test

5 Jenis Antivirus Gratis Terbaik Di Dunia Untuk Laptop/PC Windows 10

Antivirus terbaik untuk laptop pc mau tidak mau menjadi salah satu software wajib instal untuk melindungi PC/laptop Windows 10 maupun Windows 8 serta Windows 7 sekaligus membasmi berbagai macam virus, trojan maupun malware yang sering menginfeksi komputer. Untuk mendapatkan perlindungan optimal dan menyeluruh dari antivirus terbaik di dunia namun tidak menambah berat beban laptop Windows sebaiknya download antivirus terbaik dan ringan saja karena antivirus terbaik gratis kemampuannya tidak kalah dengan antivirus full version.

5 Antivirus Gratis Terbaik Di Dunia, Untuk PC/Laptop Windows 10/8/7/Vista/XP


antivirus windows terbaik gratis di dunia paling ampuh basmi virus


Antivirus terbaik adalah software anti virus paling ampuh membasmi virus, trojan maupun malware sekaligus memberikan perlindungan dari infeksi dan penyebarannya. Memasang aplikasi antivirus terbaik untuk PC laptop Windows yang sangat rentan terhadap serangan virus merupakan solusi alternatif paling efektif melindungi data dan file informasi yang tersimpan di dalam komputer.

Apalagi sejumlah antvirus terbaik di dunia saat ini sudah bisa di download gratis maupun berbayar. Antivirus trojan  terbaik dan ringan untuk laptop Windows 10, Windows 8, Windows 7 sangat disarankan untuk spec komputer rendah.

Dengan kata lain, antivirus terbaik adalah software anti virus yang memberikan layanan komplit baik proteksi maupun mengatasi/membasmi infeksi virus komputer sekaligus meningkatkan kinerja laptop namun tidak memberatkan pengoperasian PC paptop itu sendiri. 




Ciri-Ciri PC PC/Laptop Windows 10, Windows 8, Windows 7 Yang Terinfeksi Virus 

Virus komputer sebenarnya merupakan sejenis program komputer namun bisa menduplikasikan atau menyalin dirinya sendiri serta menyebar ke program atau dokumen lain. Virus komputer bisa merusak data serta sistem komputer. Prinsip dan cara kerjanya mirip dengan virus biologis.

Virus memang sangat merugikan baik dari sisi pengoperasian perangkat maupun dari keamanan data serta sistem komputer. Ciri-ciri PC / laptop yang terkena infeksi virus antara lain yaitu :
  • PC / laptop pengoperasiannya sangat lambat.
  • Pengoperasian komputer PC / laptop terasa sangat berat.
  • Laptop atau PC cepat/mudah panas.
  • Komputer sering hang.
  • PC / laptop sering mati sendiri.
  • Banyak hidden file atau disembunyikan
  • Umumnya file atau program yang terinfeksi virus sering berupa shortcut saja baik pada tampilan desktop maupun pada tampilan file and folder list.  
  • File tidak bisa dibuka atau dijalankan.
Seperti diketahui, Windows merupakan salah satu platform sistem operasi komputer paling banyak digunakan saat ini. Aplikasi-aplikasi dari Microsoft yang notabene adalah juragannya Windows memang dibuat cukup apik untuk laptop Windows. Namun semuanya sudah pernah terinfeksi virus. Microsoft Word dan Microsoft Excel, serta Microsoft PowerPoint cukup sering terserang infeksi virus sejak tahun 90'an dan tahun 2000'an diantaranya oleh infeksi virus Boza yang menyerang Windows 95, Virus Laroux serta Virus Melisa dan MyDoom  yang menyerang Microsoft Excel dan Microsoft Word. Beberapa aplikasi lainnya yang terkoneksi internet seperti  .NET Services dan Microsoft SQL Server bahkan sudah pernah terinfeksi virus Donut dan virus SQLSpider. Virus Blaster di tahun 2003 menyerang Windows dengan waktu infeksi yang sangat cepat dan merugikan Microsoft.


Apa Itu Antivirus

Antivirus adalah sejenis perangkat lunak atau software yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi sekaligus menghapus virus komputer dari sistem komputer. Software ini bisa menentukan apakah sistem komputer kamu telah terkena infeksi virus atau tidak. Antivirus memberikan perlindungan dan keamanan data serta sistem komputer. Biasanya antivirus berjalan pada background laptop kamu. (sumber : wikipedia).

Fungsi AntiVirus

Fungsi antivirus sangat penting yaitu memberikan perlindungan serta keamanan pada data komputer dari serangan infeksi maupun penyebaran virus. 

Pola dan cara kerja antivirus mirip dengan virus biologis. Dalam penggunaan komputer sehari-hari, virus komputer biasanya menyebar melalui media penyimpanan (contohnya flashdisk) serta melalui email maupun akses internet. 

Bagaimana Antivirus Bekerja (Cara Kerja Antivirus)


  • Antivirus melakukan pendeteksian melalui pencarian tanda-tanda keberadaan virus komputer yang telah dianalisis oleh vendor antivirus dan telah dikelompokkan jenisnya, mulai dari ukuran, daya hancur serta beberapa kategori lainnya. 
  • Antivirus melakukan pendeteksian melalui observasi terhadap bagaimana virus komputer bekerja. Pendekatan ini merupakan penerapan dalam Intrusion Detection System (IDS) yang biasa disebut dengan Behaviour-blocking System yang menggunakan kebijakan untuk mendeteksi keberadaan sebua virus. Bila ada tingkah laku perangkat lunak yang tidak wajar menurut "policy" tersebut, antivirus akan memberikan peringatan atau alarm serta notifikasi sehingga pengguna bisa memutuskan tindakan yang diperlukan.

Macam-Macam Jenis Antivirus

Berdasarkan penggunaannya, antivirus dikelompokkan menjadi 2 jenis yaitu :

  • Antivirus untuk pengguna rumah (home user), dimana antivirus berjalan biasa.
  • Antivirus pengguna jaringan (network/corporate user). Antivirus untuk versi jaringan dapat memindai komputer-komputer klien dan jaringan drive serta proses pembaruannya tidak mesti langsung melalui internet tapi melalui server jaringan. 

Antivirus juga dapat dikelompokkan berdasarkan cara mendapatkannya. 

Jenis-jenis antivirus berdasarkan cara memperolehnya terbagi atas :

  • Antivirus gratis (free antivirus) , yaitu ntivirus yang diperoleh secara gratis,
  • Antivirus trial (trial antivirus), adalah antivirus yang diperoleh secara gratis namun diberi batasan waktu,
  • Antivirus donasi (donation antivirus) merupakan antivirus yang diperoleh dengan harus mendonasi, dan
  • Antivurs berbayar (paid antivirus) adalah antivirus yang diperoleh dengan cara membeli.


Antivirus Gratis (Free Version) Adalah Antivirus Terbaik dan Ringan Untuk PC Windows 10, Windows 8, Windows 7

Ada banyak antivirus terbaru yang belakangan ini dirilis oleh sejumlah vendor. Antivirus-antivirus terbaru sekarang tidak hanya mendeteksi virus. Program antivirus terbaru telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi perangkat pengintai, kit-akar, dan perangkat perusak lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi dengan firewall untuk melindungi komputer dari serangan peretas dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan/atau virus ke kotak masuk pengguna.


Kelebihan dan Kekurangan Anti Virus Free vs Anti Virus Berbayar (Aplikasi Virus Full Version) 


Pilihan terbaik aplikasi pembasmi virus di laptop Windows 10 maupun PC Windows 8 dan Windows 7 adalah antivirus full version dan anti virus free. Kelebihan antivirus full version khususnya pada kemampuannya dalam melakukan pelacakan serta penangkaran dan fitur tindakan yang bisa dipilih oleh pengguna. Selain itu antivirus full version bisa melakukan update secara otomatis dan mengirimkan kode virus ke server untuk diklasifikasikan oleh labarotarium. AVG dan Avast adalah sedikit dari antivirus terbaik full version.

Kekurangan antivirus full version adalah anti virus berbayar dan biasanya mengharuskan spesifikasi perangkat yang cukup tinggi. Filenya juga cukup berat. Oleh karena itu, agar tidak memberikan dampak buruk terhadap kinerja perangkat sebaiknya pasang software antivirus terbaik dan ringan. Biasanya antivirus terbaik free tergolong antivirus terbaik dan ringan sehingga sangat cocok dipasang di laptop PC Windows 10 yang tergolong platform berat dan canggih.


