Table of Content

Sejarah dan Perkembangan Game FM 2005 Hingga FM 2022

Sejarah perkembangan game FM Football Manager SEGA Sports Interactive serta urutan versinya dari masa ke masa.

Game football manager FM besutan Sports Interactive adalah salah satu nama aplikasi permainan yang sangat populer di kalangan penggemar game simulasi sepakbola. Sejak pertama kali diluncurkan game FM telah telah dimainkan oleh jutaan gamer di dunia.

Sebagai sebuah game simulasi sepakbola, FM menawarkan role manajer yang penuh tantangan untuk memimpin sebuah skuad yang berisi pemain-pemain sepakbola terbaik agar dapat memenuhi target yang diamanahkan oleh klub, yaitu memenangkan pertandingan dan menjadi juara liga sepakbola di negaranya masing-masing.

Game FM atau football manager ini sendiri telah dirilis dalam versi PC maupun mobile sejak FM dibuat. Kali ini TeknoPlug akan mengajak kalian mengetahui sejarah dan perkembangan game football manager dari masa ke masa.

Sejarah Game FM Football Manager Sports Interactive

FM2005 sampai FM2021
Daftar versi game Footbal Manager yang dibuat Sports Interactive dan SEGA

Game simulasi ini awalnya bernama Championship Manager saat masih berkolaborasi dengan Eidos Interactive di tahun 1992. Namun sejak pecah kongsi game ini beralih namanya menjadi game FM atau Football Manager dengan penerbit baru SEGA. Kejadian ini tidak terlepas dengan dirilisnya CM4 tahun 2003.

Nama game Football Manager dirilis pertama kali tahun 2004, yang lebih tenar dengan sebutan FM 2005 atau Football Manager 2005.

Selain bisa memainkan Football Manager offline kini gamer juga bisa memainkan Football Manager online. Sports Interactive dan SEGA hingga saat ini telah merilis 17 versi game untuk platform PC. Selain untuk PC Football Manager juga telah dirilis untuk platform mobile.

Baca Juga : Aplikasi Terbaik Nonton Streaming Sepakbola di Smartphone

Perkembangan Versi Game Football Manager FM Serta Fiturnya

Untuk mengetahui perkembangan versi game Football Manager dari awal hingga terbaru, TeknoPlug.com menyusun daftar urutan lengkapnya berikut ini.

FM 2005

Meskipun ditinggalkan Eidos Interactive, Sports Interactive merilis game strategi bola dengan database dan source code yang tetap dipertahankan karena sejatinya itu adalah karya Sports Interactive. Mengusung user interactive yang terupdate, FM 2005 yang dirilis tahun 2004 membawa sejumlah teknologi baru antara lain pada game engine, aturan kompetisi, preview dan review pertandinga, info pemain internasional, rangkuman kejuaraan cup, pemutusan kontrak, opsi peminjaman pemain, statemen manajer pra dan pasca pertandingan, serta yang paling utama yaitu fitur visualisasi pertandingan 2D. Ronaldinho, Ronaldo, Micahel Owen, dan David Beckham adalah pesepakbola terpopuler di versi FM 2005 ini.

FM 2006

FM 2006 tahun 2005. Masih mengusung teknologi dan fitur yang sama, Football Manager 2006 sudah kompatibel untuk PC Windows dan Mac. Di game FM 2006 ini terdapat sejumlah update kecil pada gameplay-nya dan juga patch untuk memperbaiki bug. Fitur tambahan tersebut antara lain team-talks, program latihan tim, serta in-game help screen sebagai panduan bagi pemain game ini. Thiery Henry dan Zlatan Ibrahimovic adalah nama beken yang paling dicari di FM 2016 selain 4 nama populer pada versi FM 2005.

FM 2007

Pada FM 2007 yang diluncurkan tahun 2006 terdapat sejumlah penambahan fitur, antara lain pada sistem scouting dimana manager bisa merekrut sejumlah staf yang bertugas mengamati dan merekomendasikan nama-nama pemain potensial untuk klub. Fitur lainnya di Football Manager 2007 yaitu feeder club yang direkomendasikan baik untuk opsi peminjaman/pembelian pemain, maupun untuk kepentingan bisnis. Uniknya pada versi ini ada 2 jenis musim kompetisi yang bisa dipilih user untuk memulai permainan.

FM 2008

FM 2008 dirilis pada tahun 2007. Pada game strategi bola edisi ini Football Manager 2008 membawa sejumlah fitur baru, antara lain manajemen internasional yang ditingkatkan, skin baru, sistem advisory, sistem notebook yang ditingkatkan, pemilihan kapten tim, transfer center, best eleven sepanjang masa, sistem finansial, sistem bonus, dan terutama adalah pada match engine.

