Download QGIS Aplikasi GIS Terbaik dan Gratis Berbasis Open Source

Untuk akurasi data GIS dan tahapan kerja SIG memerlukan software GIS terbaik.
Data GIS kini bisa didapatkan dan dikelola lebih akurat menggunakan aplikasi GIS. Kali ini TeknoPlug akan memberikan panduan cara download aplikasi GIS, salah satunya yaitu menginstal software QGIS, sebuah aplikasi GIS gratis berbasis open source .

Apa Itu GIS

cara donwload dan instal Quantum GIS

GIS saat ini merupakan sistem dan program yang banyak dipakai oleh hampir semua negara untuk berbagai kepentingan. Kepanjangan GIS adalah Geographic Information System. Dalam Bahasa Indonesia sering disingkat sebagai SIG, yaitu Sistem Informasi Geografis (SIG).

Pengertian SIG

Apa itu GIS atau SIG ? Ada sejumlah defenisi yang mengemuka terkait GIS. Pengertian SIG menurut para ahli antara lain yaitu :
  • SIG adalah sistem informasi yang didasarkan pada kerja komputer yang memasukkan, mengelola, memanipulasi dan menganalisa data serta memberi uraian (Aronaff, 1989)
  • SIG merupakan sistem informasi, referensi internal, serta otomatisasi data keruangan (Berry, 1989)
  • SIG adalah sistem untuk pengelolaan, penyimpanan, pemrosesan, analisis dan penayangan data secara spasial terkait muka bumi (Linden, 1987
  • GIS adalah sistem informasi yang mendukung pengorganisasian data sehingga dapat diakses dengan menunjuk daerah pada sebuah peta (menurut Alter)
  • SIG adalah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan, manipulasi dan menganalisis informasi geografi (Petrus Paryono)
(sumber : wikipedia)

Secara umum, pengertian SIG adalah suatu sistem yang terdiri dari software, hardware, manusia/organisasi dan data yang berfungsi sebagai alat untuk memperoleh, memproses, mengelola, menyimpan, memanggil kembali, memanipulasi dan menganalisa serta menyajikan data dengan referensi data geografis (lokasi/ruang) dan digunakan untuk menyelesaikan masalah yang kompleks.

Baca Juga :

Bagaimana Tahapan Kerja SIG ?

Dalam menjalankan program dan sistem informasi di GIS terdapat sejumlah tahapan yang harus dilakukan, yaitu :
  1. Manipulasi data (SIG mampu melakukan fungsi edit untuk data spasial maupun non spasial).
  2. Manajemen Data (pengolahan data non spasial dan penyimpanan file).
  3. Query dan Analisis (analisis tabular, berupa analisis proximity dan overlay).
  4. Visualisasi (untuk data geografis hasil akhir terbaik adalah dalam bentuk peta).

Secara umum, manfaat GIS adalah memberikan informasi yang mendekati kondisi dunia nyata, memprediksi suatu hasil, perencanaan strategis.

Selain itu, manfaat GIS adalah menjelaskan kondisi ruang, menjelaskan suatu kecenderungan (trend), menjelaskan pola spasial, menjelaskan permodelan, dan menjelaskan tentang lokasi atau letak, dimana data ini disimpan sebagai data atribut dan digambarkan secara spasial.
Penerapan SIG dan manfaat SIG di berbagai bidang antara lain yaitu :
  1. Manajemen Tata Guna Lahan
  2. Inventarisasi Sumber Daya Alam
  3. Pengawasan dan Antisipasi Bencana Alam
  4. Perencanaan Wilayah Kota

Komponen-komponen GIS Yang Harus Diketahui Dalam Mengelola Informasi

Dalam pengumpulan dan pengelolaan data, terdapat dua jenis data GIS atau SIG yaitu data spasial dan data non spasial:
  1. Data spasial adalah gambaran nyata suatu wilayah yang terdapat di permukaan bumi. Umumnya dipresentasikan dalam bentuk grafik, peta, gambar dengan format digital dan disimpan dalam format vektor ( koordinat x, y) atau raster/image.
  2. Data non spasial adalah data berbentuk tabel berisi informasi-informasi yang dimiliki oleh obyek dalam data spasial dan saling terintegrasi.

