Cara Memilih Smartphone Kamera Yang Bagus Berkualitas

Cara Memilih Smartphone Kamera Yang Bagus Berkualitas  - Kamera menjadi salah satu spesifikasi yang cukup diperhatikan baik oleh pengguna ponsel maupun produsesn ponsel pintar. Ini cukup beralasan mengingat saat ini ponsel bukan lagi sekedar alat komunikasi biasa, tapi juga sebagai perangkat multi fungsi yang dibutuhkan untuk mendokumentasikan momen-momen penting baik lewat fotografi maupun recording. Kali ini TeknoPlug beberkan sejumlah pertimbangan sebelum membeli hp kamera yang benar-benar paling pas buat fotografi.

HP Kamera Itu Apa Sih ? 


tips sebelum membeli ponsel dengan kamera terbaik


HP kamera adalah perangkat seluler/phone cell yang di dalamnya ditanam kamera khusus untuk mendukung sejumlah aktivitas fotografi.

Pembuatan phone cell yang di dalamnya telah ditanam lensa kamera telah dimulai sejak akhir tahun 1990'an, dimana pada masa itu phone cell digabungkan dengan PDA sehingga menjadi sebuah ponsel pintar/smartphone yang mendukung sejumlah fungsi komunikasi, komputasi dan fotografi.

Perkembangan teknologi menyebabkan sejumlah produsen dan vendor smartphone dunia berlomba-lomba menciptakan hp yang support fotografi yang menghasilkan kualitas gambar tinggi. Saat ini hp kamera bukan hanya digunakan untuk fotografi tapi juga rekam video. Untuk mendapatkan hasil terbaik tentu saja harus menggunakan kamera khusus untuk smartphone dengan jenis lensa terbaik dan spesifikasi tinggi.

Sejarah Kemunculan Ponsel Berkamera

Nokia, Samsung dan Sony merupakan trio pembuat hp dengan kamera terbaik di dunia dengan teknologi canggih. Ini karena latar belakang mereka sebagai produsen perangkat elektronik seperti televisi, dimana kedua produsen ini selalu berkompetisi menciptakan layar berkualitas tinggi (HD, LCD, LED).

Selain itu keduanya cukup terkenal sebagai produsen kamera (cam corder, video cam dan lainnya). Dengan latar belakang tersebut menyebabkan mereka sangat berani berkompetisi dalam industri smartphone khususnya hp dengan fitur-fitur kamera untuk mengimbangi beberapa produsen smartphone lain yang menyandingkan produk-produk kamera dan lensa kamera dari pesaing kedua pabrikan global ini. Pada era 2000'an Nokia adalah produsen hp dengan kamera yang paling dominan.

Urutan Macam Jenis Kamera Handphone Dari Yang Lama Hingga Terbaru

Prototipe ponsel kamera pertama kali ditemukan oleh Daniel A.Henderson pada tahun 1993. Ponsel tersebut diketahui sudah memiliki kemampuan mengambil gambar foto dan video. Setelah itu terjadilah pengembangan dan inovasi kamera untuk ponsel. Jenis-jenis kamera ponsel tersebut yaitu :
  • Kamera 0,1 MP (1997), dibuat oleh Sharp tahun 1997 beresolusi 0,1 MP dengan produk J-Phone atau J-SH04. 
  • Kamera VGA (0,3 MP), pertama sekali dibuat dengan resolusi 640x480 pixel (0,3MP). Nokia menjadi vendor pertama yang membuat ponsel kamera VGA tahun 2002 melalui Nokia 7650, namun belum bisa merekam video.
  • Kamera VGA resolusi 1,3 MP, dirilis oleh Samsung tahun 2003 melalui Samsung SCH-V420 model flip/lipat
  • Kamera 3 MP, dirilis oleh Sony Ericson melalui S750 yang merupakan hp dengan autofokus pertama tahun 2005
  • Kamera 3,2 MP, dirilis oleh Sony Ericsson tahun 2006 melalui SE K800 yang sudah menggunakan Xenon Flash
  • Kamera 3,2 MP dengan kamera video, dirilis pertama kali oleh Noka melalui N93 yang sudah memiliki kemampuan optical zoom hingga 3x dan dilengkapi lensa Carl Zeiss tahun 2006
  • Kamera 5 MP, dirilis pertama kali oleh Nokia melalui Nokia N95 dan Nokia N82 yang tahun 2007
  • Kamera 8 MP, pertama kali dibuat oleh Nokia melalui Nokia N86 tahun 2009. Merk ini merupakan hp dengan kamera harga terjangkau sehingga banyak peminatnya
  • Kamera 12 MP, dirilis tahun 2009 melalui Samsung M8910 Pixon12 dan merupakan hp pertama yang menggunakan kamera beresolusi 12 MP dengan suidut lebar 28mm dan menggunakan Xenon Flash
  • Kamera 12 MP dengan Video HD, dirilis pertama kali oleh Nokia N8 tahun 2010 dimana telah memiliki sensor kamera 1/1.83 menggunakan lensa Carl Zeiss serta autofokus. HP ini juga mampu merekam video HD (720p@30fps)
  • HP Kamera 13 MP, dirilis oleh Sony tahun 2012 yang sudah dibekali autofokus dan LED. HP kamera ini sangat lengkap, karena memiliki fitur touch focus, panorama, image/video stabilization, dan bisa merekam video HD 1080p©30fps.
  • Kamera 16,3 MP, dirilis pertama sekali oleh Samsung melalui Samsung Galaxy Camera GC100 dimana terjadi perkawinan teknologi android dengan kamera saku dengan autofocus 21x optical zoom dan Xenon Flash, serta sudah mampu merekam video Full HD 1080p@30fps.
  • Hingga saat ini, sudah ada kamera ponsel beresolusi 41 MP yang bisa ditemui dalam Nokia PureView (efektif 38 MP).

Hubungan Platform OS Dengan HP Kamera 

OS (Operating System) merupakan salah satu syarat mutlak dalam beroperasinya smartphone. Bersama Processor, OS adalah komponen penting dalam smartphone. Dengan adanya OS dan processor fungsi komunikasi, telekomunikasi, komputasi dan fotografi bisa berjalan dalam satu perangkat.

Bila anda penyuka smartphone kamera yang elegan dengan brand terkenal, mungkin anda akan memilih hp kamera produksi Apple seperti iPhone 6, iPhone 6s, iPhone 7, iPhone 7s, iPhone 8, iPhone 8s hingga iPhone X.

Namun bila anda pengguna smartphone kamera yang bisa menjalankan banyak aplikasi gratis dengan fitur-fitur canggih maka Android merupakan pilihan terbaik.

HP kamera android terbaik seperti Samsung A8, Samsung A8+, Samsung Galaxy 8, Samsung Galaxy 8 Plus, dan yang terbaru Samsung Galaxy S9 dam Galaxy S9 Plus adalah deretan hp samsung kamera terbaik dan hp kamera terbaik di dunia saat ini.

Produk-produk hp kamera samsung terbaik ini merupakan hp kamera android terbaik yang memiliki performa setara dengan hp kamera terbaik Apple iPhone 8, iPhone 8s dan iPhone X yang memiliki sistem operasi iOS.

HP Kamera Android Terbaik lainnya yang sejajar dengan HP kamera samsung terbaik tersebut antara lain OnePlus 5T, Google Pixel XL meskipun secara performa hp kamera terbaik Samsung masih lebih unggul.

HP Kamera Yang Bagus dan Terbaik Itu 8MP/13 MP Ke Atas

Persaingan hp terbaik di dunia saat ini sudah menyentuh segmen hp kamera selfie dan hp terbaik untuk gaming. Khususnya smartphone kamera selfie, hp kamera terbaik untuk selfie mesti didukung oleh resolusi kamera yang gahar.  Agar menghasilkan gambar berkualitas tinggi saat selfie, maka perangkat hp terbaik adalah yang memiliki spesifikasi kamera depan yang baik dan canggih.

