Table of Content

13 Inovasi Teknologi Untuk Perawatan Mata di 2024

Apa saja teknologi dan inovasi di bidang kesehatan mata yang bisa diandalkan mengatasi gangguan penglihatan secara efektif saat ini dan di masa depan?

Inovasi Teknologi Perawatan Mata- Apakah kamu sering mengalami mata perih saat bekerja dengan laptop dan smartphone? Atau kamu mengalami mata minus? Mungkin kamu membutuhkan treatment perawatan mata yang inovatif.

Sobat tekno, berbagai gangguan pada mata seperti mata perih, biasanya diiringi dengan mata merah, mata kering, dan mata terasa gatal. Hal ini bisa disebabkan banyak hal, antara lain iritasi dan infeksi pada mata, maupun mata lelah karena terlalu lama melihat laptop.

Namun bisa saja itu bukan mata perih biasa, apalagi bila intensitasnya tinggi dan kerap melanda mata kamu. Bila disertai penglihatan kabur, buram, gangguan penglihatan pada malam hari, kehilangan lapangan penglihatan dan sensitivitas terhadap cahaya terang, kemungkinan mata kamu mengalami gangguan penglihatan dan penyakit mata. Bahaya dong? Pasti!

Hadirnya inovasi teknologi di bidang oftamologi dan optometri tentu memberikan optimisme bagi pasien gangguan penglihatan dan keluarganya. Saat ini berbagai inovasi teknologi kesehatan terus dikembangkan oleh berbagai rumah sakit, klinik mata, perusahaan teknologi maupun lembaga donor demi mendapatkan metode yang efektif mengatasi masalah kesehatan mata.

Teknologi kesehatan mata yang inovatif untuk kebutuhan jangka panjang juga tidak luput dari pengembangan. Mengingat gejala gangguan penglihatan yang semakin kompleks seiring meningkatnya risiko yang disebabkan oleh berbagai faktor.

So, apa saja teknologi dan inovasi di bidang kesehatan mata yang ada saat ini dan bisa diandalkan untuk mengatasi gangguan penglihatan secara efektif? Yuk ikuti ulasan berikut ini.

Contoh Inovasi Teknologi Perawatan Mata

inovasi perawatan mata

Mata merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Kesehatan mata yang baik sangat diperlukan untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Dengan perkembangan teknologi, kini banyak tercipta inovasi-inovasi baru dalam bidang perawatan mata. Mulai teknologi screening untuk mendeteksi tanda-tanda awal kehilangan penglihatan, hingga teknologi perawatan dan pengobatan mata.

Berikut ini adalah 10 teknologi perawatan mata yang dapat membantu memelihara kesehatan mata Anda.

Lensa Kontak Cerdas

Lensa kontak cerdas adalah salah satu inovasi terbaru dalam dunia perawatan mata. Lensa kontak cerdas ini dilengkapi dengan teknologi canggih yang dapat memantau kesehatan mata penggunanya secara real-time.

Adanya sensor-sensor yang terpasang pada lensa kontak memungkinkan pengguna dapat memantau tekanan intraokular, kadar gula darah, serta kondisi kesehatan mata secara keseluruhan. Menariknya, beberapa jenis kacamata anti radiasi juga sudah menggunakan sensor ini.

Terapi Cahaya

Inovasi perawatan mata selanjutnya adalah terapi yang bernama terapi cahaya. Terapi cahaya atau light therapy merupakan salah satu metode perawatan mata yang menggunakan sinar cahaya untuk membantu mengatasi masalah kesehatan mata.

Terapi cahaya ini dapat membantu mengurangi gejala mata kering, meningkatkan produksi air mata, serta mengurangi ketegangan pada mata.

Operasi Laser Mata

Teknologi laser adalah salah satu inovasi yang telah banyak digunakan dalam dunia medis, termasuk dalam bidang perawatan mata. Operasi mata dengan laser dapat membantu mengatasi berbagai masalah mata seperti rabun jauh, rabun dekat, serta astigmatisme.

Beberapa metode laser yaitu Photorefractive Keratectomy (PRK) atau populer dengan istilah LASIK (Laser-Assisted In Situ Keratomileusis). Ada juga teknologi femtosecond laser, yaitu membuat flap pada kornea kemudian dikikis dengan excimer laser. Selain itu, teknologi Refractive Lenticule ExtractionSmall Incision Lenticule Extraction (Relex Smile) kini menjadi salah satu inovasi teknologi operasi laser mata yang sangat populer.

