Mudahnya Cetak Kartu Sertifikat Vaksin Covid 19 Tanpa Ke Jasa Percetakan

Langkah mudah cara cetak sertiifkat vaksin 19 menjadi kartu vaksin 19 mirip KTP.

Mau cetak Sertifikat Vaksin Covid sendiri agar tidak rusak dan bisa dibawa kemana-mana ? Sangat mudah. Ikuti tutorial cara Cetak kartu vaksin Covid-19 berikut ini tanpa harus ke jasa digital printing.

cara cetak sertifikat vaksin covid 19 ukuran ktp

Cetak Kartu Vaksin Covid 19 Dimana ?

Sertifikat Covid-19 kini menjadi benda penting yang harus dimiliki setiap orang bila ingin berpergian. Sertifikat Covid-19 merupakan bukti bahwa seseorang telah menjalani proses vaksinasi virus Covid-19. Vaksinasi Covid-19 sendiri diterapkan Pemerintah RI sebagaimana halnya seluruh negara di dunia menerapkan kewajiban vaksin bagi semua warga negaranya, mengingat wabah Covid-19 yang terus merajalela.

Memiliki surat sertifikat tanda vaksin Covid-19 memberikan banyak keuntungan bagi pemiliknya, misalnya bila ingin berpergian ke luar kota. Bila seritifikat ini tidak bisa ditunjukkan di bandara, maka kamu terpaksa harus menunda perjalanan.

Kini sertifikat vaksin virus covid-19 ini bisa kamu bawa kemana saja karena bisa dicetak seperti KTP. Lalu kemana tempat untuk cetak kartu sertifikat vaksin covid 19 ini ? Kamu bisa ke jasa cetak kartu vaksin yang sekarang sedang marak melakukan promosi.

Tapi bila kamu merasa harga cetak kartu vaksinasi covid 19 terlalu mahal, atau khawatir bila data pribadi terpublikasi oleh oknum tertentu, kamu bisa melakukannya sendiri dari rumah atau kantor menggunakan aplikasi cetak kartu vaksinasi covid 19 yang sederhana.

Bagaimana Cetak Kartu Vaksin Covid-19 Mirip KTP ?

Cara cetak sertifikat Covid-19 mirip KTP sangat mudah dan bisa dibuat menggunakan software desain grafis di PC kamu, misalnya di Photoshop, Corel Draw, dan juga Microsoft PowerPoint.

Bagaimana cara mencetak kartu vaksin Covid-19 mirip KTP di laptop, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Download Sertifikat Vaksin-19 Dari Situs

Sebelum mencetak sertifikat covid-19, terlebih dahulu kamu harus memiliki resource asli yaitu sertifikat tanda vaksin Covid-19 berformat JPG atau PNG. Cara mendapatkan kartu vaksin Covid ini yaitu dengan mendownloadnya di situs pedulilindungi.id.

Langkah-langkah untuk mendapatkan sertifikat vaksin Covid-19 atas nama kamu di situs tersebut adalah sebagai berikut:

  • Buka situs https://pedulilindungi.id dari browser laptop kamu.
  • Setelah laman web terbuka, klik "Login" yang terletak di bagian atas situs.
  • Masukkan nomor HP atau alamat email yang didaftarkan ketika kamu mengikuti vaksin. Note : Bila kamu pengguna baru yang belum pernah mengikuti vaksinasi tapi sudah menjadwalkan untuk menjalaninya, sebaiknya kamu mendaftarkan dahulu akun di situs tersebut.
  • Selanjutnya masukkan kode OTP yang dikirimkan oleh situs ke email atau ponsel. Bila kode OTP belum muncul dalam 60 detik, sebaiknya refresh terlebih dahulu halaman tersebut (tekan F5 di keyboard laptop kamu). Bila terus menerus gagal, kemungkinan besar email atau nomor ponsel yang kamu daftarkan salah.
  • Bila kode OTP terisi dengan benar, situs akan otomatis reload menuju akun pribadi di situs tersebut. Selanjutnya lihat menu dan submenu pada bilah atas dan bilah kiri, temukan menu "Sertifikat Vaksin"
  • Bila kamu sudah pernah vaksin, (seharusnya) sertifikat sudah terekam di situs tersebut. Bila ya, maka akan muncul link nama kamu. Klik link tersebut.
  • Selanjutnya akan terlihat dua sertifikat Vaksin-19 Kesatu dan Sertifikat Vaksin-19 Kedua. Klik kiri kedua sertifikat tersebut.
  • Kemudian akan muncul gambar sertifikat tersebut. Pada bagian bawah, klik "Unduh Sertifikat".
  • Akan muncul jendela pertanyaan "Apakah Anda ingin menyimpan sertifikat ke dalam PC Anda?". Pilih "Ya, Lanjutkan".
  • Akan muncul notifikasi "Sertifikat Berhasil Disimpan". Buka folder dimana sertifikat tersebut disimpan saat didownload.
  • Sekarang kamu sudah memiliki sertifikat Covid-19 Vaksin Pertama dan Vaksin Kedua.

Langkah selanjutnya adalah mengedit sertifikat Covid 19 menjadi ukuran kartu.

Cara Cetak Kartu Vaksin 19 Ukuran KTP Di Microsoft Power Point

Mengedit gambar biasanya menggunakan software desain grafis tertentu. Tapi kamu juga bisa kok memodifikasi gambar di software Microsoft PowerPoint yang umumnya digunakan untuk membuat presentasi kerja. Salah satunya yaitu mengedit dan memodifikasi gambar sertifikat Vaksin Covid 19 yang nantinya akan dicetak berukuran seperti kartu KTP.

