Table of Content

Penyedia Layanan Cloud Computing Indonesia Dengan Server Terbaik

Eranyacloud memiliki cloud server terbaik dan performa yang andal sehingga menjadi salah satu penyedia layanan cloud computing terbaik di Indonesia.

Cloud computing saat ini menjadi sebuah produk teknologi yang semakin diandalkan tidak hanya oleh organisasi, perusahaan, korporasi, maupun layanan publik, namun juga pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Antara lain yaitu untuk membantu pemilik usaha terhindar dari kehilangan data, sekaligus mewujudkan pengelolaan data yang lebih terpadu, aman, dan mudah diakses.

Berbagai cloud service provider menyediakan beragam layanan cloud computing yang dibutuhkan oleh pemilik bisnis, salah satunya yaitu layanan cloud storage. Tahukah kamu, selain faktor kesalahan manusia, penyimpanan data di hard drive komputer atau smartphone kerap menimbulkan masalah kehilangan data?

Sebagian besar orang masih menggunakan fasilitas penyimpanan fisik atau local storage seperti hard disk drive (HDD), Solid State Drive (SSD), penyimpanan internal smartphone, bahkan locker arsip untuk menyimpan file. Meskipun memiliki beberapa keuntungan, penyimpanan fisik juga memiliki kekurangan.

Menurut PC World, 75% kehilangan data disebabkan oleh kesalahan manusia baik disengaja maupun tidak disengaja. Sedangkan menurut data dari Kroll Ontrack, kerusakan hard drive dan kegagalan sistem menyumbang 67% penyebab hilangnya akses data.

Menyimpan data di beberapa local storage yang berbeda juga menyulitkan mengaksesnya. Bahkan sering menimbulkan perbedaan data antar unit kerja dan terjadinya data ganda. Padahal keberadaan data yang lengkap mudah diakses akan mempermudah pemrosesan data menjadi informasi yang akurat.

Bila kamu memiliki usaha dengan beberapa divisi kerja, perlu mengantisipasi hal ini. Karena akan membuat kamu kesulitan menyusun rencana, menganalisa dan mengukur capaian, maupun mengambil keputusan, yang mengakibatkan meningkatnya biaya pengadaan dan pemeliharaan. Selain itu, perusahaan terkesan tidak siap untuk masuk dalam ekosistem ekonomi digital.

Menyimpan data ke cloud storage yang disediakan penyedia layanan cloud computing adalah salah satu langkah strategis yang bisa dilakukan agar data tetap aman, sekaligus membantu kamu melakukan transformasi digital pada bisnis yang sedang kamu jalankan.

Apa Itu Layanan Cloud Computing

layanan cloud computing

Istilah penyimpanan awan atau lebih populer dengan sebutan cloud storage, pasti sudah sering kamu dengar. Cloud storage merupakan salah satu model komputasi yang memungkinkan dilakukannya penyimpanan data memanfaatkan jaringan internet. Cloud storage sendiri merupakan salah satu jenis layanan Cloud Computing.

Cloud computing adalah sebuah teknologi yang menggabungkan sistem komputasi dan teknologi informasi, yang berperan sebagai wahana virtual terpadu pada suatu jaringan, dan memungkinkan adanya kemudahan akses terhadap berbagai komponen sumber daya.

Layanan cloud computing merupakan layanan sistem komputasi yang memungkinkan penggunanya (konsumen atau pemilik data) menyimpan, mengelola, dan mengakses data dan aplikasi secara jarak jauh. Sementara itu, penyedia layanan cloud computing, atau Cloud Service Provider adalah perusahaan yang menyediakan layanan cloud computing.

Layanan cloud computing terdiri atas beberapa model komputasi, yaitu Infrastructure as a Service (IaaS), Platfrom as a Service (Paas), dan Software as a Service (Saas), dimana didalamnya bisa mencakup berbagai layanan cloud yang dibutuhkan pengguna, seperti penyimpanan cloud atau cloud storage, server, database, jaringan, dan perangkat lunak.

Pentingnya Cloud Storage Untuk Pengelolaan Bisnis

eranyacloud
Infografis penyebab hilangnya data dari local storage di komputer

Sama halnya dengan local storage seperti harddisk di komputer, flashdisk, atau penyimpanan internal di smartphone, cloud storage berfungsi sebagai tempat menyimpan berbagai jenis file gambar, video, maupun file worksheet seperti MsExcel. Bedanya, cloud storage merupakan penyimpanan tanpa memori fisik (berwujud virtual) yang prosesnya membutuhkan koneksi internet.

Lalu, kenapa mesti menggunakan cloud storage? Bukankah menyimpan file data di komputer atau hp juga praktis?

Ada beberapa hal yang menyebabkan kamu (harus) beralih ke penyimpanan virtual, terutama bila kamu memprioritaskan manajemen data yang efektif, mudah, aman, berkelanjutan, namun mampu menghemat pengeluaran.

Pertama, ruang penyimpanan di laptop atau flashdisk terbatas. Ketika kamu menyimpan file-file dan data kantor secara menerus, lambat laun harddisk atau penyimpanan internal di smartphone pasti akan penuh. Agar file data baru bisa tersimpan, kamu harus menghapus file-file penting yang tersimpan sebelumnya.

Kedua, seandainya harddrive di komputer kamu rusak karena berbagai hal. Mulai dari korsleting listrik, crash, lambat booting, hingga kesalahan pemformatan. 140 ribu hard drive komputer rusak setiap minggunya, dimana 60% disebabkan oleh masalah mekanik, dan selebihnya karena kesalahan penanganan. Kehilangan data karena kerusakan hard drive komputer sangat rentan, bukan?

Ketiga, seandainya komputer atau laptop kantor rusak karena kondisi tidak terduga, misalnya terkena tumpahan cairan, karena bencana alam, atau dicuri. Kamu pasti akan panik, apalagi bila tidak menyimpan salinannya.

Keempat, bayangkan jika sistem komputer atau laptop kamu terkena virus, sementara antivirus laptop jarang diupdate. Tentu kamu akan mencoba berbagai cara untuk mengembalikan file tersebut. Namun, pasti butuh waktu, tenaga, dan mungkin saja biaya untuk membeli software untuk recovery data.

Kelima, seandainya kamu sedang bepergian ke suatu tempat dan di saat bersamaan ada hal penting yang mengharuskan kamu mengakses dan mengolah data, namun seluruh file data disimpan di komputer kantor. Kamu tentu membutuhkan waktu untuk menghubungi rekan kerja atau admin kantor agar mengirimkan file, maupun waktu menunggu file tersebut diterima via email atau aplikasi smartphone.

Keenam, seandainya kamu menyimpan sebagian file data di komputer kantor, dan sebagian lagi di smartphone. Di tempat terpisah, teman kerja mengunduh data dari email atau aplikasis perpesanan lalu mengolah dan menyimpannya di laptopnya. Tentu kamu harus mengumpulkan dulu data-data tersebut. Menghabiskan waktu, bukan? Selain itu besar kemungkinan akan terjadi data ganda, atau data tidak sengaja terhapus.

Ketujuh, seandainya semua data internal perusahaan kamu terkumpul di satu tempat yaitu di komputer admin kantor, namun data tersebut ternyata juga dimiliki perusahaan lain. Pasti kamu akan bingung kenapa data bisnis kamu dimiliki orang lain, bukan? Hal ini dapat terjadi karena kurangnya pengawasan, apalagi satu-satunya orang yang bisa mengakses data tersebut adalah admin kantor kamu.

Kedelapan, seandainya komputer atau laptop kamu tidak menggunakan protokol keamanan jaringan internet, atau protokol jaringan jarang diupdate. Ini mengakibatkan perangkat dan koneksi internetmu rentan terkena serangan siber. Apalagi file di perangkat adalah data pribadi konsumen. Tentu konsumen dan mitra bisnis akan merasa dirugikan, dan mempengaruhi reputasi bisnis kamu.

Kesembilan, kamu bisa saja membeli komputer atau hardisk baru, tapi tentu mengeluarkan biaya. Padahal biaya membeli perangkat baru bisa dialokasikan ke pengembangan di sektor lain.

Kesepuluh, ekosistem ekonomi digital saat ini membuat kamu harus beradaptasi dan mulai mengintegrasikan teknologi ke berbagai lingkup usaha kamu. Transformasi digital erat hubungannya dengan sistem informasi dan manajemen data, sehingga mau tidak mau database harus terupdate dan tersimpan aman.

Berdasarkan beberapa pertimbangan diatas, penggunaan cloud storage memberikan berbagai manfaat dari berbagai sisi. Ini juga bisa mewakili pentingnya cloud computing bagi organsisasi, perusahaan, korporasi, maupun pemilik UMKM.

Secara umum, manfaat layanan cloud computing yaitu:

  1. Efisiensi. Dengan penyimpanan cloud, perusahaan dapat mengefisienkan waktu, tempat, tenaga, dan biaya. Selain itu, pemilik usaha tidak perlu mengalokasikan biaya untuk membeli komputer baru, atau biaya pemeliharaan perangkat. Menurut laporan Pasar Layanan Cloud Global Orbisresearch, organisasi atau perusahaan bisa menghemat lebih dari 35% biaya operasional setiap tahun bila menggunakan layanan cloud computing.
  2. Efektivitas. Pemilik usaha dan unit kerjanya bisa mengakses, mengedit, atau mengelola file tanpa harus mendownload atau mengunggah data via email maupun aplikasi perpesanan, apalagi bila file tersebut berkapasitas besar.
  3. Fleksibelitas. Cloud computing dapat diakses setiap saat, tanpa harus membawa komputer kantor, harddisk, ataupun flahsdisk ketika sedang berada di suatu tempat di luar kantor.
  4. Skalabilitas. Dengan cloud computing, pelaku usaha bisa mengukur dan membagi kapasitas penyimpanan atau bandwidth sesuai kebutuhan penggunaan.
  5. Keamanan Terjaga. Cloud computing juga bisa menghindarkan kekhawatiran akan kehilangan data akibat serangan siber maupun virus yang bisa menembus antivirus maupun sistem proteksi jaringan internet di komputer.
  6. Pemulihan Data. Cloud computing didukung oleh sistem recovery atau back up data, sehingga data bisa dipulihkan bila hilang atau terhapus dari komputer.
Dilansir dari laman Kominfo, berdasarkan Survei Thales di tahun 2021, ada 80% responden yang berlatar belakang pengusaha kecil dan menengah maupun perusahaan besar di Indonesia, telah menggunakan cloud computing di berbagai bentuk.

Cara Kerja Penyimpanan Cloud oleh Penyedia Layanan Cloud Computing

Karena cloud computing merupakan sebuah sistem komputasi yang beroperasi secara virtual memanfaatkan jaringan internet, maka layanan cloud membutuhkan software otomatisasi dan infrastruktur yang terdiri dari perangkat keras, jaringan internet, virtual machine, dan penyimpanan (storage) yang saling terintegrasi dan terkonfigurasi.

Dengan kata lain, Cloud Service Provider harus memiliki komponen-komponen infrastruktur tersebut untuk menciptakan lingkungan virtual yang mudah diakses penggunanya.

Penyedia layanan cloud selain bertanggung jawab terhadap pengelolaan dan pemeliharan infrastruktur tersebut, juga bertanggungjawab menyediakan aplikasi, melakukan kontrol performa layanan cloud, termasuk didalamnya pemeliharaan aplikasi serta recovery data milik pengguna.

Prinsip kerja penyimpanan cloud adalah melakukan pencadangan atau back up data dari hard drive ke penyimpanan virtual atau cloud storage. Namun agar pemilik data bisa menyimpan serta mengelola datanya dari mana saja setiap saat, harus memiliki akses ke cloud. Akses tersebut disediakan oleh penyedia layanan cloud.

Penjelasan cara kerja penyimpanan online ke cloud drive relatif rumit dan bersifat teknis karena berkaitan dengan mekanisme dan fungsi masing-masing komponen didalamnya.

