Daftar Macam-Macam Jenis Virus Komputer Dan Cara Mengatasinya

Jenis-jenis virus komputer yang ada saat ini terdiri atas banyak macam dan semakin hari semakin canggih seiring dengan perkembangan dunia pemrogaman sehingga waktu penginfeksiannya juga semakin cepat. Virus komputer adalah sejenis program komputer yang memiliki kemampuan menduplikasi diri layaknya virus biologis. Macam jenis virus komputer yang awalnya dibuat sebagai bagian dari pengembangan teknologi komputer saat ini berubah menjadi alat perang cyber.  


Mengetahui Lebih Banyak Tentang Virus Komputer dan Karakteristiknya


sejarah dan perkembangan virus komputer



Jenis virus komputer paling awal dibuat yaitu boot sector virus merupakan tonggak bersejarah dimulainya perang panjang para programmer (pemogram) dalam teknologi komputer. Dari keisengan kemudian menjelma menjadi senjata laten. Dari awalnya menyerang floopy disk kini menginfeksi file dan program lainnya. Berturut-turut sejak era boot sector virus disusul kemudian dengan kemunculan berbagai jenis virus komputer lainnya yang lebih ganas mulai dari worm, trojan hingga berbagai malware lainnya yang menginfeksi bukan hanya melalui media penyimpanan namun juga melalui email dan internet. 

Sebelum mengetahui apa saja jenis-jenis virus komputer yang ada, TeknoPlug terlebih dulu mengajak sobat untuk mengetahui apa itu virus komputer dan karakteristiknya. 

Apa Itu Virus Komputer

Selama ini kita sering mendengar kata virus komputer. Tapi apakah kamu masih ingat apa sebenarnya virus komputer itu ?

Virus komputer layaknya virus biologis yang dapat menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup, maka virus komputer adalah program komputer yang bisa menduplikasi/menyalin dirinya sendiri ke dalam sistem dan jaringan komputer yang berisi sejumlah file. Virus komputer bisa merusak sejumlah atau seluruh dokumen di dalamnya sehingga komputer tidak bisa menjalankan perintah atau mengoperasikan aplikasi dans software bila terlambat mengatasinya - Abstrak Dr. Solomon's Virus Encyclopedia (1995), Wikipedia.

Sejarah Virus Komputer 

Pernah dengar istilah "Boot Sector" ? Istilah boot sector berkaitan erat dengan Elk Cloner (1982) dan Brain (1983).

Sejarah virus komputer pertama kali dikenal dengan Elk Cloner. Virus komputer floppy disk pertama dalam sejarah ini dinyatakan sebagai salah satu virus mikro komputer, yang menyebar luas keluar dari ruang lingkup/lab tempat pembuatannya. Elk Cloner dibuat pada tahun 1982 oleh Rich Skrenta, seorang murid Sekolah Menengah Atas yang berumur 15 tahun. Virus yang ia buat, saat itu ditujukan untuk sistem komputer Apple II. Elk Cloner menyebar dengan menginfeksi sistem operasi Apple II menggunakan teknik yang kini diketahui sebagai virus “boot sector”.

Selama libur musim dingin di Mt. Lebanon High School, Pennsylvania, Amerika, Skrenta menemukan bagaimana cara menampilkan pesan secara otomatis di komputernya dengan tujuan untuk mematikan komputer atau menampilkan kata-kata mengejek pada layar tanpa floppy disk, benda yang sering ia gunakan untuk mengerjai teman-temannya. Ia lalu menemukan apa yang dewasa ini disebut sebagai boot sector virus, dan mulai menyebarkannya di kalangan teman satu sekolahnya serta di sebuah club komputer.

Richard “Rich” Skrenta (lahir 1967 di Pittsburgh, Pennsylvania) adalah seorang pemogram komputer dan pengusaha Silicon Valley. Skrenta lulus dari Universitas Northwestern. Antara tahun 1989 dan 1991 ia bekerja di Commodore Business Machines dengan Amiga Unix. Antara 1991 dan 1995 ia bekerja di Unix System Labs dan dari 1996 sampai 1998 dengan IP-level encryption di Sun Microsystems. Ia nantinya meninggalkan Sun dan menjadi salah satu pendiri Open Directory Project.

Setelah masa Elk Cloner menandai kemunculan banyak virus lainnya yang menyerang bukan hanya pada floppy disk, tapi juga perangkat komputer beserta aplikasi maupun sistem operasi komputer.

Karakteristik Virus Komputer

Cara kerja virus komputer cukup unik. Virus komputer tidak merusak hardware komputer secara langsung, karena umumnya virus komputer menyerang software atau aplikasi pada komputer. Namun secara tidak langsung, virus komputer bisa merusak banyak perangkat keras komputer. Hal ini karena terjadinya over process atau proses pengoperasian yang melebihi kemampuan normal aplikasi yang sehat (yang tidak mengalami infeksi virus komputer) dalam menjalankan perintah sehingga menyebabkan kerusakan pada hardware yang berhubungan dengan software yang sedang dijalankan.

Operating System (OS) adalah perangkat yang paling sering mengalami kerusakan atau error. OS yang paling sering terkena efek serangan dan infeksi virus komputer adalah OS Windows.

Selain itu procesor, memory dan VGA merupakan perangkat yang juga tidak jarang mengalami kerusakan. Windows 95, Windows 98/98SE, Windows NT, Windows NT Server, Windows 2000, Windows 2000 Server, Windows 2003, Windows 2003 Server, Windows XP Home Edition, Windows XP Professional, Windows XP Service Pack 1, Windows XP Service Pack 2, Windows Vista Service Pack 1 seluruhnya sangat rawan terkena infeksi. Bahkan Linux/GNU yang katanya merupakan platform yang lebih kebal virus daripada Windows juga terkena dampak.

