9 Trik Bagaimana Cara Menghemat Baterai iPhone Yang Cepat Habis

Ketahui penyebab dan trik mengatasi baterai iPhone boros, serta bagaimana cara agar baterai semua seri iPhone lebih hemat dan awet tidak cepat rusak.
Baterai boros merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi pengguna hp iPhone. Meskipun pada beberapa produk hp buatan Apple tersebut sudah tertanam teknologi fast charging, baterai iPhone masih saja mudah terkuras.

Mengatasi Masalah Baterai HP iPhone

cara mengatasi baterai iphone boros
Apple telah merilis banyak seri ponsel iPhone, mulai varian jadul iPhone 4/iPhone 4s, iPhone 5/iPhone 5s, iPhone 6/iPhone 6s, iPhone 6 Plus/iPhone 6s Plus, dan iPhone 7/iPhone 7 Plus, hingga varian yang lebih canggih yaitu iPhone 8/iPHone 8 Plus, iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, hingga iPhone 12.

Ciri-ciri Kesehatan Baterai iPhone Menurun dan Mulai Rusak

Baterai merupakan salah satu komponen utama yang harus dimiliki semua perangkat komunikasi, karena baterai berisi material yang berfungsi sebagai sumber daya agar perangkat dapat menyala dan berfungsi. Demikian pula pada hp iPhone.

Baterai hp umumnya bersumber dari listrik, sehingga membutuhkan perawatan dan pemeliharaan agar bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama. Namun tidak banyak orang yang memahami bahwa baterai bisa saja berusia lebih singkat dari yang disarankan.

Bila hp iPhone kamu memiliki ciri-ciri berikut ini, maka sudah saatnya mencari tahu penyebab dan cara mengatasinya. Ciri-ciri baterai iPhone cepat habis dan rusak antara lain yaitu :

  • Baterai gembung dan merusak LCD
  • Untuk mengetahui baterai iphone gembung cukup mudah, yaitu dengan meletakkan ponsel iPhone di atas meja. Dari sisi meja akan terlihat apakah ada bagian ponsel yang tidak sama rata khususnya pada bagian permukaan depan atau body bagian belakang. Baterai yang gembung akan menyebabkan tekanan dan perubahan posisi komponen lainnya dalam ponsel. Bahkan bisa merusak LCD. iPhone 5 adalah jenis hp iPhone yang paling sering mengalami masalah baterai gembung.

  • Ponsel iPhone Mati Mendadak Padahal Baterai Masih Penuh.
  • Selain baterai iPhone, baterai smartphone lainnya juga pernah mengalami keadaan seperti ini. Khususnya pada baterai iPhone, biasanya kejadian ini karena adanya disfungsi atau kesalahan sistem dan fungsi baterai sehingga sering mati mendadak. Umumnya terjadi bertahap, mati mendadak pada posisi baterai tinggal sedikit dan mati sendiri pada posisi baterai masih 50 %.

  • Daya Baterai Bertambah dan Berkurang Tidak Wajar.
  • Kejadian ini bisa dilihat saat sedang menggunakan iphone indikator menunjukkan baterai masih 60%, tapi saat sedang membuka sebuah aplikasi hanya dalam beberapa menit tinggal 30 %. Ketika dicharge, indikator malah menunjukkan angka baterai masih 55%. Ini menunjukkan ada masalah dan mungkin saja kerusakan pada baterai.

  • Baterai Cepat Habis.
  • Gejala ini sangat mudah dilihat. Misalnya pada awal penggunaan baterai iphone anda bisa bertahan dari jam 9 pagi hingga jam 6 sore, namun dalam beberapa bulan sudah lebih cepat habis pada jam 2 siang padahal dengan penggunaan yang sama, atau bahkan hanya digunakan untuk melakukan panggilan atau menerima panggilan, berkirim pesan, berfoto selfie.

  • Tegangan Tidak Stabil.
  • 4V angka normal tegangan keluar dan masuk menuju baterai. Kemungkinan permasalahan tegangan bila di bawah tegangan tersebut bisa terjadi pada komponen yang berhubungan dengan pengisian daya, misalnya IC Power dan lainnya.

Baca Juga : Cara Memilih HP Yang Bagus

Lalu, apa penyebab baterai iPhone boros, cepat terkuras, bahkan soak ?

Penyebab Baterai iPhone Cepat Terkuras dan Boros

Penyebab baterai iPhone boros kemungkinan terjadi karena hal-hal berikut ini:

  • Platform dan fitur sistem operasi dan update iOS yang belum mendukung hemat daya
  • sOC/Chipset processor yang belum hemat baterai
  • Jenis baterai yang digunakan non-removable dan umumnya masih menggunakan jenis Li-Po, kecuali iPhone 7 series namun masih di bawah 3000 mAH (bandingkan dengan saingan lainnya yang umumnya sudah 3000 mAH ke atas)
  • Belum menerapkan fast charging (pengisian cepat) khususnya pada batre iPhone 4/iPhone 4s, iPhone 5/iPhone 5s, iPhone 6/iPhone 6s, iPhone 6 Plus/iPhone 6s Plus, dan iPhone 7/iPhone 7 Plus.
  • Penggunaan aplikasi smartphone yang menguras baterai menyebabkan baterai iphone cepat panas dan habis baterai

Dari berbagai kemungkinan diatas, yang mana yang menyebabkan iPhone kamu sering turun drastis dayanya ?

Bagaimana Cara Menghemat Baterai HP iPhone

Sejumlah pengguna iPhone mulai bertanya-tanya mengapa baterai iPhone 7, iPhone 8 maupun iPhone X mudah habis utamanya sejak upgrade iOs. Bagi sebagian orang, masalah baterai mungkin hal yang lumrah terjadi mengingat banyaknya aplikasi yang terpasang di dalamnya. Namun bagi sebagian kalangan lagi, permasalahan baterai iPhone yang sering cepat habis adalah bentuk ketidakseriusan Apple untuk memperbaiki performa ponsel iPhone. Keluhan terbaru mengenai iPhone adalah sejak update iOS 11 pada beberapa produk, misalnya pada iPhone 6 iOS 11 (sudah upgrade OS).

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena sebenarnya kamu bisa mengantisipasi sejak dini agar baterai pada ponsel iPhone yang digunakan tetap awet.

Baca Juga: Daftar HP Dengan Kamera Terbaik Di Dunia Saat Ini

Cara Menghemat Baterai Pada iPhone Agar Tidak Cepat Habis

Cara menghemat baterai iPhone seluruh OS sebenarnya sudah dicantumkan dalam petunjuk penggunaan pada paket pembelian produk.

Menurut petunjuk penggunaan baterai iPhone oleh Apple:

Kekuatan baterai adalah jangka waktu yang dijalankan perngkat sebelum perlu diisi dayanya. Sementara umur baterai adalah jangka waktu bertahannya baterai sebelum harus diganti. Oleh karena itu, untuk mendapatkan yang terbaik dalam perangkat Apple, kekuatan baterai dan umur baterai perlu dimaksimalkan.
Agar baterai iPhone tidak cepat habis bisa dilakukan dengan mencoba cara menghemat baterai iPhone berikut ini :
  • Menghemat baterai iPhone melalui settingan Power Mode dan Battery Use
  • Menghemat baterai iPhone melalui pengaturan Display dan Brightness
  • Me-nonaktifkan Background App Refresh
  • Menghemat baterai iPhone melalui settingan Accesibility (Reduce Motion dan Auto Brightness)
  • Melalui settingan Location Service saat instal aplikasi
  • Melakukan setting Selular (Cellular)

Baca Juga: Jenis Jenis Baterai iPhone Hingga Model Terbaru.

Penjelasan mengenai langkah-langkah menghemat baterai iPhone akan diulas berikut ini.

1. Menghapus Aplikasi yang Menjadi Biang Boros di Semua Seri iPhone

Cara menghemat baterai iPhone agar lebih tahan lama dan lebih panjang masa hidupnya yaitu dengan menghapus aplikasi penyebab ponsel iPhone boros melalui Settingan Battery.

Setiap aplikasi iOS berikut aplikasi lainnya yang terinstal dalam hp pasti menggunakan baterai. Untuk mengetahui aplikasi mana yang sangat boros adalah aplikasi yang besar dan berada pada urutan paling atas tapi jarang atau tidak pernah digunakan.

Bagaimana mengetahui aplikasi yang sedang berjalan di iphone ?

  • Buka Settings
  • Pilih Battery
  • Silakan lihat daftar aplikasi yang terbuka selama kurun waktu 24 jam atau 4 hari.

Dengan langkah ini kamu dapat mengetahui aplikasi apa yang paling banyak menggunakan baterai padahal jarang digunakan. Hapus saja aplikasi tersebut.

Baca Juga : Kumpulan HP Terbaik Tercanggih Di Dunia Saat Ini

2. Menghemat Baterai iPhone Melalaui Setting Power Mode

Cara agar baterai iPhone hemat dan juga awet adalah melakukan pengaturan pada Power Mode. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

  • Buka Settings
  • Pilih Battery
  • Akan terdapat beberapa opsi. Lalu pilih opsi Low Power Mode, kemudian geser tombol ke kanan sehingga opsi Power Mode menjadi aktif.

Dengan trik ini, baterai iPhone akan bertahan cukup lama dan awet ketika kamu seharian berada jauh dari sumber listrik.

3. Memperlama Daya Hidup iPhone Melalui Pengaturan Night Shift

Night Shift adalah salah satu fitur terbaru Apple, khususnya pada iOS yang telah diupgrade. Langkah-langkah setting Night Shift adalah sebagai berikut :

  • Buka Settings
  • Pilih opsi Display & Brightness
  • Pilih opsi Night Shift, lalu atur waktu untuk aktif dan tidak aktif/non aktif

Cara menghemat baterai dengan melakukan setting fitur Night Shift ini bisa diterapkan pada semua iPhone lama maupun terbaru seperti iPhone X, iPhone XR, iPHone 11, hingga iPHone 12.

4. Hindari Baterai iPhone Boros Dengan Setting Raise To Wake

Trik menghemat baterai iPHone yang cukup efektif adalah dengan melakukan pengaturan Raise To Wake. Cara setting mode Raise To Wake ini yaitu :

  • Buka Settings
  • Pilih opsi Display & Brgihtness
  • Pilih opsi Raise To Wake, kemudian geser tombol ke kiri sehingga berada dalam mode aktif

Fitur Raise To Wake biasanya berguna untuk mengaktifkan layar ketika ponsel diangkat. Tapi penggunaan mode aktif pada fitur ini menggunakan baterai. Jadi ketika fitur ini dinonaktifkan, sejumlah baterai bisa dihemat.

5. Nonaktifkan Background App Refresh Pada Semua Seri iPhone

Langkah-langkah melakukan pengaturan dan me-nonaktifkan fitur Background App Refresh sehingga iPhone lebih hemat baterainya yaitu sebagai berikut:

  • Buka Settings
  • Pilih menu General
  • Lalu pilih opsi Background App Refresh, dan geser tombol ke posisi Off

Cara menghemat baterai iPhone dengan menonaktifkan Background App Refresh ini sebenarnya trik lama. Tapi trik ini cukup efektif digunakan pada ponsel-ponsel iPhone terbaru.

6. Lakukan Pengaturan Reduce Motion Agar iPhone Lebih Hemat Daya

Hampir seluruh smartphone termasuk iPhone memiliki efek animasi. Sayangnya, efek animasi ini justru menguras baterai dan membuat baterai tidak bertahan lama. Untuk mengaktifikan fitur ini, langkah-langkahnya yaitu :

  • Buka Settings
  • Pilih General
  • Pilih Menu Accesibility
  • Pilih opsi Reduce Motion, kemudian geser tombol ke kanan sehingga berada pada mode aktif

7. SettingAuto Brightness Untuk Semua Perangkat iPhone

Auto Brightness adalah salah satu fitur iPhone yang bisa mengelola kejernihan dan kecerahan layar iphone secara otomatis dalam kondisi tertentu. Namun fitur ini bisa menguras baterai. Cara pengaturan Auto Brightness adalah sebagai berikut :

  • Buka Settings
  • Pilih menu General
  • Lalu pilih opsi Accesibility
  • Kemudian pilih opsi Display Accomodation
  • Akan muncul beberapa opsi, lalu pilih opsi Auto Brightness
  • Pada opsi Auto Brightness, geser tombol ke kiri sehingga berada pada mode non aktif

8. Lakukan Pengaturan Location Service Saat Instal Aplikasi di Ponsel iPhone

Agar kesehatan baterai iPhone dapat dipertahankan, kamu juga bisa melakukan pengaturan pada fitur GPS atau Location Service. Permintaan akses lokasi biasanya terjadi saat akan menginstal aplikasi di smartphone, misalnya pada folder di internal storage atau SD Card. Ketika proses ini terjadi, sejumlah kapasitas baterai akan terkuras.

Langkah-langkah pengaturan Location service yaitu sebagai berikut :

  • Buka Settings
  • Pilih opsi Privacy
  • Lalu pilih Location Services, lalu pilih opsi While Using atau Never

9. Lakukan Setting Selular (Cellular)

Mengakses internet adalah satu aktivitas yang paling banyak menggunakan daya. Proses pencarian sinyal (antara ada dan tidak ada sinyal) adalah saat dimana baterai ponsel termasuk iPhone tergerus. Untuk membuat baterai menjadi lebih tahan lama, langkah-langkahnya yaitu :

  • Buka Settings
  • Pilih menu Cellular
  • Kemudian pilih opsi Cellular Data Options
  • Pilih opsi Voice & Data
  • Kemudian pilih opsi 3G atau 2G

Baca Juga:

Masih boros juga ? Berikut tips menghindari pengisian baterai yang salah.

Tips Menjaga Kesehatan Baterai iPhone

  • Jangan membiarkan baterai lowbat. Kenapa baterai iPhone cepat habis terkuras ? Salah satunya karena membiarkan ponsel iPhone terlalu sering lowbat. iPhone menggunakan baterai Li-ion (Lithium ion). Akan sangat baik membiarkan iphone kehabisan baterai total setiap satu hingga dua bulan untuk mengkalibrasi alat pengukur baterai iphone.
  • Jangan membiarkan pengisian baterai hingga 100 persen. Kenapa ? Sejumlah ahli menyarankan kapasitas baterai yang terisi saat pengisian ulang adalah di antara 30 persen hingga 90 persen saja. Pada kapasitas tersebut, baterai iphone akan sangat efisien digunakan dan lebih hemat daya baterai.
  • Jangan menggunakan pengisi baterai yang salah. Pengisi daya milik Apple dirancang untuk memotong daya saat baterai mencapai 100 persen, namun kabel USB pihak ketiga yang tidak berkualitas akan menyebabkan kerusakan akibat terlalu banyak menghemat baterai.
  • Jangan menggunakan Power Bank terlalu sering. Meskipun cukup menguntungkan agar iPhone tetap menyala, namun penggunaan yang terlalu sering justru mengakibatkan kerusakan perangkat iPhone karena Power Bank memancarkan panas saat mengisi daya.

Ok sob, itu dia cara menghemat baterai iPhone yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin menyukai postingan ini

2 komentar

  1. wahyu
    Apakah trik ini bisa digunakan di hp android gan ? soalnya saya nggak punya hp iphone and kebetulan saya juga mengalami masalah hp cepat lowbet
  2. Teknoplug.com
    @Bang Yudhie, trik ini hanya berlaku di iphone. Tp di android caranya juga bisa diterapkan, hanya bahasa dan istilah pengaturannya mungkin berbeda. cara menghemat batere masing-masing ponsel beda-beda untuk setiap pabrikan, tapi perbedaannya kemungkinan besar hanya di istilah dan bahasa pengaturan saja
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>