Namun sederhananya, pengguna membuat akun dan memilih layanan cloud storage dari situs penyedia layanan cloud, penyedia cloud memberikan akses kepada pengguna, pengguna mengunggah data ke penyimpanan cloud, mengolah, atau membagikan ke pengguna lain.

Jadi, pengguna tidak perlu membeli atau menyediakan perangkat IT sendiri, karena penyedia layanan cloud telah menyediakannya. Kamu hanya harus terkoneksi ke internet dan memiliki akun di situs penyedia layanan cloud. Karena itu, bila kamu menggunakan layanan cloud storage dari cloud service provider, pastikan koneksi internet tersedia dan terhubung ke perangkat.

Rekomendasi Penyedia Cloud Computing Indonesia Dengan Layanan Cloud Storage Terbaik

layanan cloud eranyacloud
Cloud server Eranyacloud adalah yang terbaik di Indonesia (sumber gambar: Eranyacloud.com)

Teknologi cloud computing pada dasarnya sudah lama ada, dan semakin populer sejak layanan ritel berbasis web diperkenalkan di era 2000-an. Banyak perusahaan di dunia telah menggunakan layanan cloud computing untuk mengefesienkan bisnisnya.

Cloud computing Indonesia juga terus dikembangkan, seiring pengembangan infrastruktur digital hulu, pengembangan SDM digital, dan kerjasama melalui forum internasional yang dilakukan Pemerintah Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memfasilitasi sekaligus mengantisipasi meningkatnya trend penggunaan layanan cloud.

Trend Layanan Cloud Computing

Menurut International Data Corporation (IDC), teknologi cloud computing sangat berguna bagi kelangsungan dan ketahanan bisnis di Indonesia, agar bisa bersaing di dunia terutama sektor digital. Hal ini ditunjukkan oleh 81 persen responden dari Indonesia akan meningkatkan penggunaan cloud di tahun 2023.

Menariknya, pada tahun 2027, lebih dari 50% perusahaan akan menggunakan platform cloud industri untuk mempercepat inisiatif bisnis mereka. Platform cloud industri memungkinkan peralihan dari solusi generik ke platform yang dirancang agar sesuai dengan spesifikasi industri pengguna (Gartner® ebook, Gartner's 2023 Top Strategic Technology Trends, 2022).

Selain itu, Flexera 2022 State of the Cloud Report menyatakan bahwa lebih dari 40% profesional teknis dan bisnis menggunakan kebijakan otomatis untuk menghentikan beban kerja setelah jam kerja, yang dapat menghemat waktu sekaligus memastikan organisasi memantau lingkungan mereka secara konsisten untuk menghilangkan pemborosan.

Berdasarkan beberapa literasi tersebut, trend penggunaan cloud computing akan semakin meningkat karena layanan cloud computing memberikan efisiensi dan efektivitas yang signifikan bagi organisasi komersil maupun non profit.

Ini bisa menjadi momentum buat kamu untuk memanfaatkan layanan cloud computing, karena layanan cloud computing tidak terbatas pada organisasi, perusahaan, maupun korporasi tapi juga terbuka untuk pelaku usaha di level UMKM.

Namun diperlukan literasi dan edukasi terutama bagi pengguna baru yang ingin memanfaatkan layanan cloud, agar mendapatkan wawasan yang luas tentang manfaat dari masing-masing layanan cloud computing terhadap usaha yang dijalankan.

Bagaimana Memilih Layanan Cloud Computing Terpercaya

Sebelum melakukan transformasi digital pada usaha yang dijalankan, penting untuk memetakan tujuan dan divisi usaha yang akan didigitalisasi. Bila tujuannya meningkatkan layanan pemasaran dan berdampak pada meningkatnya jumlah pelanggan maka aspek yang perlu didigitalisasi adalah sistem pemasaran, misalnya memanfaatkan website landing page dan layanan hosting.

