Table of Content

Daftar Antivirus Ringan Untuk Laptop Windows RAM Kecil

Rekomendasi antivirus yang ringan untuk PC laptop berspesifikasi rendah agar proteksi terhadap data dan sistem lebih optimal dari serangan malware.

Antivirus Ringan Untuk PC Laptop - Komputer kamu melambat saat antivirus sedang aktif ? Memasang antivirus ringan untuk laptop spesifikasi rendah adalah solusi terbaik agar laptop tetap terlindungi.

Software antivirus sudah sangat banyak diciptakan dan dikembangkan untuk memproteksi file dan sistem dalam komputer dari serbuan berbagai virus komputer. Berbagai merk antivirus komputer ini memberikan kepercayaan tersendiri bagi pengguna agar perangkatnya lebih terproteksi. Kamu bisa memilih menginstal antivirus gratis atau memasang antivirus berbayar.

Namun tahukah kamu bila memasang aplikasi antivirus di laptop spek rendah justru akan menimbulkan masalah saat antivirus sedang aktif ? Misalnya menyebabkan laptop terasa berat, dan bisa saja mati tiba-tiba.

Baca Juga : Karakteristik dan Cara Kerja Virus Komputer Yang Wajib Diketahui

Bila kamu menggunakan laptop berspesifikasi rendah saat bekerja offline maupun online, TeknoPlug sangat merekomendasikan memasang antivirus yang ringan saja tapi tetap ampuh untuk melindungi sistem komputer.

Software Antivirus Untuk Laptop Spek Rendah

antivirus ringan terbaik untuk laptop
Daftar Antivirus komputer terbaik yang ringan untuk Windows

Antivirus adalah software wajib di laptop. Beragam jenis virus komputer yang menginfeksi sistem adalah salah satu penyebab laptop lemot loading lambat. Prinsip kerja antivirus salah satunya yaitu melakukan pendeteksian melalui pencarian tanda-tanda keberadaan virus komputer yang telah dianalisis oleh vendor antivirus dan telah dikelompokkan jenisnya, mulai dari ukuran, daya hancur serta beberapa kategori lainnya.

Antivirus juga melakukan pendeteksian melalui observasi terhadap bagaimana virus komputer bekerja. Pendekatan ini merupakan penerapan dalam Intrusion Detection System (IDS) yang biasa disebut dengan Behaviour-blocking System yang menggunakan kebijakan untuk mendeteksi keberadaan sebua virus. Bila ada tingkah laku perangkat lunak yang tidak wajar, sistem antivirus akan memberikan peringatan atau alarm serta notifikasi sehingga pengguna bisa memutuskan tindakan yang diperlukan.

Masalahnya, bila kamu memasang antivirus yang umumnya saat ini punya kapasitas besar di komputer berspesifikasi rendah dan kinerja multitasking-nya dibawah standar justru akan menyebabkan pengoperasian komputer semakin lambat. Akibatnya software pun tidak dapat berfungsi optimal.

Baca juga: Panduan Memilih Laptop Yang Bagus Spesifikasinya

Apa Antivirus Ringan Terbaik Untuk Laptop ?

Dukungan spesifikasi perangkat terhadap pengoperasian program antivirus di komputer sangat penting. Seiring semakin bertambahnya fitur dan semakin baiknya teknologi pengamanan sistem berdampak pada semakin besarnya kapasitas file antivirus, sehingga mau tidak mau kamu "wajib" menggunakan perangkat yang spesifikasinya lebih baik.

Namun bila kamu memilih tetap menggunakan laptop yang dipunyai sekarang, jangan khawatir. Berikut ini adalah sejumlah antivirus terbaik yang ringan tapi ampuh untuk laptop spek rendah.

1. Avast Antivirus

aplikasi antivirus terbaik yang ringan dan cepat untuk Windows 10
Avast Antivirus | Program Antivirus Gratis dan Berbayar Yang Ringan dan Terbaik

Rekomendasi antivirus yang ringan untuk laptop adalah Avast Antivirus. Merk antivirus ternama yang memenangkan predikat Top Rate Product Award 2019 ini memiliki keunggulan pada memory usage yang cuma 6,6 MB dengan kecepatan scanning 20 MB/detik.

Avast merupakan antivirus yang ampuh untuk mengantisipasi benda asing yang akan masuk ke dalam sistem komputer, melakukan scan terhadap keamanan WiFi, serta mengamankan password dalam sistem komputer. Fitur ini bisa didapatkan pada versi gratis Avast AntiVirus Free. Namun kalau ingin fitur yang lebih lengkap tentu saja mesti berlangganan Avast AntiVirus Pro (Premium dan Ultimate) dengan biaya hingga Rp 500.000/bulan.

2. Panda Antivirus Pro

aplikasi antivirus berbayar terbaik yang cepat dan ringan untuk Windows 10
Antivirus Panda | Software Berbayar Terbaik Yang Cepat dan Ringan di Laptop Windows

Bila membutuhkan antivirus yang ringan untuk PC maka Panda Antivirus sangat direkomendasikan. Keunggulan Panda Antivirus adalah memory yang kecil hanya 9,8 MB sehingga cukup ringan di laptop. Kecepatannya scanningnya yaitu 16,4 MB/detik. Selain itu Panda Antivirus cukup mudah diinstal, namun harus menggunakan saluran internet selama instalasinya.

Untuk kebutuhan Real Time Protection perangkat lunak yang satu ini sangat unggul. Fitur utama Panda antivirus versi gratis (Panda Free Antivirus) antara lain proteksi melawan virus dan malware secara real-time, firewall tambahan untuk perangkat Windows, melindungi keamanan jaringan WiFi, Free VPN, serta scanning USB maupun perangkat eksternal.

Fitur-fitur Panda Antivirus yang lebih lengkap lagi akan kamu peroleh bila memiliki versi berbayarnya yaitu ;Panda Antivirus Pro (terdiri atas paket Essential, Advanced, Complete, dan Premium) yang berbiaya antara 17,49 hingga 46,14 USD/tahun.

3. Norton Antivirus 2020

software internet security terbaik untuk laptop Windows dan ringan
Norton Antivirus | Paket Internet Security-nya Paling Ampuh Atasi Malware di Laptop Windows

Norton Antivirus merupakan salah satu antivirus komputer terbaik saat ini. Software ini sangat ampuh untuk mendeteksi sekaligus menghancurkan virus, ransomware, malware, dan benda asing yang mengancam keamanan sistem, data, dan file komputer di internet dengan sistem monitoring 24 jam setiap hari.

Selain fitur-fitur standar di dalamnya juga terdapat fitur canggih untuk memproteksi komputer selama online yaitu Smart Firewall, didukung Cloud Back Up berkapasitas 2GB serta Password Manager. Namun untuk mendapatkan fitur-fitur tersebut tentu saja kamu harus berlangganan karena Norton adalah antivirus berbayar. Pemrosesan komputer juga tetap cepat karena Norton memory usage Norton hanya sebesar 9,9 MB.

Untuk memiliki Nortob versi gratis kamu cukup download Norton Security Free Antivirus trial 30 hari. Fitur tambahan yang lebih lengkap akan didapakan bila berlanggana Norton Antivirus Pro yang berbiaya 14,99 USD/bulan, atau Norton 360 (paket Standard, Deluxe, dan Premium) yang berbiaya antara 18,49 USD/tahun hingga 49,99 USD/tahun.

4. BitDefender Antivirus Pro

antivirus terbaik paling ampuh dan paling bagus untuk laptop Windows
Panda Antivirus, Alternatif Terbaik Untuk Anti-Malware Yang Ringan Di Laptop Windows

Nama antivirus ringan terbaik dan ampuh buat atasi virus adalah BitDefender. BitDefender sangat direkomendasikan oleh para ahli keamanan perangkatdi dunia karena sifatnya yang agresif dimana dia bukan hanya mendeteksi tapi juga mencari dan menghancurkan virus, malware, ransomware, dan virus tak dikenal lainnya.