Kamera Handphone Yang Bagus dan Terbaik Untuk Selfie

Kamera handphone terbaik untuk selfie itu minimal resolusi hp kamera depan 8 MP serta 13 MP ke atas, setidaknya begitu menurut TeknoPlug. Dengan resolusi kamera depan 8 MP serta 13 MP ke atas sangat mendukung hasil-hasil gambar terbaik saat selfie maupun rekam video seperti video blogging.

Ciri-Ciri HP Yang Kameranya Bagus 


  • Resolusi kamera belakang dan kamera depan besar, paling tidak kamera belakangnya minimal 13 MP dan kamera depan paling tidak 8 MP.
  • Kepadatan layar tinggi.
  • Sudah dual camera, meskipun kamera dual bukanlah harga mati karena hp single camera juga tergolong hp kamera yang bagus bila fitur-fiturnya mendukung.
  • Didukung oleh ukuran bukaan lensa/diafragma (aperture size) yang kemampuannya identik dengan kamera DSLR.
  • Disupport dengan fitur blitz terbaik berupa spesifikasi tipe/jenis flash
  • Memiliki kemampuan mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya.
  • Sudah menggunakan fokus serta pengambilan gambarnya stabil dengan adanya fitur OIS (Optical Image Stabilization) sehingga detil gambar terlihat jelas saat diambil.
  • Kemampuan zoom-nya bagus serta gambarnya tidak pecah.
  • Didukung oleh processor hp terbaik. Kenapa ? Aktivitas rekam video sangat tergantung pada aspek frame video. Frame video sangat dipengaruhi oleh ketangguhan processor khususnya processor grafis.
  • Spesifikasi HP Kamera Yang Bagus Serta Penjelasannya

Cara Memilih HP Berkamera Yang Bagus Hasilkan Foto Berkualitas Tinggi


HP yang bagus adalah hp yang kameranya bagus. Yup, tepat sekali. Di jaman canggih saat ini pengguna smartphone membutuhkan sebuah perangkat ponsel yang multi guna, diantaranya yaitu untuk fotografi dan selfie.

Untuk menghasilkan gambar fotografi dan selfie yang jernih, bersih dan berkualitas tinggi sudah pasti akan membutuhkan hp yang kameranya bagus didukung fitur-fitur canggih.

Memilih hp kamera yang bagus memang gampang-gampang susah, apalagi kalau harganya tidak sesuai dengan kantong. Tapi kalau kamu memang sudah niat benar akan memilih hp dengan kamera terbaik berkualitas, mau tidak mau kamu harus punya acuan atau standar untuk memilih hp kamera terbaik depan belakang.

Spesifikasi hp kamera yang bagus dan berkualitas sangat menentukan kualitas fotografi. Selama ini kamera DSLR merupakan kamera yang paling sering dipakai untuk fotografi. Untuk mendapatkan hasil yang setara dengan kamera DSLR maka spesifikasi hp kamera juga harus memadai.

Untuk mendukung fungsi komunikasi sekaligus mendukung aktivitas fotografi dan pendokumentasian dengan kualitas gambar tinggi, maka dibutuhkan perangkat gadget smartphone atau hp yang memiliki kamera berspesifikasi tinggi dan memenuhi spesifikasi teknis perangkat fotografi.

Saat ini resolusi hp kamera menjadi salah satu faktor penentu kualitas hasil untuk sejumlah aktivitas baik fotografi, selfie maupun rekam video.

Agar kamu bisa memilih hp yang kameranya bagus baik kamera utama maupun kamera sekunder, maka kamu perlu tahu ciri-cirinya, khususnya pada spesifikasinya. Bila selama ini smartphone umumnya dibuat terfokus hanya pada spesifikasi kamera belakang, maka saat ini vendor telah membuat hp dengan kamera depan yang setara dengan kamera belakang.

Lalu bagaimana cara mengukur dan mengetahui hp kamera bagus ?