Aplikasi Perawatan Mata

Teknologi perawatan mata yang inovatif berikutnya adalah aplikasi perawatan mata. Kini sudah banyak tersedia aplikasi perawatan mata yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan mata secara mandiri.

Aplikasi ini biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur seperti reminder untuk istirahat mata, latihan relaksasi mata, serta informasi mengenai pola makan yang baik untuk kesehatan mata.

Smart Glasses

Kacamata pintar atau smart glasses merupakan inovasi kesehatan mata terbaru yang dapat membantu memperbaiki kualitas penglihatan penggunanya.

Kacamata pintar tergolong inovasi teknologi perawatan mata yang futuristik karena dilengkapi dengan teknologi augmented reality (AR) yang dapat membantu memperjelas penglihatan serta memberikan informasi tambahan mengenai lingkungan sekitar.

Blue Light Filter

Paparan sinar biru dari layar gadget seringkali menjadi penyebab utama kelelahan mata. Untuk mengatasi hal ini, kini sudah banyak tersedia teknologi blue light filter yang dapat dipasang pada layar gadget Anda.

Teknologi ini dapat membantu mengurangi paparan sinar biru yang berlebihan dan mengurangi ketegangan pada mata.

Terapi Elektromagnetik

Teknologi elektromagnetik adalah inovasi perawatan mata yang terus dikembangkan karena diklaim memiliki potensi yang efektif dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah di sekitar mata serta merangsang regenerasi sel-sel mata.

Terapi elektromagnetik merupakan metode perawatan mata yang menggunakan gelombang elektromagnetik untuk merangsang sel-sel di sekitar mata.

Teknologi 3D Printing untuk Kacamata

Dengan adanya teknologi 3D printing, kini pembuatan kacamata dapat menjadi lebih presisi dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu. Dengan kacamata yang sesuai, pengguna dapat merasa lebih nyaman dan penglihatan pun menjadi lebih jelas.

Terapi VR (Virtual Reality)

Virtual reality therapy merupakan metode perawatan mata yang menggunakan teknologi virtual reality untuk membantu mengatasi berbagai masalah penglihatan seperti ambliopia atau mata malas. Dengan menggunakan teknologi virtual reality, terapi ini dapat menjadi lebih menyenangkan dan efektif.

Teknologi Diagnosis Mata Dengan AI

Dengan perkembangan kecerdasan buatan (AI), kini sudah ada teknologi AI yang dapat membantu dalam diagnosis berbagai masalah mata. Teknologi ini dapat membantu dokter dalam mendiagnosis masalah mata secara lebih cepat dan akurat.

Teknologi Nano Biomaterial

Inovasi teknologi kesehatan mata yang juga tak kalah canggih dan terus dikembangkan adalah teknologi nano biomaterial. Teknologi ini telah digunakan pada berbagai area dan sektor, salah satunya kesehatan.

Salah satu inovasi masa depan untuk mengatasi gangguan penglihatan pada pasien adalah teknologi nano biomaterial, sebagai bagian dalam sistem penghantaran obat seperti polymeric gels, nanosuspensions, gel-forming solution, dan ocular inserts.

Adanya nano biomaterial dalam obat akan mengoptimalkan penghantaran obat karena bentuknya yang sangat kecil, bisa mengurangi penetrasi pada kornea, dan mengatasi persoalan daya larut obat dalam darah.

Terapi Ortho-K

Inovasi perawatan mata di rumah sakit dan klinik mata yang cukup efektif untuk mengatasi gangguan penglihatan adalah terapi Ortho-K atau orthokeratology. Terapi Ortho-K merupakan salah satu cara mengatasi mata minus tanpa operasi yang sudah banyak diterapkan di berbagai negara.

Metode Ortho-K adalah memasang lensa pada mata setiap malam sebelum tidur, dengan tujuan mengurangi minus mata. Jangka waktu terapi ini tergantung pada tingginya minus mata yang diderita pasien dan kedisiplinan selama terapi. Menariknya, lensa tersebut bisa dilepas saat sedang melakukan aktivitas sehari-hari.

Instrumen Optik Adaptif

Instrumen Optik Adaptif adalah inovasi teknologi perawatan mata yang awalnya dikembangkan di Universitas Indiana, Amerika Serikat. Teknologi ini merupakan salah satu revolusi deteksi dini gejala kehilangan penglihatan karena diabetes yang selama ini relatif sulit didektesi sedari awal.

Pada beberapa rumah sakit dan klinik mata, teknologi Instrumen Optik Adaptif menjadi salah satu metode deteksi gangguan penglihatan dengan sistem fakoemulsifikasi yang kemudian diikuti dengan tindakan operasi laser.

Pentingnya Merawat Kesehatan Mata di Era Digital

Di era digital seperti sekarang, pola dan gaya hidup masyarakat telah berubah. Hal ini tidak terlepas dari hadirnya berbagai jenis gadget untuk menemani aktivitas kita.

Tahu gak sih, salah satu organ tubuh yang paling banyak bekerja adalah mata? Ya, selain melihat sekitar kita, beban kerja mata semakin bertambah karena menggunakan laptop dan smartphone juga semakin sering.

Macam-Macam Gangguan Penglihatan

Selain penggunaan laptop dan gadget, ada berbagai faktor lain yang juga berpotensi menjadi faktor risiko gangguan penglihatan hingga kebutaan. Antara lain usia, pola hidup sehat, dan kondisi kesehatan seseorang.

Beberapa jenis gangguan penglihatan yaitu:

  1. Kelainan refraksi (kondisi retina mata tidak dapat memfokuskan cahaya dengan benar)
  2. Katarak (lensa mata menjadi keruh karena penumpukan protein)
  3. Degenerasi makula terkait usia (AMD) (kerusakan makula karena penumpukan plak pada mata)
  4. Glaukoma (kerusakan saraf mata karena peningkatan tekanan intraokular)
  5. Retinopati diabetik (kerusakan retina mata karena komplikasi diabetes)
  6. Uveitis (peradangan pada lapisan tengah mata karena infeksi, penyakit autoimun, atau trauma)
  7. Trauma mata (kerusakan mata akibat benturan atau pukulan).

Dengan meningkatnya penggunaan gadget, penderita rabun jauh juga berpotensi bertambah. Menurut studi Brian Holden Institute, Indonesia akan menjadi negara dengan penderita mata minus terbanyak ke 5 di dunia tahun 2050 bersama Tiongkok, India, Amerika Serikat, dan Meksiko. Dimana meningkatnya penggunaan gadget adalah salah satu penyebabnya.

WHO memperkirakan ada sekitar 2,2 miliar orang di dunia yang mengalami gangguan penglihatan pada tahun 2020. Sekitar 36 juta orang mengalami kebutaan. Sementara di Indonesia sendiri ada 8 juta orang mengidap kelainan refraksi dan kebutaan.

Dampak Gangguan Penglihatan

Gangguan penglihatan pada seseorang memberikan dampak negatif. Mulai dampak fisik, dampak sosial, maupun dampak emosional.

Berikut adalah beberapa dampak buruk yang biasanya dialami penderita gangguan penglihatan.

  1. Kesulitan membaca. Gangguan penglihatan dapat menyebabkan penglihatan kabur, sehingga sulit untuk membaca. Hal ini dapat mengganggu aktivitas belajar, bekerja, atau membaca buku.
  2. Kesulitan menulis. Gangguan penglihatan juga dapat menyebabkan kesulitan menulis. Hal ini dapat mengganggu aktivitas menulis tangan, mengetik, atau menggunakan komputer.
  3. Kesulitan mengemudi. Gangguan penglihatan dapat menyebabkan kesulitan mengemudi, sehingga berisiko menyebabkan kecelakaan di jalan.
  4. Kesulitan bekerja. Gangguan penglihatan dapat menyebabkan kesulitan bekerja. Hal ini dapat mengganggu produktivitas seseorang dan meningkatkan risiko kehilangan pekerjaan.
  5. Kesulitan menjalani aktivitas sehari-hari. Gangguan penglihatan juga dapat menyebabkan kesulitan dalam menjalani aktivitas sehari-hari lainnya, seperti memasak, makan, atau mandi. Hal ini dapat mengganggu kemandirian seseorang dan meningkatkan risiko ketergantungan pada orang lain.
  6. Isolasi sosial. Gangguan penglihatan dapat menyebabkan seseorang merasa terisolasi dari lingkungan sosialnya. Hal ini dapat terjadi karena seseorang dengan gangguan penglihatan merasa kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain atau mengikuti kegiatan sosial.
  7. Kesulitan bersosialisasi. Gangguan penglihatan dapat menyebabkan kesulitan bersosialisasi. Hal ini dapat terjadi karena seseorang dengan gangguan penglihatan merasa kesulitan untuk melihat wajah orang lain atau membaca gestur tubuh.
  8. Kesulitan mengikuti kegiatan sosial. Gangguan penglihatan dapat menyebabkan kesulitan mengikuti kegiatan sosial. Hal ini dapat terjadi karena seseorang dengan gangguan penglihatan merasa kesulitan untuk melihat layar televisi, menonton film, atau mengikuti pertandingan olahraga.
  9. Kesulitan menjalin hubungan. Gangguan penglihatan juga dapat menyebabkan kesulitan menjalin hubungan dengan orang lain. Hal ini dapat terjadi karena seseorang dengan gangguan penglihatan merasa minder atau merasa tidak percaya diri.
  10. Mudah cemas, depresi, dan marah. Dengan kondisi emosi yang tidak stabil, seseorang yang memiliki gangguan penglihatan akan mudah sensitif sehingga berakibat buruk terhadap dirinya sendiri maupun lingkungan sekitarnya.
  11. Penurunan kualitas hidup. Gangguan penglihatan dapat menurunkan kualitas hidup seseorang secara keseluruhan. Hal ini dapat terjadi karena gangguan penglihatan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, hubungan sosial, dan emosi seseorang.

So, jangan anggap enteng iritasi mata, mata lelah, mata merah, dan mata perih baik ketika bekerja bersama laptop dan smartphone kamu maupun ketika menjalani aktivitas harian lainnya.

Manfaat Memelihara Kesehatan Mata

Kerja mata kamu yang berat meskipun "hanya" berfungsi untuk melihat, mengharuskannya senantiasa dalam kondisi yang bagus dan jernih agar bisa berfungsi baik.

Tanpa penglihatan yang jelas, apalagi bila sudah terkena gangguan penglihatan, akan banyak kendala yang dihadapi dalam menjalani aktivitas harian kamu.

Berikut adalah beberapa hal yang menjadi alasan mengapa kita harus memelihara kesehatan mata.

1. Menjaga kualitas hidup

Mata yang sehat memungkinkan kita untuk melihat dengan jelas, baik jarak dekat maupun jarak jauh. Hal ini penting untuk menjaga kualitas hidup kita, karena kita dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, seperti membaca, bekerja, belajar, dan berolahraga, dengan lebih nyaman dan aman.

2. Meningkatkan produktivitas

Mata yang sehat juga dapat meningkatkan produktivitas kita. Hal ini karena kita dapat berkonsentrasi lebih baik dan menghindari gangguan penglihatan, seperti mata lelah, mata merah, dan penglihatan kabur.

3. Mengurangi risiko kecelakaan

Mata yang sehat penting untuk keselamatan kita. Hal ini karena kita dapat melihat dengan jelas dan menghindari potensi kecelakaan, seperti tersandung, terjatuh, atau tabrakan.

4. Meningkatkan kepercayaan diri

Mata yang sehat juga dapat meningkatkan kepercayaan diri kita. Hal ini karena kita merasa lebih nyaman dan percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain.

5. Menjaga kesehatan fisik

Mata yang sehat juga penting untuk menjaga kesehatan fisik kita. Hal ini karena mata dapat membantu menjaga keseimbangan dan posisi tubuh.

6. Membantu perkembangan otak

Penglihatan yang baik penting untuk perkembangan otak, terutama pada anak-anak. Hal ini karena penglihatan membantu otak untuk belajar dan berkembang.

7. Menjaga kesehatan mental

Penglihatan yang baik juga penting untuk kesehatan mental. Hal ini karena penglihatan membantu kita untuk berinteraksi dengan dunia sekitar dan mendapatkan informasi.

8. Meningkatkan kualitas tidur

Mata yang sehat juga penting untuk kualitas tidur. Hal ini karena mata yang lelah dapat mengganggu tidur.

9. Menjaga penampilan

Mata yang sehat juga penting untuk penampilan kita. Hal ini karena mata yang sehat dapat membuat wajah kita tampak lebih segar dan bersinar.

10. Meningkatkan kualitas hidup

Mata yang sehat dapat meningkatkan kualitas hidup kita secara keseluruhan. Hal ini karena kita dapat menikmati keindahan dunia dan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari dengan lebih nyaman dan aman.

Tips Menjaga Kesehatan Mata Di Era Digital

Nah, setelah mengetahui bahwa menjaga kesehatan mata sangat penting, tentu kamu ingin tahu bagaimana cara merawat kesehatan mata supaya penglihatan tetap jernih dan tajam.

Berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan mata dengan mudah.

1. Hindari Paparan Langsung Sinar Matahari

Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet yang meskipun punya dampak positif untuk tubuh, namun juga berdampak negatif bagi penglihatan. Terlalu sering dan terlalu lama terpapar langsung sinar matahari berpotensi menyebabkan kanker mata. Kamu bisa menggunakan .

2. Hindari Terlalu Lama Menatap Layar Komputer

Seperti diulas diatas, layar komputer memancarkan sinar blue ray. Terlalu lama menatap layar komputer akan menyebabkan mata kering, dan mata lelah. Selalu alihkan pandangan dari layar monitor setiap 20 menit untuk menatap ke arah lain selama 20 detik.

3. Istirahatkan Mata Selama 15-20 menit Setiap 2 jam

Bila pekerjaan kamu memang mengharuskan stay on di depan komputer, selalu cari waktu untuk mengistirahatkan mata selama 15 atau 20 menit setiap 2 jam sekali, agar mata tidak kering dan perih. Jangan lupa selama waktu tersebut untuk membilas mata dengan air bersih agar tetap segar.

4. Hindari Pemakaian Gadget Terlalu Lama

Kamu pasti tidak bisa lepas dari smartphone. Baik untuk urusan pekerjaan, berkomunikasi dengan teman sejawat atau keluarga, hingga bersantai ria mendengar musik dan nonton streaming. Namun memakai gadget dalam waktu yang lama juga berdampak buruk bagi kesehatan mata. Bila kamu memang harus menerus bersama smartphone, lakukan cara yang sama dengan ketika kamu di depan komputer.

5. Istirahat Yang Cukup

Mata kita memang diciptakan untuk melihat segala sesuatu di sekeliling kita, dan untuk membantu kita menyelesaikan aktivitas harian. Karena itu, beristirahat yang cukup akan memberikan waktu untuk sel-sel tubuh memulihkan dirinya, termasuk sel-sel mata.

6. Berolahraga Rutin

Karena terlalu sering duduk dan berinteraksi bersama gawai membuat kita lupa bahwa tubuh juga perlu beraktivitas. Dengan berolahraga akan membuat sirkulasi darah dan oksigen yang dibutuhkan mata juga tetap lancar.

7. Hentikan Kebiasaan Merokok

Umumnya kawula muda merasa pekerjaan akan mudah dikerjakan sembari merokok. Ini adalah prinsip yang salah, karena asap rokok mengandung racun yang bisa merusak sel-sel saraf mata. Karena itu bila kamu adalah perokok aktif, hentikan merokok sekarang juga dan hindari berkumpul di ruangan yang penuh sesak dengan asap rokok.

8. Rutin Memeriksakan Mata

Tahukah kamu, umumnya gangguan penglihatan terjadi karena penderitanya terlambat memeriksakan mata. Padahal dengan memeriksa mata, kita akan tahu kondisi kesehatan mata, dan apa tindakan dini yang harus segera dilakukan bila mengalami gangguan penglihatan sebelum menjadi parah.

9. Konsumsi Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan bergizi tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh tapi juga sel-sel yang dibutuhkan oleh mata. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, vitamin E, vitamin C, selenium, lutein, dan asam lemak omega-3 yang penting untuk mata, serta mencegah degenerasi mata yang cepat akibat pertambahan usia.

10. Konsumsi Suplemen Herbal Mata Yang Ampuh Untuk Kesehatan Mata

Mengkonsumsi vitamin mata bermanfaat mengatasi gangguan mata seperti iritasi atau mata perih, sekaligus bisa menjadi suplemen mata terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan mata.

Kesimpulan

Itulah berbagai inovasi teknologi perawatan mata yang bisa memberikan solusi untuk mengatasi berbagai gangguan penglihatan. Namun alangkah baiknya untuk rutin memeriksakan mata dan rajin merawat kesehatan mata sejak dini, karena inovasi teknologi tersebut biayanya tergolong mahal.

Suka Teknologi