya, mulai dari etalase jualan, harga produk, hingga metode pembayaran yang diinginkan.

Peluang bisnis digital online shop memanfaatkan e-commerce ini sangat terbuka lebar bagi siapa saja, bahkan pemilik UMKM sekalipun. Salah satu tips bisnis digital yang bisa kamu terapkan agar lapak online di e-commerce tetap langgeng dan banyak pelanggannya, adalah pintar memanfaatkan peluang dan isu, terutama berkaitan dengan harga. Kamu juga bisa membuat konten-konten unik yang mengarah ke produk yang kamu jual di lapak e-commerce.

Jasa Pengiriman

Jasa pengiriman merupakan salah satu tren bisnis digital yang sedang naik daun saat ini. Hadirnya toko online dan e-commerce yang memiliki konsumen dari berbagai tempat di seluruh Indonesia maupun dunia, tentu membutuhkan jasa pengiriman barang agar produk pesanan tiba tepat waktu.

Sebagai catatan, pertumbuhan bisnis logistik di 2022 mencapai 15,79 persen karena meningkatnya perdagangan elektronik. Ini akan terus mengalami pertumbuhan karena bukan hanya produk elektronik saja yang harus dikirim, tapi juga semua produk yang dipajang di etalase e-commerce.

Peluang bisnis jasa pengiriman bisa kamu manfaatkan, mengingat banyak usaha logistik membutuhkan mitra pengiriman. Kamu bisa memulai bisnis pengiriman dengan terlebih dahulu menjadi agen. Menjadi agen logistik juga tidak butuh modal besar. Beberapa diantaranya menyediakan paket mulai dari Rp 300 ribuan.

Namun tentu saja kamu harus terlebih dahulu melakukan analisa kebutuhan, mulai dari armada, gudang penyimpanan, area pengiriman, sifat pengiriman (ekspress atau non ekspress), alat packing, dan tentu saja karyawan.

Food Delivery

Membuka bisnis food delivery juga bisa menjadi ide bisnis digital yang cocok untuk Anda, terlebih bila berdomisili di daerah. Maraknya usaha kuliner lokal dan bisnis franchise makanan ternama yang buka cabang di daerah menyebabkan tersedianya beragam pilihan kuliner yang bisa dipilih pelanggan.

Peluang bisnis digital jasa pengantaran pesanan makanan sangat terbuka luas, terutama banyak pelanggan tinggal di daerah yang jauh dari pusat jajanan, dan tidak semua bisnis kuliner melayani pengantaran pesan.

Berbeda prosesnya dengan jasa logistik yang menjadikan gudang sebagai titik awal pengiriman, jasa layanan pengantaran makanan tidak membutuhkan gudang. Jasa food delivery lebih mengutamakan pengiriman tepat waktu, karena bila terlalu lama di jalan selera makan konsumen bisa berubah.

Cara memulai bisnis digital food delivery ini meskipun tidak membutuhkan modal besar namun strategi bisnisnya harus diperhitungkan, karena kepuasan dan kepercayaan pelanggan sangat penting. Mulai dari area pengiriman, metode pembayaran online atau cash on delivery, hingga aplikasi jual makanan yang digunakan. Semakin lengkap menu yang tersedia di aplikasi, akan semakin cepat calon konsumen memesannya.

Jasa Pembuatan Website

Bila kamu ingin membuka usaha dari rumah dan bekerja remote, membuka jasa pembuatan website adalah ide bisnis digital inovatif untuk pekerjaan jarak jauh yang bisa dipertimbangkan.

Bisnis pembuatan website merupakan model bisnis berbasis internet yang profitnya menggiurkan, karena banyak pemilik bisnis menggunakan website sebagai media promosi dan penjualannya. Harga pembuatan website di tahun 2023 berkisar antara ratusan ribu hingga puluhan juta, tergantung jenis website yang dibuat. Apakah situs toko online, situs berita, atau website landing page.

Dari beberapa analisis bisnis digital pembuatan website yang dilakukan penyedia jasa website, keuntungannya relatif besar dengan biaya pengeluaran relatif rendah, antara lain untuk sewa hosting dan domain, serta biaya listrik setiap bulan. Selebihnya adalah jasa untuk keahlian kamu membuat situs, mendesain website, serta penyematan fitur tertentu.

Jasa Pengelolaan Website

Bila kamu tidak memiliki skill membuat website, kamu bisa memanfaatkan skill copywriting untuk membuat konten artikel bagi pemilik website dengan membuka jasa pengelolaan website.

Jasa layanan mengelola website adalah salah satu peluang bisnis digital yang menjanjikan untuk digeluti, karena profitnya besar. Keterbatasan waktu dari pemilik website untuk mengupdate kontennya adalah peluang buat kamu mengelola websitenya.

Saat ini seorang pengelola website dibayar Rp 600 ribu hingga jutaan rupiah per bulan. Tugasnya hanya merawat dan mengupdate konten, biasanya 2-5 buah artikel per hari selama 30 hari kerja. Bayangkan bila kamu mengelola 5 website sebulan, bisa mendapatkan penghasilan mulai dari Rp 3 juta sebulan hanya dari rumah mengandalkan copywriting.

Jasa Desain Grafis

Tahukah kamu bila keahlian membuat desain gambar juga bisa menghasilkan uang? Membuka jasa desain grafis adalah ide bisnis digital yang cukup menjanjikan saat ini, karena banyak orang mencari jasa pembuat gambar desain interior, arsitektur bangunan, hingga art design di internet.

Selain melayani orderan pembuatan gambar, kamu juga bisa menjual karya-karyamu di berbagai platform jual beli gambar online, seperti Shutterstock dan lainnya.

Pembuatan Aplikasi

Seperti halnya jasa pembuatan website atau mengelola situs, prospek bisnis pembuatan aplikasi digital juga sangat menjanjikan. Hal ini disebabkan karena digitalisasi berimbas pada pola layanan. Contohnya saja instansi pemerintah yang saat ini sangat membutuhkan aplikasi digital untuk melayani masyarakat.

Harga pembuatan aplikasi digital saat ini sangat variatif. Membuat aplikasi perkantoran dibayar jutaan rupiah, sementara pembuatan aplikasi toko online harganya mulai dari Rp 30 juta hingga Rp 250 juta.

Besar kecilnya biaya pembuatan aplikasi, tergantung pada jenis aplikasi yang dikerjakan, waktu pengerjaan, dan skill yang dimiliki. Semakin banyak pengalaman membuat aplikasi, rate kamu juga semakin tinggi.

Jasa Pembuatan Konten Video

Pelaku bisnis telah lama memanfaatkan media sosial seperti Tik-tok, Youtube, Instagram, dan Facebook untuk berpromosi dengan mengupload konten-konten unik. Namun dengan keterbatasan waktu dan tenaga, banyak pemilik akun tidak rutin membuat konten.

Membuat jasa pembuatan konten merupakan peluang bisnis digital di rumah yang sangat menjanjikan, karena tidak membutuhkan modal besar. Kamu bisa membuat dan mengedit video dari laptop bahkan lewat smartphone lalu menguploadnya ke akun milik pelanggan.

Pembuatan konten video Tik-Tok, Youtube, Instagran, dan Facebook merupakan model bisnis berbasis internet yang cukup menggiurkan bila digarap dengan baik, mengingat pangsa pasarnya luas, peminatnya banyak, dan bisnis sejenis ini masih jarang dilakoni.

Kesimpulan

Itulah beberapa ide bisnis digital yang potensial dan menguntungkan. Bila dimulai dengan perencanaan dan strategi serta analisis bisnis yang matang, bisnis tersebut bisa bertahan lama.

Suka Teknologi