Table of Content

3 Cara Membuat Deskripsi Produk di WhatsApp dan Contohnya!

Ingin membuat deskripsi produk di aplikasi WhatsApp? Berikut adalah beberapa contoh deskripsi produk di WhatsApp yang bisa kamu coba.

Membuat deskripsi produk yang menarik merupakan salah satu cara jualan online di WA yang penting untuk dikuasai. Pasalnya, para pelanggan yang melihat katalog produk di WhatsApp hanya mengandalkan foto dan juga deskripsi produk untuk memutuskan apakah mereka akan melakukan pembelian atau tidak. Karenanya, penting untuk mengerti poin-poin cara membuat deskripsi produk di WhatsApp.

Selain itu, deskripsi produk yang tepat serta menarik bisa membuat calon pelanggan tertarik untuk membelinya. Karenanya, kita dilarang keras untuk mengisi deskripsi produk secara asal-asalan. Sama seperti di marketplace, deskripsi produk di WhatsApp ini merupakan penjelasan singkat yang berisi informasi mengenai sebuah produk.

3 Tips Cara Membuat Deskripsi Produk di WhatsApp

cara membuat deskripsi produk

Para pebisnis yang menerapkan WhatsApp marketing menggunakan deskripsi produk ini untuk menuliskan informasi mengenai produk, fitur, manfaat, harga produk sampai dengan metode pembayarannya. Selain itu, ada juga deskripsi tambahan yang membuat sebuah deskripsi produk terlihat lebih menarik dan tidak terkesan monoton.

Terlepas dari itu, dalam artikel ini kita akan belajar bagaimana cara membuat deskripsi produk di WhatsApp. Nah berikut ini adalah 3 tips menulis deskripsi produk yang baik di WhatsApp:

1. Kenali Target Market Terlebih Dahulu

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah menganalisa target market terlebih dahulu. Di luar pembuatan deskripsi, target market ini merupakan hal fundamental yang wajib untuk ditentukan jika kita ingin memulai sebuah bisnis.

Nah penentuan target market ini bisa menjadi acuan dalam penulisan deskripsi produk. Dengan mengenali target market, kita bisa menentukan gaya bahasa yang akan digunakan nantinya. Jika gaya bahasa tepat pada target market, calon pelanggan akan merasa relate dengan produk yang kita jual.

2. Fokus Pada Manfaat dan Keunggulan Produk

Deskripsi produk yang baik adalah deskripsi produk yang dapat menjelaskan produk secara utuh. Atas alasan tersebut, penting kiranya bagi kita untuk fokus pada manfaat dan keunggulan produk saat menuliskan deskripsi. Hal ini bisa berguna untuk meyakinkan calon pelanggan untuk menggunakan produk yang kita jual.

Misalnya, kamu bisa menulis deskripsi yang menjelaskan detail spesifikasi produk, cara penggunaan produk, fungsi produk sampai dengan manfaat yang akan mereka rasakan saat menggunakan produk kita.

3. Gunakan Teknik Storytelling

Dua poin sebelumnya tidak akan berguna sama sekali jika kita mengabaikan poin ketiga ini. Hari ini, para calon pelanggan lebih menyukai deskripsi produk yang bercerita dibandingkan dengan deskripsi produk yang flat berisi poin-poin yang terasa kaku dan begitu hard selling.

Storytelling juga merupakan upaya untuk soft selling dimana kita tidak menjual produk secara gamblang. Justru, kita menggunakan cerita sebagai wadah untuk menjelaskan produk yang kita jual. Jadi, deskripsi produk nggak harus selalu to the point. Kita bisa menjelaskan produk dengan sebuah cerita.

Baca Juga: Cara Verifikasi Akun WhatsApp Business Dengan Mudah

Contoh Deskripsi Produk di WhatsApp

Setelah tahu bagaimana cara membuat deksirpsi produk, berikut ini ada beberapa contoh deskripsi produk yang bisa ditiru dan dimodifikasi.

1. Contoh Deskripsi Produk Makanan

  • “Bimboy Bakery menyediakan berbagai jenis roti serta kue lezat untuk memanjakan lidah Anda maupun sebagai pelengkap acara penting. Kami menyediakan layanan custom dan partai besar. Pesan sekarang!”
  • “Kamu suka jajanan pedas? Cena Snack menyediakan macam-macam snack pedas untuk memanjakan lidah, dijamin menggugah selera! Yuk, pesan sekarang jajanan yang kamu mau!”
  • “Selamat datang di Robotic Coffee Roastery! Kami menawarkan beragam produk kopi khas Nusantara dalam bentuk bubuk biji sangrai yang siap diseduh sendiri di rumah. Hubungi untuk pemesanan!”

2. Contoh Deskripsi Produk Kesehatan

  • “Anda sedang mencari alat kesehatan terbaik dan berkualitas? CV Taufan Health menyediakan berbagai macam perlengkapan medis, mulai dari tensimeter, alat pengukur gula darah, stetoskop, dan lainnya. Pesan sekarang!”
  • “Dukung gaya hidup sehat dengan sepatu olahraga berkualitas. Bouya Shoes menawarkan berbagai macam sepatu olahraga terbaik dan bergaransi. Dapatkan penawaran terbaik, hubungi kami untuk konsultasi ukuran dan pemesanan!”
  • Selamat datang di Slepi Rehabilitasi, pusat alat rehabilitasi terbaik. Kami menyediakan perlengkapan untuk menunjang kebutuhan pemulihan serta perawatan pasien. Konsultasikan dengan kami dan temukan produk sesuai kebutuhan Anda!”

Baca Juga: Cara Menambah View Video Produk di TikTok

Nah itulah cara membuat deskripsi produk di WhatsApp serta beberapa contohnya. Semoga saja artikel ini membantu untuk kita yang ingin fokus berjualan online menggunakan WhatsApp.

Suka Teknologi