Table of Content

Perbandingan Intel Gen 14: Intel Core Ultra vs Chip Core HX Series

Perbandingan Intel Core HX dan Intel Core Ultra Meteor Lake memberikan gambaran mengenai performa dan kinerja Intel Gen 14 serta keunggulannya.

Intel Generasi Ke-14 untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun membuat kita mempunyai dua pilihan sekaligus saat membeli laptop berbasis Intel baru: Intel Core Ultra (Meteor Lake) dan chip Core HX (Raptor Lake Refresh). Mana yang harus kamu beli antara kedua processor Intel Generasi ke-14 tersebut dan mengapa? Kita akan mengulas perbedaan antara keduanya.

Dirilisnya Intel Gen 14 menyudahi desas-desus yang berseliweran tentang keberlanjutan processor Intel setelah Intel Gen 13 atau generasi Raptor Lake. Yap. akhirnya kita mendapatkan kepastian bahwa Intel Gen-14 dirilis dalam dua versi: Meteor Lake dan Raptor Lake Refresh.

Deretan processor Intel Generasi Ke-14 dengan codename Meteor Lake tergabung dalam lini produk terbaru bernama Intel Core Ultra. Sedangkan Intel Gen 14 Raptor Lake Refresh merupakan processor Intel generasi terbaru yang melanjutkan arsitektur Intel Gen 13 Raptor Lake sekaligus meneruskan kultur generasi Intel Core i9/i7/i5/i9 yang selama ini kita kenal.

Banyak hal menarik pasca rilis Intel Core i9-14900HX, salah satu processor laptop terbaru yang diperkenalkan pada CES 2024 lalu bersama beberapa deretan processor U-Series dan HX-Series Generasi ke-14 Raptor Lake Refresh lainnya. Antara lain kebingungan memilih processor laptop terbaik, karena Intel sebelumnya telah merilis deretan processor laptop canggih dengan kinerja grafis tinggi yang tergabung dalam lini produk Intel Core Ultra.

Ini bukan kebetulan, karena Core Seri HX merupakan processor laptop high-end yang yang terkenal mumpuni untuk urusan performa dan Core i9-14900HX merupakan seri tertinggi saat ini. Dengan diperkenalkannya Intel Core i9-14900HX Raptor Lake Refresh, menyebabkan semua orang mengalihkan perhatian pada persaingan yang mungkin terjadi antara Core Raptor Lake Refresh vs Intel Ultra Core.

Lalu apa saja perbedaan antara kedua processor laptop terbaru Intel Generasi 14 tersebut? Apa keunggulan processor laptop Intel Core Ultra vs Intel Core Raptor Lake Refresh Seri HX?

Dalam ulasan kali ini, kita akan mengetahui perbandingan processor laptop Intel Core Ultra Meteor Lake dengan Intel Core HX series yang mewakili lini processor laptop Raptor Lake Refresh. Namun sebelum mengetahui lebih jauh tentang processor Intel Gen 14, yuk kita simak berbagai rumor yang menyertai kehadiran Raptor Lake Refresh dan Meteor Lake ini.

Ikhtisar Processor Intel Generasi 14

intel gen 14

Berikut adalah beberapa informasi seputar release date lini produk processor Intel Generasi ke-14:

  • Intel memperkenalkan processor Generasi ke 14 terbaru yang bernama Raptor Lake Refresh dan Meteor Lake pada tiga event berbeda.
  • Intel Generasi 14 dengan codename Raptor Lake Refresh adalah processor Intel untuk lini produk Intel® Core™. Processor Intel Core 14th Gen Raptor Lake Refresh merupakan processor desktop dan mobile yang melanjutkan arsitektur Raptor Lake (Intel Gen 13).
  • Intel Generasi 14 dengan codename Meteor Lake adalah processor Intel generasi terbaru untuk lini produk terbaru bernama Intel® Core™ Ultra. Intel® Core™ Ultra melekat dengan platform Intel Generasi 14 Meteor Lake karena lini produk ini dibuat seiring diluncurkannya processor terbaru tersebut. Intel Core Ultra adalah lini produk processor Intel khusus mobile.
  • Intel lebih dulu memperkenalkan processor desktop terbaru Generasi ke-14 Raptor Lake Refresh pada Oktober 2023 (kuartal keempat tahun 2023) dengan portofolio utama adalah Core i9-14900K – prosesor pertama yang diproduksi secara massal dengan kecepatan clock hingga 6GHz. Pada kuartal tersebut Intel juga meluncurkan beberapa varian processor desktop Raptor Lake Refresh lainnya yaitu Intel® Core™ i9 processor 14900KF, Intel® Core™ i7 processor 14700K, Intel® Core™ i7 processor 14700KF, Intel® Core™ i5 processor 14600KF, dan Intel® Core™ i5 processor 14600K.
  • Intel kemudian meluncurkan processor mobile Intel Generasi 14 Raptor Lake Refresh Pada event CES 2024 di bulan Januari 2024. Salah satu varian terbaru yang diluncurkan adalah Intel Core i9-14900HX, yang juga merupakan processor terbaru laptop untuk Seri HX dan merupakan leader untuk generasi terbaru ini. Seri HX merupakan seri processor laptop gaming high-end yang telah dibuat sejak Intel Generasi 12. Pada even tersebut Intel juga meluncurkan Intel Core mainstream dan Seri-U Generasi ke-14 Raptor Lake Refresh.
  • Sementara Intel Core Ultra diperkenalkan di bulan Desember 2023 pada even Inovasi Intel di San Jose, Amerika Serikat.
  • Intel membuat berbagai varian processor Intel® Core™ 14th Gen (Raptor Lake Refresh) pada sejumlah seri processor desktop dan mobile dengan penamaan model processor tetap menggunakan Intel® Core™ i9, i7, i5, dan i3.
  • Sementara Intel membuat lini produk baru processor Intel Core Ultra dengan nama Intel® Core™ Ultra 9, Intel® Core™ Ultra 7, Intel® Core™ Ultra 5, dan Intel® Core™ Ultra 3.
  • Hadirnya processor mobile Intel Core 14th Gen Raptor Lake Refresh mematahkan anggapan sejumlah pengamat yang menyatakan bahwa Intel sengaja menghapus kode "i" pada jajaran processor laptop Intel Core i9,i7,i5, dan i3 yang telah dikenal selama lebih 15 tahun untuk membawa merk processor mobile baru Intel Core Ultra.

Dari informasi release date Intel Generasi 14, kita mengetahui bahwa Intel Core Ultra adalah lini processor Intel Generasi ke-14 untuk mobile (laptop) dengan codename Meteor Lake. Sementara Raptor Lake Refresh adalah processor Intel Generasi ke-14 untuk lini produk processor desktop dan laptop yang melanjutkan generasi Intel Core i9/i7/i5/i3 terdahulu.

Baca juga: Urutan Processor Intel Terbaru

Namun, apa yang membedakan Intel Core Ultra Meteor Lake dan Intel Core Raptor Lake Refresh bila sama-sama menggunakan platform Intel Generasi ke-14? Yuk kita simak spesifikasi, fitur, dan keunggulan dari kedua processor Intel Generasi ke-14 ini.

Perbandingan Intel Core Ultra vs Core HX Series Generasi ke-14

Hal menarik pasca diperkenalkannya Intel Core i9-14900HX di CES 2024 lalu adalah tingginya antusiasme dan rasa penasaran dari pengamat komputer. Pasalnya, prosesor mobile Intel Gen 14 Raptor Lake Refresh dan Intel Core Ultra Meteor Lake dianggap memiliki spesifikasi tertinggi, sehingga keduanya sering dibandingkan.

Prosesor Intel Core 14th Gen memiliki fitur-fitur platform yang canggih dan dirancang untuk memberikan kinerja terbaik untuk pengguna PC, terutama bagi gamer, mainstreamer, pekerja pro maupun kreator konten. Sementara prosesor Intel® Core™ Ultra Meteor Lake ditujukan untuk kebutuhan pemrosesan video yang lebih tinggi serta dilengkapi dengan Intel Image Processing Unit terintegrasi.

