test

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Telkomsel/Indosat/3

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Telkomsel/Indosat/3

Mempercepat koneksi internet android pelanggan operator Telkomsel/Indosat/3 bisa dilakukan dengan cara optimalisasi perangkat dan jaringan menggunakan aplikasi internet booster.


Cara Mempercepat Koneksi Internet Android
Teknologi jaringan, komunikasi serta informasi semakin meningkat seiring dengan tingginya kebutuhan manusia untuk memperoleh dan mengakses informasi. Internet menjadi kebutuhan untuk mendapatkan data dan informasi secepat mungkin.

Baca Juga :

9 Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet Wifi/Gadget 

Mempercepat Koneksi Internet PC Pengguna Wifi 

Cara Cepat Mengubah HP 3G Menjadi 4G di Android dan IPhone 

Mempercepat Koneksi Internet Wifi Dengan 3 Trik Rahasia

Cek Kecepatan Internet Menggunakan Alat Pengukur Kecepatan Internet di Laptop dan di HP



Untuk memperoleh informasi tersebut secepat mungkin, manusia membutuhkan perangkat dan layanan yang mendukung internet cepat.

Lalu, mengapa cara mempercepat koneksi internet android pelanggan provider Telkomsel ini perlu diulas ? Ini karena adanya pertanyaan dan keluhan seputar kecepatan akses internet yang dirasa lemot oleh sejumlah pelanggan internet smartphone khususnya pelanggan Telkomsel.

Sebelum mengulas tentang trik meningkatkan akses internet android bagi pelanggan Telkomsel, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu keterkaitan antara akses internet, kecepatan akses internet, Android, smartphone android, internet android, provider internet dan kecepatan koneksi internet pada android.

Akses internet adalah kecepatan transfer data pada saat mengakses informasi melalui jalur internet atau jaringan internet. Satuan koneksi internet dikenal dengan bit per second, artinya berarti berapa banyak bit data ditransfer atau dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain.

Macam-macam kecepatan akses internet

Macam-macam kecepatan akses internet terdiri atas 2 macam, yaitu akses internet downstream dan akses internet upstream.

  1. Kecepatan akses internet downstream adalah kecepatan internet saat mengambil data-data dari server internet menuju komputer atau gadget lainnya seperti smartphone maupun tablet.
  2. Kecepatan akses internet upstream adalah kecepatan internet saat mengirimkan infromasi dari gadget atau komputer menuju server.
Menggunakan gadget smartphone android dengan hardware yang mendukung adalah salah satu trik untuk meningkatkan akses internet sekaligus menghindari akses internet lemot.

Perkembangan teknologi jaringan memungkinkan pengguna smartphone bisa mengakses layanan internet dari provider. Saluran internet yang paling sering digunakan adalah 3G. Tetapi belakangan layanan internet mobile teknologi 4G LTE juga sudah digemari.

Teknologi jaringan 3G (third generation technology) adalah sebuah standar teknologi jaringan nirkabel versi ketiga, sesuai standar ITU (International Telecommunication  Union). Kecepatan akses internet pada jaringan 3G adalah 144 kbps versi mobile dan 2 Mbps dalam kondisi statis.

Teknologi jaringan 4G (fourth generation technology) merupakan teknologi jaringan nirkabel (wireless) generasi ke-empat. Teknologi 4G adalah pengembangan dari teknologi 3G dan 2G menggunakan jaringan pita lebar ultra. Terdapat 2 standar yang digunakan dalam teknologi 4G, yaitu WiMax dan LTE (Long Term Evolution). Di Indonesia akses internet 4G yang paling sering digunakan adalah internet LTE. Akses internet LTE 4G bisa digunakan untuk video call, video streaming maupun nonton video online melalui perangkat mobile. Perlahan-lahan pengguna hp 3G beralih menggunakan smartphone 4G.

Apa itu Android dan Internet Android


Sebelum ada smartphone, orang terlebih dahulu mengenal  ponsel. Ponsel atau HP (handphone) merupakan telepon genggam dengan fitur terbatas untuk melakukan panggilan, menerima panggilan, mengirim pesan teks (SMS) dan fitur sederhana lainnya seperti pengingat. 

PDA merupakan sejenis komputer mini yang fungsi kerjanya menyerupai komputer, bisa digunakan untuk mengakses internet. 

Smartphone merupakan perangkat komunikasi yang menggabungkan fitur telepon dengan fitur komputer dan internet dalam satu perangkat. Smartphone sering juga disebut ponsel pintar.

Sumber daya perangkat android hampir sama dengan laptop, yaitu menggunakan baterai berikut perangkat adaptor untuk pengisian ulang. Penggunaan perangkat android memungkinkan penggunanya bisa membuka sejumlah aplikasi dalam waktu bersamaan.

Bagaimana Android Beroperasi ?

Android merupakan sebuah sistem operasi atau OS (Operating System) berbasis Linux. Android diakuisisi oleh Google pada 2005. Android dikembangkan secara khusus oleh Google menggunakan binari tersendiri yang disediakan oleh produsen agar Android bisa berjalan pada perangkat.

Setelah selesai melakukan update atau pembaharuan, biasanya Android dirilis dengan penyebutan versinya. Contohnya Android Jelly Bean versi 4.1.x, Android Jelly Bean versi 4.2.x, Android Jelly Bean versi 4.3.x, Android Kitkat versi 4.4.x, Android Lollipop versi 5x, Android Marshmallow versi 6.0.Versi Android terbaru adalah Android Nougat versi 7.

Android memungkinkan pihak ketiga memasukkan aplikasi dalam galeri gratis ataupun berbayar, sekaligus memungkinkan penggunanya memasang aplikasi tersebut secara otomatis di perangkatnya.

Untuk menggunakan internet android pengguna smartphone cukup membuka aplikasi apps store seperti Play Store. Lalu cari aplikasi yang dibutuhkan maka apps store akan memunculkan daftar aplikasi. Kemudian hanya dengan menekan tombol aplikasi yang dipilih, android bekerja otomatis melakukan download software tersebut. Setelah selesai, aplikasi yang didownload akan terpasang secara otomatis di perangkat mobile.


Internet Broadband dan Bandwidth Internet Seluler di Indonesia

Broadband berasal dari kata bahasa inggris, broad (jalan atau jalur) dan bandwidth (lebar). Dalam teknologi internet, bandwith diartikan sebagai jalur lebar atau pita lebar yang memungkinkan akses data secara cepat.

Teknologi internet broadband (broadband internet) adalah layanan internet internet yang memiliki kecepatan transfer data dan informasi sangat tinggi karena tersedianya jalur data (broadband) yang sangat lebar. Kecepatan transfer internet broadband oleh operator umumnya 128 kbps atau lebih.

Terdapat 2 jenis teknologi broadband untuk internet mobile yang disediakan oleh operator internet seluler di Indonesia, yaitu :

  1. DSL (Digital Subscriber Line). DSL adalah teknologi yang memanfaatkan bandwidth yang tidak digunakan pada jaringan telepon kabel tembaga. Pengembangan DSL menjadi IDSL (Integrated Service Digital DSL) menggunakan sepasang kabel dua arah (duplex) menyebabkan transmisi data dan informasi termasuk suara bisa dilakukan bersamaan dengan kecepatan akses internet hingga 144 kbps. 
  2. Fixed Wireless. Teknologi ini didedikasikan hanya untuk transmisi data saja, tidak termasuk suara. Sifatnya tetap (fixed).
Banyak operator internet yang memanfaatkan broadband internet sebagai bisnis teknologi jaringan. Telkomsel merupakan salah satu provider besar yang menjadikan jalur pita lebar LTE sebagai produk internet service andalan. Kecepatan koneksi internet 4G LTE dari Telkomsel pada beberapa wilayah mengungguli operator lain penyedia jasa internet serupa. Layanan internet 4G LTE dari Telkomsel bisa digunakan untuk semua pengguna perangkat smartphone dengan berbagai OS, termasuk android. 

