Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot di OS Windows 10

13 November
Laptop lemot adalah suatu hal yang paling tidak disukai para pengguna perangkat karena menghambat penyelesaian pekerjaan. Penyebab laptop lemot juga bermacam-macam. Namun cara mengatasi laptop lemot berikut ini dijamin cukup efektif untuk semua merk laptop OS Windows 10, Windows 8, maupun Windows 7 ke bawah.

cara mengatasi laptop windows 7/8/10 yang lemot

Laptop Windows 10 maupun seri versi OS Windows sebelumnya (Windows 8, 7, Vista dsb) adalah komputer laptop yang cukup sering mengalami masalah mulai dari lambat loading, cepat panas, sering hang dan sering mati sendiri.

Khususnya Windows 10 yang merupakan sistem operasi laptop yang terbaru dan tercanggih dari Windows, punya kapasitas file yang cukup berat sehingga sangat rentan bila diinstal di laptop yang punya spesifikasi jadul.

Untuk mengatasi laptop yang lemot tentu saja harus dicari tahu dahulu apa penyebabnya. Berikut ini adalah penyebab serta ciri-ciri laptop yang lemot.

Ciri-Ciri Dan Penyebab Laptop Lemot Pada Windows 10

Untuk mengatasi laptop yang lemot tentu saja harus dicari tahu dahulu apa penyebabnya. Berikut ini adalah ciri-ciri laptop yang lemot.

1. Komputer / laptop cepat panas saat browsing atau sedang main game
2. Laptop sering not responding
3. laptop sering mati sendiri, dan saat dihidupkan jadi lambat loadingnya
4. Laptop sering restart sendiri
5. Menjalankan software atau sedang online di laptop terasa berat

Nah, lalu apakah anda tahu apa yang menyebabkan terjadinya hal-hal di atas ?

Penyebab laptop lemot biasanya disebabkan karena ketidaksesuaian spesifikasi perangkat, ketidakcocokan tegangan listrik sehingga menimbulkan kerusakan pada sirkuit atau komponen, serta perawatan yang tidak teratur. Berikut ini adala penjelasannya.

#1 Motherboard Rusak / Terbakar

Penyebab laptop lemot bisa diakibatkan oleh motherboard-nya. Motherboard adalah media elektronika yang menjadi tubuh dan tempat di mana sejumlah komponen di tanam, misalnya processor (CPU dan GPU). Motherboard terdiri dari elemen-elemen dan sirkuit ekoletronik yang mudah terbakar bila kelebihan suhu atau terjadi korsleting listrik. Bila socket dan chipset tidak sesuai dengan processor akan menjadi penyebab menurunnya performa laptop meskipun spesifikasi prosesornya tinggi. Cara supaya laptop tidak hang adalah dengan memilih laptop yang motherboard, chipset dan socketnya kompatibel dengan processor (atau sebaliknya). 

#2 Processor Chipset/ CPU/GPU Tidak Sesuai Spek

Penyebab laptop lemot lainnya yaitu pada CPU yang clockspeed-nya rendah dan tidak kompatibel. Selain itu processor yang cepat panas dan tidak tahan suhu tinggi menyebabkan clockspeed menurun. Kecepatan akses memori yang melambat berdampak pada penyebab komputer lemot. Model prosesor AMD FX-Series dan model-model Intel processor sudah memiliki daya tahan terhadap temperatur tinggi. 

#3 Hard Drive Usang, Rusak, Atau Tidak Kompatibel 

Hard Drive yang sudah usang atau rusak akan membuat proses loading data yang dilakukan oleh 'kaki tangan' hard disk menjadi lebih lama. Waktu loading yang lama ini adalah situasi dimana kinerja laptop menurun dan akhirnya menjadi penyebab komputer lemot. Laptop yang menyediakan memori penyimpanan minimal 500 GB sudah cukup baik agar laptop tidak hang atau lemot. 

#4 RAM Kecil

RAM yang memorinya kecil menjadi salah satu penyebab utama laptop lemot. Memaksakan mengoperasikan software yang membutuhkan memori besar di laptop yang spek memorinya kecil membuat laptop jadi cepat panas, pengoperasian lemot, bahkan bisa mati sendiri. 

#5 Sistem Pendingin Tidak Sesuai

Sistem pendingin yang tidak berfungsi, atau tidak sesuai dengan clock speed sangat rentan dan sering membuat laptop mudah panas. Hal ini karena setiap processor punya sistem pendingin masing-masing dan tergantung dengan luas areanya. 

#6 Operating System (OS) Tidak Kompatibel Atau Terkena Virus

Permasahan pada OS seringkali menjadi penyebab utama laptop lemot. OS atau Sistem Pengoperasian yang tidak kompatibel dengan processor dan RAM, serta adanya file OS yang rusak saat instalasi sudah pasti menjadi salah satu faktor utama penyebab laptop lemot. Tidak percaya ? Coba saja instal OS Windows 10 di laptop yang RAM-nya cuma 2 GB sementara speed processornya cuma 1,6 GHz. Sudah pasti hang lah laptopmu kalau menjalankan game Corel Draw sambil browsing. OS yang terkena virus juga menyebabkan laptop tidak bisa berfungsi normal.

#7 Software dan Aplikasi Terlalu Berat

yang spesifikasi minimalnya tidak kompatibel dengan spesifikasi processor, RAM, OS dan memori sudah pasti bakal menyebabkan laptopmu lemot. 

#8 Komponen-komponen lainnya ada yang rusak

#9 File Cache dan temporary file menumpuk menjadikan laptopmu akan lebih lambat dari biasanya

#10 Virus yang tersembunyi dalam file dan OS yang tidak pernah dibersihkan

1. Gunakan OS Windows yang asli

    Kelebihan menggunakan software OS yang asli adalah kemungkinan kerusakan sangat kecil ketika sudah terinstal. Selain itu menggunakan software asli berarti kita patuh pada Undang-Undang.


    Update software instalasi OS Windows Secara Berkala

    Mengupdate software secara rutin sesuai pilihan waktu akan memberikan keuntungan lebih, karena setiap update biasanya ada fitur-fitur yang diperbaharui. Semakin baik OS maka kemungkinan lemot bisa diminimalisir (dengan catatan komponen perangkat lainnnya juga harus kompatibel spesifkasinya).

    Upgrade dan Update OS Windows

      Mengupgrade OS Windows versi terbaru jelas lebih menguntungkan. Setiap OS Windows versi terbaru pastilah sudah memperbaiki kekurangan-kekurangan versi sebelumnya. Misalnya kamu mau pakai software Corel Draw terbaru yang mensyaratkan OS Windows 10 sementara laptopmu masih Windows 7, maka upgrade saja OS-nya menjadi OS Windows 10. 


      Downgrade OS Windows


      Downgrade OS memberikan keleluasan dan lebih ringan. Misalkan kamu menggunakan OS Windows 10 tapi karena kapasitasnya lebih besar yang berakibat pada laptop jadi lemot plus fitur-fitur Windows 10 tidak kamu pahami, maka sebaiknya downgrade saja Windowsnya jadi Windows 7 atau Windows 8.

      2. Ganti Atau Upgrade Processor dan RAM Untuk Mempercepat Loading Dan Processing Laptop

      Cara mengatasi laptop lemot berikutnya adalah pada processor dan RAM. Sebelum anda membeli laptop, carilah laptop yang spesifikasi processor dan RAM-nya mumpuni. Processor dengan spesifikasi tinggi adalah yang memiliki clock speed tinggi minimal 3,0 GHZ serta memiliki fitur Turbo Boost. Selain itu juga menyediakan RAM besar minimal 4 GB.

      Contohnya bila saat ini anda menggunakan laptop yang RAM processor-nya cuma 2 GB tapi masih tersedia satu slot kosong lain, maka anda bisa menambah kekosongan tadi dengan 2 GB lagi hingga total sekarang menjadi 4 GB. Tentunya RAM yang sudah 4GB cukup bisa mengoperasikan banyak aplikasi. Tapi jangan lupa kalau speed RAM atau speed processor juga berpengaruh. Semakin tinggi speed-nya maka kecepatan akses memorinya juga tinggi sehingga laptop juga menjadi lebih cepat.

      Pastikan motherboard dan processor laptop anda sudah dual memory/dual channel. Ini supaya kapan saja kamu merasa laptopmu sudah melambat, kamu bisa mengupgrade RAM-nya atau menambah RAM yang tersedia pada slot yang tersisa.

      Namun bila processor dan motherboard anda cuma single memory (memori tunggal) maka mau tidak mau anda memang harus mengganti processor yang ada tersebut menjadi lebih tinggi. Misalnya RAM laptop cuma 2 GB, maka anda harus mengupgrade-nya dengan membeli processor yang RAM-nya sudah 4GB, atau sekalian saja 8GB.

      3. Ganti Atau Upgrade VGA Card Agar Laptop Tidak Cepat Panas

      VGA yang masih bawaan biasanya speknya rendah. Inilah salah satu penyebab mengapa laptop jadi lemot khususnya pada saat mengoperasikan sejumlah software berat seperti aplikasi desain grafis atau video editor.

      Saat sedang main game dengan VGA onboard yang grafisnya rendah, atau menggunakan GPU Processor dan kartu grafis yang spesfikasinya rendah menyebabkan tampilan gambar sangat buruk, patah-patah dan pecah. Bila dipaksakan beroperasi justru menyebabkan laptop hang. Cara upgrade laptop bisa melakukan optimalisasi pada VGA card-nya.

      Cara mengatasi laptop hang bisa dilakukan dengan mengganti atau menambah VGA Card. Beberapa alternatif yang bisa dilakukan yaitu :
      • Menambah kartu grafis sehingga VGA onboard bisa lebih leluasa kinerjanya, processor juga bisa bekerja optimal dan grafis menjadi lebih baik. 
      • Mengganti kartu grafis dengan spesfikasi lebih tinggi, misalnya graphic card yang dibekali kapasitas 2 GB. Kartu grafis terbaik biasanya ada pada AMD processor dan nVidia. 

      4. Ganti Atau Upgrade Hardisk Supaya Laptop Lebih Cepat

      Banyaknya file yang tersimpan dalam hard disk laptop sangat mempengaruhi kecepatan data oleh prosesor. Ini disebabkan karena hard disk memiliki lengan mekanik untuk menulis dan membaca data di atas piringan magnetik.

      Cara mengatasi laptop lemot karena Hard Disk adalah mengganti hard drives yang sudah rusak,
      atau mengupgrade atau mengganti storage yang kapasitasnya lebih besar, misalnya 500GB ke atas.

      Bila kamu belum punya uang untuk mengganti yang lebih besar, maka kamu bisa mengatasi laptop yang lambat dengan cara defrag laptop, sehingga ruang penyimpanan bisa bernafas.
      Menggunakan SSD (Solid State Drive). SSD adalah teknologi termutakhir dari USB Flash disk dengan kapasitas penyimpanan jauh lebih besar. SSD bisa menggantikan peran hardisk. Sementara SSD merupakan microchips, yang fungsinya hanya menyimpan saja.

      5. Install Software Ringan dan Uninstall Aplikasi Yang Jarang Digunakan Supaya Laptop Tidak Lemot

      Banyaknya aplikasi yang diinstal terlebih bila kapasitas filenya besar membuat laptop berjalan lambat. Kalau kamu memaksakan pasang software desain grafis berkapasitas besar di laptop berspesifikasi rendah malah membuat laptop jadi hang. Di Kursus Desain Grafis DUMET School atau beberapa tempat kursus lainnya masalah instal software ini juga jadi catatan khusus pentingnya menggunakan software yang kompatibel dengan perangkat.

      Trik Mengatasi Laptop Lemot Karena Software dan Aplikasi:

      • Instal perangkat lunak yang sesuai dengan spek hardware dan OS 
      • Pertimbangkan apa saja software yang perlu diinstal sesuai kebutuhan. Cari referensi aplikasi tersebut apakah mengharuskan spek laptop dan OS tertentu sebelum download aplikasi atau sebelum terlanjur membeli. Contohnya, bila lebih sering menggunakan software Corel Draw maka sebaiknya uninstal software sejenis seperti Photoshop karena fungsinya sama. 
      • Bila ada software dengan kegunaan yang sama dan fitur sama baiknya namun filenya besar, maka carilah software dengan fungsi sama tapi lebih ringan.
      • Untuk mengatasi laptop loading lama sebaiknya hapus (uninstal) saja aplikasi yang jarang digunakan. 

      Tindakan ini merupakan cara mengatasi notebook lemot yang cukup efektif karena sejumlah ruang yang terpakai oleh aplikasi tidak terpakai tadi memberikan keleluasaan bagi aplikasi lain. 


      6. Tutup Aplikasi Yang Jarang Atau Tidak Digunakan

      Membuka beberapa program atau aplikasi secara bersamaan akan menyebabkan proses data dan pemakaian memori menjadi meningkat. Untuk mengatasi laptop loading lama karena aplikasi yang terbuka tapi tidak digunakan, maka sebaiknya tutup saja aplikasi lain.

      Langkah-langkah Menutup Aplikasi Multi Tasking Untuk Menghindari Laptop Loading Lambat

      • Lihat pada toolbars di layar notebook kamu. Di situ akan terlihat ikon-ikon aplikasi yang sedang terbuka. Close (tutup) lah aplikasi-aplikasi yang terbuka tapi tidak digunakan tersebut. Setelah menutupnya, laptop kamu akan lebih cepat dengan cara merefresh laptop
      • Cara merefresh laptop cukup mudah. Masuklah pada start up windows (layar monitor tanpa aplikasi), lalu klik kanan mouse kamu dan pilih Refresh. Cara merefresh paling mudah juga bisa dilakukan dengan menekan tombol F5 di keyboard.

      7. Gunakan Browser Yang Ringan Untuk Menghindari Laptop Lemot

      Sering sekali terjadi laptop cepat panas saat sedang internetan dan browsing buka website bahkan sedang main game online. Apalagi kalau websitenya tidak terstruktur dengan rapi (Baca juga Kursus Website DUMET School)

      Cara mengatasi laptop cepat panas dan lemot saat internetan adalah menutup sejumlah tab browser. Software yang paling sering digunakan untuk internetan dalam laptop adalah browser. Sejumlah browser memiliki fitur multi tab. Fitur tersebut memungkinkan membuka tab laman situs dalam jumlah banyak secara bersamaan.

