Mengenal Fungsi, Manfaat & Jenis Jenis Kacamata Anti Radiasi Komputer dan HP

Mengenal jenis-jenis kacamata anti radiasi komputer dan hp dengan lensa blue ray terbaik, lengkap dengan fitur dan kelebihannya.

Penggunaan kacamata anti radiasi bisa menjadi solusi agar mata terhindar dari bahaya radiasi. Saat ini paparan radiasi yang berbahaya untuk mata bukan hanya berasal dari sinar matahari, tapi juga sinar biru yang terpancar dari layar komputer dan hp.

Teknologi yang semakin canggih saat ini sangat mempengaruhi pola kerja dan gaya hidup kita, dimana komputer dan hp menjadi kebutuhan yang seolah tidak terpisahkan. Mulai untuk mengerjakan tugas kantor, membuka aplikasi belajar online, menikmati hiburan dengan aplikasi musik mp3, hingga berkompetisi bermain game bola.

Namun penggunaan komputer dan HP yang terlalu sering, memberikan efek radiasi pada mata. Radiasi tersebut dapat memengaruhi kesehatan mata dan tubuh kita dalam jangka panjang.

Perlindungan mata dari radiasi harus dilakukan sedini mungkin, salah satunya dengan penggunaan kacamata anti radiasi komputer. Pada artikel ini kamu akan mengetahui manfaat kacamata anti-radiasi untuk kesehatan mata, serta apa saja jenis kacamata antir radiasi, mulai kacamata gaming dan kacamata anti radiasi yang cocok untuk pekerja yang bekerja di depan layar komputer sepanjang hari.

Apa Itu Kacamata Anti Radiasi

kacamata anti radiasi
Mengenal jenis kacamata anti radiasi sinar biru dari komputer dan hp

Kacamata anti radiasi adalah jenis kacamata yang dirancang untuk melindungi mata dari sinar matahari dan cahaya dari perangkat elektronik seperti komputer, smartphone, televisi, maupun bohlam lampu.

Ada berbagai jenis radiasi yang dihasilkan gelombang elektromagnetik di sekitar kita, antara lain radiasi sinar ultraviolet (UV), dan radiasi sinar biru (blue ray).

Cahaya yang dipancarkan dari laptop, hp, dan perangkat elektronik lainnya adalah cahaya biru atau blue ray, yaitu cahaya yang memiliki spektrum gelombang yang pendek sekitar 415 hingga 455 nm dengan tingkat energi yang tinggi sehingga merupakan high-energy visible light (HEV light) yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Fungsi dan Manfaat Kacamata Anti Radiasi Untuk Kesehatan Mata

Selain menyebabkan kelelahan, radiasi sinar biru dari laptop dan hp bisa menimbulkan berbagai gangguan pada penglihatan seperti katarak, kerusakan retina, bahkan kanker mata.

Penggunaan kacamata anti-radiasi bisa membantu menahan mata dari pancaran langsung cahaya atau gelombang elektromagnetik. Kacamata antiradiasi sendiri menggunakan lensa khusus yang berfungsi untuk menghalau sinar matahari atau cahaya dari komputer, hp, tablet, televisi, atau lampu pijar.

Dengan jenis kacamata antiradiasi yang sesuai, mata anda akan lebih terlindungi dari berbagap dampak yang ditimbulkan radiasi sinar biru maupun radasi sinar UV.

Jenis Jenis Kacamata Anti Radiasi Sinar Biru Komputer dan HP

Saat ini ada berbagai jenis kacamata untuk menghalau radiasi. Mulai kacamata anti silau, kacamata antiradiasi sinar UV, kacamata anti radiasi sinar biru.

Salah satu jenis kacamata anti radiasi komputer terbaik untuk menangkis paparan sinar biru dari komputer dan smartphone adalah kacamata blue ray. Kacamata anti radiasi blue ray merupakan kacamata yang memiliki lensa blueray khusus, yang berfungsi sebagai kacamata anti radiasi sinar UV maupun kacamata anti radiasi sinar biru.

Kacamata anti radiasi komputer dengan Lensa blue ray bisa menyaring sinar biru agar mata kita mendapatkan perlindungan terbaik. Lensa blue ray akan memblokir sinar biru berbahaya bagi mata dan meneruskan sinar biru yang bergunake dalam mata dan memblokir sinar biru yang berbahaya.