Virus komputer yang bisa menduplikasi dirinya ini secara terus menerus akan menyebabkan sumber daya komputer terkuras (CPU Real Time, memory) dan berkurang dalam waktu singkat. Lebih kurang 95% virus komputer adalah virus yang berbasis OS Windows, sementara selebihnya 2% menyerang Linux/GNU dengan versi kernel dibawah 1.4 (dan Unix, sebagai source dari Linux, tentunya), 1% menyerang Mac terutama Mac OS 9, Mac OS X (Tiger, Leopard). 2% lagi menyerang sistim operasi lain seperti FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak hardware dan sejenisnya.

Cara kerja virus komputer relatif sama. Tapi apakah kamu tahu sob apa saja kemampuan yang bisa dilakukan oleh virus komputer ?

Kemampuan-Kemampuan Virus Komputer
  • Virus komputer bisa mencuri informasi.
  • Virus komputer bisa memeriksa dan merusak file.
  • Virus dalam komputer bisa menularkan diri.
  • Virus dalam komputer dapat melakukan manipulasi.
  • Virus dalam komputer mampu menyembunyikan diri.
  • Virus komputer bisa bertahan hidup.

Ciri-Ciri Komputer Terinfeksi Virus


Virus komputer itu mempunyai siklus hidup. Siklus hidup ini memungkinkan virus komputer bisa menjangkiti sebagian atau seluruh dokumen dalam file dalam sebuah komputer dan komputer lain melalui transfer file baik melalui floppy disk, flash disk maupun online menggunakan internet (via email atau pengiriman lainnya seperti SMS, WhatssUp).

Siklus hidup virus komputer

  • Waktu aktif virus komputer, yaitu virus komputer mengaktifkan diri pada saat-saat tertentu.
  • Waktu penyebaran virus pada komputer, saat dimana virus komputer .mereplikasi/menduplikasikan diri dalam suatu program ke media penyimpanan seperti hardisk, RAM atau flashdisk.
  • Waktu eksekusi virus komputer, yaitu saat dimana virus komputer yang sudah aktif melakukan kegiatan dan kemampuannya.
  • Waktu istirahat virus komputer, yaitu saat dimana virus menentukan waktu untuk memulai atau menghentikan pengaktifkan virus pada komputer.

Cara Penyebaran Virus Pada Komputer 

Menurut TeknoPlug cara penyebaran virus komputer tersebut yaitu :
  • Dari media penyimpanan internal storage ke eksternal storage seperti floppy disk, flash disk maupun CD.
  • Dari media penyimpanan storage ke email melalui jaringan internet.
  • Dari media penyimpanan ke jaringan internet itu sendiri setelah virus berhasil menembus sistem keamanan.
  • Dari media penyimpanan ke browser internet melalui situs-situs yang file html-nya telah terinfeksi/tersusupi virus dan menjadikan html code sebagai inangnya.
  • Dari eksternal storage (floppy disk, flash disk dan CD) ke komputer lain melalui transfer data 
  • Dari email ke komputer, lalu diteruskan lagi dari komputer ke email-email yang terdaftar dalam akun
  • Dari komputer yang sistem keamanannya telah dibobol menyebar ke komputer lain, baik lewat transfer file USB/disk, email maupun direct transfer saat berinteraksi melalui sosial media maupun gaming online.

Bagaimana Virus Komputer Menginfeksi File dan Sistem Informasi di Komputer

Saat suatu file yang sudah terisi atau sudah terkena infeksi virus komputer dimanipulasi menyebabkan kerusakan pada komputer. Virus komputer juga bisa menyembunyikan diri, yaitu dengan cara menyimpan virus dalam bentuk kode mesin yang digabung dengan program lain lalu menyimpannya dalam track atau boot record pada disk. Program dibuat pendek agar file yang terkena infeksi virus komputer tidak berubah ukurannya..

Tanda-Tanda Komputer Kena Virus 

  • Beberapa file tiba-tiba hidden atau hilang
  • Memory harddisk yang tiba-tiba menjadi sangat penuh
  • Sistem mudah restart dan mati dengan sendirinya
  • Komputer sering hang dan mudah panas
  • File atau program yang tidak dapat dijalankan atau corrupt
  • Munculnya beberapa file atau program-program baru di komputer tanpa diinstall

Ketika suatu file yang terkena infeksi virus komputer dibuka oleh pengguna, saat itu pula virus komputer data yang dibutuhkan oleh virus komputer terus tercipta. Ketika komputer dimatikan, data itu akan hilang. Ketika komputer kembali dihidupkan, data tadi tercipta kembali. Saat proses booting, virus juga turut bekerja mengenali file atau program yang telah ditandai saat ditumpangi sebelumnya. 

Proses penggandaan diri oleh virus komputer dilakukan setelah virus komputer memberikan tanda yang dilanjutkan dengan menuliskan kode objek virus pada file yang sudah diperiksa lalu menghapus atau mengubah file induknya, dan jadilah sebuah file baru yang sama persis dengan file induk.  Sangat mirip dengan sistem kerja virus biologi di dunia kedokteran sob.

Ciri-ciri komputer kena virus bisa menunjukkan jenis virus komputer mana yang menginfeksi komputer tersebut. Dampak dan akibat yang ditimbulkan oleh virus sangat variatif, namun intinya semua virus akan menyebabkan kerugian. Untuk mengatasi serangan virus, kamu harus tahu dulu sob apakah komputer kamu benar-benar terkena virus atau tidak. Komputer yang terinfeksi virus biasanya menunjukkan ciri-ciri sebagai berikut :

Jenis-jenis Virus Pada Komputer, Dari Malware, Spyware, Adware Hingga Ransomeware


Virus komputer sendiri adalah sebuah istilah umum untuk menggambarkan segala jenis serangan terhadap komputer. Namun, bila dikategorikan dari cara kerjanya dapat dikelompokkan ke dalam beberapa jenis virus komputer.

Berbeda tapi sama. Mungkin itu istilah yang tepat untuk menganalogikan dan membandingkan jenis-jenis virus, malware, spyware, ransomeware serta adware.

Bisa dikatakan virus komputer merupakan bagian dari malware. Kamu perlu tahu sob, bahwa virus komputer itu ada dua, yaitu virus komputer yang dibuat dan diprogram untuk kepentingan penelitian serta ilmu pengetahuan yang sifatnya lab oriented (dirahasiakan dan tidak dipublish), serta virus komputer yang digunakan untuk menyerang, merusak sistem komputer sekaligus mencuri informasi (tergantung jenis virus yang dibuat dan tujuan pembuatannya).

#1 Malware

Malware atau Malicious Software adalah sebuah virus komputer yang berupa program untuk bertujuan untuk mencari kelemahan dari sebuah software. Malware akan bertindak merusak software dan program tersebut yang berada pada sebuah operating system.

#2 Spyware

Spyware adalah software yang biasanya menggunakan bantuan spybot atau tracking-software untuk melihat data-data yang ada di dalam komputer dan mengirimkan data tersebut ke tempat tertentu. Spyware memang bertindak seperti mata-mata. Dalam menjalankan aksinya, program spyware ini harus terlebih dahulu terinstall di dalam program komputer. Ada yang dengan sengaja menginstall spyware dengan tujuan untuk memantau penggunaan komputer, dan untuk keperluan-keperluan lainnya.

#3 Ransomware

Ransomware adalah sebuah sistem atau software yang bertujuan untuk mengambil sejumlah dana dari user. Caranya adalah dengan masuk ke sebuah sistem kemudian mengunci dan mengambil alih data-data serta informasi (mengenkripsi) tersebut sehingga user tidak dapat mengakses lagi data-data dan informasi tersebut kecuali mau mengirimkan sejumlah dana kepada pengirim virus atau hacker sebagai harga tukar dari data-data tersebut. Ransomware menyerang ke institusi-institusi penting seperti rumah sakit, sekolah, bank, universitas, pertokoan, dan lain sebagainya.

#4 Adware

Adware adalah sebuah munculnya iklan-iklan yang tampil pada saat membuka jendela browser pada saat mengakses situs-situs tertentu. Adware biasanya muncul dalam bentuk seperti pop-up di dekstop, maupun muncul dalam tab baru dan berbeda di browser tersebut. Adware ini mampu menginstall dirinya sendiri tanpa diketahui oleh user maupun perangkat komputer tersebut.

Dari sekian banyak virus komputer tersebut, bisa dikelompokkan jenis-jenis virus komputer berdasarkan cara kerjanya.

Macam-macam Virus Komputer Berdasarkan Cara Kerjanya


Di atas telah disinggung sebelumnya, bahwa cara kerja virus komputer umumnya hampir serupa namun memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri. Berikut ini adalah macam-macam virus komputer dan jenis-jenis virus dalam komputer yang perlu kamu ketahui.

#1 Trojan

Inilah salah satu 'makhluk' yang cukup ditakuti. Sistem kerjanya yang menduplikasi diri sangat membahayakan, dengan mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.

Viius komputer yang tergolong Trojan (Trojan horse/Kuda Troya) dalam keamanan komputer merujuk kepada sebuah perangkat lunak berbahaya yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Tujuan dari Trojan adalah memperoleh informasi dari target (password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain), dan mengendalikan target (memperoleh hak akses pada target).

Macam-macam jenis trojan yang cukup berbahaya antara lain yaitu :
  • Tool administrasi jarak jauh (Remote Administration Tools/RAT): Jenis Trojan ini mengizinkan para penyerang untuk mengambil alih kontrol secara penuh terhadap sistem dan melakukan apapun yang mereka mau dari jarak jauh, seperti memformat hard disk, mencuri atau menghapus data dan lain-lain. Contoh dari Trojan ini adalah Back Orifice, Back Orifice 2000, dan SubSeven.
  • DDoS Trojan atau Zombie Trojan: Jenis Trojan ini digunakan untuk menjadikan sistem yang terinfeksi agar dapat melakukan serangan penolakan layanan secara terdistribusi terhadap host target. 
  • Pencuri password: Jenis Trojan ini dapat mencari password yang disimpan di dalam sistem operasi (/etc/passwd atau /etc/shadow dalam keluarga sistem operasi UNIX atau berkas Security Account Manager (SAM) dalam keluarga sistem operasi Windows NT) dan akan mengirimkannya kepada si penyerang yang asli. Selain itu, jenis Trojan ini juga dapat menipu pengguna dengan membuat tampilan seolah-olah dirinya adalah layar login (/sbin/login dalam sistem operasi UNIX atau Winlogon.exe dalam sistem operasi Windows NT) serta menunggu pengguna untuk memasukkan passwordnya dan mengirimkannya kepada penyerang. Contoh dari jenis ini adalah Passfilt Trojan yang bertindak seolah-olah dirinya adalah berkas Passfilt.dll yang aslinya digunakan untuk menambah keamanan password dalam sistem operasi Windows NT, tetapi disalahgunakan menjadi sebuah program pencuri password.
  • Pencatat penekanan tombol (keystroke logger/keylogger): Jenis Trojan ini akan memantau semua yang diketikkan oleh pengguna dan akan mengirimkannya kepada penyerang. Jenis ini berbeda dengan spyware, meski dua hal tersebut melakukan hal yang serupa (memata-matai pengguna).
  • Ada lagi sebuah jenis Trojan yang mengimbuhkan dirinya sendiri ke sebuah program untuk memodifikasi cara kerja program yang diimbuhinya. Jenis Trojan ini disebut sebagai Trojan virus.
  • Cookies Stuffing, ini adalah script yang termasuk dalam metode blackhat, gunanya untuk membajak tracking code penjualan suatu produk, sehingga komisi penjualan diterima oleh pemasang cookies stuffing, bukan oleh orang yang terlebih dahulu mereferensikan penjualan produk tersebut di internet.

#2 Worm

Virus komputer yang tergolong worm atau cacing ini cara kerjanya yaitu menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan cacing itu.

Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri. Worm tidak seperti virus komputer biasa, yang menggandakan dirinya dengan cara menyisipkan program dirinya pada program yang ada dalam komputer tersebut, tetapi worm memanfaatkan celah keamanaan yang memang terbuka atau lebih dikenal dengan sebutan vulnerability. Beberapa worm juga menghabiskan bandwidth yang tersedia. Worm merupakan evolusi dari virus komputer. Hanya ada satu cara untuk mengatasi worm yaitu dengan menutup celah keamanan yang terbuka tersebut, dengan cara meng-update patch atau Service Pack dari operating sistem yang digunakan dengan patch atau Service Pack yang paling terbaru.

Beberapa contoh nama Worm adalah sebagai berikut:
  • MyDoom
  • ADMw0rm. Jenis worm ADMworm yang dapat melakukan ekspolitasi terhadap layanan jaringan Berkeley Internet Name Domain (BIND), dengan melakukan buffer-overflow.
  • Code Red: Worm yang dapat melakukan eksploitasi terhadap layanan Internet Information Services (IIS) versi 4 dan versi 5, dengan melakukan serangan buffer-overflow.
  • LoveLetter: Worm yang menyebar dengan cara mengirimkan dirinya melalui e-mail kepada semua akun yang terdaftar dalam Address Book Microsoft Outlook Express/daftar kontak dalam Microsoft Outlook dengan cara menggunakan kode Visual Basic Script (VBScript).
  • Nimda
  • SQL-Slammer

#3 Backdoor

Jenis virus komputer yang tergolong Backdoor hampir sama dengan golongan Trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.

#4 Spyware

Jenis virus Spyware umumnya bekerja dengan cara memantau komputer yang terinfeksi.

Spyware merupakan turunan dari perangkat lunak beriklan, yang memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan penjelajahan Internet untuk mendatangkan "segudang iklan" kepada pengguna. Tetapi, karena perangkat lunak beriklan kurang begitu berbahaya (tidak melakukan pencurian data), spyware melakukannya dan mengirimkan hasil yang dikumpulkan kepada pembuatnya (perangkat lunak beriklan umumnya hanya mengirimkan data kepada perusahaan marketing).

#5 Rootkit

Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja. Biasanya, antivirus ini sulit dideteksi oleh antivirus.

Kit-akar (rootkit) adalah kumpulan perangkat lunak yang bertujuan untuk menyembunyikan proses, berkas dan data sistem yang sedang berjalan dari sebuah sistem operasi tempat dia bernaung. Kit-akar awalnya berupa aplikasi yang tidak berbahaya, tetapi belakangan ini telah banyak digunakan oleh perangkat perusak yang ditujukan untuk membantu penyusup menjaga tindakan mereka yang ke dalam sistem agar tidak terlacak. Kit-akar hadir di beragam sistem operasi seperti, Linux, Solaris dan Microsoft Windows. Kit-akar ini sering mengubah bagian dari sistem operasi dan juga memasang dirinya sendiri sebagai penggerak atau modul inti.

Kata "rootkit" terdengar di telinga publik bermula pada skandal Sony BMG CD Copy Protection, di mana cakram padat yang dibuat Sony BMG music meletakkan sebuah kit-akar di PC Microsoft Windows pada saat pengguna memutar cakram padat di komputer mereka. Sony sebelumnya tidak memperingatkan kepada pengguna akan hal ini di dalam cakram padat mereka maupun di dalam kemasannya.

#6 Virus Smartphone

Virus smartphone merupakan virus yang khusus berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.

Virus ponsel adalah sejenis virus komputer yang menyebabkan aplikasi ataupun fitur ponsel tidak dapat digunakan semestinya. Kecanggihan ponsel hampir mendekati teknologi komputer. Ponsel juga telah menggunakan sistem operasi terbuka sehingga aplikasi buatan pihak ketiga bisa melengkapi kecanggihan dari fungsi standar pabrikan. Sistem operasi terbuka inilah yang akhirnya menjadi celah bagi masuknya program jahat seperti virus, worm, dan juga Trojan horse. Biasanya virus disamarkan dalam bentuk yang menarik seperti game ataupun gambar. Supaya lebih menarik lagi, permainan ataupun gambar tersebut diselipkan kata-kata yang vulgar.

#7 Rogue

Golongan Rogue merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.

#8 Polymorphic Virus

Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi. Contohnya adalah virus Tequilla.

Cara kerja Virus polimorfik mengenkripsi atau menyandikan diri dengan cara yang berbeda (menggunakan algoritma yang berbeda dan kunci enkripsi) setiap kali mereka menginfeksi sistem.

Contoh virus Polymorphic selain Tequilla antara lain yaitu Elkern, Marburg, Setan Bug, dan Tuareg.

Untuk proteksi dari tipe-tipe virus Polymorphic ini yaitu dengan menginstal anti virus terbaru yang sudah canggih.

#9 Metamorphic Virus

Metamorphic Virus adalah model virus komputer yang mampu mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.

#10 FAT Virus 

File allocation table (FAT) adalah bagian dari disk yang digunakan untuk menyimpan semua informasi mengenai lokasi file, ruang yang tersedia, ruang tidak dapat digunakan, dll. Jenis virus FAT menyerang bagian FAT dan dapat merusak informasi penting. Hal ini bisa sangat berbahaya karena mencegah akses ke bagian tertentu dari disk dimana file penting disimpan. Kerusakan yang disebabkan dapat mengakibatkan hilangnya informasi dari file individual atau bahkan seluruh direktori.