Saat ini bahkan sudah banyak hp dengan kamera depan terbaik yang mendukung aktivitas foto selfie, contohnya beberapa produk ASUS Zenfone 3 Max maupun ASUS Zenfone Selfie. Ada juga Oppo F1s dan Oppo F5 yang beberapa waktu terakhir didapuk sebagai salah satu hp kamera terbaik untuk selfie (bagi sebagian kalangan).


#1 HP Kamera Bagus Dan HP Kamera Depan Terbaik Ditentukan Oleh Kualitas Gambar (image quality) Yang Dihasilkan


HP kamera terbaik adalah yang bisa menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi. Kualitas bisa dilihat dari sisi pencahayaan pada gambar dan resolusinya.

Aspek kualitas gambar (image quality) dipengaruhi oleh faktor sensor kamera. Sensor kamera adalah jantung dari sebuah kamera, khususnya kamera smartphone. Sensor ini bersama Aperture/diafragma/lensa berfungsi mengkonversi cahaya menjadi data digital yang berbentuk foto. Ukuran sensor yang besar atau luas mempengaruhi jumlah cahaya yang diterima dan dikonversi.

#2 Smartphone Kamera Bagus Ditentukan Oleh Resolusi Kamera (Camera resolution)

Smartphone kamera bagus adalah hp yang memiliki resolusi kamera berukuran besar dengan satuan megapiksel (MP).

Ponsel kamera terbaik dengan resolusi besar (misalnya 8 MP, 13 MP, 16, MP 20 MP hingga 23 MP) cukup mempengaruhi hasil gambar meskipun tidak seluruhnya menjadi ukuran mutlak karena ada lagi faktor pendukung lainnya yaitu ukuran bukaan lensa.

Bila sebuah kamera ponsel berukuran 20 MP tapi sensor-nya kecil belum tentu lebih baik daripada HP kamera 8 MP atau 13 MP dengan sensor lebih besar. Selain itu dipengaruhi pula oleh teknik pemotretan, keadaan cahaya dan pengambilan sudut maupun fokus.

#3 HP/Ponsel Kamera Terbaik Ditentukan Ukuran Bukaan Lensa/Diafragma (Aperture Size)

Nilai/ukuran aperture pada smartphone  ditandai dengan penulisan "f/angka". Sebagai contoh f/2.6 hingga f/1.8. Penulisan tersebut dapat diartikan, bila angkanya lebih besar maka nilai aperture/diafragma semakin kecil. Demikian juga sebaliknya.

Secara teoritis, bukaan lensa yang lebih besar akan menangkap lebih banyak cahaya yang kemudian diteruskan menuju sensor, dengan kata lain gambar yang diambil dengan settingan aperture besar akan terlihat lebih terang. Ini dengan catatan settingan ISO dan shutter speed-nya sama.

#4 Kualitas HP/Smartphone Kamera Terbaik  Ditentukan Oleh Rata-rata Frame Maksimal Video dan Processor CPU/GPU 


Frame rate adalah jumlah gambar yang terlihat setiap detik, dihitung dengan satuan fps (frame per second) atau frame per detik. Rata-rata frame maksimal video (Max Video Frame Rate) setiap ponsel berbeda-beda, tergantung standar dari vendor. Tapi umumnya memiliki rataan awal yang sama, pada rentang 24 fps, 60 fps hingga 100 fps dan sangat dipengaruhi oleh kombinasi CPU dan pengaturan grafis GPU.

#5 HP Kamera Terbaik Di Dunia Adalah HP Kamera Bagus Yang Didukung Tipe/jenis Flash (flash type)

Setiap hp kamera terbaik di dunia umumnya sudah menggunakan flash (lampu kilat). Penggunaan flash sangat menguntungkan khususnya untuk pencahayaan. Umumnya smartphone memiliki dua jenis lampu kilat, yaitu flash LED dan Xenon Flash. Flash LED juga telah dikembangkan menjadi dual-LED. Namun berbeda dengan iPhone yang sudah mulai menggunakan teknologi Screen Flash. Pada kebanyakan ponsel, flash ini hanya terdapat pada kamera belakang saja. Namun beberapa hp saat ini juga telah menggunakan flash pada kamera depan.

