Table of Content

Panduan Memilih Smartphone Kamera Yang Bagus Buat Fotografi

Bagimana cara memilih hp kamera yang bagus untuk fotografi dan merekam video ? Inilah panduan memilih hp dengan kamera terbaik.

Memilih Kamera HP- Apakah hp kamera yang kalian miliki menghasilkan gambar berkualitas? Sebelum membeli hp kamera, memilih hp kamera bagus harus dibarengi dengan pemahaman tentang aspek-aspek kamera itu sendiri.

Kamera hp yang bagus berapa megapiksel? Pertanyaan ini terus digaungkan oleh pengguna ponsel pintar. Maklum saja, smartphone dengan teknologi canggih terus bermunculan, seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna smartphone di dunia.

Jumlah pengguna smartphone di dunia pada tahun 2023, menurut Insider Monkey mencapai 7,33 miliar orang. Jumlah pengguna smartphone di Indonesia mencapai 73 juta pengguna (peringkat 6 terbanyak di dunia), sementara pengguna smarpthone paling banyak di dunia adalah Cina (783 juta pengguna).

Spesifikasi smartphone kini dibuat sangat variatif oleh produsen, untuk memenuhi kebutuhan pengguna smartphone. Dengan beragam smartphone yang tersedia di market, akan mempermudah konsumen memilih hp terbaik.

Kamera smartphone adalah salah satu spesifikasi yang selalu menarik perhatian pengguna hp. Masih menurut Insider Monkey, sebanyak 95% dari smartphone yang digunakan tersebut adalah smartphone berkamera, atau digunakan oleh 7,04 miliar orang.

Dengan jumlah itu, mengisyaratkan bahwa penggunaan smartphone saat ini tidak lagi sekedar trend namun juga kebutuhan untuk kegiatan fotografi.

Namun agar jepretan kamera menghasilkan foto berkualitas, kamera yang digunakan juga harus mumpuni. Lalu, kamera smartphone yang bagus itu yang seperti apa?

Memilih Smartphone Kamera Terbaik

tips memilih hp kamera yang bagus

Dalam fotografi, kamera DLSR adalah alat yang umum digunakan untuk mengambil foto atau merekam video karena spek kameranya jauh lebih tinggi dan dikhususkan untuk fotografi pro. Akan tetapi jaman telah berubah.

Smartphone kini menjadi opsi menarik untuk menghasilkan karya fotografi terbaik selain kamera DSLR. Namun spesifikasi kamera yang mumpuni sangat menentukan kualitas hasilnya.

HP kamera adalah perangkat seluler/phone cell yang di dalamnya ditanam kamera khusus untuk mendukung sejumlah aktivitas fotografi.

Bila melihat ke belakang, tepatnya era awal 2000'an Nokia adalah produsen hp dengan kamera yang paling dominan. Namun kini ada sangat banyak jenis kamera hp yang ditanamkan.

Ketika memilih smartphone kamera terbaik yang bagus dan hasilnya berkualitas, ada banyak detail yang harus diperhatikan. Di pasaran hp kamera terbaik 3 jutaan bahkan hp kamera terbaik 2 jutaan sangat mudah didapatkan.

Namun tak banyak orang yang mengetahui seperti apa kiranya hp yang terbaik kameranya untuk mengambil foto dan merekam video. Karena itu, berikut ini adalah sejumlah hal yang wajib kamu dipertimbangkan agar mendapatkan smartphone yang bagus kameranya dan bagus hasilnya.

Cara Memilih HP Kamera Terbaik Untuk Fotografi

Memilih hp kamera yang bagus memang gampang-gampang susah, apalagi kalau harganya tidak sesuai dengan kantong. Tapi kalau kamu memang sudah niat benar akan memilih hp dengan kamera terbaik berkualitas, mau tidak mau kamu harus punya acuan atau standar untuk memilih hp kamera terbaik depan belakang. Berikut ini adalah penjelasan tips dan cara menentukan hp dengan kamera yang bagus.

Kamera Dapat Menghasilkan Gambar Berkualitas Tinggi

Cara memilih kamera hp terbaik diawali dengan mempertimbangkan tujuan penggunaannya dan seperti apa kualitas gambar yang diinginkan.

Aspek kualitas gambar (image quality) dipengaruhi oleh faktor sensor kamera. Sensor kamera adalah jantung dari sebuah kamera, khususnya kamera smartphone. Sensor ini bersama Aperture/diafragma/lensa berfungsi mengkonversi cahaya menjadi data digital yang berbentuk foto. Ukuran sensor yang besar atau luas mempengaruhi jumlah cahaya yang diterima dan dikonversi.

Resolusi Kamera HP

memilih hp kamera
Jenis resolusi pada kamera hp

Berapa megapixel kamera hp yang bagus ? Bila ditahun 2014-2015 resolusi 8 MP sudah sangat mumpuni, maka jangan samakan kualitasnya di tahun 2020 ke atas.

HP yang kameranya bagus untuk selfie saat ini setidaknya resolusinya 16 MP, 20 MP, hingga 23 MP. Bahkan kini sejumlah pabrikan telah menanamkan kamera beresolusi hingga 48MP. Resolusi kamera hp cukup mempengaruhi hasil gambar namun tidak seluruhnya menjadi ukuran mutlak karena ada lagi faktor pendukung lainnya yaitu ukuran bukaan lensa.

Bila sebuah kamera ponsel berukuran 20 MP tapi sensor-nya kecil belum tentu lebih baik daripada HP kamera 8 MP atau 13 MP dengan sensor lebih besar. Selain itu dipengaruhi pula oleh teknik pemotretan, keadaan cahaya dan pengambilan sudut maupun fokus.

