Table of Content

ASUS TUF Gaming A15, Libas Game Berat Dengan AMD Ryzen 4000 Series,

Review lengkap ASUS TUF Gaming AMD Ryzen 4000 series, laptop gaming yang bagus harga terjangkau dengan 8GB RAM, GPU NVidia GeForce GTX 1660Ti dan RTX2060.

ASUS kembali meluncurkan laptop terbaru dari jajaran TUF untuk para gamer kekinian yaitu TUF Gaming A15. Salah satu produk TUF Gaming A15 adalah FX506 Ryzen, yang performa dan kecepatannya mumpuni untuk melibas game-game berat.

asus tuf gaming a15 AMD FX506


Setelah merilis laptop bisnis, ASUS juga meluncurkan laptop gaming TUF terbarunya. Ada yang menarik dari laptop TUF A15 FX506 ini, yaitu hadirnya processor AMD generasi terbaru dari keluarga Ryzen yang diketahui memasang varian 4000 series. Processor 4000series yang baru saja dirilis pada 27 Mei 2020 lalu ini merupakan mobile processor dengan teknologi 7nm pertama di dunia dan membawa Zen 2 core didalamnya.

Seperti diketahui, Zen 2 core 7 nanometer memiliki kelebihan pada instruksi per clock yang lebih tinggi 15 persen dengan transistor ganda, konsumsi daya SOC-nya 20 persen lebih rendah, dan performa per watt ganda, sehingga dapat meningkatkan efisiensi daya.

AMD Ryzen 4000 series juga merupakan processor delapan inti (octa-core) pertama di dunia khususnya untuk laptop ultra tipis, yang memiliki kinerja multi-thread dan single-thread lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya dan terdepan dibandingkan pesaingnya. Dengan terintegrasinya prosesor grafis Radeon di dalamnya menyebabkan kemampuan untuk menjalankan pengoperasikan software-software berat yang bergrafis tinggi jadi lebih mumpuni dan unggul dibanding kompetitornya.

Processor AMD Ryzen 4000 series diluncurkan dengan beberapa tipe untuk sejumlah segmen penggunaan, yaitu U-series (untuk segmen laptop ultra tipis dengan jumlah inti terbanyak), H-series (untuk segmen content creator dan gaming), serta Pro-Series (laptop profesional ultra tipis). Khususnya TUF Gaming FX506 menggunakan AMD Ryzen 7-4800H.

Untuk TUF Gaming A15 Ryzen sendiri ASUS merilis 4 varian kartu grafis Nvidia GeForce, yaitu TUF Gaming A15 Ryzen 5-4600H dengan kartu grafis GTX1650Ti, Ryzen 7-4800H GTX1650Ti, Ryzen 7-4800H GTX1660 Ti, dan Ryzen 7-4800H RTX 2060.

Lalu seperti apa gerangan ASUS TUF Gaming A15 AMD FX506 Ryzen 4000 series ini? Apa saja kelebihan dan keistimewaan yang dihadirkan olehnya ?

Review ASUS TUF Gaming A15 FX506 Ryzen GTX 1650Ti/1660Ti/RTX 2060

Buat kamu yang masih bingung memilih laptop gaming, TUF Gaming A15 sangat recommended banget, dimana kamu bisa memilih varian TUF Gaming FX 506 AMD Ryzen 5 dan Ryzen 7 yang dipadukan dengan pilihan kartu grafis NVidia GeForce model GTX 1660 atau RTX 2060.

Selain telah menggunakan teknologi terkini dan dapat mendukung aktivitas sehari-hari, harganya juga sangat kompetitif.

Berikut adalah ulasan lengkap TUF Gaming A15 FX506 Ryzen yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk kalian yang sedang mencari laptop kekinian.

Desain Body

ASUS TUF A15 FX506 Ryzen series didesain dengan body ramping berukuran 359.8 x 256 x 22.8 ~24.7 mm (WxDxH) dan berat 2,3 kg. Untuk perangkat yang ditujukan untuk gaming, ukuran dan bobot seperti ini tidak begitu menjadi masalah karena ada berbagai alasan mengapa bobotnya seperti itu, utamanya yaitu material yang membalut body agar laptop punya ketahanan lebih baik.

Untuk aktivitas mobile tentu laptop dengan ketahanan body yang tinggi sangat dibutuhkan, karena selama beraktivitas outdoor berbagai kemungkinan bisa saja terjadi, misalnya terbentur atau terkena hujan. ASUS TUF FX506 Ryzen mampu menjawab tantangan tersebut melalui sasis dan bodynya.

Body laptop terbaru ASUS ini dibalut metal dengan sapuan garis menyerupai rambut. Ada 2 model sasis body design yang bisa kamu pilih, yaitu Fortress Grey yang ramping terkesan tangguh dan pemberani, dan Bonfire Black. Uniknya kedua jenis desain ini menampilkan logo TUF yang sangat ikonik sebagai laptop gaming kekinian.

Keistimewaan body TUF Gaming A15 adalah kemapanannya terhadap benturan dan goncangan sehingga kerusakan yang diakibatkan dapat diminimalisir. TUF Gaming A15 sendiri sudah lulus uji kelayakan dan mendapatkan sertifikat military grade MIL-STD-810H.

Kelebihan lainnya yang terdapat pada sasis body TUF Gaming A15 ini yaitu kemampuannya menahan kelembaban untuk rentang waktu lama hingga 95 %, tetap stabil digunakan di daerah bercuaca ekstrim yang bersuhu tinggi maupun bersuhu rendah, serta daerah berkelembapan tinggi.

Buat kamu yang sering beraktivitas lapangan, TUF Gaming A15 FX506 Ryzen ini bukan cuma sekedar laptop gaming biasa. Dengan desain dan tampilan bodynya yang elegan dan berani, bisa mewakili ketangguhanmu dan #staytuf di rumah maupun di mana saja.

Display

Layar display TUF Gaming A15 FX506 adalah IPS FHD 15,6 inchi beresolusi 1920 x 1080 piksel dengan refresh rate 144 Hz dan telah dilengkapi teknologi Adaptive Sync yang bisa mensinkronkan frame rate GPU dan kompatibel dengan AMD FeeSync sehingga mampu mengurangi lag, meminimalisir kegagapan, sekaligus menghilangkan robekan visual untuk gameplay yang sangat halus dan imersif. Pastinya dengan refresh rate segitu grafisnya terasa lebih halus.

Selain itu, display monitor laptop yang satu ini telah dilengkapi dengan teknologi Nano-Edge, yang memberikan keleluasaan bagi siapapun yang memandangi layar dimana bezel terpangkas maksimal dengan ratio 16:9. Ada juga teknologi visual Anti Glare didalamnya, dimana pengguna akan mendapatkan pengalaman visual terbaik serta teknologi Eye Care yang dilengkapi color setting dan color temperature. Bagi pengguna yang punya masalah pada mata tentu saja ini sangat menguntungkan karena bisa mengatur warna dan suhu sesuai keadaan.

Processor

Kalau kalian mengira laptop ini adalah laptop biasa-biasa saja pastilah pemikiran yang sangat keliru, karena laptop TUF Gaming A15FX506 menawarkan dimensi lain penggunaan laptop masa kini yang lebih futuristik : high speed dan high-performance, multi fungsi, serta bisa dibawa kemanapun.

TUF Gaming A15 FX506 menggunakan varian processor AMD Ryzen yaitu AMD Ryzen 5-4600H dan AMD Ryzen 7-4800H. Keunggulan utama TUF Gaming A15 FX506 ini adalah pada kecepatan dan performanya ketika mengeksekusi aplikasi-aplikasi berat sekelas game. Dengan processor octa-core laptop ini mampu beroperasi dengan kecepatan hingga 4,2GHz (turbo). Wow, kencang bukan ?

TUF Gaming A15 FX506 Ryzen 7-4800H mengusung arsitektur Zen 2 7nm hingga 16-thread sehingga performanya sangat terdongkrak dan kinerjanya juga baik.

Kamu suka memainkan game-game sekelas DOTA 2, CS : GO, atau Assasin's Creed Odissey ? Semua game bisa dilahap dengan performa yang baik dan tetap stabil. Bukan cuma software-software game berat saja, laptop ini juga bisa kamu andalkan untuk menjalankan aplikasi desain grafis terbaru sekelas Corel Draw.

Bahkan untuk editing dan rendering video menggunakan software video editor sekelas Adobe Premiere di laptop ASUS TUF Gaming A15 FX506 ini tidak ada masalah yang berarti dan tetap cepat.

Discrete dan Integrated GPU

Untuk sisi grafis laptop ini menawarkan kinerja olah grafis yang sangat menggiurkan, karena processor Ryzen diduetkan dengan kartu grafis diskrit NVidia model GeForce GTX 1650 Ti, 1660Ti 16-core. GPU yang menggunakan core CUDA ini merupakan kartu grafis berasitektur Turing terbaru yang terkenal punya kemampuan olah grafis tinggi namun dengan harga yang relatif terjangkau. GTX1650 Ti dan 1660Ti sendiri punya boost clock 1770MHz dengan frame buffer 6 GB DDR6 dan kecepatan memory 12 Gbps. Kencang kan ?

Kamu juga bisa memilih TUF Gaming FX506 yang lebih tinggi lagi dengan GPU model GeForce RTX 2060 dengan VRAM model GDDR6 berkapasitas 6GB didalamnya, yang mampu memproduksi frame rate tinggi untuk gambar dan video, utamanya untuk game populer dan software yang membutuhkan olah grafis tingkat tinggi.

Yang lebih unik, didalam processor Ryzen telah terintegrasi pula processor grafis Radeon RX Vega 7 iGPI. Processor grafis Radeon RX Vega 7 ini memiliki arsitektur Vega dengan 448 shader core, 28 TMUs, dan 8 ROPs berkecepatan 1600 MHz yang mumpuni menjalankan grafis ringan.

RAM

Multitasking adalah jenis pengoperasian lainnya yang ada dalam sebuah laptop. Kemampuan multitasking memungkinkan kamu bisa beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Salah satu pendukung utama baiknya kinerja multitasking laptop adalah memori (RAM). Dengan RAM besar kerja multitasking juga memuaskan.

ASUS TUF Gaming A15 FX506 ini menyematkan RAM berkapasitas 8 GB tipe DDR4 berkecepatan 3,2 GHz sehingga laptop mampu beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan cepat.

Kerennya lagi kamu bisa menambah RAM ini ke yang lebih tinggi karena di dalamnya tersedia slot tambahan bila kamu punya niat untuk mengupgrade-nya di masa mendatang, sesuai kebutuhan dan perkembangan teknologi.

Ruang Penyimpanan

Untuk mendukung akses dan loading cepat, ASUS juga telah meningkatkan sistem penyimpanan (storage) berbentuk chip SSD (Solid State Drive) model M2.

SSD adalah chip penyimpanan yang memungkinkan pengguna tidak perlu berlama-lama menunggu proses booting dan loading file-file dalam laptop yang biasanya didapati ketika mengoperasikan laptop dengan sistem penyimpanan HDD (hardisk drive) model lama yang sering bermasalah pada loading laptop lemot.

SSD yang tersedia dalam TUF Gaming FX506 berkapasitas 512 GB. Istimewanya lagi ada slot M.2 NVMe PCLe tambahan, sehingga kamu bisa menambah chip SSD lagi agar lebih leluasa menyimpan lebih banyak file.

Untuk varian TUF FX506 Ryzen 5-GTX 1650 Ti dan Ryzen 7 GTX 1650 Ti didalamnya terdapat SSD berkapasitas 512 GB. Sementara untuk varian Ryzen 7 GTX 1660 Ti ada penyimpanan HDD berkapasitas 1TB plus SSD 256 GB. Khususnya Ryzen 7 RTX 2060 memiliki penyimpanan SSD sebesar 512 GB. Cukup luas bukan ?

Keyboard

Papan ketik adalah sektor lain yang ditingkatkan oleh ASUS dimana pada TUF Gaming FX506 Ryzen keyboardnya sangat gaming banget. Ya, meskipun laptop ini bisa untuk apapun tapi tema gaming memang sangat kentara pada laptop terbaru Ryzen ini karena adanya backlight RGB.

Kelebihan yang terdapat pada keyboard TUF Gaming FX506 Ryzen ini yaitu backlight-nya bisa dikustomisasi, dan tombol-tombolnya diberikan ketegasan yang memudahkan penggunanya dapat mengetik atau bermain game di tempat dengan kondisi gelap atau kurang cahaya.

Selain itu respons tombolnya saat ditekan juga sangat cepat karena menggunakan teknologi overstrike. Presisi jangka panjang menjadi salah satu tujuan teknologi ini, sehingga dengan jutaan kali ditekan pun tombolnya tetap punya respon cepat seperti ketika pertama kali membelinya.

Sistem Pendingin

Performa yang stabil, yang merupakan salah satu senjata utama pada laptop gaming terbaru ASUS TUF ini juga karena adanya dukungan sistem cooler di dalamnya. Seperti teori dalam fisika, produk lain yang dihasilkan dari pergerakan processor dan pengoperasian laptop secara keseluruhan adalah peningkatan suhu.

Agar laptop tetap sejuk ASUS menyematkan teknologi dan sistem pendingin yang komprehensif, yaitu menanamkan heatpipe dan heatsink yang berfungsi untuk mengalirkan panas dengan cepat keluar menjauh dari komponen utama. Dengan metode ini permukaan laptop tetap sejuk saat berlaptop ria dalam jangka waktu lama. Selain itu panas yang dialirkan keluar menyebabkan potensi komponen mengalami heat yang berakibat laptop jadi hang juga diminimalisir.

Uniknya lagi, ada fitur anti debu sehingga kotoran dan debu yang masuk bisa dikeluarkan melalui pipa heatsink.

Sistem Operasi Windows 10

Ada beragam pilihan kustomisasi yang diinginkan, mulai dari mode standar hingga Turbo. Kamu juga bisa mengatur pengoperasian laptop sesuai tingkat kebisingan yang diinginkan dan beban kerja laptop.

Yang lebih canggih, laptop ini bakalan aman dari tangan-tangan jahil karena didalamnya sudah tersemat fitur keamanan Finger Print Sensor yang hanya mengenali sidik jari si pemilik. Selain itu mengakses laptop tidak pakai lama karena sekali sentuh laptop langsung aktif.

Konektivitas

ASUS TUF Gaming A15 FX506 memiliki pendukung konektivitas yang cukup lengkap dan komprehensif dengan akses cepat, antara lain Port USB 3.2 Gen2, Port USB 3.2 Gen2 Type-C (support DisplayPort dan Power Delivery) yang punya loading cepat, serta Port USB 2.0 dan card reader.

Dengan support konektivitas seperti ini kamu tidak perlu menunggu lama untuk memindahkan file-file besar seperti file film berkapasitas ratusan MB, hingga file instalasi game dan software berat yang berukuran GB dari perangkat lain ke laptop dan sebaliknya dari laptop ke perangkat lainnya.

Selain itu juga ada port HDMI yang bisa menghubungkan laptop kamu ke perangkat infocus ataupun multimedia, serta dukungan WiFi 5 (802.11ac) 2x2, LAN untuk internetan dan thatering.

Audio dan Multimedia

Bagi para gamer, suara menggelegar namun jernih merupakan bagian tidak terpisahkan saat seru-seruan bermain game. Audio menggelegar ini pastinya akan mudah didapatkan di ASUS TUF FX506 Ryzen ini karena varian laptop ASUS gaming yang satu ini memiliki audio yang imersif.

Imersif Surround Sound yang dihasilkan berasal teknologi DTS Ultra (kanal yang memberikan suara virtual 7.1) dimana dua speaker yang ditingkatkan menjadi empat cut-out yang mampu menghasilkan 1,8x lebih banyak suara dan 2,7x deeper sound dibandingkan generasi sebelumnya.

Kualitas suara ini juga bisa didapati ketika menonton film atau mendengar musik di laptop, dimana terdapat 8 mode prasetel yang bisa diatur sesuai selera.

Baterai dan Masa Aktif Laptop

TUF Gaming A15 model FX506 Ryzen terasa semakin sempurna karena meskipun merupakan laptop yang menyasar pada gaming dimana umumnya boros pada penggunaan daya tapi laptop yang satu ini punya masa aktif yang lebih lama. Ini karena baterainya berkapasitas besar meskipun dimuat dalam chasis yang portabel dan lebih kecil dibandingkan generasi sebelumnya.

Baterai TUF Gaming A15 model FX506 Ryzen adalah lithium-polymer (Li-Po) yang mampu aktif hingga 45 jam lamanya tergantung jenis penggunaannya. Masa aktif laptop satu ini juga sangat terjaga berkat efisiensi daya oleh arsitektur Zen 2 7nm dalam processornya.

Untuk bermain game, TUF Gaming A15 model FX506 Ryzen mampu bertahan selama 5 jam, yang telah dibuktikan melalui pengujian pada PCMark 10 Battery, sehingga memungkinkan kamu merasakan serunya bermain game ketika sedang traveling, ataupun ketika di coffee shop bareng teman-teman.

/

Spesifikasi dan Harga

Umumnya laptop gaming dilepas dengan harga puluhan hingga ratusan juta (tergantung merk) yang bisa bikin geleng-geleng kepala. Namun tidak demikian dengan TUF Gaming A15 model FX506 Ryzen ini karena kamu bisa memilikinya dengan harga yang relatif dapat terjangkau tergantung model processor Ryzen dan kartu grafis yang disandingkan.

Lagipula, spesifikasi dan kualitasnya berbanding lurus dengan harganya bukan ?

Di pasaran TUF Gaming A15 FX506 Ryzen 7 dengan GPU NVidia GeForce GTX 1660Ti dilepas pada harga mulai Rp 18 jutaan. Sementara harga jual TUF Gaming A15 model FX506 Ryzen dengan kartu grafis NVidia GeForce RTX2060 mulai Rp 20 jutaan. Alternatif yang lebih terjangkau tapi dengan performa yang sama yaitu TUF Gaming A15 AMD Ryzen 5 dengan VGA GeForce GTX 1650 Ti yang dilepas mulai harga Rp 14 jutaan atau AMD Ryzen 7-4800H GTX 1660Ti seharga Rp 15 jutaan.

Dimana kamu bisa mendapatkannya ? Saat ini penjualan exclusive sedang berlangsung secara online melalui situs e-commerce terpopuler dan terpercayaini.

Bila dibandingkan dengan spesifikasinya serta kompetitor di kelasnya, harga TUF Gaming A15 model FX506 Ryzen 7-4800H GTX 1660Ti relatif ekonomis, demikian pula TUF Gaming A15 model FX506 Ryzen 7-4800 RTX 2060.

Baca juga: Spesifikasi Zenbook UX391UA

Kesimpulan : Kencang, Kencang Banget, dan Kekencangan Tapi Kantongable

TUF Gaming A15 model FX506 memiliki kelebihan pada kecepatan dan performanya yang dihasilkan oleh AMD Ryzen varian 4000H terbaru yang berarsitektur Zen 2 7nm yang menjadikannya termasuk dalam jajaran laptop dengan teknologi 7nm pertama di dunia, dan sekaligus merupakan laptop octa-core pertama di dunia.

Performa dan kecepatan juga didukung oleh penggunaan kartu grafis terintegrasi AMD Radeon Vega 7 didalam processor yang mampu mengeksekusi aplikasi dengan grafis ringan, serta adanya kartu grafis mandiri NVidia GTX 1650Ti/1660 Ti atau RTX 2060 yang mampu melahap game dan software yang butuh olah grafis tinggi.

Dengan kinerja processing yang mumpuni, pengolahan grafis tingkat tinggi, daya baterai lebih lama, RAM 8GB yang upgradeable, penyimpanan berkapasitas besar, dan teknologi super komprehensive di dalamnya harga TUF Gaming A15 FX506 Ryzen relatif sangat kantongable (alias terjangkau) buat para gamer yang butuh perangkat gaming terbaik berspesifikasi canggih namun harga ekonomis.

Nah, bagaimana ? Keren kan ? Tunggu apa lagi, segera cari tahu info produknya di toko online, atau ke outlet. Siapa tahu kamu dapat keringanan dengan alternatif metode pembayaran misalnya kredit serta bonus-bonus berlimpah. Stay TUF dimana saja, apalagi kalau cuma di rumah doang. Game berat pun bisa dilibas dengan ASUS TUF Gaming A15 AMD Ryzen ini.

Suka Teknologi