#6 HP Kamera Bagus Dipengaruhi Oleh Kestabilan optikal gambar (Optical Image Stabilization/OIS) 

Ya, hp kamera bagus berkualitas sangat dipengaruhi oleh fitur OIS untuk stabilitas optikal pengambilan gambar. Kestabilan optikal gambar sangat mempengaruhi kualitas gambar, dan secara langsung turut mempengaruhi kriteria hp kamera terbaik di dunia.

Elemen utama pada seluruh sistem stabilisasi optik adalah bahwa alat tersebut menstabilkan gambar yang diproyeksikan pada sensor sebelum sensor mengkonversi gambar menjadi informasi digital.

Oleh karena itu, OIS menjadi sangat penting untuk menstabilkan gambar yang ditampilkan direkam dengan kombinasi dan variasi jalur optik ke sensor yang diimplementasikan oleh lensa itu sendiri.

#7 HP Kamera Bagus Itu Dipengaruhi Resolusi AutoFokus Pada Kamera Depan (Enhanched Autofocus Front-Facing Resolution)

Kemampuan smartphone kamera terbaik di dunia ditentukan oleh teknologi dan jenis autofokus yang digunakan oleh kamera ponsel tersebut.

Fungsi autofocus atau fokus otomatis dalam smartphone adalah perkembangan dari teknologi fokus dari tipe fixed-focus, sehingga memungkinkan untuk mengambil gambar pada jarak lebih dekat atau gambar makro. Autofocus dipengaruhi oleh cahaya di sekitarnya.

Terdapat beberapa jenis autofocus pada smartphone kamera, tergantung pabrikasi/produsennya. Jenis autofocus yang digunakan pada HP/Smartphone terbaik di dunia saat ini antara lain Phase Detection Autofocus (PDAF), Laser Autofocus, Hybrid Autofocus (gabungan teknologi Laser Autofocus dan PDAF), serta Dual Pixel Autofocus.

Pada beberapa hp fungsi autofocus bahkan sudah digunakan untuk kamera depan. Ini menjadi kelebihan dari smartphone tersebut.

#8 HP Kamera Depan Terbaik Memiliki Front Facing Video Resolution (Resolusi Video Pada Kamera Depan) Tinggi

Resolusi video kamera umumnya digunakan pada kamera belakang saja. Namun saat ini resolusi ini juga telah digunakan untuk kamera depan. Penggunaan kamera depan yang bisa mengambil video sama baik dengan kamera belakang menjadi salah satu indikator hp kamera terbaik di dunia saat ini.

Nah, setelah membaca uraian lengkap cara memilih smartphone kamera yang bagus di atas, sobat TeknoPlug pasti sudah bisa menentukan apa hp kamera yang bagus dan paling cocok buat sobat. Kira-kira, merk hp kamera yang bagus kameranya itu apa ya ?

Berikut ini adalah sederet hp dengan kamera terbaik dan bagus yang bisa menjadi pilihan sobat.

Baca Juga :


Labels: Smartphone, teknologi

Thanks for reading Cara Memilih Smartphone Kamera Yang Bagus Berkualitas . Please share...!

3 Comment for "Cara Memilih Smartphone Kamera Yang Bagus Berkualitas "

saya setuju dengan artikel tentang cara memilih hp kamera yang bagus ini. Kalau sepemahaman saya, hp yang bagus kameranya selain ukuran pixel kameranya juga pada teknologi fitur kamera dan processornya.

Kalau memilih hp kamera yang bagus itu, perhatikan megapixel-nya, RAM sama processor. Dah gitu aja.

prioritas saya kalau memilih ponsel yang kameranya bagus itu yang RAM-nya 3GB sama megapikselnya gede 13 MP ke atas, apalagi kalau kameranya dual.

Back To Top