Kalau tujuannya adalah mengefektifkan pengelolaan informasi dan keamanan data yang berdampak pada efisiensi waktu dan biaya maka bidang yang perlu didigitalisasi adalah manajemen data, salah satu caranya yaitu yaitu memanfaatkan cloud storage.

Dengan melakukan pemetaan tersebut, kamu dapat mengukur dan menskalakan kebutuhan, dan mengestimasikan penghematan biaya sesuai kebutuhan dan dampaknya.

Nah, bila ingin memanfaatkan penyimpanan cloud, berikut adalah beberapa tips memilih layanan cloud computing terpercaya.

1. Ketahui Kredibilitas Penyedia Layanan

Salah satu referensi untuk memilih perusahaan cloud terpercaya, adalah manajemen layanan beserta infrastruktur pendukungnya telah memenuhi standar tujuan, sasaran mutu, orientasi, dan proses pelanggan layanan. Untuk kualitas produk dan jasa, standarnya yaitu ISO 9001.

Sistem dan manajemen penyedia layanan cloud dicek, diaudit, serta disertifikasi oleh lembaga sertifikasi produk resmi dan terakreditasi, dalam hal ini yaitu TÜV Rheinland.

2. Pahami Uptime dan Downtime Server

Kualitas layanan cloud dapat diketahui dari performa server yang digunakan. Performa cloud dipengaruhi oleh uptime dan downtime server, yang dinyatakan dengan satuan persen. Uptime adalah kondisi dimana pengguna bisa mengakses server, sementara downtime adalah kondisi saat pengguna tidak dapat mengakses server (non aktif).

Semakin tinggi uptime servernya (99,99% atau 100%) akan semakin baik. Server Tier 4, berdasarkan Telecommunication Industry Association (TIA) 942, merupakan tingkatan server tertinggi, karena menggunakan jaringan dan jalur yang berbeda, memiliki sumber daya cadangan dan sistem back up data, keamanan tinggi, serta cenderung aman dari gangguan teknis maupun non teknis sehingga uptime-nya juga hampir 100% dengan toleransi downtime hanya sekitar 30 menit pertahun.

3. Spesifikasi Perangkat Komputasi Cloud Yang Digunakan

Seperti halnya ketika memilih laptop, spesifikasi adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan karena berdampak pada performa dan kinerja pemrosesan, efisiensi, serta biaya.

Demikian pula bila memilih provider cloud computing, spesifikasi perangkat komputasinya juga perlu diketahui. Misalnya spesifikasi processor virtual, jenis penyimpanan, hingga tipe virtual machine yang digunakan. Semakin tinggi spesifikasinya, semakin baik performanya.

4. Kemudahan Akses dan Kontrol

Selain itu, penyedia layanan cloud computing terbaik memberikan kemudahan bagi pengguna mengakses, membagi, dan mengontrol data. Tidak hanya mengakses dari software atau aplikasi cloud namun juga mengakses dari media alternatif lain, misalnya browser.

5. Sistem Keamanan Jaringan dan Data

Perkembangan teknologi juga memberikan dampak pada semakin canggihnya peretasan jaringan internet dan pencurian data di komputer, misalnya melalui serangan DOS atau mengirimkan malware.

Baca juga: Cara Menghindari Pencurian Data dengan Keamanan Cyber

Penyedia layanan cloud computing yang terpercaya harus memiliki sistem keamanan harus untuk memproteksi jaringan maupun melindungi data di server sehingga memberikan rasa aman bagi penggunanya.

6. Sistem Pemeliharaan

Performa komputasi cloud harus senantiasa terjaga, karena ada saatnya pengguna mengalami kondisi-kondisi tertentu yang menghambat akses dan pengelolaan. Misalnya gagal terhubung ke server, maupun proses yang melambat.

Agar tetap memberikan kemudahan dan kecepatan yang dibutuhkan pengguna, maintenance harus dilakukan. Penyedia layanan cloud computing yang kredibel biasanya memiliki sistem pemeliharaan yang terotomatisasi dan terkonfigurasi tanpa membebankan pengguna untuk membeli infrastruktur atau perangkat baru.