Kelebihan antivirus ini selain ringan untuk laptop dengan memory usage yang kecil yaitu hanya 15,7 MB, juga terletak pada performanya, fitur-fitur keamanan, penggunaan, serta dukungan teknis dari pengembangnya.

Agar perlindungan lebih lengkap dan menyeluruh, sebaiknya kamu mengupgrade versi trial (gratis) ke Bitdefender Antivirus Pro (paket Antivirus Plus, paket Total Security, dan paket Internet Security) dengan biaya antara Rp 324.950/tahun hingga Rp 429.950/tahun.

5. Avira Antivir Premium Security

aplikasi antivirus terbaik gratis dan ringan yang paling bagus untuk Windows 10
Avira Antivirus, Pilihan Terbaik Antivirus Gratis dan Berbayar Yang Ringan Untuk Windows

Avira berhasil meraih gelar Top Product Of The Year for Protection, Performance, and Usability 2019 dan Top Award for Anti-Ransome Technology, serta #1 Antivirus Detection Tehcnology dengan lebih dari 100 juta pengguna yang memasangnya di laptop. Hingga saat ini Avira berhasil memblok lebih 3 trilyun virus dan malware tak dikenal.

Keunggulan Avira Antivirus ini yaitu cukup ringan untuk komputer dengan penggunaan memory cuma 22,9 MB, sehingga pemrosesannya jadi lebih cepat. Fitur-fitur penting dalam Avira antara lain support fitur proteksi terhadap virus berbahaya pada laptop / PC Windows 7, 8, 10.

Antivirus Avira dapat melakukan scanning dan analisis virus, memberikan perlindungan terhadap rookit, punya fitur Antispyware sehingga memberikan perlindungan dari spyware dan adware pada laptop / PC. Proses instalasi Avira sangat mudah dan cepat terpasang di perangkat PC serta secara realtime dan cepat melakukan pemindaian sekaligus mengatasi komputer atau laptop dari berbagai virus seperti trojan, backdoor, worms, malware dan sebagainya. Avira mengawasi gerak gerik suatu program dan akan langsung mencegah virus yang akan menyerang dan juga membersihkan virus.

Namun untuk mendapatkan fitur terlengkap pengguna mesti mengupgrade versi trialnya ke versi premium (Avira Premium Security dan Avira Prime) dengan biaya antara 40,99 USD/tahun hingga 66,99 USD/tahun.

Rekomendasi Antivirus Laptop Yang Ringan Lainnya

Untuk lebih lengkap berbagai pilihan antivirus terbaik dan ringan yang gratis maupun berbayar dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Daftar Merk Antivirus Yang Ringan Gratis dan Berbayar Terbaik

Merk Antivirus Nama Antivirus Berbayar Iddle Memory Usage Kecepatan Scanning Antivirus Versi Gratis
Avast Avast Antivirus Pro 6,6 MB 20 MB/detik Ada
Panda Antivirus Panda AntivirusPro 9,8 MB 16,4 MB/detik Ada
Norton Norton Antivirus 9,9 MB 36,3 MB/detik Ada (trial)
BitDefenderAntivirus BitDefenderAntivirus Pro 15,7 MB 35,9 MB/detik Ada (trial)
Avira AntiVir Avira AntiVir Premium 22,9 MB 35,7 MB/detik Ada (trial)
Kaspersky KasperskyAntivirus 23 MB 34,4 MB/detik Ada (trial)
AVG AVG Antivirus 29,6 MB 32,4 MB/detik Ada
Trend Titanium Trend TitaniumAntivirus 42,2 MB 27,2 MB/detik Ada
F-Secure F-Secure Antivirus 42,6 MB 23,1 MB/detik Ada
McAfee Antivirus McAfee AntivirusPlus 53,2 MB 27,9 MB/detik Ada (trial)
Webroot Webroot 3,8 MB Ada (trial)
Comodo Comodo CleaningEssentials 39,6 MB Ada
Immunet Immunet 40,4 MB Ada
Microsoft MicrosoftSecurity Essentials 70,4 MB Ada

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Loading Lambat Karena Virus.

Nah, sobat TeknoPlug, apa antivirus ringan untuk laptop yang bakal kamu gunakan ?

Suka Teknologi