Kelebihan Android KitKat Serta Merk HP Android Kitkat Terbaru

04 Februari
Android KitKat adalah sistem operasi Android terbaru setelah Jelly Bean. Sangat banyak merk hp di dunia menggunakan OS Android Kitkat. Tak kurang di Indonesia sendiri hp Android Kitkat murah banyak dicari. OS Android Kitkat ini kelebihannya apa saja sih ?

kelebihan android kitkat


OS Android adalah sistem operasi berbasis Linux berplatform open source, sehingga memudahkan para developer dapat berinteraksi mengembangkan berbagai aplikasi. Setelah merilis versi Android 4.3 Jelly Bean Google kembali merilis versi Android terbaru 4.4 yang diberi nama Android K atau Android KitKat, merujuk sebuah merk cemilan berbahan coklat yang cukup tenar.

Android K atau Android 4.4 Kitkat release data pada 3 September 2013. Sebelum menggunakan nama Kitkat ternyata Android 4.4 sempat diberi nama Key Lime Pie (KLP) namun ternyata orang belum benar-benar tahu seperti apa sebenarnya rasa kue pie Key Lime sehingga Google akhirnya lebih memilih nama Kitkat.

Kelebihan OS Android Kitkat sangat banyak dibandingkan versi Android sebelumnya. Bisa dikatakan pada era ponsel pintar Android Kitkat inilah aplikasi-aplikasi pintar tumbuh kembang dan aplikasi Android Kitkat Play Store sangat banyak dijumpai misalnya aplikasi emulator Android.

Android 4.4. Kitkat sendiri memulai debutnya pada merk hp Google Nexus yang lebih optimal pengoperasiannya dibandingkan yang sudah-sudah. Jumlah minimum RAM di hp Android Kitkat adalah 340 MB.

Google menetapkan OS Android KitKat API level 19. Android 4.4 API version 19 ini sendiri sudah mengalami beberapa kali update hingga versi terbaru Android 4.4.4. Sebelum Android Kitkat hadir OS Android level API terakhir adalah API 18.

Baca Juga : Tingkatan Level Versi Android API Version Hingga Yang Terbaru.

Fitur OS Android 4.4 KitKat Terbaru

Sejumlah fitur Android Kitkat terbaru antara lain sebagai berikut.

  • Optimasi kinerja pada perangkat dengan spesifikasi yang lebih rendah.
  • Pembaruan antarmuka dengan bar status dan navigasi transparan pada layar depan.
  • Peningkatan tampilan mode layar penuh, tombol perangkat lunak dan status bar bisa diakses dari tepi dengan cara menggesek.
  • WebViews berbasis Chromium.
  • Kerangka kerja akses penyimpanan untuk mengambil konten dan dokumen dari sumber lain
  • Kerangka kerja baru untuk transisi UI.
  • Kerangka kerja pencetakan.
  • NFC Host Card Emulation sebagai emulator kartu pintar.
  • Perluasan fungsionalitas bagi layanan pendengar notifikasi.
  • API umum untuk mengembangkan dan mengelola klien pesan teks, kemampuan untuk menentukan aplikasi SMS standar.
  • Peningkatan aksesibilitas API.
  • Sensor batching, Step Detector, dan Counter API.
  • Penyeimbang audio, pemantauan audio, dan peningkatan suara audio.
  • Perekam aktivitas layar yang terintegrasi.
  • Inframerah.
  • Mesin virtual eksperimental baru, ART.
  • Dukungan Bluetooth Message Access Profile (MAP).

Dibandingkan OS Android Ice Cream Sandwich atau Android 4.3 Jelly Bean jelas fitur Android Kitkat lebih baik karena sudah mengalami berbagai perbaikan khususnya bug yang masih sering ditemukan pada Android Honeycomb, Android Ice Cream Sandwich, maupun Android Jelly Bean.



Kelebihan Utama OS Android Kitkat 4.4

Bagi penggemar Android tentunya sangat menunggu kelebihan Android 4.4. Android Kitkat kelebihannya antara lain sebagai berikut :

1. Warna Transparan Pada Tombol Virtual Touchscreen

Kelebihan Android Kitkat 4.4 terdapat pada warna layar Android yang transaparan, dimana transparansi tersebut menyelimuti tombol virtual layar sentu sehingga tampilan warnanya sama dengan background wallpaper yang digunakan.

2. Kecepatan Lebih Tinggi Untuk Kapasitas Pemakaian

Kelebihan Android 4.4 KitKat lainnya yang perlu mendapatkan apresiasi yaitu kecepatannya lebih baik pada kapasitas pemakaian karena versi OS Android K ini sudah support processor yang menggunakan tri core.