Bila kamu membutuhkan kacamata anti radiasi komputer atau kacamata anti radiasi ponsel untuk bermain game maupun bekerja lama, maka kacamata anti radiasi dengan lensa blue ray adalah kacamata

Berikut adalah berbagai jenis kacamata gaming dan kacamata anti radiasi yang cocok untuk pekerja yang bekerja di depan layar komputer sepanjang hari.

  1. Kacamata Anti Radiasi Blue Ray "Eagle Eye": Merupakan kacamata anti radiasi blue ray terbaik yang dilengkapi dengan lensa polarized dan bingkai yang nyaman dipakai. Didesain dengan teknologi modern untuk melindungi mata dari radiasi berbahaya dan meminimalkan efek silau saat menggunakan komputer atau gadget.
  2. Kacamata Anti Radiasi Blue Ray "SpectraShield". Kacamata anti radiasi blue ray merupakan kacamata anti radiasi untuk gaming dan penggunaan komputer dengan lensa khusus yang bisa memblokir hingga 99% sinar biru berbahaya dari layar komputer atau gadget. Dilengkapi dengan bingkai yang ringan dan nyaman dipakai sehingga cocok digunakan dalam waktu lama.
  3. Kacamata Anti Radiasi Blue Ray "Gamma Ray Optics". Kacamata anti radiasi sinar biru untuk pengguna ponsel dan tablet ini dibuat dengan teknologi modern dan material berkualitas tinggi. Kacamata ini bisa melindungi mata dari radiasi blue ray dan sinar ultraviolet. Selain itu, kacamata ini juga didesain dengan bingkai yang stylish dan fashionable sehingga cocok digunakan dalam berbagai kesempatan.
  4. Kacamata Anti Radiasi Blue Ray "Pixel Eyewear". Kacamata anti radiasi komputer ini dilengkapi dengan lensa khusus yang dapat memblokir hingga 95% sinar biru berbahaya dari layar komputer atau gadget. Didesain dengan bingkai yang ringan dan nyaman dipakai sehingga cocok digunakan dalam waktu lama.
  5. Kacamata Anti Radiasi Blue Ray "J+S Vision". Kacamata anti blue ray ini merupakan kacamatan anti radiasi komputer terbaik dengan harga yang terjangkau. J+S Vision juga merpakan kacamata anti radiasi ponsel dan laptop yang telah dilengkapi lensa khusus untuk memblokir hingga 90% sinar biru berbahaya dari layar komputer atau gadget. Didesain dengan bingkai yang stylish dan nyaman dipakai sehingga cocok digunakan di berbagai momen.
  6. Kacamata Anti Radiasi Blue Ray "Cyxus". Dilengkapi dengan lensa khusus yang dapat memblokir hingga 100% sinar biru berbahaya dari layar komputer atau gadget. Didesain dengan bingkai yang ringan dan nyaman dipakai sehingga cocok digunakan dalam waktu lama. Selain itu, kacamata ini juga memiliki bentuk yang unik dan menarik.
  7. Kacamata Anti Radiasi Blue Ray "Eyekepper". Kacamata anti radiasi blue ray ini dilengkapi dengan lensa khusus yang dapat memblokir hingga 90% sinar biru berbahaya dari layar komputer atau gadget. Didesain dengan bingkai yang ringan dan nyaman dipakai sehingga cocok digunakan dalam waktu lama. Selain itu, kacamata ini juga memiliki harga yang terjangkau.
  8. Kacamata Anti Radiasi Blue Ray "Uvex Skyper". Merupakan kacamata anti radiasi blue ray terbaik untuk penggunaan sehari-hari. Dilengkapi dengan lensa khusus yang dapat memblokir hingga 98% sinar biru berbahaya dari layar komputer atau gadget. Didesain dengan bingkai yang stylish dan nyaman dipakai sehingga cocok digunakan dalam berbagai kesempatan.
  9. Kacamata Anti Radiasi Blue Ray "Prospect". Dibuat dengan teknologi modern dan material berkualitas tinggi, kacamata ini dapat melindungi mata dari radiasi blue ray dan sinar ultraviolet. Selain itu, kacamata ini juga didesain dengan bingkai yang stylish dan fashionable sehingga cocok digunakan dalam berbagai kesempatan.
  10. Kacamata Anti Radiasi Blue Ray "Gunnar Optics". Merupakan kacamata anti radiasi blue ray terbaik dengan teknologi yang canggih dan inovatif. Dilengkapi dengan lensa khusus yang dapat memblokir hingga 99% sinar biru berbahaya dari layar komputer atau gadget. Didesain dengan bingkai yang stylish dan nyaman dipakai sehingga cocok digunakan dalam berbagai kesempatan.