Kemampuan SIG dalam mengelola dan menghasilkan data harus meliputi sejumlah komponen. komponen GIS terkait data ini sangat penting, karena sistem dan pengelolaan data tidak dapat bekerja bila tidak ada data yang diolah untuk dijadikan basis data baru teranalisis. Di atas sudah disebutkan, bahwa GIS adalah suatu sistem jaringan informasi.

Komponen-komponen GIS yaitu :
  1. GIS Terdiri Dari Pengguna (User) dan Pemanfaat (Konsumen)
  2. Personal (Manusia) dan Organisasi
  3. Metode Pengumpulan Data dan Manajemen Data
  4. GIS Membutuhkan Hardware (Perangkat Keras)
  5. GIS Membutuhkan Software Apps (Perangkat Lunak/Aplikasi GIS)

Sebuah peta menyajikan banyak data dan informasi. Visualisasi sebuah peta merupakan akumulasi dari data lapangan. Data tersebut berupa titik dan titik-titik koordinat terakurasi (menggunakan GPS), citra satelit penginderaan jarak jauh (indraja) yang menunjukkan kondisi awal/eksisting dan menjadi peta dasar, data-data legenda yang menunjukkan batas-batas tertentu, objek penampakan tertentu, akses dan fasilitas tertentu, jaringan-jaringan tertentu (misalnya jaringan jalan, jaringan sungai).

Baca Juga : Cara Kerja Drone Untuk Pemetaan

Kebutuhan mengelola data sangat membutuhkan teknologi terbaru. Itu sebabnya SIG atau GIS ini harus didukung teknologi tinggi. Artinya, pengelolaan data SIG mengharuskan penggunaan software GIS terbaik.

Download Aplikasi GIS Terbaik

Software GIS terbaik adalah aplikasi SIG yang memenuhi syarat-syarat komponen-komponen GIS yang disebutkan di atas, kompatibel dengan hardware dan Operating System. Juga support dalam berbagai perangkat, baik Komputer PC atau laptop, dan belakangan ini untuk smarphone. Selain itu tools dan fiturnya harus mendukung sistem pengelolaan informasi yang sudah pakem.

Untuk mendapatkan software GIS bisa dengan berbayar dan juga download gratis alias free download.

Saat ini ada banyak aplikasi GIS berbasis web. Contoh software GIS terbaik yang cukup dikenal adalah ArcGIS, ArcMap, ArcView, ArcInfo, MapInfo, dan MapServer. ArcGIS sudah lama dikenal sebagai salah satu best gis software atau software pemetaan canggih terbaik. Saat ini pengembangnya telah merilis ArcGIS 10.3.

Untuk mengunduh aplikasi GIS free download alias gratis cukup dengan masuk ke situs resmi ArcGis, sign up lalu mulailah mencari versi ArcGIS yang diinginkan untuk didownload. Di situs tersebut tersedia produk ArcGIS yang bisa diunduh gratis tapi trial.

Versi gratis aplikasi GIS ArcGIS tersebut harus diupdate dan wajib menyertakan serial number produk aslinya. Tapi pastinya akan mengeluarkan biaya yang relatif mahal.

Itu sebabnya sejumlah pengguna GIS beralih mencari alternatif software GIS terbaik selain software ArcGIS. Rekomendasi aplikasi terbaik yang bagus untuk anda gunakan yaitu Quantum GIS atau QGIS.

Cara Download Aplikasi QGIS (Quantum GIS)

Mahalnya harga produk aplikasi SIG sekelas keluarga ArcGIS menyebabkan sejumlah ahli GIS dan teknologi GIS bekerja sama dengan produsen software merilis Quantum GIS. Quantum GIS atau QGIS menawarkan sesuatu yang berbeda. QGIS merupakan aplikasi kaya fitur namun gratis.

QGIS dirilis sebagai software GIS open source.Sejumlah pengguna aplikasi SIG ini mengatakan QGIS adalah software pemetaan alternatif selain ArcGIS dan merupakan salah satu best GIS software gratis terbaik.

Software GIS terbaik ini merupakan program GIS yang user friendly dengan lisensi di bawah GNU General Public License. QGIS merupakan bagian dari proyek tidak resmi dari Open Source Geospatial Foundation (OSGeo). OSGeo sendiri merupakan lembaga non profit yang disponsori sejumlah lembaga pengguna GIS dari beberapa negara. Selain sponsor juga terdapat donatur lintas negara.

QGIS telah menjelma sebagai software GIS terbaik alternatif karena aplikasi GIS yang satu ini mendukung sejumlah format data. Selain itu, QGIS juga mampu membaca sejumlah format data dari beberapa aplikasi lainnya. Meskipun open source dan multi OS, QGIS tidak bisa dianggap enteng. Saat ini tersedia QGIS desktop dan telah merilis aplikasi GIS android.

Download Aplikasi GIS Quantum Terbaru 2020

Selain untuk perangkat Windows, software Quantum GIS juga telah tersedia untuk perangkat macOS, Linux dan Android. Keuntungan menggunakan aplikasi GIS android terletak pada kepraktisan dan mobilitasnya, jadi tidak melulu harus di depan PC.

Software QGIS terbaru saat ini yang telah diupdate adalah QGIS 3.16.2 'Hannover' dan dirilis pada 21 Desember 2020 (masih sangat baru), dengan Repositori untuk jangka panjang yaitu QGIS 3.10.13 'A Coruña'.

Syarat Spesifikasi Untuk Download QGIS Software Terbaik Gratis

Berikut ini adalah spek minimum QGIS sebelum men-download-nya.
  • Ketersediaan : Free / Gratis
  • Lisensi : GNU General Public License
  • Operating System (OS) : Windows, Linux, Mac OSX, Unix
  • Dapat Membaca Format Data : Shapefile, MapInfotable, KML, AutoCAD DXF
  • Support Format Data : GeoTIFF, ECW, DTED, DEM, JPEG2000, Arc/Info Grid
  • Support Format for Android

Untuk proses download dan instalasinya silakan simak panduannya berikut ini.

Cara Download Aplikasi QGIS Untuk Windows Free Download

Untuk memasang software QGIS di perangkat Windows anda, terlebih dahulu dapatkan filenya yang bisa didownload dari situs resminya. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :
  • Pada laptop, buka browser terbaik anda dan melalui kolom pencarian Google ketik : Download Quantum GIS atau Download QGIS untuk Windows
  • Atau anda bisa langsung ke halaman ini : https://qgis.org/id/site/forusers/download.html
  • Pada halaman tersebut banyak pilihan perangkat dan installer-nya. Pilih saja "Unduh untuk Windows".
  • Selanjutnya akan muncul pilihan jenis installernya, yaitu Installer OSGeo4W Network (64 bit) dan Installer OSGeo4W Network (32 bit). Kedua pilihan installer ini tergantung pada jenis laptop anda, apakah menggunakan format 64 bit atau 32 bit. Bila laptop anda menggunakan 64 bit, klik tombol Installer OSGeo4W Network (64 bit)
  • Selanjutnya akan muncul pop up pengunduhan yang berarti proses download sedang berlangsung.
  • Setelah proses download selesai, buka folder tempat dimana file tersebut disimpan ketika didownload. Bila sudah ketemu, klik saja file tersebut dan ikuti instruksi yang keluar.
  • Sebelum men-download, terlebih dulu anda mematikan antivirus laptop Windows yang aktif karena ketika selesai terunduh antivirus akan memblokirnya karena dianggap benda tak dikenal.
  • Bila anda mengikuti semua instruksi saat instalasi tadi dengan benar, maka kini aplikasi QGIS anda telah terpasang di perangkat.
  • Anda juga bisa mengubah versi desktop QGIS di Windows menjadi full version melalui pengaturan tingkat lanjut, dimana nantinya harus mendowload lagi sejumlah source yang diinstruksikan.

