Table of Content

3 Game MOBA Terbaru Buatan Indonesia di 2023

Lokapala, Battle of Satria Dewa (BOSD), dan DynaStones adalah game MOBA buatan Indonesia yang diminati banyak gamer Android di Indonesia.

Lokapala dan Battle of Satria Dewa (BOSD) adalah 2 game bergenre MOBA (multiplayer online battle arena) pertama buatan Indonesia. Kedua game MOBA ini membawa karakteristik tokoh legendaris Nusantara. Selain kedua game tersebut, ada pula DynaStones, game MOBA Indonesia terbaru yang dirilis di 2023.

Game MOBA di Indonesia sangat digemari. Ini dibuktikan dengan banyaknya jumlah pengguna yang mengunduh game MOBA di ponselnya. Di antara ribuan game mobile yang bisa didownload di gadget yaitu Mobile Legends Bang Bang (MLBB).

Mobile Legends adalah game MOBA populer di Indonesia. Tercatat ada 31 juta pengguna Indonesia aktif yang memainkan MLBB di gadgetnya. Para pemain terdiri dari berbagai kelompok umur. Saking tenarnya, Indonesia bahkan termasuk dalam 3 besar cabang olahraga eSport untuk MLBB di Sea Games 2019 lalu.

3 Game MOBA Terbaru Buatan Indonesia

game moba terbaru

Ketenaran game Android seperti Mobile Legends menjadi inspirasi bagi para pengembang lokal untuk mengembangkan permainan serupa namun dengan karakter berbeda. Menurut penelurusan Teknoplug setidaknya ada 2 game yang mirip Mobile Legends buatan Indonesia yang telah dirilis, yaitu Lokapala dan Battle of Satria Dewa.

1. Lokapala

game moba Indonesia
Lokapala, game MOBA terbaru Indonesia buatan Anantarupa (sumber : Lokapala Official)

Game Moba Indonesia Lokapala dikembangkan oleh developer lokal Anantarupa Studios. Hampir mirip dengan sistem bermain di game Mobile Legends Bang Bang, game Lokapala menghadirkan role antara lain Tank, Fighter, Assassin, Mage, Support, dan Marksman.

Karakter hero yang hadir di game mobile Lokapala adalah para tokoh pewayangan dan pejuang Indonesia. Anda akan bertarung dengan team melawan musuh dalam formasi 5 v 5. Selain itu sejumlah fitur yang muncul di game Moba buatan anak Indonesia ini agak berbeda dengan game aslinya, antara lain penggunaan kendaraan atau mount.

Fitur kendaraan di game Moba asli Indonesia ini adalah untuk mempercepat mobilitas karakter. Untuk mendapatkan fitur tersebut, hero harus mencapai waktu atau level tertentu.

Saat ini kamu sudah bisa download Game MOBA Indonesia yang satu ini. Tentu saja sangat banyak keuntungan yang didapat bila anda pre-register.

Menurut data Google PlayStore, Lokapala memiliki rating 4,2 dari 5 bintang, dengan jumlah unduhan lebih dari 10 juta hingga tahun 2023 ini.

Baca Juga : Fitur dan Hero Terbaru Game Lokapala.

2. Battle Of Satria Dewa(BOSD)

game moba terbaik
Battle of Satria Dewa-game terbaru MOBA Indonesia pesaing Mobile Legends segera rilis

Selain Lokapala, game MOBA buatan Indonesia terbaru berikutnya adalah Battle Of Satria Dewa atau disingkat BOSD. Gim eSport buatan anak Indonesia yang satu ini dikembangkan oleh Bang Idea Indonesia berkolaborasi dengan pengembang game Semisoft serta perusahaan animasi Lumine.

Sedikit berbeda dengan Lokapala, game Battle Of Satria Dewa mirip permainan brawl di Mobile Legends Bang Bang. Uniknya brawl di game MOBA bahasa Indonesia yang satu ini lebih pada team fight dari pada levelling grinding.

Hero di game mobile terbaru asli Indonesia ini juga menggunakan karakter dunia pewayangan seperti Arjuna, Yudhistira, Gatot Kaca dan lainnya. Pastinya akan menarik melihat skill dan kelebihan hero-hero di BOSD ini, hero mana yang lebih hebat.

Download game MOBA Indonesia yang satu ini dapat kamu lakukan via Play Store ataupun Apps Store. Caranya cukup mudah, tinggal membuka aplikasi Google Playstore dan mengetik "BOSD" di kolom pencarian. Selanjutnya proses pengunduhan dan instalasi akan berlangsung otomatis.

Battle of Satria Dewa sendiri telah diunduh lebih 5 juta kali, dan memiliki rating 4,0 dari 5 bintang. Selain itu, game ini memiliki komunitas aktif.

3. DynaStones

Game MOBA terbaru yang juga dibesut developer lokal adalah Dynastones. Game MOBA Indonesia ini dirilis tahun 2023, dan dikembangkan oleh pengembang lokal bernama Games Karya Nusantara (Majamojo). Game DynaStones juga bergenre battle royale.

Pada dasarnya, game DynaStones merupakan penggabungan elemen battle royale dan MOBA. Player dapat memainkan duel tim 3 lawan 3 atau 5 lawan 5. Tim pemenang adalah tim yang dapat bertahan hingga akhir pertarungan.

Seperti umumnya konsep bermain MOBA, pada fase awal player harus mengumpulkan resource untuk meningkatkan kemampuan hero-nya. Semakin cepat mengumpulkan sumber daya, semakin cepat hero tersebut mengalami peningkatan skill bertarung dan mendapatkan item tempur yang dipergunakan.

Beberapa kelebihan game ini antara lain hero yang beragam sehingga player bisa memilih sesuai selera, didukung map yang luas. Selain itu grafis game ini juga memukau, tapi tentu saja ini bisa dinikmati pada perangkat yang memiliki kinerja grafis yang baik pula.

Meskipun merupakan game MOBA terbaru yang dirilis di September 2023, namun Game DynaStones sekarang sering diperlombakan dalam kompetisi e-sport seperti halnya Mobile Legends. Tercatat DynaStones merupakan game bintang 4,5 dari 5 bintang, dengan jumlah unduhan mencapai lebih dari 1 juta.

Baca Juga : Fitur dan Cara Memainkan Ragnarok Tactics di Android.

Nah, buat kamu penggemar game-game mobile buatan Indonesia itu dia Game MOBA Indonesia terbaru yang bisa kamu mainkan. Siap-siap download ya.

Suka Teknologi