Macam Macam Jenis Kamera HP Yang Perlu Diketahui

Urutan macam macam jenis megapiksel dan lensa kamera hp dari awal hingga resolusi kamera hp tertinggi.

Kamera hp terus mengalami evolusi. Mulai dari kamera smartphone 0,1 MP yang tenar dimasanya, kini kamera hp 108MP yang mencuri perhatian. Jenis kamera hp diyakini akan semakin beragam di masa depan.

Menggabungkan kamera dan smartphone menjadi ide yang sangat menarik untuk menyokong aktivitas mobile. Seiring dengan semakin tingginya peminat ponsel kamera untuk berbagai keperluan, utamanya untuk fotografi dan video recording, kebutuhan akan hp kamera terbaik pun meningkat signifikan.

Bicara tentang jenis kamera hp, hingga saat ini ada sangat banyak jenis kamera yang telah dibuat. Peran teknologi OS pada perangkat turut andil dalam evolusi kamera hp ini. Contohnya Android yang kini memiliki fitur kamera AI memungkinkan kamera ponsel Android dapat mengetahui detil-detil wajah.

Apa saja macam-macam kamera hp yang pernah dibuat dari pertama hingga sekarang, kali ini TeknoPlug akan berbagi infonya.

Baca Juga : Tips Memilih HP Kamera Yang Bagus

Macam-Macam Kamera HP Yang Dibuat Hingga Saat Ini

jenis kamera hp yang pernah ada
Jenis kamera hp dari pertama sampai kamera hp terbaru

Pembuatan phone cell yang di dalamnya telah ditanam lensa kamera telah dimulai sejak akhir tahun 1990'an, dimana pada masa itu ponsel digabungkan dengan PDA sehingga menjadi sebuah ponsel pintar yang mendukung sejumlah fungsi komunikasi, komputasi dan fotografi.

Perkembangan teknologi menyebabkan sejumlah produsen dan vendor smartphone dunia berlomba-lomba menciptakan hp yang support fotografi dan mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi. Saat ini hp kamera bukan hanya digunakan untuk fotografi tapi juga rekam video. Untuk mendapatkan hasil terbaik tentu saja harus menggunakan kamera khusus untuk smartphone dengan jenis lensa terbaik dan spesifikasi tinggi.

Baca Juga : Rekomendasi HP Kamera Yang Bagus Mulai Harga 2jutaan

Nokia, Samsung dan Sony merupakan trio pembuat hp dengan kamera terbaik di dunia dengan teknologi canggih. Ini karena latar belakang mereka sebagai produsen perangkat elektronik seperti televisi, dimana kedua produsen ini selalu berkompetisi menciptakan layar berkualitas tinggi (HD, LCD, LED).

Selain itu keduanya cukup terkenal sebagai produsen kamera (cam corder, video cam dan lainnya). Dengan latar belakang tersebut menyebabkan mereka sangat berani berkompetisi dalam industri smartphone khususnya hp dengan fitur-fitur kamera untuk mengimbangi beberapa produsen smartphone lain yang menyandingkan produk-produk kamera dan lensa kamera dari pesaing kedua pabrikan global ini. Pada era 2000'an Nokia adalah produsen hp dengan kamera yang paling dominan.

Baca Juga : 8+ Merk HP Kamera Terbaru Tahun Ini

Jenis Megapiksel Kamera HP Dari Pertama Hingga Terbaru

Prototipe ponsel kamera pertama kali ditemukan oleh Daniel A.Henderson pada tahun 1993. Ponsel tersebut diketahui sudah memiliki kemampuan mengambil gambar foto dan video. Setelah itu terjadilah pengembangan dan inovasi kamera untuk ponsel. Jenis megapiksel kamera hp tersebut yaitu :

Kamera 0,1 MP

Kamera 0,1 MP (1997), dibuat oleh Sharp tahun 1997 berukuran 0,1 MP dengan produk J-Phone atau J-SH04. Awalnya Philippe Khan dari Jepang mengintegrasikan kamera dengan sebuah hp dan menggabungkannya dengan software buatannya yaitu PictureMail yang dapat digunakan untuk mengirim gambar ke HP lain.

Kamera VGA (0,3 MP)

Kamera VGA (0,3 MP), pertama sekali dibuat dengan resolusi 640x480 pixel (0,3MP). Nokia menjadi vendor pertama yang membuat ponsel kamera VGA tahun 2002 melalui Nokia 7650, namun belum bisa merekam video.

Kamera VGA 1,3 MP

Kamera VGA dengan megapiksel 1,3 MP, dirilis oleh Samsung tahun 2003 melalui Samsung SCH-V420 model flip/lipat. Kamera jenis ini merupakan pengembangan dari VGA 0,3 mp menjadi VGA 1,3 mp. HP dengan kamera VGA 1,3 mp.

Kamera 3 MP

Kamera 3 MP, dirilis oleh Sony Ericson melalui S750 yang merupakan hp dengan autofokus pertama tahun 2005

Kamera 3,2 MP

Kamera dengan megapiksel 3,2 MP, dirilis oleh Sony Ericsson tahun 2006 melalui SE K800 yang sudah menggunakan Xenon Flash.