Jenis Jenis Kacamata Anti Ultraviolet

Kacamata anti ultraviolet atau UV adalah jenis kacamata anti radiasi untuk penggunaan outdoor yang dirancang khusus untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet (UV) yang dapat merusak jaringan mata dan kulit di sekitar mata. Sinar UV dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti katarak, pterigium, dan kanker kulit.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menggunakan kacamata anti UV ketika berlama-lama di luar rumah atau di bawah sinar matahari.

Berikut adalah 5 kacamata anti UV terbaik beserta penjelasannya dan spesifikasinya:

  • Oakley Holbrook. Kacamata anti radiasi sinar UV Oakley Holbrook dilengkapi dengan lensa Plutonite yang dapat memfilter 100% sinar UV dan melindungi mata dari radiasi elektromagnetik. Kacamata ini terbuat dari bahan O-Matter yang ringan dan tahan lama, serta memiliki bentuk frame yang stylish dan cocok untuk berbagai bentuk wajah.
  • Ray-Ban Wayfarer. Kacamata Ray-Ban Wayfarer adalah salah satu kacamata anti UV terbaik yang telah dikenal sejak lama. Kacamata ini terbuat dari bahan acetate yang tahan lama dan ringan, serta tersedia dalam berbagai ukuran frame, mulai dari ukuran kecil hingga besar.
  • Maui Jim Peahi. Kacamata Maui Jim Peahi adalah salah satu kacamata anti UV terbaik yang dirancang khusus untuk aktivitas di luar ruangan. Kacamata anti UV Maui Jim Peahi dilengkapi dengan lensa PolarizedPlus2 yang dapat memfilter 100% sinar UV dan melindungi mata dari radiasi elektromagnetik, terbuat dari bahan nylon Grilamid yang tahan lama dan ringan, serta tersedia dalam berbagai ukuran frame.
  • Costa Del Mar Fantail adalah salah satu kacamata anti UV terbaik yang dirancang khusus untuk aktivitas di laut atau air, namun juga bisa anda gunakan saat bekerja di depan layar monitor atau bersosmed di smartphone. Kacamata canggih ini terbuat dari bahan nylon yang tahan lama dan ringan.
  • Tifosi Podium XC. Kacamata anti UV terbaik berikutnya adalah Tifosi Podium XC, yaitu salah satu kacamata anti UV terbaik yang dirancang khusus untuk aktivitas olahraga. Kacamata ini dilengkapi dengan lensa khusus yang dapat memfilter sinar UV dan meningkatkan kontras pada layar.

Jenis Jenis Kacamata Polarisasi

Kacamata polarisasi adalah jenis kacamata yang dilengkapi dengan lensa yang dapat memfilter cahaya berlebih, sangat cocok untuk digunakan ketika beraktivitas di luar ruangan seperti olahraga air, berkendara, atau berjalan-jalan di bawah sinar matahari.

Berikut adalah beberapa kacamata polarisasi terbaik beserta penjelasannya dan kelebihannya:

