-->

Macam Jenis Tipe Kamera HP Android Kekinian Serta Fungsinya

Mengenal macam jenis tipe kamera hp (kamera depan belakang) beserta fungsi, dan kelebihannya di HP Android.

Berbagai jenis kamera hp telah menjadi syarat mutlak yang wajib ada di perangkat kekinian. Sejumlah pabrikan mengkombinasikan lebih dari satu jenis kamera belakang hp, sementara jenis kamera depan hp untuk selfie juga telah didukung fitur-fitur kekinian untuk menghasilkan kualitas gambar yang menggiurkan.

Perkembangan Jenis Kamera Handphone

hp yang bagus dengan kamera bagus berkualitas
Jenis Kamera HP Android

Kamera telah mengalami evolusi panjang. Kamera pertama dibuat yaitu kamera Obscura (kamera kamar gelap) yang berukuran besar kini lebih revolusioner dengan ukuran yang lebih kecil dan portabel.

Jenis dan tipe kamera pun beranjak semakin berkembang sesuai fungsi dan kegunaannya. Kamera DLSR dan kamera saku adalah jenis kamera yang populer untuk fotografi. Namun seiring perubahan zaman mengambil foto dan video sekaligus dapat dilakukan sedemikian mudahnya melalui perangkat komunikasi bernama smartphone.

Seperti halnya kamera, ponsel pun mengalami perkembangan bukan hanya sebagai perangkat komunikasi biasa tapi juga sebagai perangkat multifungsi. Smartphone tanpa kamera serasa dunia tanpa warna. Hambar dan kaku.

Spesifikasi processor dan RAM, serta jenis kamera hp yang digunakan adalah komponen yang menentukan kualitas hp tersebut. Spesifikasi megapiksel yang besar, jenis lensa hp yang digunakan, dan fitur kamera yang disematkan akan menjamin kualitas foto hasil jepretan dan video rekaman sekaligus juga harga.

OS Android pun turut mempengaruhi kemampuan smartphone dan kamera bersinergi. Banyak sekali fitur Android yang mendukung penggunaan kamera pada smartphone seolah "hidup". Hal ini bisa dirasakan pada ponsel-ponsel Android 8 hingga Android 10.

Baca Juga: Urutan Tingkatan Versi Android Hingga Versi Android Terbaru

Ponsel canggih saat ini tidak hanya mengandalkan kamera belakang saja untuk mengambil foto dan merekam video. Kamera depan pada smartphone juga disematkan seturut dengan obsesi dan keiginan pengguna yang ingin memperkenalkan dirinya kepada orang banyak.

Namun hasil yang penuh warna dan menggiurkan dari jepretan hp kamera juga dipengaruhi oleh jenis kamera hp serta teknologi standar untuk fotografi. Karena itu sebelum membeli perangkat terbaik untuk fotografi, seseorang harus mencari info mendetil mengenai spesifikasi smartphone.

Baca Juga : Cara Memilih HP Kamera Yang Bagus Berkualitas

Jenis Jenis Kamera Depan Belakang Di HP Android

Kamera hp yang ada saat ini sangat beragam tipenya. Masing-masing jenis kamera hp tersebut memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing.

Tidak semua jenis kamera hp disematkan pada kamera belakang dan kamera depan karena dengan berbagai pertimbangan. Lalu apa saja tipe kamera hp yang ada saat ini ?

Berikut ini adalah macam jenis kamera hp yang ada di kamera belakang dan kamera depan.

Baca Juga: Daftar HP Terbaik dan Tercanggih Saat Ini

  1. Wide Camera (Main Camera Atau Kamera Standar)

  2. Salah satu tipe kamera HP yang umum di smartphone Android adalah main camera atau standard camera. Kebanyakan pabrikan menyematkan wide camera sebagai jenis kamera utama pada kamera belakang hp, dan umum juga dipasang pada kamera depan. Beberapa merk hp terbaik di dunia dibekali fitur kamera utama yang lengkap seperti AI (Artificial Intelligent), High Dynamic Range (HDR), Digital Zoom, hingga sejumlah Mode dan Scene. Tidak ada batasan tertentu berapa besar megapiksel jenis kamera standar ini, namun biasanya kamera utama dibekali megapiksel yang paling besar diantara jenis kamera di dalam HP.

  3. Kamera Wide Angle (Ultra-Wide Camera/ Super Wide Angle Camera)

  4. Jenis kamera di hp di Android berikutnya yaitu kamera Wide. Tipe kamera Ultra-Wide yang ada di HP Android ini berfungsi untuk mendapatkan bidang gambar dan perspektif yang lebih luas untuk membantu kamera utama. Istilah Ultra-wide Camera, Super Wide Angle Camera, ataupun Panoramatic Wide Angle Camera pada intinya memiliki pengertian yang sama merujuk pada bentang atau perspektif pengambilan gambar. Biasanya besar megapiksel kamera ultra wide atau super wide angle camera lebih kecil daripada wide camera/kamera utama.

  5. Kamera Makro (Macro Camera)

  6. Berfungsi membantu kamera utama untuk mengambil objek kecil, jenis kamera smartphone yang satu ini dapat mengambil objek-objek dari jarak yang super dekat. Dengan rasio makro 1:1 kamera ponsel bisa menangkap gambar kecil dengan seukuran dengan objek aslinya. Beberapa merk hp dengan kamera makro bahkan bisa membidik gambar serat kain yang sama detil ukuran dan warnanya dengan objek foto.

  7. 3D ToF Sensor (Depth Camera)

  8. Jenis kamera Depth di HP Android tidak sama dengan kamera makro, karena kamera 3D ToF Sensor ini tidak mampu mengambil gambar sendiri seperti kamera makro. Tipe kamera 3D ToF Sensor ini fungsinya memastikan objek tetap dalam keadaan fokus (objek menjadi terpisah dari background-nya) saat kamera utama mmenjepret objek. Untuk mendapatkan gambar objek terpisah dari latar belakangnya perangkat hp yang tidak memiliki tipe kamera depth hanya bisa melakukannya menggunakan software khusus.

  9. Periscope Camera (Kamera Periskop)

  10. Jenis kamera periskop hp Android relatif baru, namun segera menjadi kamera yang umum untuk smartphone. Ini karena salah satu tipe kamera hp flagship ini berfungsi mendapatkan gambar objek lebih detil (optikal) dengan zoom yang bisa mencapai puluhan. Beberapa hp flagship bahkan dibekali kemampuan zoom optikal hingga 135 mm karena menggunakan jenis kamera hp yang berbentuk kotak ini. Sejumlah pabrikan memasang kamera periskop dengan megapiksel yang cukup besar, antara lain 40MP, 48MP, dan 50MP. Kamera periskop adalah salah satu tipe kamera hp Samsung Galaxy S22 Ultra 5G, Galaxy S21 Ultra 5G, dan Samsung Galaxy S20.

  11. Telescope Camera / Telephoto Camera (Kamera Telefoto)

  12. Kamera Telefoto atau Telescope ini berfungsi untuk mendapatkan gambar lebih detil lewat perbesaran (zoom) secara optikal. Berbeda halnya kamera periskop yang bisa zooming hingga puluhan kali lipat, kamera teleskop paling banter 2x hingga 3x optical zoom saja. Namun bisa saja di masa mendatang kemampuan zoom optical bertambah. Fungsi utama kamera telefoto ini adalah untuk membantu kamera utama melakukan perbesaran gambar yang dilakukan secara digital, misalnya jenis kamera HP iPhone 12..

  13. Kamera Monocrom

  14. Kamera monocrom tergolong jenis kamera hp lawas, namun pada sejumlah merk hp kekinian masih memilikinya. Fungsi kamera monocrom ini adalah membantu mendapatkan gambar objek pada kondisi kurang cahaya sekaligus juga mendapatkan gambar objek hitam putih murni tanpa filter.

Baca Juga: Smartphone Dengan Kamera Terbaik Di Dunia Saat Ini

Itulah Jenis Kamera HP di Android untuk fotografi dan recording. Ada banyak pilihan hp kamera yang bisa kamu pilih, mulai dari yang canggih maupun hp kamera spesifikasi bagus tapi harganya murah. Pilih mana ?

Anda mungkin menyukai postingan ini

1 komentar

  1. Googelio
    saya setuju banget dengan ide dari artikel cara memilih hp bagus ini. Menurut saya hp bagus berkualitas itu dilihat dari RAMnya, processor, versi OS nya dan internal storagenya
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>