Contoh virus FAT yaitu link Virus.

Agar lebih terproteksi (sebelum serangan virus menyebar ke semua file di komputer), car semua file yang benar-benar diperlukan pada hard drive, dan hapus yang yang tidak diperlukan. Mereka mungkin file yang dibuat oleh virus.

#12 Companion Virus

Companion Virus adalah model virus komputer yang dapat membuat ekstensi yang berbeda-beda walaupun memakai nama file yang sama. Contohnya file.exe akan dibuat file yang sama dengan nama file.com, dan pada saat user akan mengakses program file, maka yang akan muncul pertama adalah file.com kemudian virus akan dengan mudah menginfeksi program-program lainnya.

Nama virus komputer jenis Companion Virus yaitu Stator, Asimov.1539 dan Terrax.1069.

Agar proteksi komputer terhadap tipe virus Companion ini lebih solid sebaiknya dengan melakukan instal antivirus, serta download firewall.

#13 Macro Virus

Macro virus pada dasarnya hanya mampu menginfeksi file-file makro seperti .docm, .xls, .pps, dan sejenisnya. Virus jenis ini sering sekali datang dari email yang kamu terima. Cara mengatasinya adalah dengan tidak membuka email yang masuk jika menurut kamu email tersebut agak mencurigakan.

#14 Direct Action Virus

Jenis virus komputer model ini mampu menginfeksi jenis file Bat Autoxec yang terletak pada direktori hard disk. Virus jenis ini biasanya aktif saat sistem operasi pertama kali melakukan booting. Selain itu, virus ini juga mampu menginfeksi perangkat eksternal seperti hard disk dan flashdisk, yang mana mampu membuat virus ini menyebar dari komputer satu ke komputer yang lain. Nama virus komputer yang cukup dikenal dari jenis virus komputer Direct Action Virus yaitu Vienna Virus.

Cara mengatasi virus komputer yang satu ini cukup sederhana yaitu dengan melakukan scanning secara teratur menggunakan antivirus.

#15 Multipartite Virus

Virus komputer Multipartite adalah jenis virus komputer yang pada awalnya bersembunyi di memory komputer untuk kemudian menginfeksi harddisk. Virus ini sangat cepat menyebar pada sistem dan aplikasi-aplikasi yang terpasang. Untuk mengatasinya, maka sebaiknya selalu rutin membersihkan boot dan memastikan mengembalikan data dengan keadaan bersih tanpa virus komputer. Contoh nama virus komputer jenis Multipartite antara lain Invader dan Flip.

Cara mengatasi Multipartite Virus ini yaitu dengan membersihkan sektor boot dan juga disk untuk menyingkirkan virus, kemudian kembalikan semua data di dalamnya.Tapi sebelumnya pastikan bahwa data  bersih.

#16 Memory Resident Virus

Jenis virus komputer Memory Resident Virus biasanya akan menginfeksi semua program file yang dioperasikan pada saat Operating System mulai dijalankan. Virus ini sebelumnya bersembunyi didalam RAM sehingga akan langsung menginfeksi apabila program dijalankan. Karena pada dasarnya semua program membutuhkan RAM untuk pengoperasiannya. Virus komputer ini biasanya akan mengubah nama dan menyalin program. Untuk mengatasi virus komputer ini adalah dengan cara menginstall aplikasi anti virus yang cocok untuk virus komputer tersebut.

#17 Web Scripting Virus

Jenis virus komputer yang ditemui dalam web ini cukup rumit. Banyak halaman web mengunakan kode yang kompleks dalam rangka menciptakan konten yang menarik dan interaktif. Kode ini sering dimanfaatkan untuk  tindakan yang tidak diinginkan. Persembunyian virus jenis Web Scripting yaitu web browser atau halaman web yang terinfeksi. Contohnya yaitu JS.Fortnight adalah virus berbahaya yang menyebar melalui e-mail. Contohnya yaitu JS.Fortnight adalah virus berbahaya yang menyebar melalui e-mail.

Cara menangani virus komputer Web Scripting Virus yaitu melalui Instal aplikasi microsoft tool yang merupakan fitur standar pada Windows 2000, Windows 7 dan Vista. Scan komputer dengan aplikasi ini.

#18 Directory Virus

Direktori virus (juga disebut Cluster Virus / File System Virus) menginfeksi direktori komputer  dengan mengubah jalan yang menunjukkan lokasi file. Ketika menjalankan program file dengan ekstensi EXE. Atau COM. Yang telah terinfeksi oleh virus, Anda tidak sadar menjalankan program virus, sedangkan file asli dan program sebelumnya dipindahkan oleh virus. Setelah terinfeksi, menjadi mustahil untuk menemukan file asli.

Virus ini biasanya bersembunyi dalam satu lokasi disk, tetapi menginfeksi seluruh program dalam direktori. Contoh virus jenis Directory Virus yaitu: virus Dir-2.

Sebagai proteksi  terhadap Directory Virus, instal ulang semua file yang terinfeksi setelah memformat disk.


#19 Overwrite Virus

Jenis virus komputer Overwrite ini lumayan licik, karena mampu menghapus file atau data yang sudah terinfeksi tanpa mengurangi kapasitas hard disk komputer. Jadi, pada dasarnya file yang terinfeksi tersebut akan hilang, tetapi kapasitas hard disk akan tetap normal, seolah-olah file tersebut masih ada di dalam direktori.

Tentu hal ini akan membuat kamu tidak merasa curiga kalau ada file yang terhapus di komputermu. Cara mengatasi virus jenis ini adalah dengan menghapus file yang terinfeksi sehingga tidak menyebar ke file yang lainnya. Contoh jenis virus komputer golongan Overwrite Virus yaitu Way, Trj.Reboot, Trivial.88.D

Cara membasmi virus komputer ini hanya dengan menghapus file yang terkena infeksi virus.


Bagaimana Cara Mengatasi Virus Komputer 

Dampak dan Akibat Dari Infeksi Malware Pada Komputer

Dampak-dampak yang terjadi akibat virus komputer sangat menakutkan. Tidak percaya ? Inilah akibat yang ditimbulkan virus komputer terhadap aktivitas global antara lain :

  • Kemacetan lalu lintas di berbagai pusat kota, dimana saat ini sistem pengaturan lalu lintas telah berbasis komputer dan satelit.
  • Terlantarnya penumpang pesawat dan kereta api, karena alat-alat transportasi modern di era canggih saat ini telah menggunakan komputer sebagai alat untuk mengatur jadwal keberangkatan, alat petunjuk navigasi yang terintegrasi dengan sistem satelit semuanya menggunakan komputer.
  • Keyakinan nasabah terhadap bank, lembaga simpan pinjam, lembaga keuangan mikro menyebabkan terjadinya penarikan uang besar-besaran. Dana di bank pun kosong, perekonomian negara melemah.
  • Perekonomian dunia terancam goyang, sejumlah pasar saham terganggu, perbankan merugi dan bank-bank collaps karena tidak berjalannya perputaran uang secara global. Jaringan komputer merupakan alat utama dalam transaksi perbankan. Oleh beberapa oknum yang menggunakan virus untuk menyerang database komputer dan server perbankan akan dengan mudah merampok uang dengan dengan mentransfernya ke rekening tertentu setelah merusak sistem keamanan internet dan sistem keamanan komputer. 
  • Perdagangan lumpuh karena transaksi tidak berjalan semestinya 
  • Dampak yang lebih luas yaitu terjadinya chaos dan instabilitasi sosial, politik dan ekonomi yang melibatkan masyarakat secara langsung dan merembet pada kestabilan pemerintahan suatu negara, bahkan menyebabkan kerusuhan, penjarahan dan pengrusakan berbagai fasilitas.
  • Dampak yang paling mengerikan yaitu akan muncul ketidakpercayaan terhadap pemerintah oleh kelompok-kelompok tertentu yang kemudian mendorong pemberontakan serta memicu pertumpahan darah. Perang saudarapun terjadi. 

Trik Untuk Mengantisipasi Berbagai Jenis Virus Komputer

Cara mengatasi berbagai jenis virus komputer bisa dilakukan mulai dari cara yang paling sederhana hingga metode yang paling ribet. Namun TeknoPlug memberikan saran tips untuk mengatasi virus komputer yang sederhana saja ya, karena antisipasi awal adalah salah satu tahap paling utama sebelum virus benar-benar telah menginfeksi.

  • Gunakan OS yang cukup tahan akan keberadaan virus komputer, trojan, malware, spyware, adware
  • Pastikan firewall sudah terpasang/aktif serta internet security juga dalam mode on. Untuk mengetahui apakah firewall sudah aktif atau tidak, kamu bisa lihat pada array icon di sebelah kanan bawah komputer/laptop kamu. Kalau belum terpasang, kamu bisa menuju pengaturannya melalui Windows Start Up > Control Panel > Windows Firewall.
  • Lakukan update berkala terhadap fitur-fitur sistem operasi dan Windows Firewall.
  • Instal anti virus ringan dan canggih. Memasang antivirus bisa menangkal virus komputer yang akan masuk, sekaligus merupakan cara membasi virus komputer yang bandel. Untuk menangkal virus, kamu cukup menuju pengaturan pada anti virus agar aktif selama komputer beroperasi. Cara buang virus komputer yang cukup efektif adalah dengan melakukan scanning dan update.
  • Lakukan scanning menyeluruh dan terjadwal menggunakan anti virus yang sudah diinstal. Dengan melakukan scanning, anti virus akan membaca apakah terdapat virus di dalam komputer, dan apakah terjadi infeksi oleh virus, dimana posisi virus saat ini dan file-file mana yang telah terinfeksi. Cara membasmi virus komputer dengan scanning ini akan lebih efektif lagi bila dilakukan update terhadap antivirus tersebut, sehingga virus-virus yang sudah terdeteksi dan sudah dilakukan tindakan kemudian akan ditangkarkan oleh server situs antivirus. Untuk software anti-virus, banyak yang menawarkan fitur dasar secara gratis. Contoh antivirus komputer sebut saja software lokal SmadAV yang cukup digemari bagi pecinta Freeware, lalu ada Avast, AVG dan lainnya. Sedangkan beberapa fitur tambahan pada Anti-Virus berbayar meliputi fitur Perbankan untuk mengurangi ancaman pencurian data perbankan sekaligus cara buang virus komputer, website monitoring untuk mengawasi website yang dibuka dari data berbahaya, Network Monitoring untuk menangkal penyebaran malware dari jaringan komputer. Best Practice dalam menghadapi Malware adalah berusaha mencegah dibanding mengobati, selalu periksa sistem komputer dan back-up data secara berkala.
  • Untuk mencegah masuknya malware ke dalam sistem komputer adalah dengan melakukan pembaruan rutin software lainnya seperti Adobe Flash dan Java karena pembuat malware biasanya mengincar celah keamanan yang sudah diketahui tapi belum ditambal penggunanya. 
  • Instal dan gunakanlah software-software legal. Meskipun banyak yang gratis, tidak semuanya aman dari virus. Namun biasanya software gratis yang legal lebih aman dari pada yang tidak resmi, meskipun pada beberapa software free version mungkin ada beberapa fitur yang tidak bisa dijalankan kecuali melakukan pembelian atau donasi. Seperti diketahui, malware tidak bisa masuk tiba-tiba ke dalam sistem komputer kecuali memang ditargetkan. Sebagian besar penyebaran malware disebabkan akibat software ilegal yang telah disisipi malware ataupun kebiasaan pengguna mengunjungi situs yang mencurigakan. 
  • Bijak dalam berinternet, meskipun tersedia koneksi Wifi gratis. Koneksikan perangkat komputermu dengan Wi-fi yang terpercaya. Wi-fi gratis hanya menawarkan koneksi gratis, tidak menawarkan perlindungan gratis. Jangan langsung menghubungkan perangkat komputer ke internet. Bisa jadi wi-fi yang tersedia gratis tersebut adalah jebakan Batman yang disiapkan para hacker untuk mencuri data dan informasi dari komputer kamu sob, sekaligus menyusupkan virus ke dalamnya. 
  • Back Up data dari komputermu untuk mengantisipasi segala bentuk penyebaran virus. Ketika kamu sering melakukan transfer data baik dari flash disk temanmu dan sebaliknya, atau sering mengirim atau menerima email, pastikan internet security dan windows firewall aktif. Tapi sebelumnya, simpan dulu file-file pentingmu di penyimpanan khusus.


Perkembangan Macam-Macam Virus Komputer, dan Aplikasi Pembuat Virus Worm, Torjan, Malware


Meskipun Elk Cloner diklaim sebagai virus paling awal yang menginfeksi floppy disk, dalam perkembangannya virus kemudian bisa menyerang komputer, baik file maupun aplikasi serta sistem jaringan komputer. Semakin hari kemampuan virus komputer semakin tinggi dan bahkan penyebaran bahkan penginfeksiannya bisa melalui internet.

Virus Komputer Paling Awal

Tahun 1983, sepasang kakak beradik Basit dan Amjad (dari Pakistan) membuat sebuah boot sector virus pertama untuk komputer. Brain, nama virus tersebut kerap diklaim sebagai virus komputer pertama.

Beberapa tahun kemudian (1986) malware komputer Trojan pertama kali dibuat dalam bentuk shareware dan diberinama PC-Write.

Virus komputer terus dikembangkan, dan sayangnya virus komputer tersebut diciptakan untuk menyerang sejumlah sistem komputer. Tahun 1989 Morris Worm, jenis virus Worm pertama kali menyerang komputer Macintosh, MacMag dan Scores. Serangan ini mendorong didirikannya CERT (Computer Emergency Response Team) untuk mengatasi serangan virus komputer Morris Worm tersebut.

Virus AIDS komputer berbasis trojan kemudian muncul tahun 1989 sebagai trojan yang menggunakan samaran AIDS Information Program. Trojan ini akan mengenkripsi hard drive dan meminta pembayaran saat dibuka untuk meminta kunci enkripsinya.

Macam-Macam Virus Komputer Terbaru Yang Menyerang Sistem Jaringan Komputer

Virus komputer Polymorphic pertama, Tequilla muncul tahun 1991. Kemampuannya yang bisa mengubah diri menyebabkannya sebagai golongan virus yang susah dideteksi.

Virus Michelangelo, tahun 1992 sempat menjadikannya sebagai virus komputer yang cukup ditakuti di dunia. Pada tahun yang sama muncul pula beberapa tools pembuat virus, diantaranya DAME (Dark Avenger Mutation Engine) yang bisa mengubah virus apa saja menjadi virus polymorphic.
Virus macro (Macro Virus) kemudian muncul tahun 1995. Virus macro ini awalnya menyerang aplikasi Microsoft Word dan Concept.

Tahun 1996 bisa dikatakan sebagai tahun awal maraknya virus penyerang aplikasi. Kemunculan Virus Boza sebagai virus komputer pertama yang menyerang file Windows 95, virus Laroux yang merupakan virus komputer pertama yang menyerang Microsoft Excel , dan Staog sebagai virus pertama yang menyerang platform Linux membuktikan perkembangan virus komputer semakin meluas.

Jenis-Jenis Virus Komputer Terbaru Yang Menyerang Aplikasi Microsoft

Tahun 1998, Trojan baru pertama yang bisa mengambil alih komputer remote melalui internet muncul dengan jenis virus komputer Back Orifice. Di tahun yang sama jenis virus komputer Java pertama kali juga dibuat serta berkembangnya macam-macam virus komputer macro (macro virus).

Jenis virus komputer Melisa (Melissa Computer Virus) tahun 1999 diklaim sebagai virus komputer paling berbahaya saat itu. Jenis virus komputer yang satu ini merupakan kombinasi antar virus macro yang menyerang Microsoft Word dan virus worm yang menggunakan addres book pada Microsoft Outlook serta Outlook Express yang bisa mengirimkan dirinya sendiri via e-mail. Kemunculan virus Melissa kemudian diikuti pula dengan virus Corner (jenis virus komputer pertama yang menyerang MS Project), virus Tristate (jenis virus macro mutli program pertama yang menyerang Microsoft Word, Microsoft Excel, Power Point), serta virus BubleBoy (virus worm pertama yang bisa langsung aktif ketika membuka email melalui Microsoft Outlook tanpa memerlukan attachment).

Tahun 2000, serangan virus DDoS (Distributed Denial of Service) menyebabkan kerusakan dan kelumpuhan pada situs-situs main stream saat itu, seperti Yahoo! dan Amazon. DDos adalah jenis virus pertama yang mampu menyerang website. Diikuti dengan kemunculan Liberty Crack (jenis virus worm pertama yang menyerang PDA), serta virus Love Letter (jenis virus worm pertama dengan kecepatan penyebaran tertinggi saat itu dan merusak sistem email seluruh dunia).