Penyebab Internet Lemot Pada Android dan Cara Mempercepat Koneksi Internet 


Pengguna internet dapat menikmati layanan internet cepat bila jalur yang digunakan dalam kondisi kosong atau tidak ada pengguna lain di sekitarnya. Namun apabila pada saat yang bersamaan ada pengguna internet di sekitar yang juga memanfaatkan jalur tersebut, maka potensi internetan menjadi lemot selalu ada.

Kadangkala promosi dari provider internet broadband atau operator servis jaringan internet yang jor-joran masih dianggap belum memuaskan oleh pelanggan. Sering terjadi keluhan karena internetan lemot. 

Tapi tidak perlu khawatir berlebihan. Trik mempercepat koneksi internet berikut bisa diterapkan di Android khususnya pelanggan Telkomsel.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Telkomsel/Indosat/3

Cara mempercepat koneksi internet di android di semua operator seperti Telkomsel, Indosat dan 3 bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Berikut adalah tips n trik untuk mempercepat akses internet di hp android :

Cara Mempercepat Koneksi Internet Telkomsel/Indosat/3 Android Menggunakan Pengaturan VPN

Untuk mempercepat koneksi internet android Telkomsel/Indosat/3 salah satu triknya adalah melakukan pengaturan VPN. Apa itu VPN (Virtual Private Network) ? VPN adalah suatu koneksi private melalui jaringan publik (public access atau public connection). Fungsi VPN yaitu memodifikasi atau membuat jaringan dalam jaringan. VPN sangat berguna untuk mempercepat koneksi internet wifi di PC serta mempercepat akses internet pada smartphone saat sedang lemot.

Menggunakan VPN saat browsing bisa mempercepat koneksi internet di android dengan cara menghubungkannya ke alamat IP negara lain. Selain mempercepat koneksi internet android VPN juga bisa membuka situs yang terblokir.

Cara Mempercepat Akses Internet Indosat/Telkomsel/3 Menggunakan Aplikasi Ads Blocker 

Banyaknya konten berupa iklan melayang, sticky ads maupun pop up di web saat membuka situs sangat mengganggu. Selain membuat tidak nyaman juga memperlambat loading. Mengapa ? Karena semua konten web akan menggunakan bandwidth. Bandwidth yang terbagi menyebabkan internetan juga lemot. Untuk mempercepat koneksi internet pada smartphone dan tablet gunakan aplikasi ads blocker sehingga iklan bisa terblokir secara otomatis.


Pakai Aplikasi Untuk Mempercepat Koneksi Internet 

Untuk mempercepat koneksi internet pakai Aplikasi yang gunanya menangkap sinyal atau penguat sinyal. Aplikasi untuk mempercepat koneksi internet ini fungsinya bukan hanya mengoptimalkan perangkat, tapi juga memaksimalkan koneksi internet itu sendiri.

Contoh aplikasi yang digunakan untuk mempercepat koneksi internet adalah Internet Speed Booster. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, hanya dengan melakukan tap pada pilihan menu yang ada. Internet Speed Booster memiliki algoritma tersendiri yang bisa meningkatkan kecepatan akses internet android.


Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Root Telkomsel/Indosat/3 (Dengan Aplikasi)

Mempercepat akses internet dengan root dilakukan dengan memodifikasi konfigurasi RAM dan ROM. Contoh aplikasi yang digunakan untuk meningkatkan kecepatan internet yaitu Internet Booster (root). Aplikasi root ini memanipulasi sistem ROM sehingga mampu menambah kecepatan 40 hingga 70 persen lebih cepat dari keadaan semula.


Mempercepat Akses Internet Android Menggunakan CC Cleaner

CC Cleaner adalah sebuah software yang membantu meningkatkan performa perangkat sekaligus meningkatkan kecepatan internet. CC Cleaner bisa digunakan untuk mempercepat koneksi internet pc maupun gadget. Caranya hampir mirip dengan defragment (kompres), namun CC Cleaner juga menghapus file yang susah didelete.