Antivirus free version kemampuannya tidak kalah dengan yang full version. Bahkan bisa dikatakan antivirus versi gratis merupakan antivirus terbaik dan ringan untuk PC Windows 10, Windows 8, Windows 7 maupun Windows Vista/XP.


Daftar Antivirus Gratis Terbaik 2017/2018 Di Dunia, Ringan Untuk PC/Laptop Windows 10, 8, 7


Windows 10 merupakan platform Windows terbaru yang diklaim sebagai OS Windows tercanggih dengan ragam fitur yang menghadirkan kemudahan dilengkapi pelindung dari virus (Windows Defender) seperti halnya Windows 7 atau Windows 8, namun Windows 7 dan Windows 8 memiliki kerentanan lebih tinggi terhadap infeksi malware atau trojan. Serangan ransomware bernama WannaCry tahun lalu cukup memiliki dampak terhadap PC/laptop Windows 10, termasuk Windows 7 dan Windows 8 meskipun telah dipasang antivirus terbaik 2017 windows 10 maupun antivirus terbaik 2017 windows 7.

Oleh karena itu, meskipun telah dipasang Windows Defender namun tetap saja diperlukan software tambahan yang bisa melindungi perangkat PC Windows 10, PC Windows 8 maupun laptop Windows 7 selama perangkat tersebut dalam kondisi menyala atau sedang beroperasi.

Untuk memberikan perlindungan maksimal, berikut ini adalah software antivirus gratis terbaik yang bisa menangkal sekaligus membasmi virus-virus bandel. Antivirus ini sangat recommended dan merupakan antivirus terbaik di dunia. 


5 Antivirus Terbaik Di Dunia, Gratis, Dan Ringan Untuk PC/Laptop Windows 10


  • AVG Free Antivirus
  • Avast Free Antivirus
  • Avira Free Antivirus
  • Kaspersky Antivirus Free
  • Antivirus Smadav


AVG Antivirus Free merupakan salah satu antivirus terbaik 2017 Windows 10, Windows 7 dan Windows 8. Aplikasi antivirus malware gratis ini tergolong canggih dan merupakan salah satu antivirus terbaik di dunia. Meskipun saat ini telah diakuisisi Avast, AVG Antivirus sangat recommended untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap sejumlah malware. Sejumlah labs dan tim keamanan perangkat sangat merekomendasikan AVG Antivirus Free untuk perlindungan dan membasmi virus pada PC / laptop Windows 10, Windows 8, Windows 7. 

antivirus gratis terbaik untuk pc windows 10, 8, 7


Kelebihan AVG Antivirus Free 
  • AVG Antivirus adalah salah satu aplikasi antivirus terbaik 2017 dan antivirus terbaik di dunia.
  • AVG Antivirus Free 2018 merupakan Antivirus yang menawarkan Proteksi Virus malware, spyware, trojan dan lainnya pada perangkat komputer Windows 10. 
  • AVG Antivirus yang cocok untuk Windows 8 dan Windows 7. 
  • Antivirus terbaik untuk Linux maupun Android.
  • Antivirus yang cocok untuk smadav, salah satu aplikasi antivirus ringan PC gratis lainnya.
  • Antivirus offline terbaik yang cukup ampuh meskipun tidak terkoneksi dengan internet.
  • AVG Antivirus merupakan antivirus Windows Anti rookit serta mampu melakukan report program dan melacak cookie web dan program.
  • Fitur Link Scanner, bisa digunakan untuk scanning, Scan boot time (pemindaian runtime saar komputer dinyalakan).
  • Scanning dan perlindungan bersifat menyeluruh pada perangkat komputer PC / laptop.
  • Fitur Residen Shield yang memberikan perlindungan optimal selama PC / laptop Windows beroperasi.
  • Identify protection.
  • Pengamanan sistem dan analisis komputer atau laptop PC
  • Bisa diupdate dengan pengaturan waktu tertentu sesuai keinginan.

2. Avast Free Antivirus, Antivirus Terbaik 2017 Untuk Windows 10, Windows 8, Windows 7 

Ini dia antivirus terbaik saat ini. Avast Antivirus merupakan Antivirus terbaik tahun ini yang bisa memberikan perlindungan maksimal untuk perangkat laptop Windows 10 kamu. Bukan hanya Windows 10, Avast juga memberikan kenyamanan pada PC Windows 8 dan Windows 7.

antivirus terbaik untuk laptop windows 10, 8, 7 gratis


Oleh banyak lembaga dunia, Avast Antivirus adalah pilihan utama untuk perlindungan komputer perbankan dan online shop. Rilis terbaru software Avast Free Antivirus 2018 merupakan antivirus tercanggih saat ini yang sudah mengalami peningkatan dibandingkan pendahulunya. 

Kelebihan Avast Antivirus Free 2017 dan Avast Free Antivirus 2018 
  • Avast Antivirus serta Avast Free Antivirus adalah Antivirus Terbaik 2017 serta merupakan software antivirus gratis terbaik di dunia.
  • Avast antivirus adalah software Antimalware yang bagus dengan Anti Sypware built in.
  • Avast Free Antivirus merupakan salah satu antivirus terbaik gratis untuk Windows 10 laptop
  • Avast Free Antivirus juga antivirus yang cocok untuk Windows 8 dan Windows 7 PC
  • Avast adalah antivirus Windows 10 terbaik dengan fitur Anti Rookit built in dan Antivirus Karnel
  • Web Shield and Resident Protection sehingga memberikan perlindungan menyeluruh pada laptop / PC dari penyebaran malicious malware, trojan serta virus komputer paling berbahaya lainnya.
  • Tampilan user Interface.
  • Scan boot time (pemindaian runtime saar komputer dinyalakan)

3. Avira Free Security Suite, Antivirus Windows 10/8/7 Terbaik dan Mudah Instalasinya

Avira Free Security Suite merupakan paketan software gratis dari Avira, dimana didalamnya sudah termasuk Avira Free Antivirus, Avira Free System SpeedUp, dan Phantom VPN. Avira Free Antivirus sangat menjanjikan khususnya pada laptop Windows 10 maupun Windows 8 dan Windows 7. Meskipun versi gratis, keamanan software ini sangat terjamin dan high quality, yang memberikan perlindungan menyeluruh selama 24 jam atau selama perangkat beroperasi penuh. 

antivirus gratis terbaik untuk windows 10, 8, 7


Keunggulan Avira Free Antivirus
  • Support fitur Proteksi terhadap virus berbahaya pada laptop / PC Windows.
  • Salah satu antivirus gratis terbaik di dunia paling recommended.
  • Antivirus yang cocok untuk Windows 10
  • Antivirus yang cocok untuk Windows 8 dan Windows 7
  • Antivirus terbaik yang bisa melakukan Scanning dan analisis virus.
  • Antivirus terbaik PC yang sudah AntiRookit untuk perlindungan terhadap rookit.
  • Antivirus terbaik Windows 10. Windows 8, Windows 7 dengan fitur Antispyware sehingga memberikan perlindungan dari spyware dan adware pada laptop / PC.
  • Proses instalasi yang mudah dan cepat terpasang di perangkat PC. 
  • Merupakan aplikasi Antivirus terbaik yang bisa realtime dan cepat untuk memindai dan mengatasi komputer atau laptop dari berbagai virus seperti trojan, backdoor, worms, malware dan sebagainya.
  • Merupakan software antivirus yang senantiasa mengawasi gerak gerik suatu program dan akan langsung mencegah virus yang akan menyerang dan juga membersihkan virus.


Kekurangan

Avira Antivirus bukanlah antivirus ringan, karena jika berjalan di komputer atau laptop spesifikasi rendah misalnya di RAM 1Gb – 2Gb komputer terasa berat.

4. Kaspersky Free Antivirus, Antivirus Terbaik Web Protection Untuk Laptop / PC Gratis

Antivirus gratis buatan Rusia ini merupakan paketan dari Kaspersky full version. Meskipun beberapa fitur dari full version tidak berfungsi di antivirus Kaspersky versi gratisan, namun salah satu software antivirus wajah lama ini sangat baik dalam melakukan proteksi serta scanning. Bersama AVG, Avast dan Avira merupakan wajah lama yang cukup terkenal untuk mengatasi sejumlah virus dan malware. 

antivirus terbaik gratis untuk pc laptop kaspersky


Keunggulan Kaspersky Antivirus Free
  • Navigasi sangat mudah dimengerti.
  • Fitur File Antivirus, yang melakukan scanning terhadap file baik saat sedang terbuka atau sedang dijalankan maupun dalam keadaan tersimpan.
  • Fitur Web Antivirus, dimana antivirus terbaik ini akan melakukan scan dan perlindungan terhadap traffic maupun aplikasi browser untuk PC laptop Windows yang sedang terbuka atau sedang dijalankan.
  • Fitur Mail Antivirus, akan melakukan scanning dan perlindungan terhadap pesan masuk maupun pesan keluar dari objek berbahaya.