FM 2009

Match engine 3D untuk pertama kali dalam sejarah game manajer bola FM 2009 diperkenalkan pada tahun 2008. Fitur terbaru di Football Manager 2009 yang muncul antara lain user wanita yang ingin menjajal jajaran manajerial dan staf kepelatihan. Peran Asisten Manager juga semakin ditingkatkan serta sistem transfer pemain yang lebih realistis sesauai kondisi pada game edisi ini.

FM 2010

FM 2010 for PC dan Apple Macintosh, serta FM Handheld untuk Playstation diumumkan tahun 2009. Penambahan fitur terbaru di dalam Football Manager 2010 ini antara lain yaitu Challenge Cup dan Chalenge Cup Qualification, Caribbean Cup, serta interface untuk manager yang lebih informatif. Ada juga fitur Match Analysis yang menunjukkan informasi setiap pemain, serta kelemahan dan kekuatan tim, serta instruksi saat melakukan pergantian pemain.

FM 2011

Football Manager 2011 yang dirilis pada tahun 2010 membawa peningkatan pada sejumlah fitur antara lain training yang telah ditingkatkan, modul pencarian pemain baru, agen sepakbola, pertandingan pada malam hari, kondisi cuaca, serta yang terutama adalah peningkatan pada grafis dan format 3D selama berjalannya pertandingan. Khususnya pada view 3D, di FM 2011 ini juga ada sejumlah pilihan cara melihat pertandingan serta sudut pandang.

FM 2012

Fitur-fitur FM 2012 ini sudah lebih baik dibandingkan versi sebelumnya. Sejumlah fitur yang melengkapi game keluaran tahun 2011 ini ini antara lain yaitu perubahan pada sistem transfer dan kontrak, peningkatan pada Scouting, animasi 3D terbaru, penambahan sejumlah venue stadion, penambahan tim sepabola nasional yaitu Timnas Kiribati. Fitur lain yang dibawa dalam Football Manager 2012 yaitu pada interface yang lebih pintar dengan filter-filter terbaru dan sistem layout.

FM 2013

Game strategi PC yang diumumkan tahun 2012 ini memunculkan beberapa fitur baru. Fitur FM 2013 tersebut antara lain yaitu penambahan pada opsi rekrutmen Director of Football, pemberian peran baru pada sejumlah staff pada pertandingan, penambahan opsi alternatif cara meminjam pemain, opsi gaji dan pajak pada transfer pemain, serta penambahan Mode Classic dimana user bisa menyelesaikan satu musim kompetisi dalam waktu singkat dibandingkan bila memilih Football Manager 2013 yang viewnya Mode 3D.

FM 2014

Produk gim Football Manager selanjutnya yang diluncurkan Sports Interactive dan SEGA tahun 2013 adalah FM 2014. Gameplay-nya hampir serupa dengan versi Football Manager sebelumnya. Namun pada gim ini terdapat peningkatan khususnya pada pendekatan dan interaksi antara manager dengan manager di klub lainnya perihal negosiasi transfer pemain, dimana klausul transfer hampir menyamai keadaan sebenarnya di dunia sepakbola. Misalnya klausul peminjaman disertai pembelian tunai di tahun tertentu. Selain itu manager juga bisa meminta opsi penambahan budget transfer pembelian pemain kepada manajemen klub.

FM 2015

Pada FM 2015 yang dirilis tahun 2014 ini terdapat penambahan setidaknya 2000 animasi baru pada match engine, peningkatan pada spek bola, peningkatan pada kualitas teknik tendangan seperti mengumpan dan menendang. Di game Football Manager 2015 ini juga hadir fitur Twitch integration dimana gamer bisa melakukan streaming online. Interface-nya juga telah didesain ulang. Pada saat memulai mengelola sebuah tim, manajer dapat memilih menjadi seorang Tracksuit Manager atau Tactical Manager dimana pada masing-masing tipe manager akan diberikan sejumlah infografis atribut baik manager itu sendiri maupun atribut setiap pemain di tim yang dipimpin.

Football Manager 2016

Di gim FM2016, user bisa mengkustomisasikan tampilan manager yang dia perankan. Antara lain mode Fantasy Draft dan mode Create-a-Club. Pengguna juga bisa membuat sebuah klub termasuk didalamnya logo, kit, transfer budget, serta stadion. Fitur lainnya yang hadir di gim yang diluncurkan tahun 2015 ini yaitu Prozone Match Analysis yang bisa memberikan data analisis pertandingan-pertandingan. Yang menarik yaitu peningkatan pada artificial intelligence, animasi, pergerakan karakter, permintaan dewan direksi, aturan kompetisi, serta keuangan klub. Ada juga pengembangan pada Match Tactics dan Set Piece Creator pada match engine-nya.

Baca Juga : Daftar Game Football Manager Terbaik Untuk PC dan Android

FM 2017

FM 2017 yang diluncurkan tahun 2016 ini sempat dirilis dalam versi beta. Sehubungan dengan keluarnya United Kingdom dari Uni Eropa turut mempengaruhi database profil pemain terkait kewarganegaraan dan visa Uni Eropa bagi seluuruh pemain non Eropa, termasuk pemain asal Britania Raya. Tidak ada peningkatan yang mencolok pada versi Football Manager 2017 ini kecuali pada avatar profil pemain yang mengusung konsep 3D dari foto pemain tersebut, serta terintegrasinya gim ini ke Twitter secara live.

FM 2018

Ada yang menarik dari Footbal Manager 2018. Gim simulasi sepakbola yang diluncurkan tahun 2017 ini memang masih menghadirkan liga-liga yang dimainkan seperti edisi sebelumnya, namun khusus Liga Indonesia terdapat pengurangan kasta liga yang dapat dimainkan. Bila sebelumnya 3 divisi kompetisi di gim edisi ini hanya 2 divisi saja yang bisa dimainkan. Sementara Liga Inggris mengalami penambahan divisi liga yang bisa dimainkan mencapai 6 divisi. Secara total, di Football Manager 2018 ada 147 kasta liga dari 52 negara dengan lebih dari 2.500 klub yang disediakan.

FM 2019

Teknologi VAR yang mulai diberlakukan sejak Piala Dunia 2018 menjadi inspirasi yang dihadirkan Sports Interactive dan SEGA pada FM 2019. Di gim simulasi manajerial klub ini VAR sudah diterapkan di pertandingan di sejumlah liga. Peningkatan lain yang hadir dalam Football Manager 2019 yaitu pada fasilitas dan metode pelatihan. Sebagai informasi, liga-liga yang ada dalam gim ini sudah terikat kontrak dan lisensi dengan asosiasi sepakbola negara tersebut.

FM 2020

Versi FM 2020 ini cukup canggih dimana versi PC-nya selain kompatibel untuk Windows dan MacOS juga sudah terintegrasi dengan layanan cloud gaming Google Stadia, dimana user bisa melakukan streaming online saat gaming. Selebihnya tidak ada perubahan signifikan utamanya dari aspek Gameplay. Pada versi Football Manager 2020 ini cukup banyak penambahan wonderkid yang digadang-gadang memiliki potensi menjadi pemain world class yang akan menyamai level Lionel Messi, Crstiano Ronaldo, Luis Suarez, dan Robert Lewandowski. Sebut saja Andrea Bastoni, Antonio Barella, Kai Harvertz, dan Ansu Fati. Berbeda dengan sebelumnya, Football Manager 2020 apk sudah kompatibel dengan Android dan iOs sejak edisi FM 2019, di Football Manager 2020 Sports Interactive juga merilis versi Football Manager Touch yang kompatibel untuk semua platform PC, mobile, dan video game.

FM 2021 - 2022

Dari aspek gameplay tidak ada yang berubah di FM2021. Namun dari sisi user interface-nya Football Manager 2021 kompatibel dimainkan di Xbox One, Xbox One X|S, Xbox Series X|S dan FM21 Xbox di Windows 10. Bahkan FM 2021 akan dirilis secara khusus untuk versi XBox.

Selain Football Manager PC, Sports Interactive dan SEGA juga meluncurkan Football Manager 2021 mobile untuk Android dan iOs seperti edisi sebelumnya. Termasuk edisi Football Manager Touch yang kompatibel untuk berbagai platform dan bisa juga streaming di Stadia.

Spesifikasi Perangkat Untuk Memainkan Game Football Manager

Seiring teknologi yang semakin canggih dan gim FM yang selalu diupdate, kualitas gambar dan grafis yang hadir dalam gim ini semakin tinggi. Alhasil pengguna wajib memiliki spesifikasi laptop yang bagus. Utamanya pada processor dan VGA. Maka sangat disarankan untuk menggunakan perangkat yang processornya mendukung, semisal Intel Core 5 atau Intel Core 7 8th Gen.

Baca Juga : Cara Memilih Laptop Gaming Berkualitas

Nah, itulah perkembangan game Football Manager dari masa ke masa. Dari semua versi FM yang telah diluncurkan, TeknoPlug punya pengalaman yang menarik di FM 2015 dan FM2018. Kalau versi Football Manager terbaik menurut kamu yang mana ?

Suka Teknologi