Kesimpulan

Akses internet cepat hanya bisa diperoleh bila memperhatikan spek perangkat, jaringan internet itu sendiri, paket kuota internet dan penggunaan internet.  Untuk memperoleh kecepatan akses internet yang maksimal, terapkan juga cara mempercepat koneksi internet android yang lambat sekaligus meningkatkan performa perangkat berikut :

[1] Untuk mendapatkan akses internet cepat ketahui dulu Ketersediaan Jalur dan Titik Akses Internet 4G LTE (Termasuk Infrastrukturnya) 


Ketersediaan jalur akses internet beserta infrastrukturnya dan teknologi yang digunakan oleh provider sangat berpengaruh terhadap akses internet.

Oleh karena, sebelum mengeluh karena akses internet lambat pastikan dulu apakah di wilayah sudah tersedia jalur dan jaringan akses internet cepat seperti 4G LTE. Apakah perusahaan penyedia jasa internet seluler sudah memiliki infrastruktur dan sarana prasarana pendukung layanan internet tersebut.

Bila di suatu wilayah belum tersedia jaringan internet cepat seperti 4G LTE, maka jangan memaksakan diri untuk membeli paket kuota harganya mahal tapi tidak terpakai.

[2] Mempercepat Koneksi Internet Android Menggunakan Gadget Yang Speknya Memadai, Dijamin Pasti Internetan Kencang


Trik untuk mempercepat koneksi internet berikutya adalah menggunakan perangkat selular yang speknya sudah mumpuni. Tapi pastikan dulu point nomor [1], apakah jaringan LTE sudah tersedia di area anda.

Bila jaringan internet cepat 3G atau 4g LTE sudah tersedia, maka untuk mendapatkan kecepatan akses internet di android secara maksimal gunakan gadget dengan spek berikut ini :

  • RAM besar, minimal 2 Gb ke atas. 
  • Memori penyimpanan internal (internal memory/ROM) besar. Biasanya sejumlah produsen perangkat mobile menyiapkan memori internal 8 Gb. Tapi gunakan yang lebih besar lagi, misalnya 16 Gb. Untuk memori eksternal bisa menggunakan 32 Gb ke atas.
  • CPU Prosesor hp tercepat dan GPU terbaik. Prosesor CPU dan GPU terbaik adalah yang memiliki core banyak dan kecepatannya tinggi (Baca juga : Daftar Urutan Prosesor HP Tercepat dan GPU Terbaik)
Secepat apapun koneksi internet yang tersedia dan sebanyak apapun kuota internet yang dimiliki, bila speknya tidak mendukung maka kecepatan akses internet yang maksimal tidak akan pernah didapatkan.

[3] Mempercepat Akses Internet di Android Menggunakan OS Android Terbaru


Selain menggunakan perangkat HP yang memadai, cara mempercepat koneksi internet supaya aksesnya maksimal dan kencang adalah menggunakan OS Android terbaru. Android selalu dirilis setiap setiap produsen memperbaiki kekurangan pada versi sebelumnya. Menggunakan android lawas misalnya Android Jellly Bean versi 4.1.x ke bawah memang masih memungkinkan untuk mendapatkan koneksi internet. Tapi kecepatan sistem melakukan pengolahan data internet akan lebih lambat daripada OS android terbaru.

Bila tidak punya uang membeli gadget baru dengan OS terbaru, tidak ada salahnya melakukan upgrade OS versi ter-update secara online atau pergi ke counter hp terdekat.

[4] Percepat Koneksi Internet hp android Dengan Memasang Aplikasi Seperlunya, Pasti Internetan Bakal Ngebut

Supaya akses internet bisa dinikmati dengan lancar tanpa lemot, cara mempercepat koneksi internet di smartphone android dapat dilakukan dengan download dan pasang aplikasi seperlunya. Terlalu banyak memasangnya di smartphone akan memperlambat performa perangkat, karena sejumlah memori terpakai dan bandwidth juga terbagi sehingga memperlambat koneksi.

[5] Percepat koneksi Internet hp android dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan

Untuk mempercepat koneksi internet di android, tutuplah aplikasi android yang tidak digunakan. Apabila seorang pengguna perangkat sedang membuka aplikasi online shop Lazada, Tokopedia, Blibli, Blanja sementara aplikasi tersebut serupa, bandwidth akan terpakai oleh semua aplikasi online tersebut, alias bandwidth-nya terbagi. Padahal yang difokuskan hanya satu aplikasi saja.

Bandwidth yang terbagi bukannya membantu mempercepat koneksi internet android, tapi akan menghabiskan kuota internet. Selain membuat koneksi menjadi lambat, aplikasi yang dibuka dalam jumlah banyak akan membuat performa gadget jadi menurun.

Cara mempercepat koneksi internet wifi di perangkat PC juga bisa diterapkan mengikuti trik ini. 

[6] Mempercepat Koneksi Internet Android Bisa Dilakukan Dengan Internetan Menggunakan Browser Android Tercepat dan Ringan 

Trik mempercepat koneksi internet di hp Android lainnya yaitu menggunakan web browser terbaik, ringan dan kompatibel. Saat ini sejumlah produsen software dan pihak ketiga berlomba-lomba membuat aplikasi web browser support internet cepat dan kompatibel dengan versi android. 

Browser paling recommended adalah Google Chrome, Mozilla, Opera, Maxthon, Safari, dan Yandex. Salah satu fitur pendukung internet cepat di browser adalah adanya aplikasi pemblokir pop up (iklan dan lainnya). Fitur lainnya adalah tersedianya multi tab. Menggunakan browser android terbaik sangat disarankan karena membantu mempercepat koneksi internet.

Menutup tab browser yang tidak digunakan bisa membantu meningkatkan akses transfer data sehingga OS dan sistem berikut memori bisa agak longgar. Membuka tab dalam jumlah banyak akan memperlambat performa perangkat seluler dan internetan jadi lemot karena bandwidth dan memori terpakai oleh tab yang sedang terbuka.

Selain Telkomsel, cara mempercepat koneksi internet indosat dan 3 juga bisa meniru trik ini. 

[7] Percepat Akses Internet di Android Menggunakan Layanan Internet Dari Operator Paling Recomended 

Salah satu cara mempercepat internet android adalah berlangganan paket kuota internet cepat dari provider internet paling recommended. Recommended karena telah terbukti dan terpercaya. Sebagai salah satu provider besar dan area jaringan internet terluas di Indonesia, Telkomsel termasuk kategori operator internet selular yang terpercaya.

Provider atau Operator internet seperti Telkomsel, Indosat dan 3 menawarkan sejumlah paket internet hemat, paket internet unlimited dan paket internet tercepat termurah.

Telkomsel telah terlebih dahulu menawarkan paket internet untuk kartu prabayar melalui produk Telkomsel Flash atau Simpati Flash. Paket internet Simpati Flash tersedia dalam bentuk kuota harian, mingguan (7 hari) dan bulanan (30 hari) melalui jaringan 3G. Saat ini paket flash tersebut juga tersedia untuk internet 4G LTE. Selain Flash, Telkomsel juga menawarkan paket internet Gigamax dan Combo serta banyak lagi lainnya.

Pengguna internet seluler operator Indosat juga memiliki paket kuota internet cepat dan murah, contohnya Indosat Ooredo, sama halnya produk 3.

Meskipun operator menawarkan paket internet cepat, coba lihat poin paling atas (poin 1). Tidak semua wilayah memiliki kecepatan internet yang sama. 

Perlu dipahami bahwa bila jalur padat pada broadband internet, tetap saja akan mengurangi kecepatan akses. Sebagai contoh, hingga saat ini proses registrasi kartu SIM masih saja banyak mengalami kegagalan. Kenapa ? Karena traffic bandwidth alias lalu lintas jaringan internet masih padat. 

Pastikan pula kuota internet dalam kondisi layak. Internet bisa saja menjadi lemot karena kuota menipis. Biasanya bila paket kuota langganan internet habis secara otomatis akan mengambil pulsa reguler bila tidak dilakukan pengaturan penggunaan. Bijak menggunakan paket kuota internet merupakan cara mudah mempercepat koneksi internet di Android.

Cara mempercepat koneksi internet operator Indosat tidak jauh beda dengan cara mempercepat akses operator Telkomsel ini.

[8] Mempercepat Koneksi Internet Dengan Kecepatan Optimal dan Stabil di Android Menggunakan Smarphone Yang Sudah Mendukung Sinyal 4G

Cara agar koneksi internet stabil di android maka gunakan perangkat HP android yang sudah support jaringan 4G. Trik menggunakan HP support 4G merupakan langkah tepat mempercepat koneksi internet di perangkat android. Namun pastikan dulu jaringan internet cepat sudah tersedia (lihat point satu di atas)

Bila masih menggunakan hp yang cuma support 3G ke bawah (GPRS dan 2G) masih bisa diakali dengan melakukan pengaturan. Trik mempercepat koneksi internet di android dilakukan dengan mengubah atau mengganti settingan internet di gadget tersebut.

Bagaimana cara mengubah hp 3g menjadi 4g di android ? Caranya cukup mudah. Masuklah melalui pilihan Options atau Pengaturan di smartphone android. Lalu pilih pengaturan "4G Only" atau "LTE Only" (masing-masing gadget  memiliki kalimat pengaturan berbeda-beda. ). Jangan pilih "WCDMA/CDMA/GPRS". Bila memilih opsi itu justru bukan mempercepat koneksi internet.

Meskipun kekurangan smartphone bisa diakali melalui trik mengubah hp 3G agar menjadi 4G, tapi perlu diingat bahwa teknologi terus mengalami perkembangan. Oleh karena itu pertimbangkan untuk membeli hp yang sudah menggunakan teknologi visioner sehingga kapan saja terjadi perubahan dan perkembangan teknologi jaringan bisa diantisipasi. 

[9] Cara Mempercepat Akses Internet di Android Dengan Membersihkan Cache, Junk Files dan Riwayat Penelusuran

Solusi lain untuk mempercepat koneksi internet di hp android adalah membersihkan cache, file sampah (junk files) dan riwayat penelusuran. Penumpukan cache dan file sampah (temporary) hasil browsing menyebabkan peramban menjadi lambat dan berdampak pada aktivitas online lainnya menjadi lemot.

[10] Scanning dan Pembersihan Virus Secara Rutin Akan Meningkatkan Performa Smartphone Sekaligus Membantu Mempercepat Koneksi Internet Android

Virus bisa menyerang sebuah perangkat kapan saja dan dengan cara apa saja. Salah satu jalan masuknya virus adalah aktifitas online melalui peramban. Virus dapat menyebabkan sejumlah fitur tidak berfungsi dan fatalnya merusak perangkat. Melakukan pembersihan virus merupakan cara mempercepat koneksi internet selular yang cukup penting. Mengapa ? Karena virus dan malware bisa menganggu kinerja sistem operasi. Bila dibiarkan, proses menjalankan operasi perangkat dan transfer data internet akan sangat lambat, bahkan berakibat fatal.

[11] Gunakan Pengaturan User Agent

Trik mempercepat akses internet pada android yang terakhir yaitu melakukan setting pada user agent. Sejumlah situs saat ini sudah dimodifikasi versi mobile. Bila membuka situs-situs yang sudah versi mobile namun pada perangkat mobile masih settingan default (tampilan desktop) menyebabkan internetan menjadi lemot.

Internetan masih lemot juga ? Jangan-jangan memang koneksi internetmu yang lambat. Kamu bisa cek kecepatan internet kamu dengan beberapa cara (Baca Juga : Cara Cek Kecepatan Akses Internet Wifi dan Android). Misalnya dengan melakukan pengujian kecepatan internet di website speed test (Baca Juga : Uji Kecepatan Internet Dengan Website Speed Test). Dengan melakukan pengujian, kamu jadi tahu apakah akses internetmu kencang atau lambat. 
Labels: Internet, Smartphone, Trik Internet

Thanks for reading Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Telkomsel/Indosat/3. Please share...!

1 Comment for "Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Telkomsel/Indosat/3"

Mempercepat koneksi internet di android saya mah gampang aja gak pake ribet. Cukup pake browser ringan dan cepat, bersihkan cache, pakai aplikasi online yg perlu-perlu aja.

Back To Top