test

Membuat Drone Sendiri Dari Barang Bekas, Kenapa Tidak ?

Membuat drone sendiri merupakan cara alternatif untuk berbagai keperluan dan hobby bila sobat tidak mampu membeli


Kamu bisa membuat drone sederhana ini dengan biaya murah memanfaatkan barang bekas. 

Baca Juga :
Membuat Drone Sederhana Dari Dinamo Tamiya dan Barang Bekas



Membuat Drone Sendiri Biaya Murah

Sebelum membuat drone sendiri, kita harus tahu dulu drone itu apa,
keperluannya apa, perangkatnya apa saja, cara kerjanya bagaimana, mengendalikannya bagaimana.


Artikel ini terinspirasi dari kegiatan saya bersama tim kerja yang membutuhkan cara cepat pengumpulan data lapangan untuk diinput sebagai database, yaitu membuat peta lingkungan. Lalu saya surfing di internet, dapat deh sumbernya tentang membuat drone sendiri di herrytjiang milik om Herry Tjiang dan membuat drone sendiri versi Ryan Friska Arishandi.

Apa Itu Drone

Apa Itu Drone ? Drone, bacanya "dron" ya, bukan "drone". Asal katanya dari bahasa Inggris. Barang ini sepintas mirip pesawat dan helikopter. Secara spesifik, drone adalah UAV (Unmanned Aerial Vehicle), yaitu kendaraan berupa pesawat yang dikendarai tanpa awak. 

Cara penggunaan drone menggunakan prinsip-prinsip aerial, turbulensi, elektrositas, pengendali jarak jauh dan pencitraan jarak jauh.



Penggunaan Drone

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, eskalasi politik yang memanas plus meningkatnya permasalahan keamanan negara khususnya di negara-negara adikuasa, menyebabkan penerapan strategi penginderaan jarak jauh untuk meminimalisir kemungkinan tertangkapnya pesawat berikut pilot yang selama ini dijadikan sebagai subjek yang melakukan pengintaian, dengan budget produksi rendah. 

Bila dibandingkan, biaya produksi pesawat pengintai jauh lebih besar daripada drone. Kemungkinan tertangkap atau tertembak dan munculnya korban jiwa sang pilot jauh lebih rendah dibandingkan drone yang tanpa awak. Pilot drone bahkan bisa mengendalikan pesawatnya sambil main game dan ngemil, hehe.

Awalnya drone digunakan sebagai alat intai dan alat tempur. Beberapa negara memproduksi drone peluncur roket jarak jauh untuk membombardir lokasi sasaran. Lokasi sasaran sudah dikunci terlebih dahulu setelah mendapatkan titik koordinat. Pilot drone tinggal menunggu perintah dari operator di ruang kendali. Letak ruang kendali jaraknya bisa puluhan, bahkan ratusan kilomoter dari lokasi sasaran.

Sekarang, untuk memenuhi meningkatnya kebutuhan manusia untuk mempertahankan hidup dan beberapa keperluan lainnya, beberapa lembaga dan perusahaan mulai menerapkan penggunaan drone. Instansi dan perusahaan membuat drone untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Ya, istilahnya begini, teknologi untuk menciptakan alat untuk mengembangkan teknologi.

Tapi drone masih diproduksi terbatas dan untuk kalangan sendiri. Beberapa perusahaan vendor masih memproduksi drone untuk alat uji coba. Kalaupun ada yang siap jual, harganya masih mahal. Itu karena bahan dan elemen membuat drone masih mahal, butuh anggaran besar.

Saya dan teman-teman juga sudah berinisiatif untuk menggunakan drone sebagai salah satu sarana pembantu, tapi belum ada biaya.


Cara Membuat Drone Sendiri



Untuk membuat drone sendiri, saya mengintip apa yang dibuat oleh Ryan Friska Arisandhi di blognya mendetail.com. Cara membuat drone sederhana versi Ryan menggunakan beberapa bahan dari barang bekas.


Bahan Membuat Drone

  • Stik bekas es krim 2 buah
  • 4 dinamo bekas mobil tamiya, sebagai peranti yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak putar (kalo kamu punya ya, kalo tidak punya boleh mengambil dinamo lain dari mainan bekas tidak terpakai lagi)
  • Transmitter 1x Receiver, fungsinya sebagai pemberi dan penerima sinyal
  • Propeller 5,5 cm
  • Baterai Lithium Polymer 3,7V 500A, sebagai sumber arus


Alat yang dibutuhkan untuk membuat drone Sendiri


  • Lem plastik untuk merekatkan piranti
  • Gunting
  • Selotip
  • Bor Kayu, untuk melubangi stik bekas
  • Jepitan Kertas
Untuk remote control, nah yang ini sobat boleh cari kawan deh yang pinter elektronik, yang pintar solder-solder dan punya alat lengkap. Jangan lupa siapin cemilan buat dia ya.

Membuat drone sendiri ini membutuhkan kecermatan, ketelitian dan kesabaran. Jangan gampang menyerah, bawa santai saja. Ajak teman yang mengerti elektronik. Coba terus sampai bisa.


Membuat drone sendiri perlu perhatikan hal berikut yaitu :



Drone Tidak Bisa Bekerja Tanpa Arus Listrik

Ya, namanya perangkat kerja yang berbasis energi pasti perlu sumber tenaga. Dalam hal kelistrikan yang dibutuhkan adalah sumber listrik. Itu makanya salah satu bahan membuat drone adalah baterai.



Drone Tidak Bisa Bekerja Tanpa Energi Penggerak

Nah, itu makanya mengapa dibutuhkan dinamo. Dalam energi terapan sederhana, dinamo merupakan sumber tenaga penggerak yang berhubungan langsung dengan kelistrikan. Konsepnya adalah, ada sumber listrik maka dinamo akan bekerja. Ketika dinamo bekerja energi juga mengalir. Aliran energi listrik berubah menjadi energi penggerak. Energi penggerak ini bersinergi dengan transmitter dan kemudian menyampaikan pesan ke piranti lain yaitu propeller untuk kemudian ikut bergerak berputar


Membuat Drone Sendiri Harus Mengetahui Prinsip Aerodinamika


Sudah pasti dong, namanya juga pesawat tanpa awak, prinsip kerjanya adalah terbang melintas dan mengitari. Untuk bisa terbang dibutuhkan piranti-piranti aerial. Cara membuat drone sederhana versi mendetail.com menggunakan stik bekas es krim dan baling-baling sebagai piranti aerodinamika.

Selain stik es krim dan baling-baling, juga digunakan propeller sebagai rotor penggerak yang menyampaikan pesan dari transmitter untuk mengubah energi listrik menjadi energi yang berputar kemudian menggerakkan baling-baling.



Membuat Drone Sendiri Harus Mengetahui Fungsi Sinyal dan Pengendali

Emang ada hubungannya ? Ya ada dong. Drone kan pesawat tanpa awak, so pasti tidak pakai pilot. Pilot drone adalah kita sendiri dari jauh mengendalikan. Maka untuk bisa bekerja, harus ada piranti eksternal di luar drone yaitu remote control. Remote control harus terkoneksi dengan drone dengan tertanamnya transmitter dan receiver. Sinyal dari piranti dalam drone dengan dalam remote control harus sama, agar pesan dapat diterima dan diolah.

Drone Tidak Bisa Bekerja Tanpa Cemilan

Nih ini baru mengada-ada, heheheh....jangan diperhatikan khusus yang ini.

Nah itu dia sobat, kalau sobat ingin membuat drone sendiri sangat sederhana. Selamat mencoba.

Labels: teknologi

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Membuat Drone Sendiri Dari Barang Bekas, Kenapa Tidak ?. Silakan Berbagi...

10 Comment for "Membuat Drone Sendiri Dari Barang Bekas, Kenapa Tidak ?"

Bisa terbang juga nih gank

Bisa terbang juga nih gank

saya belum pernah sih buat drone sendiri. Tapi suatu saat kayaknya bakalan buat deh

Saya belum pernah coba sih membuat drone sendiri. Kalo beli ada yg tau gak harganya berapa ?

Belum pernah nyoba membuat drone sendiri sih. Maklum gk paham teknologi. Ni aja ngenet msh gagap hehe

membuat drone sendiri sih belum pernah. Pernahnya nemenin temen beli

Ada yg bisa bantuin sy membuat drone sendiri ? Sy baru baca2 aja sih

Gw pernah lht temen gw membuat drone pakai dinamo mobil-mobilan tapi bukan tamiya. Kameranya pakai kamera hape gitu yg udah dibongkar-bongkar

Gw pernah bikin quadcopter sama teman2 wkt ada tugas. Gak berhasil. Kyknya salahnya di dinamo

Cape amat bikin drone sendiri bos, kan bisa beli quadcopter murah di toko online banyak tuh.

Software

Back To Top