3. Android Kitkat Lebih Hemat Baterai

Banyak yang memprediksi Android KitKat boros baterai. Tapi sebenarnya Android Kitkat hemat baterai karena OS Android 4.4 ini sudah tertanam teknologi penghemat bateri melalui built-in power saving mode (penghemat baterai hp Android bawaan).

4. Mampu Meningkatkan Memori Smartphone

Selain beberapa kelebihan Android Kitkat diatas, Android Kitkat kelebihannya juga terletak pada kemampuannya meningkatkan memori ponsel pintar sehingga berdampak pada tingkat responsive layar touchscreen yang lebih baik.

5. Ukuran Icon Menu Lebih Besar

Bagi sebagian pengguna Android masalah icon menu yang berukuran kecil kerap kali membuat kesulitan saat memilih atau membuka aplikasi, terlebih lagi bagi pengguna yang bermasalah dengan jangkauan pandangan mata atau ukuran jari yang besar. Keunggulan Android Kitkat terbaru terletak pula pada ukuran icon yang dibuat lebih besar sehingga membuat pengguna merk hp Android kitkat lebih nyaman.

Kelebihan dan keunggulan Android lain yang bisa ditemukan pada perangkat Android KitKat antara lain yaitu background App drawer sudah transparan, App Google Now sudah dimunculkan dalam panel Homescreen, serta widget Google yang tampilannya telah diberikan halaman menu sehingga terlihat lebih simpel ketika menyingkirkan tab Apps melalui mode luring.

Ada banyak aplikasi yang bisa diunduh Android Kitkat Play Store. Android Kitkat bisa WhatsApp serta main PUBG. Tapi agar Android Kitkat bisa main PUBG tentu saja harus disesuaikan dengan spesifikasi perangkat.

Nah itulah beberapa fitur dan keunggulan OS Android Kitkat terbaru. Lalu apa saja merk HP yang menggunakan Android KitKat ?

Merk HP OS Android KitKat v4.4 - v4.4.4 Update 2019

Hingga saat ini merk hp Android Kitkat banyak beredar dengan berbagai tingkatan harga bahkan sudah dijual pula HP Android Kitkat dibawah 1 juta.

Berikut ini adalah sejumlah HP Android yang mengalami upgrade Android KitKat 4.4 hingga Android 4.4.4 KitKat.

Merk HP ASUS Android Kitkat ASUS

Padfone 2
Padfone Infinity
Padfone A80
New Padfone Infinity

Baca Juga : Daftar HP Android ASUS Terbaik Terbaru.

HP Android Kitkat Merk HTC

HTC One
HTC One mini
HTC One max
HTC One Google Play Edition
HTC Droid DNA - Akhir Q1 2014

HP LG Android Kitkat

LG G2 - Sudah tersedia
LG G Flex - Sudah tersedia
LG Optimus G Pro - Belum dipastikan
LG Optimus G - Belum dipastikan
LG G Pro Lite - Belum dipastikan
LG Optimus L9 II - Belum dipastikan
LG Optimus Vu II, Vu III - Belum dipastikan
LG Optimus F7, F6, F3 - Belum dipastikan
LG G Pad 8.3 - Segera tersedia

HP Android Kitkat Motorola

Moto X
Moto G
DROID Ultra
DROID Maxx
DROID Mini
DROID RAZR M
DROID RAZR HD
DROID RAZR MAXX HD
Atrix HD
Electrify M
Razr i

Android Kitkat Samsung

Galaxy S4
Galaxy Note 3
Galaxy S III
Galaxy Note II
Galaxy S4 mini
Galaxy S4 Active
Galaxy S4 Zoom
Galaxy S III
Galaxy S III mini
Galaxy Mega
Galaxy Light
Galaxy Note 8.0
Galaxy Tab 3
Galaxy Note 10.1

Baca Juga : Daftar HP Android Samsung Terbaru Tercanggih Terbaik.

Smartphone Android Kitkat Nexus 

Nexus 4
Nexus 7
Nexus 10

HP Android Kitkat Merk Sony

Sony
Sony Xperia Z1 / Z Ultra
Sony Xperia Z, ZL, Tablet Z
Sony Xperia SP
Sony Xperia ZR, Xperia T, Xperia TX and Xperia V

Meskipun merk HP Android Kitkat masih banyak beredar di pasaran namun Google telah merencanakan akan menghentikan support untuk Android KitKat. Beberapa aplikasi juga sudah tidak bisa dioperasikan di Android Kitkat, misalnya aplikasi Pokemon Go. Karena itu pengguna Android Kitkat update to Lollypop atau upgrade Android Kitkat ke Nougat dan yang lebih tinggi lagi misalnya Android Oreo agar hp Android anda bisa mengoperasikan banyak aplikasi ponsel pintar.

(TeknoPlug on Fitur, Kelebihan, dan Merk HP Android 4.4 Kitkat).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »