Developer Day OPPO Sukses, OPPO Rangkul Pengembang Aplikasi

20 Juni
TeknoPlug, Jakarta - OPPO, produsen smarpthone asal China menggelar OPPO Developer Day. Dalam gelaran perdana tersebut OPPO mempertegas eksistensi Golden Seed Plan. Dalam OPPO Developer Day tersebut OPPO juga merangkul para developer aplikasi Indonesia untuk memajukan ekosistem internet nirkabel Indonesia lewat fitur-fitur Golden Seed Plan.

OPPO sukses menggelar OPPO Developer Day untuk pertama kalinya di Indonesia. Acara yang dilangsungkan pada 20 Juni 2019 di Jakarta tersebut menjadi ajang bagi para pengembang aplikasi di Indonesia. Setidaknya ada 200 developer turut hadir pada acara tersebut.

Pada gelaran tersebut OPPO menggandeng beberapa developer aplikasi dan start up sebagai narasumber seperti BaBe, DANA, dan Traveloka. Dalam acara tersebut OPPO mempertegas komitmennya memajukan ekosistem internet nirkabel Indonesia dengan meluncurkan Golden Seed Plan.

"OPPO sudah di Indonesia selama 6 tahun ini untuk melayani jutaan pengguna di Indonesia yang akan terus bertumbuh" kata Liu Xiaobo, GM OPPO International Business Center. Dia juga menambahkan bahwa App Market dan App Browser, dua bisnis utama OPPO mengalami pertumbuhan yang sangat cepat dimana tahun 2019 diperkirakan masing-masing mencapai 14 juta dan 10 juta pengguna. Melalui Golden Seed Plan OPPO akan meningkatkan kualitas aplikasi gaya hidup serta konten.

Oppo Developer Day
Ki-ka : Xu Liting, Liu Xiaobo, dan Xiu Shen dari OPPO International pada OPPO Developer Day

Golden Seed Plan sendiri mengacu pada kemajemukan kebutuhan pengguna di OPPO Open Platform, dimana platform ini telah membangun rantai kerja sama sehat dan mantap. Plan tersebut memberikan kemampuan dan kualitas layanan seperti Browser, App Market, Game Center serta multi skenario lainnya untuk mendorong pengguna (user) dan pengembang aplikasi (app developer) meraih kesuksesan bersama.

Bagi para developer aplikasi hadirnya plan ini memberikan dampak lebih dari 3 miliar exposure bernilai 61 miliar rupiah dimana OPPO akan terus membuka lebih banyak jalan sejenis itu di masa depan untuk menjangkau lebih banyak pengguna sekaligus memperkuat kamampuan untuk memberdayakan bisnis secara menerus.

"Visi OPPO sebagai distributor game untuk win-win solution. OPPO menyediakan konten berkualitas tinggi bagi pengguna OPPO serta memberikan solusi monetisasi yang efisien untuk pengembang aplikasi dalam ekosistem OPP" kata Xue Sheng, Senior International Business Development Manager, dan OPPO Interactive Entertainment Department memperkuat pernyataan sang GM.

Sebagai informasi, saat ini OPPO telah berhasil mendistribusikan lebih 10 juta game serta memiliki lebih 10 juta pemain game aktif bulanan. Menurut Xue Sheng, OPPO Game Center berkemampuan menyediakan 16,8 ribu sampai 31,5 ribu download untuk satu judul teratas setiap hari di Indonesia.

OPPO juga sangat fokus pada strategi lokal, personalisasi algoritma, sorotan fitur unggulan, dan promosi gratis yang menguntungkan bagi para pengembang aplikasi. Xu Liting, Product Operation Manager OPPO Application menjelaskan bagaimana OPPO APP Market menghadirkan potensi besar bagi pengembang aplikasi Indonesia dengan jumlah Pengguna Aktif Bulanan (Monthly Active Users) yang melonjak tinggi dalam 18 bulan terakhir.

Xu Liting mengutip praktik promosi terbaik mereka untuk aplikasi seperti Kwai, komunitas hiburan video pendek dan Yodo, aplikasi olahraga dan manajemen kesehatan gratis yang secara akurat merekam aktivitas berlari, berjalan, memanjat pengguna. Setelah dipromosikan di OPPO APP Market, unduhan mereka meningkat sebanyak 101 kali.

OPPO Developer Day sendiri disambut antusias oleh para undangan. OPPO Developer Day memang bertujuan memberikan layanan ramah pengembangan aplikasi digital yang sehat serta berkelanjutan di dalam ekosistem cerdas OPPO untuk mendorong developer berbakat dan potensial Indonesia bisa lebih eksis serta terlihat di mata dunia.

OPPO adalah brand perangkat pintar kenamaan di dunia. Hingga saat ini OPPO telah merilis berbagai perangkat pintar yang awalnya dipelopori oleh seri Find dan Reno, sistem operasi ColorOS, serta layanan OPPO Cloud dan Oppo+.

OPPO sendiri beroperasi di 40 negara lebih dan memperkerjakan lebih 40.000 karyawan di seluruh dunia, dengan dedikasi utama untuk menciptakan penghidupan yang lebih baik bagi pelanggan global.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »