Fitur & Kelebihan Aplikasi RecordCast Untuk Merekam Layar Online

Aplikasi RecordCast dapat digunakan untuk merekam screen record sekaligus mengedit video berkualitas tinggi secara online dan gratis.

Aplikasi perekam layar seperti RecordCast kini banyak digandrungi oleh para editor baik untuk keperluan bisnis maupun edukasi. Dengan bantuan aplikasi RecorCast ini, orang bisa merekam sekaligus mengedit video rekaman untuk menghasilkan video hasil editing yang bagus.

Di era digital ini segalanya bisa dilakukan serba mudah meskipun itu dibatasi oleh ruang karena berbagai sebab, misalnya pandemi Covid yang melanda dunia. Bagi content creator, guru sekolah, dosen, hingga mentor sekalipun tentu harus tetap produktif dan kreatif menghasilkan konten-konten video berkualitas. Baik untuk keperluan belajar mengajar, maupun untuk promosi bisnis.

Untuk membuat video yang hasilnya berkualitas tentunya para editor butuh aplikasi video editing terbaik. Tapi bagaimana bila konten yang akan dihasilkan adalah berjenis tutorial ? Biasanya para editor menggunakan aplikasi satu lagi, yaitu aplikasi screen recording atau perekam layar. Biasanya para blogger dan Youtuber menggunakan aplikasi ini ketika membuat video-video tutorial.

Tentunya menggunakan dua aplikasi cukup merepotkan. Membuka aplikasi perekam layar monitor, selanjutnya mengoperasikan software video editor. Nah, RecordCast bisa digunakan untuk merekam layar lalu mengeditnya di aplikasi tersebut.

RecordCast, Aplikasi Perekam Layar Dan Edit Video Online

aplikasi untuk merekam layar monitor
Aplikasi RecordCast Untuk Merekam Layar dan Edit Video

RecordCast Screen Recorder adalah sebuah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk melakukan perekaman layar monitor, dan juga berfungsi sebagai editor video.

Aplikasi RecordCast ini merupakan hasil pengembangan PearlMountain Limited, sebuah perusahaan pengembangan yang fokus pada riset dan pembangunan pada software Grafis dan Multimedia sejak tahun 2006. Pengembang ini juga telah menghasilkan banyak software dan digunakan oleh pengguna di lebih dari 100 negara di dunia.

Kelebihan RecordCast

Beberapa diantara kamu pasti bertanya-tanya mengapa TeknoPlug merekomendasikan untuk merekam layar dan mengedit video di laptop menggunakan RecordCastd, bukan ?

Inilah kelebihan RecorCast:

Aplikasi Perekam Layar Gratis

Merekam layar dan mengedit video di RecordCast tidak bayar alias gratis. Kamu bisa merekam online kapan saja tidak dikenakan biaya apapun. Syaratnya cukup mudah, siapkan paket kuota dan gunakan laptop Intel atau AMD-mu.

Baca Juga : Tips Memilih Laptop Yang Bagus Untuk Editing

Aplikasi Perekam Monitor Tanpa Download

Selain merekam dan mengedit video gratis, kamu juga tidak perlu men-download aplikasi RecordCast ini. Karena merupakan aplikasi digital berbasis web, kamu bisa melakukannya langsung di browser terbaik laptop kamu.

Baca Juga : Aplikasi Browser Terbaik Untuk Edit Video Online

Flexible Recording

Merekam layar di RecordCast tergolong fleksibel. Kamu bisa merekam seluruh momen, merekam audio, atau merekam gambarnya. Proses merekam juga disesuaikan dengan bagian dan ukuran.

Video Editor Built-in

Kelebihan lainnya yaitu RecordCast ini adalah video built-in, dimana setelah merekam kamu bisa mengedit lantas menguploadnya ke media sosial. Pada mode editing video terdapat banyak fitur dan efek yang akan memberikan tampilan yang cukup eye-catching.

Bagaimana Merekam Layar di RecordCast Screen Recorder ?

Kalau kamu ingin melakukan perekaman tapi bingung bagaimana memulainya, berikut ini adalah cara merekam layar monitor di aplikasi RecordCast.

  1. Buka Browser di Laptop/PC

    Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah buka browser di laptop, semisal Google Chrome. Pastikan laptop punya spesifikasi yang memadai untuk melakukan perekaman dan editing, karena bila spesifikasi pas-pasan dikhawatirkan laptop mudah hang dan cepat panas.

  2. Buka Aplikasi RecordCast

    Pada kotak penelusuran browser lantas ketik "Rekam Layar Dengan Aplikasi RecordCast". Atau ketik saja "Aplikasi RecordCast". Selanjutnya klik salah satu link pada halaman hasil pencarian browser, kamu akan menuju halaman utama RecordCast.

  3. Mulai Merekam

    Pada homepage tersebut, langsung akan ditemukan "Free Online Screen Recorder and Video Editor". Klik saja "Start Recording", lalu mulailah merekam layar. Apa yang kamu rekam ? Sesuaikan saja dengan apa tema, topik, dan tujuan objek rekaman.

  4. Lakukan Pengaturan Perekaman

    Sebelum merekam, pastikan terlebih dahulu setting yang diperlukan. Lakukan penyesuaian setting antara lain pada Mode, apakah menggunakan Screen + Webcam, Mode Screen Only, atau Mode Webcam Only. Jangan lupa lakukan pengaturan audio, apakah menggunakan audio device laptop atau menggunakan audio eksternal. Bila pengaturan sudah sesuai dengan keperluan, maka mulailah merekam.

  5. Unduh Video

    Bila kebutuhan merekam sudah dianggap cukup, hentikan proses merekam dengan tombol "Stop Recording". Selanjutnya download hasil rekaman tersebut dan simpan ke folder di laptop yang sudah kamu sediakan. Bila merasa hasil rekaman sudah pas, terserah kamu apakah akan menggunakannya sebagai bahan tutorial, promosi, dan sebagainya. Kamu juga bisa membaginya ke media sosial.

  6. Edit Video

    Namun bila dirasa perlu memoles dan memodifikasi hasil rekaman tersebut atau menggabungkan dengan video-video yang sudah direkam sebelumnya dan menambahkan efek-efek yang dibutuhkan, kamu bisa mengeditnya lagi setelah mendownload. Gunakan fitur-fitur serta efek-efek yang tersedia, termasuk mengedit narasi dan suaranya. Done!

Baca Juga : Aplikasi Video Ads Maker Terbaik Online Gratis

Nah, itulah cara merekam layar dan mengedit video di aplikasi RecordCast. Mau mulai membuat video untuk tutuorial dan bahan ajar ? Yuk langsung saja merekam screen dan edit video online di RecordCast. Selamat mencoba.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>