7. Sistem Recovery dan Back-Up Data

Kehilangan data di server bisa saja terjadi pada kondisi tertentu. Misalnya karena ketidaksengajaan pengguna, atau pada situasi force majeure (tidak terduga).

Karena itu, kamu perlu mengetahui bagaimana penyedia cloud computing mengantisipasi dan mengatasi hal tersebut, dan bagaimana melakukan recovery data.

8. Layanan Pendukung

Layanan pendukung sangat penting kala pengguna mengalami kesulitan mengakses server, ataupun kendala-kendala non teknis. Selain itu, support juga sangat dibutuhkan bila calon pengguna ingin melakukan konsultasi, misalnya dalam hal pengembangan IT untuk usaha.

Penyedia layanan cloud terbaik akan berupaya memberikan solusi agar penggunanya tetap nyaman. Selain itu, menjaga hubungan pelanggan adalah salah satu cara agar layanannya tetap dipercaya bukan?

Ada berbagai penyedia cloud computing di Indonesia yang menyediakan layanan cloud storage, mulai provider lokal maupun provider luar yang beroperasi di Indonesia.

Salah satu layanan penyimpanan cloud tersebut adalah Cloud Drive dari Eranyacloud, penyedia layanan cloud computing di indonesia dengan cloud server terbaik.

Keunggulan Cloud Drive Eranyacloud

Layanan penyimpanan awan Cloud Drive Eranyacloud menawarkan berbagai keunggulan bagi penggunanya. Beberapa keunggulan Cloud Drive Eranyacloud yaitu sebagai berikut.

1. Tersedia Berbagai Pilihan Kapasitas Penyimpanan

Salah satu keunggulan Cloud Drive Eranyacloud adalah menyediakan berbagai pilihan paket kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan penyimpanan data pribadi maupun yang lebih luas. Mulai dari penyimpanan berkapasitas 250GB dengan processor virtual 2 core dan RAM virtual 16GB, hingga penyimpanan file berkapasitas 2000 GB dengan processor virtual 4 core dan RAM virtual 16GB.

2. Penyimpanan Untuk Berbagai Jenis Platform

Cloud Drive Eranyacloud bisa digunakan dan disinkronisasi pada berbagai jenis platform, seperti PC dan laptop, tablet, maupun smartphone. File di Cloud Drive juga bisa diakses melalui browser.

3. Dilindungi Dengan Sistem Keamanan Ketat

Mengantisipasi keamanan data, layanan penyimpanan Cloud Drive Eranyacloud memiliki sistem proteksi berlapis, seperti Smart Data Leak Protection (DLP) untuk melindungi dari serangan siber, serta sistem keamanan IPDS yang terintegrasi dengan daftar real time black hole untuk melindungi file dan data yang tersimpan dari serangan DoS maupun serangan pada jaringan.

4. Alur Kerja Pengelolaan Data Bisa Diotomatisasi

Selain itu, Cloud Drive Eranyacloud memiliki alur kerja yang dapat diotomatisasi dengan fungsi drag-n-drop untuk mengklasifikasikan jenis file dan data. Ini tentu mempermudah karyawan kamu dalam mengelola data.

5. Mempermudah Manajemen Konten dan Pengeditan di Web

Cloud Drive Eranyacloud juga menawarkan keunggulan lain, yaitu mempermudah melakukan manajemen informasi secara internal maupun eksternal, sehingga memungkinkan pengguna bisa berbagi data dari satu pusat data ke seluruh unit kerja. Selain itu, pengguna juga bisa mengedit file melalui browser maupun mengedit secara offline menggunakan salinan file Microsoft Office.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Eranyacloud

penyedia cloud computing

Eranyacloud yang didirikan oleh PT. Era Awan Digital, adalah salah satu perusahaan penyedia layanan cloud computing di Indonesia yang berdiri di tahun 2020.

Seiring perkembangan cloud computing era digital, Eranyacloud berpartisipasi menyediakan beragam layanan cloud yang dibutuhkan pengguna di Indonesia. Mulai dari Public dan Private Cloud, proteksi dan back up data, website security, maupun penyimpanan data.

