Inilah Kelebihan, Spesifikasi, Harga Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus

Kelebihan, Spesifikasi, Harga Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus - Samsung Galaxy S9/S9 Plus Release Date akhirnya resmi diluncurkan Februari 2018 lalu. Oleh para pengamat, ponsel pintar besutan pabrikan asal Korea ini punya spesifikasi terbaik, dan tercanggih untuk jajaran high end tahun ini yang menawarkan berbagai kelebihan serta fitur-fitur terbaru. Apa saja kelebihan dari Samsung Galaxy terbaru ini ? 


kelebihan, harga dan spesifikasi ponsel Samsung Galaxy S9/S9 Plus
HP Samsung Terbaru Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus


Samsung Galaxy S9
dan Samsung Galaxy S9 Plus ini kehadirannya bisa dikatakan cukup mengejutkan karena selisih waktu rilis Galaxy S9/S9 Plus sangat berdekatan setelah dirilisnya Samsung Galaxy S8/S8 Plus. Hadirnya Samsung terbaru 2018 ini jelas menambah koleksi deretan Samsung Galaxy yang selama ini cukup terkenal sejak awal pembuatan HP Android Samsung. 

Oleh sebagian kalangan, Samsung Galaxy S9 serta Samsung Galaxy S9 Plus dianggap sebagai hp Samsung terbaik dan tercanggih saat ini. Produk termutakhir Samsung Mobile ini spesifikasinya beda-beda tipis tapi punya fitur yang lebih baik dibandingkan pendahulunya Samsung Galaxy S8. Kehadiran Samsung Galaxy S9, serta saudara kandungnya Samsung Galaxy S9 Plus 

Sebagai catatan, Samsung Galaxy S8 dan saudaranya Samsung Galaxy S8 Plus merupakan hp samsung terbaru 2017/2018 yang termasuk dalam urutan HP Samsung Galaxy Terbaik. Terlebih lagi Samsung S8 adalah produk hp samsung terbaru dengan spesifikasi high end untuk jajaran Samsung Galaxy S Series. 

Apakah Samsung S9 dan S9 Plus termasuk dalam HP Samsung termahal  dan tercanggih ?

Keunggulan dan kelebihan Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus terletak pada processor, GPU, RAM, penyimpanan yang besar dan fitur kamera. Lebih detil mengenai keunggulan dan kelebihan yang dihadirkan oleh Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus dijelaskan berikut ini.

Perbedaan Samsung Galaxy S9 dengan Samsung Galaxy S9 Plus

Pada dapur pacu, Samsung menyematkan prosesor Snapdragon 845 dan Exynos 9810 octa-core di Galaxy S9 dan S9+. Sesuai kebiasaan Samsung, pengguna di kawasan Amerika Serikat dan China mendapatkan handset dengan Snapdragon, dan di luar kedua negara itu mereka mendapatkan handset dengan Exynos.

Mengikuti dengan prosesor, GPU yang digunakan juga memiiliki perbedaan di mana handset dengan CPU Exynos menggunakan Mali-G72 MP18, dan Snapdragon menggunakan Adreno 630.

Adapun perbedaan antara Galaxy S9 dan S9+, terdapat pada kapasitas RAM yang disediakan. Galaxy S9 mendapatkan RAM 4 GB dan Galaxy S9+ mendapatkan RAM 6 GB. Selain itu kapasitas baterainya pun berbeda, 3.000 mAh di Galaxy S9 dan 3.500 mAh di Galaxy S9+.

Sedangkan dari segi ruang penyimpanan, Samsung memberikan kapasitas yang sama yakni mulai dari 64 GB, 128 GB, hingga 256 GB. Kapasitas maksimal pada microSD pun sama-sama mendukung hingga 256 GB


Kelebihan Samsung Galaxy S9, Dan Galaxy S9 Plus


Seperti diketahui, HP Samsung Galaxy S Series adalah salah satu dari sekian banyak keluarga Samsung Galaxy. Beberapa keluarga android Samsung Galaxy lainnya yang cukup mentereng spesifikasinya antara lain Samsung Galaxy A Series dan Samsung Galaxy Note Series yang spesifikasinya juga cukup handal. Bersama Samsung Galaxy J Series, Samsung smartphone seakan memberikan solusi bagi pengguna smartphone dengan berbagai pilihan, baik pilihan spesifikasi maupun pilihan harga. 

Sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S9, dan Samsung Galaxy S9 Plus adalah sebagai berikut.

1. Fitur Kamera Terbaru Super Slo-Mo, Mampu Menangkap Objek Bergerak 

Kecanggihan lainnya yang tersemat dalam HP Samsung Galaxy S9/Galaxy S9 Plus ini yaitu fitur-fitur terbaru berteknologi tinggi. Contohnya yaitu fitur Super Slo-Mo terbaru pada kamera yang tidak dimiliki hp samsung lainnya. 

.Pada iklan HP Samsung terbaru Galaxy S9 yang berdurasi beberapa detik, diketahui bahwa Galaxy S9 sengaja diciptakan untuk bisa menangkap objek yang sedang bergerak dengan kecepatan tinggi.

Fitur kamera DSLR yang biasa digunakan untuk field photography untuk dokumentasi olahraga seperti sepak bola, bola basket dan olahraga bergerak lainnya, termasuk juga otomotif. Ini karena adanya 'super slo-mo' yang merupakan fitur andalan hp terbaru Samsung dengan kamera terbaik ini.

Membandingkan fitur kamera Galaxy S9 vs Galaxy S7, Samsung Galaxy S7 masih berada di bawah Galaxy S9. Sama-sama mengusung fitur Slo-Mo (slow motion capturing), kemampuan Galaxy S9 jelas berada di atas karena sudah menggunakan versi Super Slo-Mo yang belum dimiliki Galaxy S8 meskipun masih mampu menangkap objek yang bergerak cepat.

2. Kamera Bagus Yang Menghasilkan Gambar Berkualitas Tinggi Dengan Low Light Photography dan Variable Aperture

Fitur low light photography adalah salah satu kemampuan yang dimiliki kamera Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9 Plus, dimana kameranya bisa menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi meskipun cahaya yang tersedia sangat sedikit. Ini disebabkan oleh spesifikasi dan kemampuan aperture (bukaan lensa) Samsung Galaxy S9 yang hampir menyerupai kamera DSLR.

Pengaturan aperture Galaxy S9 yang menduplikasi kemampuan kamera DSLR juga didukung oleh variabel aperture dan Low Light Photography. Dengan dukungan seperti ini, Galaxy S9 (mungkin) memang sengaja dibuat agar mampu menangkap objek yang berkualitas meskipun cahaya yang diterima sangat sedikit atau dalam kondisi reman-remang (temaram).

Fitur low light photography Samsung Galaxy S9/S9 Plus vs Galaxy S8/S8 Plus vs Galaxy S7/S7 Plus menempatkan Samsung Galaxy S9 pada posisi teratas untuk high quality image. Ini karena fitur dan kemampuan menangkap gambar pada kondisi cahaya yang kurang pada Galaxy S8 dan S7 berada di bawah level Galaxy S9.

3. Punya Fitur Terbaru Animoji (3D Emoji)

Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9 Plus ditengarai sebagai smartphone kamera tercanggih karena keduanya sudah disematkan fitur terbaru 3D Emoji. Fitur ini mirip dengan Animoji miliki iPhone X. Adanya fitur 3D Emoji ini bisa mengkopi wajah yang dibidik dengan mengubahnya menjadi karakter emoji.

4. Material Metal Tahan Gores

Samsung Galaxy S9 Plus juga punya material yang sama dengan Samsung Galaxy S9. Salah satu channel Youtube JerryRigEverything melakukan percobaan kepada Samsung Galaxy S9 Plus tidak lama setelah HP Samsung android terbaru ini diumumkan.

Zack Nelson melalui channel Youtube tersebut menggores layar Samsung S9 2018 menggunakan obeng paku mulai level goresan skala 1 hingga 9. Pada level 6 goresan terlihat di earpiece. Ini membuktikan bahwa material pada bagian earpiece benar-benar terbuat dari metal.

Percobaan lain yang dilakukan untuk membuktikan kebenaran material berbahan metal pada Samsung S9/S9 Plus adalah dengan menggores rangka body menggunakan cutter. Hasilnya terlihat goresan yang cukup kentara, membuktikan bahwa Samsung telah mengupgrade material metal pada HP Android Samsung s9.

5. Materialnya Mampu Melindungi Kamera Dengan Baik

Ketika menggoreskan cutter pada kamera depan dan kamera belakang, tidak menimbulkan bekas sama sekali. Selain itu ketika menggores sensor sidik jari meskipun sudah terdapat bekas goresan namun sensor sidik jari masih berjalan normal. 


Selain melakukan goresan, Samsung S9 juga dibakar pada permukaan layarnya. Dalam hitungan 12 detik muncul noda putih namun seketika hilang dengan cepat ketikan api dijauhkan dari layar. 

6. Body Build Tangguh Yang Sudah Tersertifikasi (Tahan Kondisi, Tidak Mudah Bengkok)

Kelebihan lain yang dimiliki smartphone Samsung Galaxy S9, dan Galaxy S9 Plus adalah pada body buildnya yang cukup tangguh, tahan kondisi dan sudah bersertifikat. Hal ini karena bagian depan dan belakang yang dilapisi kaca sehingga tidak mudah dibengkokkan.

Selain menggores dan membakar, juga dilakukan percobaan untuk mengetes body build/kekokohan body Samsung Galaxy S9 Plus. Caranya yaitu dengan membengkokkan hp android samsung terbaru tersebut. Hasilnya, HP Samsung Galaxy terbaru ini tidak bisa bengkok karena berlapis kaca pada bagian depan dan belakang.

7. Teknologi Jaringan Support Akses Internet Cepat (Wifi dan 4G LTE)

Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9 Plus sudah mampu mengakses internet  pada jaringan LTE. Dengan kemampuannya beroperasi pada jaringan internet HSPA dan LTE, bisa dipastikan pengguna akan sangat leluasa mengakses internet dan konten-konten serta aplikasi berbasis internet cepat. 

Selain mengakses internet HSPA dan LTE, smartphone Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus juga bisa mengakses jaringan Wi-Fi secara otomatis selama modem wi-fi aktif.

8. Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9 Plus Punya RAM Besar (4GB-6GB)

Setiap tahun Samsung Smartphone selalu melakukan perbaikan dan peningkatan pada setiap produknya. Selain untuk memuaskan pengguna, juga untuk memberikan berbagai pilihan terbaik sesuai kebutuhan. Jadi jangan tanyakan apalagi membandingkan Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9 Plus dengan Samsung Galaxy S generasi awal (Samsung Galaxy S1, Galaxy S2, Samsung Galaxy S3, Samsung Galaxy S4) karena dari segi apapun Galaxy S9 jelas jauh lebih unggul..

Dalam hal ini, diketahui bahwa Galaxy S9 dan S9 Plus menyematkan RAM besar yaitu 4GB untuk Galaxy S9 dan 6 GB untuk Galaxy S9 Plus. Besarnya RAM dan ruang penyimpanan akan sangat membuat pelanggan puas untuk menyimpan semua file dan dokumen besar, baik foto maupun video/film.

Kecepatan akses memori dan kecepatan pengoperasian yang tinggi oleh processor serta ruang penyimpanan besar belakangan ini menjadi salah satu syarat utama untuk menyandang status HP Terbaik. Penggunaan RAM cukup besar pengaruhnya dalam mendukung kecepatan akses memori. Sama halnya seperti komputer laptop, RAM yang besar dengan frekuensi akses tinggi akan menentukan performa perangkat serta hasil yang berkualitas.

Selain kelebihan-kelebihan di atas, Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus juga mumpuni dalam hal editing. Untuk urusan editing, Samsung Galaxy S9 serta Galaxy S9 Plus sama-sama dilengkapi fitur photo/video editor sehingga pengguna bisa mengedit file apa saja di smartphone samsung terbaru ini. 

9. Baterai Lebih Besar, Lebih Hemat, dan Lebih Cepat Pengisiannya

Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus merupakan hp samsung baterai besar dan merupakan salah satu hp yang hemat daya. 

Hal ini karena hp android samsung galaxy S9 2018/Galaxy S9 Plus memiliki baterai 3000mAH (Galaxy S9) dan 3500mAH (Galaxy S9 Plus) serta sudah memiliki teknologi fast charging yang bisa mengisi baterai dengan cepat.

Membandingkan baterai Galaxy S9 vs Galaxy S6 vs Galaxy S7, baterai Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus cukup hemat dan lebih baik performanya dibandingkan kompetitornya tersebut.

Bagaimana dengan Samsung Galaxy S9 vs Samsung Galaxy 8 ? Keduanya memiliki kemampuan setara dalam hal daya tahan baterai. Hanya faktor X yang menentukan, yaitu aplikasi dan fitur yang digunakan sehari-hari dalam kedua smartphone Samsung android tersebut.

10. Menggunakan Versi Android Terbaru Android 8.0 Oreo

Seiring dengan kemajuan teknologi, versi Android terus mengalami peningkatan menjadi lebih baik. Hal ini dimanfaatkan oleh Samsung dengan menyematkan versi Android terbaik yang tertinggi saat ini, yaitu Android 8.0 Oreo. 

Dengan menyematkan Android Oreo sebagai sistem operasinya membuat performa Galaxy S9 serta Galaxy S9 Plus berada dalam posisi teratas.


Kamera Samsung Galaxy S9 Vs Kamera Samsung S9 Plus 


Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus digadang-gadang merupakan hp Samsung kamera terbaik terbaru flagship yang memberikan fitur-fitur terupdate dengan sejumlah perbaikan dari seri Galaxy sebelumnya (Galaxy S8). Hal ini dinyatakan oleh situs review gadget ternama, Trusted Reviews (trustedreviws.com), 

Samsung Galaxy S9 memiliki kamera belakang 12 MP. Kedua hp terbaik Samsung terbaru ini memiliki kesamaan pada resolusi kamera depan yaitu sebesar 8MP.

Memang ada yang berbeda dari kedua hp kamera terbaik Samsung ini. Perbedaan itu terdapat pada spesifikasi kamera dan fiturnya. Tapi kedua jenis hp kamera terbaru Samsung ini  memiliki aperture yang tinggi. Fitur aperture untuk menyesuaikan cahaya yang masuk melalui lensa, dimana pada Samsung Galaxy S9 memiliki kecerahan yang tinggi yaitu f/1,6.

Samsung Galaxy S9 kamera belakangnya hanya satu (single camera snapper) dengan resolusi 12 MP dan telah memiliki fitur OIS (Optical Stabilization Image). Sementara Samsung Galaxy S9 Plus memiliki kamera belakang dual kamera (dual camera set up) masing-masing sebesar 12 MP.

Aperture Samsung Galaxy S9 vs Samsung Galaxy S9 Plus

Penggemar fotografi akan sangat dimanjakan dengan fitur kamera hp Samsung Galaxy S9, karena pengguna bisa mengatur aperture sebelum melakukan pemotretan yang sama dengan kamera DSLR. Samsung pernah merilis hp kamera dengan aperture mirip DSLR yaitu pada smartphone high end W2018 (edisi khusus hanya di Tiongkok) beberapa waktu lalu.

Berbeda halnya dengan Galaxy S9, Samsung Galaxy S9 Plus memiliki aperture yang berbeda pada masing-masing kamera dualnya. Ponsel terbaru Samsung Galaxy S9 Plus memiliki masing-masing aperture f/1,5 dan aperture f/2,4. HP Samsung Galaxy S9 Plus bisa mengambil gambar pada saat yang bersamaan sehingga bisa berfungsi untuk wide-angle dan zoom shooting.

Perbandingan Kamera Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus Vs Seri Galaxy Sebelumnya

Bagi anda yang menyukai aktivitas fotografi, selfie atau vlogging (video blogging), Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9 Plus bisa menjawab kebutuhan anda akan perangkat hp dengan kamera terbaik untuk selfie.

Seperti halnya Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus, smartphone terbaik paling baru Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus ini sudah memiliki autofocus pada kamera depannya yang memiliki resolusi 8MP.

Tidak berbeda dengan kamera belakang, kamera depan Samsung Galaxy S9 juga memiliki fitur slo-mo sehingga bisa mengambil foto objek yang bergerak dengan hasil yang baik.

Bandingkan dengan beberapa produk hp samsung kamera sebelumnya pada Samsung Galaxy S Series.  Samsung S9/S9 Plus vs Samsung Galaxy S6 vs Samsung Galaxy S6 Plus vs Samsung Galaxy S7 vs Samsung Galaxy s7 Plus. Hasilnya ?

Jangan ditanya deh. Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9 Plus sudah punya kamera depan dengan spesifikasi oke. Samsung Galaxy S9 masih jauh lebih tangguh performanya.

Satu-satunya pesaing tangguh Galaxy S9 dan S9 Plus untuk jajaran HP Samsung Galaxy S adalah Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus. Membandingkan Samsung Galaxy S9 vs Samsung Galaxy S8 vs Galaxy S8 Plus untuk spesifikasi kamera hampir merata. Jangan lupakan, predikat salah satu HP Kamera Terbaik 2017 tersemat pada Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S8 Plus yang performa dan fitur kameranya setara dengan Apple iPhone 8s dan iPhoe X.


Spesifikasi dan Harga Terbaru Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus


Samsung Galaxy merupakan brand smartphone Samsung yang menjelma menjadi smartphone tercanggih sejak dimulainya era android. Deretan hp Samsung Android sukses meraih banyak simpati dan mengambil hati pengguna smartphone android.

Secara kualitas, Samsung S9 dan Samsung S9 Plus adalah dua merk hp Samsung yang paling bagus kualitasnya. Namun sebagai hp Samsung terbaik dan tercanggih, tidak menjadikan Samsung S9 dan Samsung S9 Plus sebagai hp Samsung paling mahal dan canggih. Kalau canggih, jelas iya. Kalau mahal ?

Harga Samsung Galaxy S9, dan Harga Samsung Galaxy S9 Plus

Harga HP terbaru Samsung Galaxy S9 berkisar sekitar 840 Euro atau sekitar Rp 11,5 Juta untuk model RAM 4GB memori 64 GBSementara untuk harga Samsung Galaxy S9 Plus dibanderol dengan Rp 12.999.000 (untuk tipe RAM 6GB/memori 64GB) dan Rp 14.499.000 (untuk model RAM 6GB/memori 256GB).

Bila dibandingkan dengan harga Samsung Galaxy Seri J (J1, J2, J3, J5, J7 Pro dan Prime) jelas harga Samsung Galaxy S9 serta harga Galaxy S9 Plus jauh lebih mahal. Apalagi kalau dibandingkan dengan kompetitor sejenis asal Asia seperti Oppo F3/F3s/F5/F5s serta F7. Tapi kalau dibandingkan dengan kompetitor lainnya seperti Google Pixel 2XL, atau iPhone harganya cukup berimbang. 

Samsung Galaxy S9 sudah mendapatkan sertifikat TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) dari Kementerian Perindustrian Indonesia. Dengan adanya sertifikat ini, maka Samsung Galaxy S9 sudah resmi dirilis untuk pasar smartphone di Indonesia.

Menurut beberapa informasi dari sejumlah situs, nomor model yang akan dirilis yaitu SM-G960F untuk nomor model Galaxy S9 dan SM965F untuk Galaxy S9 Plus. Informasi dari laman P3DN, Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus telah memenuhi komponen TKDN 31,7 persen. Dalam laman P3DN, tertulis sertifikat TKDN dengan nomor 146/ILMATE/TKDN/1/2018 diberikan kepada PT Samsung Electronics Indonesia (sumber : Liputan6.com, Jumat (19/1/2017).


Spesifikasi Samsung Galaxy S9 

  • OS : Android 8 Oreo
  • Tinggi : 147,7 mm, Lebar : 68,7 mm, Tebal : 8,5 mm, Berat : 163 gram 
  • Layar :  5,8 inci Quad HD + Curved Super AMOLED, rasio layar 18,5:9, 570ppi 
  • Anti-debu, anti-air (seritifikat IP687 )
  • SIM : Dual SIM (Hybrid SIM) Nano SIM + Nano SIM atau MicroSD 
  • Konektor : USB Type-C, Audio jack 3,5 mm 
  • CPU : Exynos 9810 (Indonesia) atau Snapdragon 845, 10nm, 64-bit, Octa-core processor (2,7/2,8 GHz Quad + 1,7 GHz Quad) 
  • RAM/memori : 4 GB/64 GB + up to 400 GB via microSD card 
  • Sensor : Iris sensor, Pressure sensor, Accelerometer, Barometer, Fingerprint sensor, Gyro sensor, Geomagneti sensor, Hall sensor, HR sensor, Proximity sensor, RGB Light sensor 
  • Kamera utama : 12 Megapiksel dual aperture F1,5 dan F/1,4, video 1080p 
  • Kamera depan : 8 MP AF (F/1,7) Video slow-motion 960 fps resolusi 720p/240 fps resolusi 1080p Konektivitas Bluetooth 5.0, NFC, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4/5GHz), VHT80 MU-MIMO, 1024QAM Baterai 3.000 mAh 

Spesifikasi Samsung Galaxy S9 Plus 

  • Sistem operasi : Android 8 Oreo
  • Tinggi : 158,1mm, Lebar : 73,8 mm, Tebal : 8,5 mm, Berat : 189 gram 
  • Anti-debu, anti-air(seritifikat IP687)
  • Layar : 6,2 inci Quad HD + Curved Super AMOLED, rasio 18.5:99,10, 529ppi 
  • SIM : Dual SIM (Hybrid SIM): Nano SIM + Nano SIM or MicroSD slot 
  • Konektor : USB Type-C, Audio jack 3,5 mm 
  • CPU : Exynos 9810 (Indonesia) atau Snapdragon 845, 10nm, 64-bit, Octa-core processor (2,7/2,8 GHz Quad + 1,7 GHz Quad) 
  • RAM/memori : 6 GB/64 GB atau 256 GB + up to 400  GB via microSD card 
  • Sensor : Iris sensor, Pressure sensor, Accelerometer, Barometer, Fingerprint sensor, Gyro sensor, Geomagnetic sensor, Hall sensor, HR sensor, Proximity sensor, RGB Light sensor 
  • Kamera utama : Dual Camera with Dual OIS - Wide-angle: Super Speed Dual Pixel 12MP AF sensor (F1.5/F2.4) - Telephoto: 12MP AF sensor (F2.4) 
  • Kamera depan : Dual 16MP + 8 MP, f/1.9, 1080p, Video slow-motion960 fps resolusi 720p/240 fps resolusi 1080p 
  • Konektivitas : Bluetooth 5.0, NFC, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4/5GHz), VHT80 MU-MIMO, 1024QAM 
  • Baterai : 3.500 mAh 

Baca Juga :
Labels: Smartphone, Teknonews

Thanks for reading Inilah Kelebihan, Spesifikasi, Harga Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus. Please share...!

5 Comment for "Inilah Kelebihan, Spesifikasi, Harga Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus"

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog. - Hapus

Oh jadi ini toh Samsung Galaxy S9 ? Beda-beda tipis ya sama Samsung Galaxy S8.

Mungkin perbedaannya di fitur kamera hp samsung terbaru ini kayaknya ya, udah pake Super slo-Mo.

Tapi sukses deh buat Samsung S 9 sama S9 Plus ya, nambah lagi nih koleksi Android Samsung Galaxy.

Yakin nih bakal ada lagi Samsung GAlaxy yang baru

Makin keren kayaknya Samsung GAlaxy ya, tambah lagi keluarganya.

Tapi ngomong-ngomong, apa bener Samsung Galaxy S9 sama Galaxy S9 Plus itu termasuk hp terbaik di dunia ?

Itu diulasannya TeknoPlug HP Samsung S9 bisa dikategorikan hp terbaik di dunia. Dasarnya apa ?

Iya nih mas.
Fitur Super Slo-Mo nya itu yang bikin Samsung Galaxy S9 ini kameranya keren.

Mengacu ke aspek dan kriteria HP Terbaik dan HP Kamera Terbaik, Samsung GAlaxy S9 dan S9 Plus ini tergolong hp terbaik.

Mungkin bisa baca artikelnya mas aspek dan kriteria hp kamera terbaik di sini : Deretan HP Kamera Terbaik dan Spesifikasi HP Kamera Terbaik Yang Perlu Diketahui Sebelum Belum HP Kamera

Back To Top