5. Smadav, Antivirus Terbaik Dan Ringan Untuk Laptop Windows 7, Windows 8, Windows 10

Smadav Antivirus adalah antivirus terbaik gratis buatan lokal. Antivirus Smadav terbaik 2016 ( Smadav Antivirus 2016) cukup dipercaya saat itu. Saat ini download antivirus smadav untuk laptop semakin meningkat yang membuktikan bahwa antivirus Smadav merupakan salah satu sofware antivirus terbaik gratis yang cocok untuk laptop windows 10, windows 8 maupun windows 7 hingga OS lama Windows XP/Vista. TeknoPlug sendiri menggunakan Smadav sejak tahun 2007 lalu. Banyak kelebihan yang cukup menjanjikan dari antivirus terbaik dan ringan ini. 

antivirus terbaik dan ringan untuk laptop 2017


Kelebihan Smadav Free
  • Smadav adalah Antivirus terbaik dan ringan.
  • Smadav merupakan antivirus terbaik gratis yang mudah diinstal dan merupakan antivirus yang cocok untuk Windows 10, Windows 8, Windows 7.
  • Banyak software terbaik antivirus yang cocok dengan Smadav.
  • Smadav melakukan perlindungan secara otomatis sejak pertama kali laptop / PC dioperasikan hingga ketika dishutdown.
  • Setiap tahun Antivirus gratis terbaik dan ringan ini selalu diupgrade sehingga semakin canggih.
  • Smadav bisa disematkan dalam flash disk sehingga flash disk cukup aman untuk melakukan pemindahan data.
  • Bisa menampilkan dan memulihkan file yang sudah terhidden akibat infeksi virus komputer. 

Baca Juga :


Masukan Dan Saran
Antivirus terbaik untuk PC / Laptop berplatform Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows XP/Vista harus memiliki fitur scanning serta perlindungan secara menyeluruh,  dan tindakan sehingga penggunaan laptop terlindung dari infeksi virus maupun malware. 

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk meningkatkan performa perangkat serta terlindung dari aneka macam virus, malware, trojan dan objek-objek berbahaya lainnya, maka sedari dini kamu sudah harus instal antivirus terbaik. Tapi ingat, jangan pasang software antivirus utama secara bersama hingga 2 atau 3 software. Ini justru berakibat fatal pada laptop / PC kamu, karena komputermu bisa hang atau bahkan mati sendiri karena kelebihan beban. 

Pastikan spesifikasi perangkat kamu cukup mumpuni kalau ingin memasang antivirus terbaik namun berkapasitas besar seperti Kaspersky atau Avira atau AVG. Mengapa ? karena cara kerja antivirus adalah running on background, maka laptop / PC kamu harus didukung dengan kemampuan multitasking yang ditopang oleh processor, RAM dan internal storage. 

Nah, sobat TeknoPlug, kamu bisa Atasi Virus Pakai AntiVirus Gratis Terbaik Di Dunia Untuk PC / Laptop Windows 10, Windows 8, Windows 7. Agar perlindungan lebih komplit, sebaiknya pasang satu antivirus utama dan antivirus pendukung agar bisa saling melengkapi, misalnya AVG Antivirus dengan Smadav, atau Avast Antivirus plus Smadav. 
Labels: Antivirus, Komputer, Teknonews

Terima Kasih Telah Membaca Artikel 5 Jenis Antivirus Gratis Terbaik Di Dunia Untuk Laptop/PC Windows 10 . Silakan Berbagi...

2 Comment for "5 Jenis Antivirus Gratis Terbaik Di Dunia Untuk Laptop/PC Windows 10 "

antivirus terbaik menurut gw sih AVG. Gw pasang duet sama Smadav, lumayanlah. Kalo Avira and Avast agak ngeri-ngeri juga soalnya tuh antivirus langsung bunuh aja, file gw ikutan kebasmi juga.

laptop gw agak-agak lemot, jadi gw pasang antivirus buat pc ringan aja biar gak hang.

Software

Back To Top