Mengandalkan server lokal yang teruji, layanan cloud yang disediakan salah satu cloud server provider terpercaya di Indonesia ini dapat menjadi solusi kebutuhan penyimpanan cloud yang mudah, cepat, aman digunakan, dan #SelaluAdaTukIndonesia.

Eranyacloud telah menjadi partner bagi berbagai perusahaan dan korporasi di bidang energi dalam meningkatkan efisiensi IT, mempercepat inovasi, serta meningkatkan perlindungan data.

Selain itu, Eranyacloud juga penyedia layanan cloud computing terbaik bagi pelaku fintech maupun e-commerce dalam meningkatkan operasional IT, keamanan website, lonjakan traffic pada momen tertentu, hingga keamanan data konsumen.

Mengapa Menggunakan Layanan Cloud Computing Eranyacloud

cloud computing indonesia

Eranyacloud merupakan salah satu penyedia cloud Indonesia yang dapat memberikan solusi terhadap kebutuhan cloud computing, keamanan siber, infrastruktur IT, maupun start up, karena menawarkan sejumlah kelebihan.

Apa saja keunggulan layanan cloud computing Eranyacloud, yuk kita simak.

Cloud Provider Bersertifikasi ISO

Eranyacloud adalah penyedia layanan cloud computing di Indonesia yang tersertifikasi ISO. Layanan dan infrastruktur cloud Eranyacloud telah mendapatkan ISO 9001:2015 dan ISO 27001:2013.

Ini mengindikasikan Eranyacloud merupakan perusahaan penyedia layanan cloud computing kredibel dan terpercaya untuk semua level usaha, mulai dari Usaha Kecil Menengah (UKM) hingga korporasi.

Berbagai Layanan Cloud

Sebagai perusahaan cloud provider, Eranyacloud tidak hanya melayani penyimpanan cloud saja, tapi juga beragam layanan cloud computing untuk kebutuhan korporasi maupun pribadi.

Di Eranyacloud, pengguna bisa memilih produk cloud dan paket-paketnya sesuai kebutuhan, mulai Compute, Email Collaboration, Web Application Firewall, Backup Protect & Protect DR, Cloud Monitoring & Support, hingga Private Cloud.

Cloud Server Yang Andal dan Stabil

Eranyacloud adalah Cloud Server Provider dengan server terbaik di Indonesia. Performa cloud computing yang cepat sangat dibutuhkan oleh pengguna untuk mendapatkan akses yang fleksibel dan skalabilitas yang tinggi.

Sebagai salah satu penyedia layanan cloud computing terbaik di Indonesia, Eranyacloud mengimbangi kebutuhan customer akan server cloud yang stabil dengan local cloud server di pusat data Tier 4 dan Tier 3 dengan uptime hingga 99,9% Service Level Agreement (SLA) yang menjamin performa lebih andal dan cepat.

Performa Komputasi Yang Cepat

Selain cloud server andal, layanan cloud Eranyacloud juga serba cepat dengan menggunakan processor AMD EPYC, yang kecepatannya 5 (lima) kali lebih cepat dari kecepatan CPU pada umumnya (hingga 3 GHz), serta storage berbasis NVMe.

Dengan kualitas dan performa cloud server seperti ini, bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan infrastruktur TI yang dibutuhkan korporasi.

Lebih Simpel, Stabil, Aman, dan Full Support

Cloud computing yang mudah, server yang stabil, penyimpanan yang aman, dan full support merupakan keunggulan lain dari penyedia cloud computing Eranyacloud.

Layanan cloud Eranyacloud menyediakan dashboard dengan interface yang mudah digunakan oleh penggunanya. Selain itu, sistem keamanan berlapis membuat data dan file serta jaringan lebih aman dari serangan siber, malware, maupun Dos.