Tahun 2001 bisa dikatakan sebagai tahunnya jenis virus komputer worm. Diantaranya yaitu virus Gnuman (Mandragore), dimana virus komputer worm satu ini merupakan virus worm pertama menyerang jaringan komunikasi peer to peer. Virus Gnuman bisa menyamarkan diri dalam bentuk file mp3 yang bisa didownload. Di tahun tersebut hadir pula virus worm pertama bernama CodeRed yang menginfeksi lebih dari 300 ribu komputer di dunia dan membuat kerugian kurang lebih US$ 2,5M. Dalam tahun yang sama juga muncul jenis virus LogoLogic-A yang menyebar melalui mIRC serta email, serta hadir pula macam-macam virus komputer yang menyerang sistem operasi Windows maupun Linux.

Virus LFM-926 tahun 2002 merupakan virus komputer terbaru yang pertama kali menyerang file-file aplikasi Shockwave Flash. Diikuti pula infeksi komputer oleh virus worm pertama penyerang .NET Services bernama Donut. Hal ini membuktikan bahwa semakin majunya teknologi internet maupun sistem keamanan yang menyertainya, tidak serta merta membuat mereka tahan akan gempuran virus komputer. Selain .NET Service yang merupakan teknologi terbaru internet saat itu, Microsoft juga merilis Microsoft SQL Server. Sayangnya teknologi terbaru Microsoft ini sudah digempur oleh SQLSpider. SQLSpider adalah jenis virus komputer worm pertama yang menyerang Microsoft SQL Server. Jenis virus worm lainnya dalam komputer yang turut mewarnai dunia komputer di tahun tersebut adalah BugBear, Nimda dan Klez. Bugbear adalah virus komputer yang memiliki macam-macam teknik infeksi dengan metode yang cukup kompleks.

Jenis virus komputer worm semakin merajalela, menandai kejayaan mereka dalam menginfeksi komputer dan sistem jaringan komputer. Tahun 2003, Slammer merupakan virus worm pertama yang berhasil menginfeksi lebih dari 75 ribu komputer di dunia hanya dalam 10 menit dengan kecepatan reproduksi tercepat saat itu (8,5 second/worm). Di tahun yang sama, muncul pula jenis virus komputer dengan reproduksi cepat lainnya dari keluarga worm serta kemampuan melakukan spamming. Blaster adalah jenis virus komputer pertama dari jajaran cacing komputer yang mampu menyerang RPC (Remote Procedure Call) pada platform Windows dengan kecepatan reproduksi 4000 worm/jam dan membuat pihak Microsoft kalang kabut. Ada pula virus worm bernama Sobig yang merupakan virus komputer pertama melakukan spamming.

Salah satu jenis virus komputer paling berbahaya dari worm yang paling terkenal dan merajai dunia pervirusan adalah MyDoom. Tahun 2004, MyDoom adalah virus komputer yang memiliki tingkat infeksi  tinggi dengan menguasai 30% bandwidth yang digunakan para pengguna internet di seluruh dunia. Oleh beberapa vendor dan pengembang antivirus mengklaim MyDoom sebagai high risk virus karena memiliki daya hancur yang lebih hebat dari virus komputer Sobig dan Welchia, mampu melakukan serangan DDoS ke situs milik Microsoft (microsoft.com), serta bisa memblok sejumlah situs antivirus. Virus komputer terbaru lainnya saat yaitu Netsky juga merupakan virus komputer berbahaya karena mampu menginfeksi komputer melalui jaringan broadband (bandwidth besar). Netsky dianggap sebagai agen pembuka terhadap penyusupan virus komputer rekayasa sosial Santy.A, dimana Santy.A adalah virus komputer yang bisa mengeksploitasi celah keamanan phpBB highlight vulnerability.

Teknik pemrograman virus komputer telah mendorong malware untuk membentuk virus-virus baru. Namun sejak 2006 hingga saat ini teknologi filter gateway yang lebih baik telah mendorong terjadinya penurunan infeksi virus komputer maupun malware.

Meskipun demikian, tidak semua jenis virus komputer bisa diamankan hingga 100%. Semakin canggihnya dunia teknologi telah mendorong para hacker menciptakan teknik-teknik lain dalam penginfeksian komputer, seperti SpyWare, Adware maupun hacking dan phishing.


Baca Juga :


Penutup
Jenis-jenis virus komputer serta macam-macam virus komputer mulai dari awal sejarah pembuatannya hingga nama-nama virus komputer terbaru memberikan gambaran bahwa virus komputer mempunyai kemampuan yang hampir sama dengan virus biologi. Selain itu, kemampuannya bersembunyi dan menduplikasikan diri, apalagi didukung teknologi yang digunakan dalam membuat virus komputer menyebabkan penyebarannya bisa menginfeksi komputer dalam waktu yang sangat singkat. Hati-hati berinternet, antisipatif terhadap berbagai kemungkinan dengan menyimpan/back up, memasang anti virus serta mengaktifkan internet security/windows firewall adalah cara mengatasi virus komputer yang lebih bijak dari pada membasmi virus komputer yang sudah sempat menginfeksi. 
Labels: Antivirus, Komputer, Teknonews, Trik Komputer

Thanks for reading Daftar Macam-Macam Jenis Virus Komputer Dan Cara Mengatasinya. Please share...!

3 Comment for "Daftar Macam-Macam Jenis Virus Komputer Dan Cara Mengatasinya"

virus komputer sekarang nih makin kebal aja kayaknya. dibasmi masih muncul aja, makin kuat lagi. harus pasang antivirus yang oke biar bisa ngebasmi virus-virus paling berbahaya

gimana mau bisa dibasmi, lha wong virus komputernya aja sengaja diprogram buat hacking.

very informative post for me as I am always looking for new content that can help me and my knowledge grow better.

Back To Top