Untuk mengetahui detil-detil perbandingan dari Intel Core Ultra dan Core HX Gen 14 ini, kami telah merangkum hasil pengujian yang dilakukan PC World.

Menurut PC World, platform "Raptor Lake Refresh" tidak menawarkan banyak perbedaan dari platform notebook "Raptor Lake" generasi ke-13 yang memulai debutnya setahun yang lalu. Sesuai dengan nama kodenya, Raptor Lake Refresh dan Raptor Lake sangat mirip. Namun "Meteor Lake" dari Intel sangat berbeda dalam desain maupun tujuannya.

Intel menggunakan "Core Ultra" serta "Core" sebagai merek Meteor Lake generasi ke-14 dan Raptor Lake Refresh, dan itulah yang akan kamu lihat di kotaknya. Ketika Intel beralih ke generasi berikutnya, seperti Arrow Lake dan Lunar Lake, para eksekutif mengatakan perusahaan akan mempertahankan merek-merek tersebut — dan tanpa perbedaan generasi seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sederhananya, Intel Core Ultra tampaknya merupakan merek yang akan digunakan Intel dan mitranya untuk PC AI yang menekankan masa pakai baterai yang lama. Core HX ditujukan untuk performa dan gaming. Namun kamu mungkin akan melihat beberapa hal yang tumpang tindih, seperti pada notebook Asus yang baru-baru ini diumumkan yang membagi perbedaan antara kreativitas dan produktivitas.

Core Ultra vs. Core HX: Dua chip berbeda

Setelah mempelajari lebih dalam tentang arsitektur Meteor Lake serta Core HX generasi ke-14, diketahui bahwa kedua chip tersebut sama sekali berbeda.

Chip Core HX generasi ke-14 menggunakan arsitektur Intel two-die tradisional yang menggabungkan CPU utama dan chip I/O sekunder di dalam sebuah paket. Chip Intel Core HX generasi ke-14 dibuat pada proses Intel 7, dengan inti performa dan efisiensi (P-core dan E-core). Kecepatan clock turbo berjalan hingga 5,8GHz pada high-end, dengan konsumsi daya dasar 55W.

Dari perspektif platform, Core HX Generasi ke-14 menyertakan koneksi PCI Express 5 delapan jalur yang dirancang khusus untuk GPU eksternal. Memori berjalan hingga kecepatan DDR5-5600. Ini akan menjadi platform di mana Intel meluncurkan Thunderbolt 5, meskipun sebagai bagian terpisah yang belum tersedia.

Dilain pihak, Core Ultra (Meteor Lake) adalah arsitektur empat ubin yang terdiri dari CPU spesifik, grafis "SOC", dan ubin I/O yang dibuat dari teknologi proses berbeda serta pabrik berbeda. Ubin CPU Meteor Lake dibuat dengan teknologi proses Intel 4 yang lebih halus dan tidak terlalu boros daya, dengan P-core yang berkecepatan 5,0GHz pada kecepatan turbo. Secara umum, chip Intel Meteor Lake dibuat untuk mengonsumsi 28W, meskipun ada chip 45W, Core Ultra 9 185H dengan kecepatan hingga 5,1GHz.

Meteor Lake juga menyertakan delapan jalur PCIe 5 untuk eGPU, tetapi juga unit grafis terintegrasi yang ditingkatkan secara signifikan. Hanya Thunderbolt 4 yang tersedia.

Ada juga perbedaan yang halus dan mendalam dalam cara kedua chip menangani tugas-tugas baru. Intel Thead Director bekerja dengan sistem operasi untuk merutekan tugas atau thread baru, ke CPU. Core HX generasi ke-14 memiliki pendekatan tradisional: Thread Director merutekan tugas berita ke P-core tercepat, dan menurunkannya ke E-core yang lebih lambat dan lebih efisien jika diperlukan.