Pengguna juga akan mendapatkan layanan 24/7 untuk memastikan penggunaan cloud berlangsung optimal. Pengguna dapat melakukan konsultasi kepada customer care service bila memiliki kendala-kendala.

eranyacloud

Cara Mendapatkan Layanan Cloud Eranyacloud

Lalu bagaimana cara mendapatkan layanan Cloud Drive Eranyacloud? Apakah prosesnya sulit? Jangan khawatir, proses mengakses layanan cloud computing cukup mudah selama kamu terkoneksi ke internet, memiliki email, dan nomor telepon.

Cara mendapatkan layanan cloud computing Eranyacloud adalah mendaftarkan akun di situs Eranyacloud melalui browser di laptop atau smartphone. Isi formulir pendaftaran selengkapnya, kemudian lakukan verifikasi melalui tautan yang dikirimkan ke email kamu.

Setelah terdaftar, kamu bisa mempelajari layanan-layanan yang tersedia sesuai kebutuhan pengelolaan usaha kamu. Contohnya, layanan cloud storage atau penyimpanan virtual.

Tips Mengatasi Beban Kerja Komputasi Cloud

Perangkat komputer dan internet sangat diandalkan untuk melakukan banyak hal di perusahaan. Mulai dari menginput dan mengolah data, mengendalikan database, mengoperasikan software, hingga membuat berbagai konten audio dan video.

Namun meningkatnya penggunaan tersebut berdampak pada kapasitas ruang penyimpanan juga tergerus dan meningkatnya beban kerja komputasi.

Bila ingin mendapatkan efektivitas maupun efisiensi yang diharapkan dalam menjalankan usaha kamu, berikut beberapa tips untuk mengantisipasi beban kerja komputasi yang dapat diterapkan.

1. Skalakan Kebutuhan

Memetakan kebutuhan adalah hal pertama yang perlu dilakukan. Kamu bisa memprioritaskan bidang-bidang yang memerlukan layanan cloud untuk mengurangi beban kerja komputasi. Selain itu, kamu juga bisa memutuskan apakah menggunakan layanan cloud, atau mengembangkan infrastruktur IT sendiri.

2. Tingkatkan Kapasitas Karyawan

Meningkatkan skill karyawan sangat penting, selain untuk meningkatkan kinerja, juga menambah keterampilannya dalam menggunakan perangkat komputasi, mengelola dan mengamankan data secara mandiri dalam sistem data terpadu, dan mengelola data di cloud.

3. Pilih Cloud Service Provider Terbaik

Memilih penyedia cloud terbaik menjadi sebuah keharusan bila kamu membutuhkan layanan cloud yang bagus dan andal performanya. Kamu bisa searching, berkonsultasi dengan masing-masing cloud provider, dan sharing dengan pemilik usaha atau organisasi yang telah menggunakannya.

4. Pilih Jenis Cloud Yang Tepat

Dengan memilih layanan cloud yang tepat, performa komputasi cloud juga akan menyesuaikan. Apakah layanan cloud untuk database atau komputasi umum saja, atau komputasi dengan akselerasi processor grafis yang membutuhkan spesifikasi lebih tinggi dan fitur tambahan untuk menunjang performa.

Eranyacloud menyediakan berbagai tipe dan jenis layanan cloud, mulai dari public cloud, private cloud, maupun hybrid cloud untuk membantu beban komputasi tersebut. Kamu bisa melakukan konsultasi kepada tim Eranyacloud untuk mendapatkan spesifikasi dan kelebihan dari masing-masing layanan, biaya layanan, dan jaminan recovery data ketika terjadi sesuatu hal yang menyebabkan data di cloud hilang.

Kesimpulan

Layanan komputasi cloud adalah opsi terbaik untuk melakukan transformasi digital di bidang pengelolaan informasi dan manajemen data. Selain memberikan efektivitas dalam pengelolaannya, juga memberikan efisiensi waktu, tenaga, dan biaya.

Eranyacloud adalah salah satu penyedia cloud computing terbaik di Indonesia dengan beragam layanan cloud yang bisa dipilih pengguna sesuai kebutuhannya.

Dengan cloud server yang stabil dan dukungan perangkat komputasi yang mumpuni, performa cloud computing Eranyacloud dapat diandalkan untuk mengatasi berbagai beban kerja komputasi.

Suka Teknologi