6 Software Edit Video PC Ringan Bagus Lengkap

08 April
Software edit video ringan menjadi alternatif aplikasi video editor yang paling banyak dicari para pembuat video. Pastinya laptop tidak akan lemot bila menginstal aplikasi edit video ringan untuk PC.

Tentang Software Video Editing


Membuat konten video saat ini sedang menjadi trend. Sangat banyak produk, daerah, maupun orang yang menjadi terkenal karena videonya diupload ke media sosial misalnya Youtube, Instagram, maupun Facebook. Agar bisa menghasilkan video terbaik tentunya harus diedit dengan software.

Software untuk video editing adalah salah satu senjata utama bagi para video editor maupun konten kreator. Bagi video editor entah itu video maker profesional atau pembuat video pemula memilih software edit video yang tepat akan sangat membantu produktivitas mereka membuat konten-konten video terbaik.

Software video editor terbaru umumnya sudah punya tools dan fitur canggih. Yang paling diperhatikan pembuat video adalah kualitas gambar serta audio yang dihasilkannya pasca edit dan pasca rendering. Umumnya software untuk mengedit video secara berkala terus mengalami pengembangan dan update, sehingga software tersebut jadi lebih besar kapasitasnya. Besarnya kapasitas file tentu saja harus didukung oleh spesifikasi perangkat yang mendukung.

Namun bagi sebagian pembuat video, khususnya Youtuber pemula atau video maker newbie yang laptopnya yang tidak punya spek yang cukup mumpuni untuk menjalankan software video editing pastilah akan membuat kreativitas mereka terhambat, karena laptop yang speknya tidak sesuai akan membuat laptop lemot bahkan hang saat mengoperasikan software yang filenya besar.

Khususnya bagi pemula, aplikasi video editor bukan software untuk laptop baru yang cocok diinstal di laptop baru kecuali bila kamu sudah tahu spesifikasi laptop pilihan untuk menginstal software edit video. Kalau memang belum tapi ingin, maka aplikasi edit video yang punya kapasitas ringan adalah solusinya. Lalu bagaimana supaya software-software kekinian bisa berjalan normal di laptop tentu saja harus mengetahui cara memilih laptop yang bagus.

Kembali ke masalah software video editing, software video editor ringan sebenarnya cukup banyak. Namun tidak semuanya merupakan software edit video ringan dan lengkap. Selain itu mungkin hanya beberapa saja yang merupakan software edit video yang ringan dan mudah digunakan khususnya pada tools dan fitur.

Lalu apa sih software edit video ringan terbaik dan paling cocok untuk content maker pemula ? Kali ini TeknoPlug akan merekomendasikan apa saja aplikasi edit video terbaik dan ringan untuk Youtuber.

Software Edit Video PC/Laptop Ringan, Bagus, Lengkap 

1. Filmora Video Editor | Software Edit Video Ringan All-In-One

Filmora Video Editor software ringan untuk edit video PV

Filmora Video Editor bisa jadi salah satu pilihan utama software edit video yang ringan bagi para video maker. Selain berukuran lightweight, Filmora adalah video editor yang all-in-one yang menyediakan banyak tool dasar dalam video editing, misalnya splitting, cropping, merging, dan trimming. Selain itu Filmora merupakan aplikasi yang mudah digunakan serta kompatibel dengan laptop ber-OS Windows 7, 8, da 10.

Software video editing Filmora mendukung hampir semua format video, audio, dan gambar. Aplikasi editing ini juga memungkinkan penggunanya melakukan live record di layar komputernya. Filmora hadir dengan tools special effect seperti overlay, face-off, filter transitions, motion effects, picture-in-picture, serta mosaic.

Filmora Video Editor termasuk jajaran software edit video ringan gratis namun sejenis trial. Untuk mendapatkan versi Pro yang berlisensi tentu saja berbayar setidaknya $39.99/tahun.

2. Vegas Movie Studio | Software Edit Video Ringan dan User Friendly

Vegas Movie Studio Software Edit Video Ringan

Software edit video yang ringan juga bisa kamu peroleh dengan menginstal Vegas Movie Studio. Awalnya produk editing ini bernama Sony Vegas Movie Studio. Vegas Movie Studio series tersedia dalam tiga versi yang berbeda, yaitu VEGAS Movie Studio 14 Platinum, VEGAS Movie Studio 14, serta VEGAS Movie Studi 14 Suite.

Aplikasi video editing besutan Sony ini punye interface yang user friendly, dilengkapi sejumlah video dan audio effect. Vegas Movie Studio juga support untuk monitor yang High DPI, bisa langsung upload ke Vimeo, Youtube atau Facebook. Software edit video ringan yang dihargai $50 ini dilengkapi dengan tutorial online. Video editor yang satu ini juga bisa kok digunakan secara gratis, tapi ya itu tadi, fiturnya terbatas (trial).

3. Pinnacle VideoSpin | Software Edit Video Ringan Dan Mudah Digunakan

software edit video ringan Pinnacel VideoSpin

Pinnacle VideoSpin sudah lama sebagai software edit video populer. Interface yang intuitif menjadikan Pinnacle VideoSpin sebagai software edit video yang ringan dan mudah dioperasikan. Namun meskipun ringan tidak membatasi kemampuannya layaknya sebuah editor profesional.

Beberapa fitur dan kelebihan yang hadir dalam Pinnacle Video Spin antara lain yaitu kemampuannya membuat slideshow foto, menghapus video scene yang tidak diinginkan, menambahkan audio/text overlay, 2D transitions serta banyak lagi efek video.

Intinya, Pinnacle VideoSpin ini adalah software edit video terbaik yang ringan dan sangat pas untuk digunakan para editor karena mendukung sejumlah format ekstensi video. Sayangnya kamu mesti memperolehnya dengan cara membayar.

4. VideoPad Video Editor | Software Edit Video Ringan dan Gratis

VideoPad Video Editor Yang Ringan Gratis Terbaik

Alternatif software edit video ringan di laptop/PC adalah VideoPad Video Editor. Hampir mirip dengan Vegas Movie Studio dan Pinnacle, software editing video terbaik yang satu ini punya interface yang intuitif. VideoPad hadir dngan sejumlah efek khusus dan efek transisi yang menarik sehingga menghasilkan video yang lebih atraktif. Aplikasi video editor yang satu ini juga terintegrasi dengan media sosial sehingga pengguna bisa langsung mengunggahnya.

Beberapa pilihan transisi dan efek yang menarik pada VideoPad antara lain yaitu 3D video editing, text overlay, konversi 2D-to-3D stereoscopic, serta banya lagi template efek visual efek. Beberapa fitur didalamnya yaitu opsi pengoptimisasian video (video optimization) seperti Fine-tuning of colors, mempercepat/memperlambat video, reverse playback, video stabilization, serata menambahkan gambar digital.

VideoPad Video Editor ini adalah software edit video ringan dan lengkap namun gratis, jadi kamu gak perlu ngeluarin biaya untuk mendapatkan dan menginstalnya.

5. Windows Movie Maker | Software Video Editor Ringan Untuk Laptop Windows

software edit video ringan Windows Movie Maker

Rasanya kelewatan banget kalau tidak memasukkan Windows Movie Maker di daftar ini. Software edit video PC yang satu ini terkenal cukup ringan, dan tersedia untuk semua perangkat ber-OS Windows. Hampir semua fitur editing ada di sini, mulai dari cropping, splitting, merging, serta trimming. Di software video editing yang ringan untuk laptop ini kamu juga bakal bisa mempercepat atau memperlambat video, serta menambahkan sejumlah efek transisi maupun special effect lainnya untuk membuat video yang atraktif.

Kamu bakalan cocok membuat video Youtube menggunakan software edit video ringan gratis yang satu ini.

6. VirtualDub | Software Edit Video Ringan Windows 10 

Software Edit Video Ringan VirtualDub

Software edit video ringan laptop terbaik berikutnya adalah VirtualDub. VirtualDub selain software edit video ringan Windows 10 juga software editing video gratis terbaik yang mudah digunakan karena interface-nya yang user friendly. 

VirtualDub hadir dengan sejumlah kemudahan dengan fitur-fitur antara lain cropping side bars, rotating videos, serta menambahkan/menghapus file. Secara terpisah, VirtualDub juga merupakan video converter. Selain itu software edit video ringan untuk PC yang satu ini sudah support video capturing serta bisa mengolah sejumlah file video bersamaan secara simultan.

Nah, itulah sejumlah Software Edit Video Ringan Terbaik Yang Lengkap Dan Mudah Digunakan lengkap, mudah digunakan, dan terbaik buat para Youtuber. Kamu mau instal software yang mana ? 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »