Panduan Daftar Ulang SIM Card Lama dan Kartu Perdana

Cara mudah melakukan registrasi kartu seluler semua operator 100% work.

Registrasi kartu SIM kini wajib dilakukan pelanggan seluler sejak adanya Peraturan Kominfo Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi. Namun penerapannya terdapat kendala yaitu data ditolak padahal sudah submit berulang kali.

Bagaimana Agar Registrasi Kartu SIM Card Berhasil

cara registrasi kartu seluler yang benar

Di Indonesia saat ini ada cukup banyak produk kartu seluler prabayar yang dirilis provider. Kartu Simpati, As, Halo milik Telkomsel beserta nomor Ooredo, Im3, dan Mentari dari Indosat adalah yang terbanyak digunakan pelanggan seluler di Indonesia selain XL, 3, Axis maupun Smartfrend. Pada kenyataannya seorang pemilik bisa memiliki lebih dari satu nomor seluler.

Agar lebih teratur dan pemilik asli nomor seluler terhindar dari penyalahgunaan data serta konsumen lebih mudah mendapatkan informasi dan layanan publik maka pemilik kartu harus mendaftarkan nomor SIM-nya melalui operator seluler. Di negara lain registrasi ulang kartu seluler sudah lama diberlakukan. (Baca Bagaimana Registrasi Kartu SIM Negara Lain ?).

Namun saat melakukan pendaftaran kartu SIM tersebut data seringkali ditolak padahal pelanggan sudah mengikuti petunjuk yang diberikan operator seluler. Bahkan pemilik SIM sudah mendaftarkan berulang-ulang. Kenapa demikian ?

Ada berbagai kemungkinan mengapa proses daftar kartu SIM gagal, namun penyebab utamanya cuma dua yaitu koneksi internet lemot karena jaringan sibuk serta cara melakukan registrasi SIM yang keliru.

Baca Juga : Cara Cek Kecepatan Internet Di Laptop/HP Menggunakan Aplikasi

Lalu bagaimana sebaiknya melakukan registrasi yang benar sehingga nomor SIM pelanggan diterima oleh sistem dengan sekali mendaftar saja ?

Registrasi Ulang Kartu Seluler Lama

cara daftar ulang kartu SIM Telkomsel

Bagi anda yang biasanya menggunakan kartu SIM yang masih aktif maka nomor seluler ini wajib anda daftarkan. Bagaimana cara registrasi kartu Telkomsel ?

Cara Daftar Ulang Kartu Telkomsel Lama Yang Masih Aktif

Urutan proses pendaftaran ulang kartu Telkomsel lama yang masih aktif ini yaitu sebagai berikut :

  1. Buka layar hp anda, pilih menu Dial.
  2. Pada layar ketik : ULANG<spasi>16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  3. Contohnya : ULANG 1771234500000000#1771234567000000.
  4. Cek lagi urutan nomor dan tanda penulisan seperti spasi dan tanda pagar.
  5. Bila sudah benar, kirimkan ke 4444.

Cara Daftar Ulang Kartu Lama Selain Telkomsel

Bila anda pengguna selain operator Telkomsel, cara registrasi kartu im3 Indosat ataupun cara registrasi kartu XL dan Smartfren tiada berbeda alias sama persis. Langkah-langkahnya silakan ikuti panduan Cara Registrasi Kartu Seluler Telkomsel di atas.

Untuk mengetahui apakah data anda sudah terdaftar atau masih dalam proses maka statusnya bisa anda cek dengan mengetik : CEK lalu kirim ke 4444.

Baca Juga : Cara Upgrade Kartu 4G Telkomsel

Lalu bagaimana bila anda menggunakan kartu SIM terbaru tapi belum pernah didaftarkan ?

Registrasi Kartu Seluler Perdana

Untuk melakukan pendaftaran ulang kartu perdana seluler dari masing-masing operator silakan ikuti panduannya berikut ini.

Cara Mendaftarkan Kartu SIM Terbaru Telkomsel

Telkomsel adalah operator seluler terbesar di Indonesia. Selain produk seluler prabayar untuk berkomunikasi dan internetan seperti Simpati Sakti, Loop dan As Telkomsel menyediakan kartu pascabayar Halo dengan beragam paket langganan. Bersama PT. Telkom Indonesia, Telkomsel juga menyediakan paket Wifi (Baca: Wifi murah untuk di rumah).

Bagi anda yang baru saja menggunakan kartu Telkomsel proses pendaftaran dapat dilakukan pada tahap-tahap awal penggunaan. Setiap pembelian kartu perdana biasanya operator mengharuskan pengisian data untuk aktivasi nomor tersebut dengan cara mengirimkannya ke 4444. Setelah melakukan aktivitasi anda bisa kemudian bisa melengkapi kelengkapan data yang diminta yaitu KK dan NIK.

Cara registrasi kartu SIM Simpati di Android cukup mudah. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

  1. Aktifkan layar Android anda lalu pilih menu Dial (disebelah kiri bawah), biasanya logonya adalah logo telepon. Selanjutnya akan muncul layar tempat anda mengetik nomor yang akan dihubungi
  2. Ketik : REG<spasi>16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  3. Contohnya seperti ini : REG 1771123456789123#1771234567890123
  4. Setelah itu kirimkan ke 4444

Perhatikan tanda spasi dan tanda pagar, WAJIB !

Bila urutan dan tanda-tanda penulisan sudah anda ikuti dengan benar, maka setelah anda submit ke 4444 akan muncul notifikasi via pesan singkat dari sistem yang menyatakan data-data anda telah tersimpan di database. Itu berarti proses registrasi kartu SIM Telkomsel anda telah berhasil.

Cara Registrasi SIM Perdana Prabayar Indosat Im3/Ooredo, Mentari, Smartfren

Seperti yang tadi TeknoPlug utarakan bahwa format registrasi setiap operator seluler berbeda. Format pendaftaran kartu perdana Indosat Mentari/Im3 juga berbeda dengan cara daftar kartu Simpati/As Telkomsel.

Berikut adalah format pendaftaran dan cara registrasi kartu perdana Im3 dan Mentari Indosat serta Smartfren :

  1. Buka layar Android anda, dan cari menu Dial.
  2. Pada layar dial, ketik : 16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  3. Kemudian kirim ke 4444

Sekali lagi, kamu wajib memperhatikan tanda spasi dan tanda pagar.

Cara Daftar Kartu Prabayar XL, Axis, 3 Prabayar Yang Baru

Selain Telkomsel dan Indosat, XL Axiata adalah operator seluler kenamaan dengan konsumen tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Bila kamu menggunakan kartu SIM baru XL, Axis, dan 3 perlu diketahui bahwa format pendaftarannya berbeda dengan format registrasi kartu perdana Telkomsel dan Indosat.

Langkah-langkah melakukan registrasi kartu perdana prabayar XL Axiata (XL, Axis) yaitu :

  1. Ketik : DAFTAR#16 digit NIK#16 digit nomor KK
  2. Kemudian kirimkan ke 4444

Nah, bagaimana mudah kan langkah-langkah pendaftaran ulang kartu SIM dan registrasi kartu perdana dari masing-masing operator seluler ini ?

Mengatasi Registrasi Kartu Ulang Kominfo Yang Sering Gagal

Seturut dengan aturan baru Kominfo RI mengenai database pengguna seluler yang wajib mendaftarkan nomornya, sering kali prosesnya mengalami kegagalan.

Untuk mengatasi hal tersebut sekaligus agar proses registrasi berhasil maka tiga hal yang perlu diterapkan.

1. Jangan Berulang-Ulang Melakukan Submit Data Registrasi SIM

Untuk diketahui, traffic internet (internet traffic) atau bandwidth dapat diartikan sebagai ukuran transfer data yang dilakukan oleh website (upload dan download). Traffic internet dipengaruhi oleh tampilan web, proses upload dan download, dan POP3-SMTP. Ketika sejumlah pesan baik pesan teks (SMS) maupun pesan elektronik (email) menyertakan attach (lampiran) masuk dalam sistem, proses tersebut telah menggunakan bandwidth. Untuk mengetahui dan mengontrol seberapa besar bandwidth atau traffic internet dipergunakan maka digunakan teknik internet traffic monitor atau teknik monitoring jaringan.

Ketika melakukan submit berulang-ulang sistem akan membutuhkan waktu merespon dan terjadi antrian di jaringan. Karena itu jangan melakukan pendaftaran yang berulang.

2. Lakukan Pendaftaran Kartu SIM Pada Saat Sistem Jaringan Tidak Sibuk

Kominfo dan provider telah mengakui bahwa sejak pemberlakuan batas akhir registrasi SIM card pendaftar membludak sehingga traffic internet yang menuju database sangat padat yang berdampak pada kemampuan respond sistem. Solusi yang diberikan adalah memperpanjang masa registrasi dan menyarankan konsumen seluler mendaftar pada jam-jam yang tidak sibuk, misalnya jam 23.00 WIB hingga 06.00 WIB.

3. Lakukan Registrasi SIM Card Sesuai Petunjuk Masing-Masing Operator Seluler

Penyebab lain kegagalan melakukan registrasi kartu seluler adalah karena konsumen tidak melakukan pengisian data sesuai petunjuk dari masing-masing operator seluler. Seperti diketahui setiap provider memiliki prosedur pendaftaran masing-masing, meskipun tujuannya tetap ke database "4444".

Masalahnya adalah ketika seorang konsumen menggunakan kartu As dan Im3 pada saat yang bersamaan namun melakukan pendaftarannya dengan cara yang sama. Padahal sudah jelas As dan im3 adalah dua produk SIM yang berasal dari provider yang berbeda (As dari Telkomsel sementara im3 milik Indosat).

Artinya, pelanggan seluler harus mendaftar ulang kartu SIM sesuai format registrasi dari operator seluler masing-masing.

Yang pasti anda harus punya KTP dan KK. Apa ? Anda tidak atau belum punya kartu kependudukan ? Anda bisa juga kok melakukan registrasi nomor SIM. Coba ikuti tutorial Ini Cara Registrasi Kartu Tanpa KTP.

Itulah Cara Registrasi Kartu SIM baik registrasi ulang nomor seluler lama yang masih aktif maupun registrasi nomor perdana. Selamat mencoba.

Anda mungkin menyukai postingan ini

3 komentar

  1. Clashofking
    Gak usah buru-buru gan, registrasinya kan masih lama sampai feb 2018
  2. COK Player
    Registrasi kartu sim gw udah berhasil, tp termasuk lama karna gagal melulu. Jd gw tunggu aja kapan jaringan sedang tidak padat
  3. serba
    Sangat membantu bagi pemula yang baru membeli kartu perdana seperti saya. Terkadang memang membingungkan harus mendaftar sendiri. Thanks
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>