Ukuran Sensor Kamera HP Bisa Menangkap Banyak Cahaya

memilih hp kamera
Ukuran sensor kamera hp

Berikutnya adalah pada aspek sensor atau aperture. Ukuran sensor hp kamera yang bagus sangat ditentukan oleh seberapa besar kemampuannya menangkap cahaya lebih banyak.

Nilai/ukuran aperture pada smartphone ditandai dengan penulisan "f/angka". Sebagai contoh f/2.6 hingga f/1.8. Penulisan tersebut dapat diartikan, bila angkanya lebih besar maka nilai aperture/diafragma semakin kecil. Demikian juga sebaliknya.

Secara teoritis, bukaan lensa yang lebih besar akan menangkap lebih banyak cahaya yang kemudian diteruskan menuju sensor, dengan kata lain gambar yang diambil dengan settingan aperture besar akan terlihat lebih terang. Ini dengan catatan settingan ISO dan shutter speed-nya sama.

Frame Rate Video Kamera HP Tinggi

frame rate video hp kamera terbaik
Ukuran frame rate dan kualitas video kamera hp

Selanjutnya tips memilih hp dengan kamera terbaik yaitu pada aspek frame rate. Fungsi frame rate adalah mengatur jumlah gambar yang terlihat setiap detik, dihitung dengan satuan fps (frame per second) atau frame per detik.

Rata-rata frame maksimal video (Max Video Frame Rate) setiap ponsel berbeda-beda, tergantung standar dari vendor. Tapi umumnya memiliki rataan awal yang sama, pada rentang 24 fps, 60 fps hingga 100 fps. Ini juga dipengaruhi oleh teknologi grafis yang dimiliki processor smartphone.

Sudah Menggunakan Fitur Flash

Berikutnya adalah flash kamera hp. Flash hp kamera yang bagus memiliki kekuatan cahaya terang pada objek yang disorot, serta kerapatan cahaya yang baik. Penggunaan flash sangat penting khususnya untuk pencahayaan.

Umumnya smartphone memiliki dua jenis lampu kilat, yaitu flash LED dan Xenon Flash. Flash LED juga telah dikembangkan menjadi dual-LED. Namun berbeda dengan iPhone yang sudah mulai menggunakan teknologi Screen Flash.

Pada kebanyakan ponsel, flash ini hanya terdapat pada kamera belakang saja. Namun belakangan ini beberapa hp telah memiliki flash pada kamera depan.

Beberapa fitur pendukung flash kamera hp yang perannya penting antara lain Auto Mode, Manual Mode, dan Red-Eye Reduction. Fitur-fitur ini digunakan untuk kondisi atau kebutuhan tertentu untuk mempermudah pengguna mendapatkan hasil foto yang diinginkan.

Contoh flash kamera pada smartphone antara lain Yongnuo Speedlite YN-560 IV, Viltrox JY-680A, Godox Thinklite Camera Flash TT600, Triopo Camera Flash TR-950Ⅱ, dan Andoer Wireless Universal On-camera AD560 IV.

Kestabilan Optikal Kamera HP

Ya, hp kamera bagus berkualitas sangat dipengaruhi oleh fitur OIS untuk stabilitas optikal pengambilan gambar. Kestabilan optikal gambar sangat mempengaruhi kualitas gambar, dan secara langsung turut mempengaruhi kriteria hp kamera terbaik di dunia.

Hal terpenting pada seluruh sistem stabilisasi optik adalah bahwa alat tersebut menstabilkan gambar yang diproyeksikan pada sensor sebelum sensor mengkonversi gambar menjadi informasi digital.

Oleh karena itu, OIS menjadi sangat penting untuk menstabilkan gambar yang ditampilkan direkam dengan kombinasi dan variasi jalur optik ke sensor yang diimplementasikan oleh lensa itu sendiri.

Memiliki Auto Focus Terbaik

memilih kamera hp
Autofokus pada hp kamera

Kemampuan smartphone kamera terbaik di dunia juga dipengaruhi oleh teknologi dan jenis autofokus yang digunakan oleh kamera ponsel tersebut.

Fungsi autofocus atau fokus otomatis dalam smartphone adalah perkembangan dari teknologi fokus dari tipe fixed-focus, sehingga memungkinkan untuk mengambil gambar pada jarak lebih dekat atau gambar makro. Autofocus dipengaruhi oleh cahaya di sekitarnya.

Terdapat beberapa jenis autofocus pada smartphone kamera, tergantung pabrikasi/produsennya. Jenis autofocus yang digunakan pada HP/Smartphone terbaik di dunia saat ini antara lain Phase Detection Autofocus (PDAF), Laser Autofocus, Hybrid Autofocus (gabungan teknologi Laser Autofocus dan PDAF), serta Dual Pixel Autofocus.

Pada beberapa hp fungsi autofocus bahkan sudah digunakan untuk kamera depan. Ini menjadi kelebihan dari smartphone tersebut.

Resolusi Kamera Depan

Resolusi video kamera umumnya digunakan pada kamera belakang saja. Namun saat ini resolusi ini juga telah digunakan untuk kamera depan. Penggunaan kamera depan yang bisa mengambil video sama baik dengan kamera belakang menjadi salah satu indikator hp kamera terbaik di dunia saat ini.

Harga HP Kamera Terbaik, 3 Jutaan & 2 Jutaan Pilih Mana?

Kamu ingin mencari hp kamera yang bagus dengan harga murah ? Tanpa mempertimbangkan detail spesifikasinya, merk kamera hp terbaik yang kamu inginkan bisa didapati pada referensi berikut ini :

Nah, setelah membaca uraian lengkap cara memilih smartphone kamera yang bagus di atas, sobat TeknoPlug pasti sudah bisa menentukan apa hp kamera yang bagus dan paling cocok sesuai kebutuhanmu.

Suka Teknologi