  • Oakley Flak 2.0 XL. Kacamata Oakley Flak 2.0 XL adalah kacamata anti radiasi yang terbuat dari bahan O-Matter yang ringan dan tahan lama. Salah satu kacamata polarisasi terbaik yang tersedia di pasaran saat ini telah menggunakan lensa Prizm yang dapat meningkatkan kontras pada layar dan memfilter cahaya berlebih sehingga menghindarkan mata anda dari radiasi.
  • Ray-Ban Aviator. Kacamatan polarisasi terbaik berikutnya untuk menghindarkan paparan radiasi dari komputer dan hp anda adalah Ray-Ban Aviator, yaitu sebuah kacamata yang terbuat dari bahan logam yang tahan lama dan ringan serta tersedia dalam berbagai ukuran frame.
  • Maui Jim Peahi. Selain sebagai kacamata anti UV, Maui Jim Peahi adalah salah satu kacamata polarisasi terbaik untuk anda yang suka bergadget ria di luar ruangan. Kacamata polarisasi UV Maui Jim Peahi menggunakan lensa PolarizedPlus2 yang dapat memfilter 100% sinar UV dan melindungi mata dari radiasi elektromagnetik, terbuat dari bahan nylon Grilamid yang tahan lama dan ringan, serta tersedia dalam berbagai ukuran frame.
  • Costa Del Mar Fantail juga merupakan kacamata polarisasi terbaik selain sebagai penangkal radiasi UV. Sebagai sebuah kacamata anti radiasi, Costa Del Mar Fantail terkesan stylish karena tersedia dengan berbagai jenis frame kekinian. Kacamata canggih ini cukup ringan karena terbuat dari bahan nylon yang tahan lama.

Tips Menangkal Radiasi Dari Komputer dan HP

Ketika kamu pertama kali mengenal laptop dan smartphone, maka bisa diasumsikan anda telah terpapar radiasi dari kedua jenis perangkat tersebut. Dan bila masih menggunakan laptop, hp, tablet, maupun menonton tv hingga sekarang itu berarti kamu telah terpapar radiasi dari sinar yang berbahaya bagi mata sejak lama.

Namun demikian kamu bisa meminimalisir bahaya pada penglihatan karena radiasi komputer dan hp dengan tips berikut.

  • Gunakan Laptop dan Smartphone Yang Telah Memiliki Fitur Anti Radiasi
  • Teknologi yang terus berkembang menyebabkan produsen dapat berinovasi menyediakan fitur anti radiasi di laptop dan smartphone. Beberapa jenis laptop dan smarpthone mungkin menggunakan fitur anti radiasi yang tidak sama. Contoh fitur anti radiasi laptop dan hp antara lain Filter Layar, Anti-glare Coating, Blue light blocking software, Faraday cage, RF shielding.

  • Atur dan Batasi Waktu Penggunaan Laptop dan Smartphone
  • Bekerja menggunakan laptop dan smartphone tidak dapat terhindarkan, apalagi saat ini hampir semua aktivitas dilakukan secara online sehingga mau tidak mau kamu akan selalu di depan laptop dan gadget. Namun kamu bisa mengatur jeda waktu sehingga mata anda bisa sedikit beristirahat, misalnya 5-10 menit. Usahakan untuk selalu membasuh mata dan wajah agar tidak kering dan perih.

  • Lakukan Pemeriksaan Mata Secara Berkala
  • Inovasi teknologi klinik mata bisa menjadi solusi buat kamu untuk memastikan kondisi kesehatan mata. Untuk memastikan kondisi kesehatan mata, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan mata ke klinik mata terbaik di tempatmu.

  • Gunakan Kacamata Anti Radiasi Yang Tepat
  • Baik ketika sedang di depan layar monitor perangkat, menggunakan alat elektronik di rumah, maupun beraktivitas di luar rumah, pada dasarnya setiap orang sangat rentan terpapar radiasi. Menggunakan kacamata anti radiasi bisa mengurangi bahaya paparan radiasi dari komputer dan smartphone. Berkonsultasi tentang jenis kacamata anti radiasi yang tepat dengan dokter di klinik eyecare tempat anda memeriksakan mata.

Berbagai jenis kacamata anti radiasi komputer dan hp diatas dapat ditemukan di pasaran. Beberapa diantaranya mungkin harus memesan terlebih dahulu.

Kesimpulan

Kacamata anti radiasi bisa menjadi solusi buat kamu yang ingin tetap nyaman dan terhindar dari bahaya radiasi. Khususunya bila kamu sering bermain game atau berlama-lama di depan layar laptop dan hp, maka kacamata anti radiasi dengan lensa blue ray adalah kacamata anti radiasi komputer yang paling cocok dipakai.

Kamu juga bisa mengantisipasi bahaya yang mengancam kesehatan mata dengan menggunakan perangkat komputer dan hp yang telah menggunakan teknologi anti radiasi.

Itulah ulasan tentang jenis radiasi dari komputer dan hp, serta jenis kacamata anti radiasi komputer dan hp terbaik untuk digunakan.

About the Author

Suka Teknologi

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.