Cara Download Aplikasi QGIS Untuk MacOs dan Linux Free Download

Download dan instal QGIS untuk macOS (perangkat Mac) dan Linux pada prinsipnya sama saja dengan download aplikasi QGIS untuk Windows. Yang membedakan adalah installer-nya, dimana masing-masing sistem operasi (OS) disedikan installer masing-masing.

Cara Download Aplikasi QGIS Untuk Android

Bila anda lebih sering menggunakan GIS di perangkat mobile, juga dapat memasang aplikasi QGIS di Android. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengunjungi Google Play Store dan pada kolom pencarian ketik "QGIS Android".

Ketika menemukan hasil pencarian QGIS untuk Android di Play Store, klik saja tombol "Download". Biarkan beberapa saat karena proses downloadnya otomatis. Selanjutnya ketika sudah terunduh, klik unduhan tersebut dan biarkan instalasi berlangsung selama mengikuti petunjuk instalasinya dengan benar.

Bila menemui kendala saat melakukan download dan pemasangannya maupun pengoperasiannya, anda dapat bergabung dalam forum komunitas pengguna. Disana terdapat diskusi yang interaktif dan juga tutorial.

Nah, itulah cara download aplikasi GIS Quantum versi terbaru 2020 di komputer Windows maupun perangkat mobile anda. Selamat mencoba.

Anda mungkin menyukai postingan ini

8 komentar

  1. Googelio
    Udah pernah coba software gis yang ini, tapi gak pernah berhasil. Bikin patah semangat
  2. Tradingku
    Kelompok kerja saya masih pakai arcgis belum pernah coba download yang lain. Kalau nurut kata teman saya software pemetaan terbaik masih arcgis. Apa karena dia belum coba software pemetaan selain gis ya jadi kayak fanatik gitu hehe
  3. Unknown
    Bolehlah...sebanding dgn software desain grafis yg biasa gw pakai
  4. desy
    udah saya coba tadi gan tapi kok gak support , apakah agan tau kndala d mna ?
    kunjungi blog saya

    http://desymelindasari95.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/

    Dan kunjungi juga website kamus saya
    http://www.atmaluhur.ac.id

    • Teknoplug.com
      terima kasih atas waktunya,
      kemungkinan failed pada saat download atau instalasinya bu, coba dicek kembali apakah perangkat laptop sudah kompatibel dengan spesfikasi yang disyaraatkan.
  5. Unknown
    makasih banget gan . software nya work. saya sudah coba. tapi saya masih harus belajar banyak sepertinya. kalo belajar di sini saya rasa bisa belajar dengan cepat deh.. maju terus gan dengan tulisan tulisan yang bermanfaat seperti ini

    jangan lupa kunjungi website saya juga ya https://nsr.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id/
  6. Unknown
    keren gan artikelnya. mo tanya ni gan, apakah hasil pemetaan dari Software Arcgis bisa di Edit di Software Q Gis?

    jika berkenan jangan lupa kunjungi website kampus saya dihttp://www.atmaluhur.ac.id/ dan blog saya di https://rtrw.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    trimakasih
  7. Unknown
    mantap gan... artikelnya lengkap bisa dijadikan referensi dan softwarenya pun juga bisa dijalankan dengan baik..
    ditunggu next artikelnya tentang GIS.. makasih

    oh ya gan jangan lupa Kunjungi website saya https://hafaz.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id/
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>