Kamera 3,2 MP

Kamera HP 3,2 MP dengan kamera video, dirilis pertama kali oleh Noka melalui N93 yang sudah memiliki kemampuan optical zoom hingga 3x dan dilengkapi lensa Carl Zeiss tahun 2006.

Kamera 5 MP

Kamera dengan megapiksel 5 MP ini, dirilis pertama kali oleh Nokia melalui Nokia N95 dan Nokia N82 yang tahun 2007.

Kamera 8 MP

Kamera 8 MP pertama kali dibuat oleh Nokia melalui Nokia N86 tahun 2009. Merk ini merupakan hp dengan kamera harga terjangkau sehingga banyak peminatnya.

Kamera 12 MP

Kamera 12 MP, dirilis tahun 2009 melalui Samsung M8910 Pixon12 dan merupakan hp pertama yang menggunakan kamera berukuran 12 MP dengan suidut lebar 28mm dan menggunakan Xenon Flash.

Kamera 12 MP Video HD

Kamera 12 MP dengan Video HD, dirilis pertama kali oleh Nokia N8 tahun 2010 dimana telah memiliki sensor kamera 1/1.83 menggunakan lensa Carl Zeiss serta autofokus. HP ini juga mampu merekam video HD (720p@30fps).

Kamera 13 MP

HP Kamera 13 MP, dirilis oleh Sony tahun 2012 yang sudah dibekali autofokus dan LED. HP kamera ini sangat lengkap, karena memiliki fitur touch focus, panorama, image/video stabilization, dan bisa merekam video HD 1080p©30fps.

Kamera 16,3 MP

Kamera ukuran 16,3 MP, dirilis pertama sekali oleh Samsung melalui Samsung Galaxy Camera GC100 dimana terjadi perkawinan teknologi android dengan kamera saku dengan autofocus 21x optical zoom dan Xenon Flash, serta sudah mampu merekam video Full HD 1080p@30fps.

Kamera 41 MP

Hingga saat ini, sudah banyak kamera ponsel 41 MP yang bisa ditemui dalam Nokia PureView (efektif 38 MP), Oppo Reno, Samsung Galaxy terbaru, dan Huawei P20/P30.

Baca Juga : Daftar HP Kamera Terbaik dan Tercanggih Di Dunia Sepanjang Masa

Jenis Lensa Kamera Smartphone

Teknologi kamera hp juga semakin mutakhir dari jenis lensa kamera yang digunakan. Kombinasi megapiksel kamera dengan jenis lensa pada smartphone sangat mempengaruhi kualitas hasil objek yang dibidik. Apa saja jenis jenis lensa kamera hp yang ada hingga sekarang ? Berikut adalah daftarnya.

HP Kamera Dengan Lensa Macro

Smartphone kamera dengan lensa makro saat ini sudah sangat banyak dibuat. Jenis lensa makro pada smartphone hampir sama fungsinya seperti yang terdapat pada kamera DLSR, yaitu untuk mengambil objek berukuran kecil. Dengan rasio 1:1 umumnya kamera hp dengan lensa kamera makro dapat mengambil gambar serupa dengan ukuran asli objek yang dibidik.

HP Kamera Lensa Wide

Lensa kamera wide menjadi salah satu jenis kamera HP yang diciptakan untuk menyokong pengambilan objek dengan sudut yang lebih luas jangkauannya. Kamera wide sangat cocok digunakan untuk mode lanskap. Seiring fitur Android yang kini semakin mendukung fotografi, teknologi wide camera pun sangat memungkinkan menggali banyak informasi dari objek yang dibidk. Contoh hp kamera wide misalnya Samsung Galaxy S20, Galaxy S21, Huawei P30, dan jajaran hp Android 10 lainnya.

Lensa Ultra Wide

Jenis kamera ultra wide adalah versi lain dari lensa wide. Jangkauan objek yang dibidik juga lebih luas daripada kamera wide. Spesifikasi megapikselnya lebih tinggi dimana hasil yang diperoleh juga lebih tajam. Dengan spesifikasi tinggi, ukuran file hasil jepretannya juga akan lebih besar. HP kamera ultra wide sangat cocok untuk mengambil objek pemandangan ataupun lingkungan dengan banyak orang.

Lensa Tele (Telephoto Camera)

Lensa telefoto atau sering disebut lensa tele saja, termasuk jenis lensa termutakhir untuk kamera hp. Kamera HP dengan lesan tele punya kemampuan melakukan pembesaran optical sebanyak 2x, 3x, dan 5x hingga hybrid zoom 10x, bahkan digital zoom sampai 50x dan 100x. Tele kamera hp punya fungsi zoom yang berbeda dibandingkan dengan fitur zoom yang umumnya ada dalam smartphone, dimana fungsi kamera zoom versi lawas hanya untuk merekayasa pembesaran gambar.

Pastinya, macam-macam kamera hp tersebut punya spek dan kelebihannya masing-masing di jamannya. Kamu pakai hp dengan kamera yang berapa MP ?

Anda mungkin menyukai postingan ini

1 komentar

  1. R Ayi Hendrawan S
    Artikel ditulis dengan baik mas dan mudah di pahami, tapi saya ada pertanyaan bedanya VGA sama yang bukan VGA apa ya mas?
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>