Bagaimana cara mencetak kartu Covid 19 di Microsoft PowerPoint 2010 ? Yuk simak tutorialnya berikut ini.

  • Buka aplikasi Microsoft PowerPoint di laptop.
  • Pilih "Blank Document", selanjutnya akan terbuka sebuah layar tugas yang kosong.
  • Pada menu di bilah atas layar, pilih "Insert" lalu cari submenu "Picture"
  • Selanjutnya akan terbuka jendela folder. Cari dan buka folder tempat gambar sertifikat vaksin Covid-19 yang tadi didownload.
  • Klik 2 kali gambar download sertifikat vaksin Covid-19. Atau bisa juga pilih "Insert"
  • Setelah gambar terimport sempurna, kemudian klik kanan gambar tersebut. Akan muncul jendela opsi, pilih "Format Picture" lalu pilih "Size" . Kemudian ubah ukuran gambar menjadi ukuran KTP yaitu 5.398 cm x 8.56 cm.
  • Hilangkan tanda centang "Aspect Ratio". Lalu klik "OK"
  • Kini gambar siap untuk dicetak. Nyalakan printer dan hubungkan kabelnya ke laptop. Kamu bisa pilih settingan ukuran kertas, misalnya A5 atau F4.
  • Sertifikat Vaksin Covid 19 kini telah tercetak gambarnya berukuran kartu mirip KTP.
  • Setelah gambar sertifikat vaksin Covid 19 tercetak sempurna, lanjutkan dengan memotong gambar pada kertas tersebut sesuai ukuran kartu KTP.

Itulah cara mencetak kartu Vaksin Covid 19 tanpa aplikasi desain grafis di laptop.

Opsi lain cara mencetak kartu vaksin covid 19 adalah dengan menggunakan software desain, yaitu Photoshop.

Cara Cetak Kartu Vaksin 19 Menggunakan Photoshop

Mencetak kartu Vaksin Covid-19 melalui software Photoshop tergolong mudah. Apalagi bila kamu terbiasa mengedit atau memodifikasi gambar untuk berbagai keperluan kerja atau tugas kuliah menggunakan aplikasi edit gambar yang satu ini.

Langkah-langkah mengedit hingga mencetak kartu Vaksin Covid 19 dengan Photoshop bisa kamu ikuti seperti berikut ini.

  • Buka software Photoshop yang sudah terinstal di laptop. Pada menu di bilah atas pilih "Import" lalu akan terbuka sebuah jendela folder. Cari folder tempat kamu menyimpan sertifikat vaksin Covid 19 yang sudah didownload dan klik dua kali foto tersebut.
  • Cara lainnya yaitu kamu langsung saja ke folder tempat sertifikat vaksin Covid 19 tersempan. Lalu klik kanan file gambar tersebut dan pilih opsi "Open With", akan muncul berbagai pilihan aplikasi untuk membuka gambar. Pilih saja "Adobe Photoshop"
  • Kini kamu akan melihat gambar sertifikat Vaksin Covid 19 di layar kerja Photoshop.
  • Lihat menu pada bilah atas layar kerja, cari menu "Image". Nantinya akan muncul scroll yang berisi sejumlah submenu dan tools-nya. Pilih saja submenu "Image Size". Hilangkan centang "Constrain Proportions". Pada submenu ini, atur ukuran (custom) menjadi 5,398 cm (length) x 8,56 cm (width).
  • Gambar kemudian akan terlihat berukuran seperti yang dikustom tadi. Jangan lupa hilangkan juga tanda centang pada pilihan "Aspect Ratio".
  • Selanjutnya simpan gambar dengan ekstensi JPG atau PNG dengan menekan (Ctrl+S). Atau pada bilah atas pilih Menu dan pilih "Save As". Re-name nama file yang ingin disimpan agar sertifikat gambar yang asli tidak berubah ukurannya. Gambar akan terkonfigurasi dan tersimpan otomatis.
  • Selanjutnya kamu tinggal mencetak kartu Vaksin 19 yang berbentuk seperti kartu. Pada Menu pilih "Print". Atau bisa juga dengan menekan (Ctrl+P) di keyboard laptop kamu.
  • Sekarang sertifikat Vaksin Covid-19 kamu sudah tercetak berukurkan seperti kartu di kertas tadi.

Bagaimana, mudah bukan ?

Cara Cetak Kartu Vaksin 19 Berukuran KTP Tanpa Mesin Digital Printing

Ingin mencetak sertifikat Vaksin Covid-19 berbentuk kartu ? Mudah banget. Ini langkah-langkahnya.

  • Sebelum kamu memulai mengedit gambar untuk kemudian mencetak sertifikat Vaksin Covid-19 berukuran kartu baik di Microsoft maupun di Photoshop, terlebih dahulu siapkan kertas laminating atau sering disebut kertas PVC. Kamu bisa membelinya di toko yang menjual ATK. Harganya antara Rp 5000-Rp 6000. Jangan lupa menyediakan gunting atau cutter.
  • Kemudian masukkan sertifikat vaksin covid 19 yang dicetak berukuran kartu dan telah digunting tersebut ke kertas laminating. Untuk mengompresnya agar benar-benar lengket dan terlihat seperti kartu, kamu bisa menggunakan koin dengan cara menggosoknya perlahan. Atau bisa juga menggunakan setrika listrik yang sudah dipanaskan. Gampang bukan ?

Itulah tutorial tentang cara cetak kartu vaksin Covid-19 dengan mudah di laptop kamu, tanpa mesti ke jasa Digital Printing dan juga tanpa mesin cetak. Selamat mencoba.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>