      8. Cara Mengatasi Laptop Lemot Saat Internetan Dengan Menghapus Cache

      Cache adalah sisa aktivitas internet sebelumnya. Saat ini umumnya aplikasi browser internet menggunakan fitur cache. File cache yang menumpuk bisa membuat laptop menjadi lambat saat internetan menggunakan browser. Menghapus cache adalah cara mengatasi laptop lemot yang cukup efektif saat internetan.

      9. Rutin Melakukan Cleaning Dengan Antivirus

      Lakukan scanning malware dengan rutin untuk mengetahui keadaan file dan folder, OS dan software dalam laptop masih aman atau sudah diserang virus dan malware. Gunakan antivirus terbaik dan ringan. Jangan lupa lakukan update antivirus rutin. Antivirus terbaik yang biasa digunakan antara lain AVG. Update antivirus sangat membantu mempercepat kinerja laptop.
      Sementara itu cara mengatasi laptop lambat karena junk files adalah dengan menghapus file dalam folder cache cukup menekan tombol delete pada keyboard. Cara lainnya adalah dengan menggunakan software seperti CC Cleaner atau Baidu Antivirus.

      10. Gunakan Tools Mempercepat Loading 

      Cara mengatasi laptop lemot bisa diatasi dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga atau software/tools untuk mempercepat loading serta tidak mudah panas apalagi hang.

      Ada banyak aplikasi atau software maupun tools pihak ketiga yang bisa kamu download dan instal di laptop. Penggunaan Anti Virus yang smart dan ringan sebenarnya sudah cukup membantu untuk mengurangi beban loading laptop. Begitu juga dengan CC Cleaner yang berfungsi untuk membersihkan file-file.

      Tools mempercepat loading laptop/komputer lainnya yang bisa digunakan antara lain Comodo System Cleaner, Advance SystemCare, nCleaner Second, Glary Utilities, dan Ashampoo WinOptimizer.


      Kesimpulan : Perhatikan Spesifikasi Perangkat Sebelum Membeli Laptop

      Cara Mengatasi Laptop Lemot, Mudah Panas, Hang dan Not Responding Adalah  Mengupgrade, Menambah atau Mengganti Komponen Dengan Spesifikasi Yang Lebih Tinggi

      Mengatasi laptop lemot Windows 10 maupun Windows 7 dan Windows 8 bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Apalagi kalau lelet tersebut berdampak pada produktivitas, akan menimbulkan citra buruk baik bagi pengguna maupun karyanya.

      Sebelum mengatasi masalah pada laptop, kenali terlebih dahulu perangkat dan cara kerja komputer . Instal ulang komputer dan melakukan reset laptop adalah alternatif terakhir.

      Untuk mendapatkan laptop terbaik, performa mumpuni, tidak cepat panas dan hemat daya maka anda perlu memperhatikan spesifikasi laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivtas anda.

      Ciri-ciri laptop lemot biasanya cepat panas dan mudah lag atau hang. Membawanya ke counter service laptop mungkin bisa jadi sementara. Tapi bila tidak diketahui penyebabnya, laptop tetap akan lemot dan bahkan akan terjadi kerusakan.

      Seperti telah disinggung sebelumnya, komponen utama dan spesifikasi laptop yang perlu diperhatikan saat membeli laptop adalah platform OS/Operating System (Sistem Pengoperasian), Processor laptop, kartu grafis, memori/RAM, penyimpanan/storage, komponen-komponen pendukung multimedia dan kemampuan multi tasking. Selain itu yang perlu diperhatikan lagi yaitu dari aspek eksternal, misalnya software/aplikasi yang diinstal dan perilaku pengguna serta koneksi internet.

      Nah, itulah tadi ulasan singkat dan tips-tips terbaru Cara Mengatasi Laptop Lemot Lambat di OS Windows 10/8/7. Sekali lagi, rawatlah dengan teratur laptop kamu untuk menghindari hal-hal yang bisa menjadi penyebab laptop kamu lemot.

      Share this

      Related Posts

      Previous
      Next Post »

      2 Comments

      Write Comments
      13 November, 2017

      Pengalaman gw nih ya, untuk meningkatkan performa laptop sekaligus mengatasi loading lelet gw nambah RAM sm VGA memori. Memang harganya kalo sekarang jd mahal karna kurs. Tp manfaatnya luar biasa, kencanglah pokoknya.

      avatar
      09 Januari, 2018

      terimakasih infonya sangat menarik
      salam
      https://www.lauwba.com

      avatar