Core Ultra sebenarnya menyertakan E-core khusus yang lebih lambat dan berdaya rendah, dan Thread Director mengarahkan tugas-tugas baru ke core yang paling lambat dan paling hemat daya ini terlebih dahulu, dan kemudian mendorongnya ke P-core jika diperlukan.

Kamu mungkin pernah mendengar cukup banyak pembicaraan tentang AI processor Intel. Meteor Lake menyertakan mesin AI (juga disebut NPU) dalam salah satu petaknya. Sementara Core HX generasi ke-14 tidak memiliki blok AI sama sekali.

Untuk saat ini, sebagian besar AI (ChatGPT, Claude, Google Bard, dan Microsoft Copilot) terjadi di cloud, dengan PC kamu berkomunikasi dengan layanan tersebut sama seperti server atau situs web lainnya. Di CES 2024, ditemukan sangat sedikit aplikasi AI "lokal" dan NPU dapat digantikan oleh CPU atau GPU yang baik dalam penghitungan AI. Hasilnya, NPU dianggap lebih efisien dibandingkan dua lainnya (CPU-GPU) dalam hal masa pakai baterai, untuk aplikasi seperti Windows Studio Effects di Surface Pro 9.

Menurut PC Worl, cara paling sederhana dan paling ampuh untuk mencapai performa AI saat ini adalah dengan membeli notebook kelas gaming atau kreator dengan GPU diskrit yang kuat, tidak peduli apakah itu Meteor Lake atau Core HX. Informasinya, Intel sedang berupaya untuk melipatgandakan kinerja NPU-nya di dalam chip mobile Lunar Lake yang akan dirilis pada akhir tahun ini, namun hal tersebut belum tercapai.

Core Ultra vs. Core HX: Mana yang Lebih Cepat?

Idealnya, produsen laptop akan merancang laptop yang sama dengan opsi untuk Core HX generasi ke-14 serta Meteor Lake untuk perbandingan apple-to-apple. Namun karena peran terpisah yang dimiliki Core HX dan Platform Meteor Lake memainkan — serta konsumsi dayanya — hal ini tidak mungkin dilakukan.

Sebagai pembandingnya adalah dua laptop dari pabrikan yang sama, yaitu MSI Prestige 16 AI Evo (dengan chip Core Ultra 7 155H "Meteor Lake" di dalamnya) dan notebook MSI Raider GE78 dengan chip Core i9-14900HX di dalamnya. Perbandingan kedua perangkat ini dapat membantu mengasumsikan kesamaan dalam desain dan komponen.

Jelasnya ini bukan perbandingan langsung. PC World menyebutnya sebagai "tampilan pertama" antara kedua platform. Meskipun perbandingan ini dianggap relatif tidak adil, namun untuk saat ini akan cukup membantu menjelaskan perbedaan kinerja antara kedua platform bagi pengguna yang menginginkan lebih banyak konteks.

Seperti yang telah mereka lakukan pada perbandingan Core HX, PC World berfokus pada benchmark khusus CPU dengan harapan dapat menghilangkan dampak GPU seluler GeForce RTX 4090 di MSI Raider, dan kurangnya GPU diskrit di Prestige Evo dimana mereka telah menaikkan penggeser kinerja Windows 11 ke level tertinggi. Satu hal yang dirasa tidak nyaman untuk diuji adalah masa pakai baterai atau konsumsi daya, karena perbedaan dalam GPU dan tampilan terlalu besar.

Perlu diingat, bahwa komparasi tersebut adalah chip Core i9 versus chip Core 7, dengan kekuatan (dan pendinginan) yang signifikan di belakang mesin Core HX. Kedua chip juga memiliki jumlah inti/utas yang sangat berbeda.

Menurut PC World, Cinebench R23 mungkin adalah titik perbandingan yang paling mudah, yang merender adegan hanya dengan menggunakan CPU dan semua inti serta thread yang diizinkan oleh platform. Menurut pengujian tersebut, notebook Core i9-14900HX mengungguli Core Ultra 7 155H lebih dari dua kali lipat. Hasil pengujian pada benchmark single-threaded Cinebench juga lebih mendekati.

PC World meninjau basis data historis yang mereka miliki dan membandingkan laptop produktivitas Samsung Galaxy Book3 Pro 360 , dengan Core i7-1360P generasi ke-13 di dalamnya, dan skor multithread sebesar 10.145 dan skor single-thread sebesar 1.791, dibandingkan MSI Giant Gaming Titan GT 77 HX 13V, dengan Core i9-13980HX di dalamnya, dan skor multithread Cinebench R23 sebesar 31.072, dan skor single-threaded sebesar 2.063. Chip tersebut berasal dari arsitektur yang sama, namun terlihat adanya perbedaan serupa antara produktivitas dan platform game pada generasi tersebut.

Pengujian lainnya yang dilakukan PC World untuk membandingkan Core Ultra Meteor Lake dan Core HX yaitu tes kinerja CPU menggunakan aplikasi Handbrake. Aplikasi Handbrake mentranskode file video dalam jangka waktu lama, jadi ini merupakan indikator yang baik bagaimana kinerja CPU akan bertahan dalam tugas yang berkepanjangan. Cara pendinginan prosesor akan memberikan perbedaan yang signifikan, memberikan keuntungan pada laptop gaming dan chip Core HX-nya.

Dengan menggunakan utilitas HWInfo, diketahui bahwa chip Core HX dapat berjalan dalam kondisi turbo, di-overclock selama 56 detik, naik lebih dari 5GHz sebelum turun kembali ke 2,4GHz untuk menghindari panas berlebih.

Alat yang sama melaporkan bahwa Core Ultra 7 155H dapat berjalan hingga 4,8GHz selama 28 detik lebih singkat sebelum turun kembali ke 3GHz.

Hal ini semakin menunjukkan bahwa Core HX menjadi prosesor yang unggul, karena berjalan lebih cepat dalam jangka waktu yang lebih lama akan menghasilkan kinerja yang lebih baik.

Terakhir adalah benchmark UL Procyon yang mengukur AI menggunakan OpenVINO, yang dioptimalkan untuk arsitektur Intel Core. Diketahui bahwa chip Core HX tidak menyertakan NPU, sedangkan arsitektur Meteor Lake menyertakannya. Procyon mengukur seberapa baik kinerja blok logika individual seperti CPU, GPU, dan NPU dalam memproses tugas-tugas AI seperti dasar-dasar LLM, atau chatbot AI.

Apa yang tidak dilakukan benchmark adalah menjumlahkan kekuatan gabungan dari ketiga blok logika yang bekerja bersama. Sebaliknya, ia menguji masing-masing komponen. Di sini, Core HX masih mengungguli Meteor Lake, meski perbedaannya lebih dekat dibandingkan benchmark lainnya. NPU Meteor Lake juga diuji sebagai perbandingan. Pengujian CPU MSI Prestige 16 AI Evo untuk kinerja AI menjalankan kipas dengan cukup agresif. Saat NPU diuji, NPU tidak bersuara.

Hasil pengujin tersebut memberikan perspektif yang berbeda. Meskipun menurut PC World bahwa NPU tidak terlalu penting dibandingkan dengan GPU, namun NPU Meteor Lake dengan mudah mengungguli CPU Core HX setidaknya dalam hal AI, dengan skor 511.

Core Ultra vs Core HX: Mana yang harus Dibeli?

Data awal menunjukkan bahwa masih ada batasan yang jelas dalam performa antara Meteor Lake dan platform Core HX — yang tidak jauh berbeda dengan perbedaan performa yang ada pada chip Intel generasi sebelumnya.

Logo merek akan menjadi sinyal yang memberi tahu kamu apa yang ditawarkan laptop tersebut: AI dan masa pakai baterai yang solid (Core Ultra) atau performa belaka (Core, dan khususnya Core HX).

Suka Teknologi