test

5 Aplikasi Desain Grafis Terbaik PC Gratis Untuk Pelajar

Agar tidak ketinggalan dengan negara maju lainnya, remaja dan anak sekolah perlu dibekali dengan skill dan keahlian menggunakan software desain grafis.

Aplikasi Desain Grafis Gratis

Siapa Saja Yang Menerapkan Desain Grafis ? 

Tukang sate, bakso juga sudah paham pentingnya desain grafis untuk pemasaran mereka. Meskipun bukan mereka yang membuat, mereka menggunakan jasa desain grafis untuk membuat logo, spanduk atau banner jualannya supaya terlihat menarik. Lalu, bidang apa saja yang menggunakan aplikasi desain grafis sebagai penunjang utama ?
  • Televisi
  • Promosi dan Periklanan (Advertisement, seperti Iklan TV, Iklan Video Online, Spanduk, Wardrobe, Banner)
  • Hiburan (Entertainment, seperti fashion show, konser musik dan sebagainya)
  • Pembuatan Film (Movie Maker, Movie Editor)
  • Pembuatan Video/Video Maker dan Video Editor (Semua jenis video dengan berbagai format, video musik, video online sejenis Youtube)
  • Pembuatan website
  • Pembuatan Aplikasi Online
  • Pembuatan Software Gratis, termasuk salah satunya aplikasi desain grafis itu sendiri
  • Presentasi Produk, Presentasi Perusahaan
  • Anak sekolahan, anak kuliahan baik untuk kebutuhan tugas maupun hobby
(Mungkin ada yang bisa menambahkan ?)


Untuk meningkatkan keahlian dalam bidang desain grafis, ada beberapa aplikasi desain grafis terbaik untuk PC  bagi anak sekolahan. Siapa anak sekolahan yang dimaksud ? Sudah pasti yang masih SD, SMP dan SMA. Perlu diketahui, penerapan aplikasi desain grafis melalui mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komputer) sudah diterapkan di sejumlah Sekolah Dasar. 

Apa Saja Yang Perlu Dipertimbangkan Anak Sekolahan Menggunakan Aplikasi Desain Grafis Untuk Komputer ?

Untuk menggunakan aplikasi desain grafis, khususnya pada perangkat Komputer (PC dan laptop) bagi anak sekolahan, perlu mempertimbangkan hal-hal berikut ini :

1. Spek Komputer (PC atau Laptop) Untuk Menjalankan Software Desain Grafis

Komputer (PC atau laptop) untuk desain grafis memiliki syarat minimal agar bisa menjalankan software desain grafis. Sebagai contoh, bila menggunakan aplikasi desain grafis untuk desain gambar logo saja, atau banner dan spanduk, komputer cukup menyediakan RAM 2 Gb, Processor Quadcore atau diatasnya, VGA 1 Gb atau diatasnya sudah cukup baik. 

2. Jenis dan Besar File Aplikasi Desain Grafis

Setiap software desain grafis memiliki kapasitas file yang berbeda-beda. Semakin besar file yang dimiliki software grafis tersebut, semakin besar spek hardware yang harus disediakan oleh perangkat komputer. Misalnya, file aplikasi video desain grafis atau desain gambar 3D lebih besar kapasitasnya dari pada aplikasi desain gambar logo biasa. Tapi ada juga software desain gratis multi fungsi lebih besar kapasitas filenya daripada software video editor. Contohnya yaitu Corel Draw.

3. Software Desain Grafis Terbaik Memiliki Panduan/Tutorial Dari Developer

Gunakanlah aplikasi desain grafis terbaik. Aplikasi desain grafis terbaik adalah aplikasi yang menyertakan panduan penggunaan (tutorial) dalam paket penjualannya. Aplikasi desain grafis terbaik juga memiliki website sebagai media interaksi antara pengguna aplikasi dengan vendor/perusahaan pembuatnya. 

4. Download Desain Grafis Terbaik Baik Untuk PC Secara Gratis Untuk Memproduksi Hasil Desain Yang Menarik 

Ya, untuk apa membeli dan menginstal aplikasi desain grafis terbaik dengan harga mahal bila tidak ada ide yang akan didesain. Itu namanya menghabiskan uang dan menghabiskan memori di perangkat komputer. Kumpulkan ide awal untuk menjadikan hasil akhirn berupa visualisasi menarik dan bernilai, dengan menuangkannya melalui aplikasi 


5. Cari Pembimbing Yang Bisa Mengajari Membuat Gambar Menggunakan Software Pembuat Desain

Siapa saja bisa menggunakan aplikasi desain grafis secara otodidak. Tapi akan lebih lama menjadi "bisa" atau "master" bila tidak ada pembimbing. Carilah pembimbing yang lebih paham dan lebih terampil sehigga lebih cepat menguasai aplikasi ini.

Salah satu cara cepat bisa desain grafis adalah belajar di lembaga Kursus Website, Digital Marketing dan Desain Grafis DUMET School - Tempat Kursus Terbaik di Jakarta. 

Lalu, apa saja aplikasi desain grafis terbaik gratis untuk anak sekolahan ? Berdasarkan pengalaman dari admin Teknoplug dan dari beberapa sumber, berikut ini adalah aplikasi terbaik gratis untuk komputer yang bisa digunakan oleh anak sekolahan. 

5 Aplikasi Desain Grafis Terbaik Gratis Untuk Pelajar


1. Corel Draw (Download Gratis dan Versi Berbayar)
Corel Draw sudah lama dikenal sebagai aplikasi desain grafis terbaik berbasis vector. Corel Draw memiliki interface sangat baik, multi fungsi dengan tools lengkap dan mudah digunakan. Kapasitas file hasil desain bisa ditekan namun kualitasnya masih sangat baik. Saat ini banyak terdapat komunitas pengguna aplikasi desain Corel Draw. Sayangnya tools tersebut hanya bisa digunakan pada versi berbayar. 

2. Adobe Illustrator (Download Gratis dan Versi Berbayar)
Adobe Illustrator merupakan "adik" dari Adobe Photoshop, aplikasi editor gambar. Adobe Illustrator adalah aplikasi desain grafis berbasis vector serupa Corel Draw, sementara Adobe Photoshop adalah software editor gambar. Hampir sama dengan Corel Draw, Adobe Illustrator tersedia dalam versi gratis maupun berbayar. Versi gratis berupa trial, dalam jangka waktu tertentu sejumlah tools tidak dapat digunakan. 

3. Inkscape (Gratis)
Inkscape merupakan aplikasi desain grafis gratis atau open source. Bisa didownload lalu diinstal tanpa harus membayar. Kapasitas filenya ringan, baik file program maupun file hasil edit. File instalasi tersedia dalam bentuk portabel. File hasil kerja juga bisa dilihat melalui browser internet tanpa harus membuka desktop folder tempat dimana dokumen disimpan. Kualitasnya tidak kalah dengan Corel Draw atau Adobe Illustrator. Saat ini Inkscape sudah support bahasa Indonesia. Ini sangat membantu para pemula khususnya anak-anak sekolah maupun mahasiswa.


4. Serif DrawPlus (Gratis)

Aplikasi desain grafis yang satu ini memiliki Selain itu desainer maupun anak-anak sekolah dapat bereksperimen dengan layer yang berbeda. Presisi tinggi saat mengedit gambar atau kurva.Memiliki fitur pembuatan objek 3D melalui pilihan style 3D pada objek-objek tertentu.

5. Google SketchUp
Google SketchUp merupakan salah satu aplikasi desain grafis 3D yang paling sering digunakan, khususnya bagi para desainer dan arsitektur yang berkutat dengan bangunan, rumah dan tata ruang. 


Saran dan Masukan Untuk Memilih Software Desain Grafis

Banyak aplikasi desain grafis yang bisa diperoleh baik secara gratis maupun berbayar. Teknoplug tidak menyarankan untuk mendapatkan filenya dengan cara mendownload aplikasi desain grafis ini gratis. Dapatkanlah versi full version. Tapi bila tidak punya biaya membeli, dapat meminta melalui teman yang sudah memiliki versi full version. Download adalah jalan terakhir untuk mendapatkan software terbaik secara gratisan.  Wujudkan kreasi terbaik dari ide-ide luar biasa yang sudah dikumpulkan melalui aplikasi desain grafis terbaik. 
Labels: Desain Grafis, Software

Thanks for reading 5 Aplikasi Desain Grafis Terbaik PC Gratis Untuk Pelajar. Please share...!

9 Comment for "5 Aplikasi Desain Grafis Terbaik PC Gratis Untuk Pelajar"

Yes mantap dong. Emang anak sekolahan udah harus dilatih menggunakan aplikasi desain grafis, siapa tau gedenya bisa jadi designer hebat. Orang indonesia gak kalah kok bakatnya sama orang luar. Asal tetap dibimbing aja

Wkt sma gw blm ada aplikasi desain grafis ginian. Bikin gambar juga masih pake pensil. Gw br coba-coba aplikasi grafis wkt udh tamat kuliah.gw pake photoshop

Aplikasi desain grafis ? Gak paham gw. Apa yg edit2 gambar di hp tuh jenis aplikasi desain grafis bukan ?

@Devon
yg edit gambar di hp juga termasuk jenis aplikasi desain grafis

Aplikasi desain grafis diatas sepertinya memang software desain grafis yang paling banyak digunakan ya, soalnya saya sama temen-temen juga pada pakai software desain grafis diatas

Corel draw menurut ku masih pilihan utama gan untuk versi desain grafis versi free nya

iya sama sih gan, cuma emang harus didukung spek komputer canggih soalnya filenya gede

Saya masih sangat bingung sekali antara memilih menggunakan coreldraw atau adobe.. sma2 bagu dan punya ciri tersendiri

iya mas, pakai apliaksi desain yang paling disukai atau yang dikuasai aja mas @masterdhedi

Back To Top