test

Cara Registrasi Kartu 3/Axis/As/Im3 Gagal, Ini Penyebabnya

Cara Registrasi Kartu 3, Axis, As, Im3 Gagal, Ini Penyebabnya dan Cara Mengatasinya


Cara registrasi Kartu pelanggan selular prabayar khususnya pengguna kartu 3/Axis/As/Im3 mengalami kegagalan sejak diberlakukannya aturan registrasi ulang kartu prabayar. Pada hari pertama diberlakukannya kebijakan tersebut sejumlah pelanggan prabayar mengeluh karena proses registrasi secara online gagal terus.


Setelah ditelusuri, penyebab utama masalah gagalnya registrasi tersebut adalah disebabkan tingginya traffic internet atau lalu lintas jaringan.

Registrasi Kartu SIM
Registrasi Kartu SIM pelanggan mengalami kegagalan karena tingginya traffic internet

Baca Juga :

Cara Registrasi Kartu Seluler Prabayar Gagal Disebabkan Hal ini

Keluhan pelanggan selular pengguna kartu 3, kartu Axis, kartu Im3, kartu As dan hampir seluruh kartu seluler di Indonesia sangat beralasan. Di tengah keraguan terhadap kebijakan yang sebagian orang menafsirkan adanya kepentingan politik dan ketakutan akan disalahgunakannya data-data pelanggan, masalah gagalnya registrasi kartu prabayar ini turut menambah kekhawatiran terhadap kemampuan Pemerintah dan operator selular menerapkan teknologi jaringan.


Menjawab permasalahan dan keraguan tersebut, seperti dikutip dari liputan6, Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Agung Harsoyo pada Selasa (31/10/2017) di Jakarta mengatakan bahwa traffic internet yang tinggi menyebabkan sistem operator mengalami kepadatan. " Cara registrasi kartu para pelanggan yang dilakukan serenta,  secara sistem berpengaruh terhadap tingginya traffic."katanya.

Berdasarkan pengamatan pada internet traffic monitor pada sistem operator jaringan menunjukkan lonjakan tersebut khususnya per hari ini bersumber dari aktivitas peningkatan registrasi kartu SIM pelanggan menjadi 5 juta. Sementara pada hari biasa sejak diberlakukannya Registrasi Kartu SIM hanya 2 juta pelanggan.Tingginya traffic internet atau lalu lintas jaringan sangat mempengaruhi performance sistem. Akibatnya banyak pelanggan tidak teregistrasi kartu SIM card-nya alias registrasi kartu SIM gagal. Ada juga belum mendapatkan balasan dari operator.

Cara Registrasi Kartu Seluler 3/Axis/As/Im3 Yang Berulang-Ulang Juga Menyebabkan Kegagalan

Gagalnya registrasi kartu SIM membuat pelanggan penasaran lalu terus mengirimkan sms berulang-ulang. "Pada dasarnya pesan SMS sudah masuk ke sistem. Karena pendaftarnya banyak, sistem meberlakukan antrean. Tapi karena pesan terus menerus masuk dari nomor SIM yang sama antrean menjadi panjang. Traffic jadi padat. Jadi jangan mengirimkan SMS berulang-ulang." kata Agung menjelaskan.

Agung menyarankan pelanggan melakukan registrasi kartu SIM saat traffic internet dan sistem operator sedang tidak padat, misalnya malam hari. Registrasi dapat dilakukan hari berikutnya selama sebelum 28 Februari 2018.

Kewajiban registrasi kartu SIM diberlakukan pemerintah untuk mencegah penyalahgunaan kartu seluler khususnya pelanggan kartu seluler prabayar. Mengingat akhir-akhir ini sering terjadi tindakan kriminal menggunakan seluler.

Cara Registasi Kartu 3/Axis/As/Im3 Yang Gagal Bisa Diatasi Dengan Trik Berikut

  • Pastikan kartu SIM card benar-benar sudah terpasang di smartphone android atau perangkat seluler lainnya
  • Re-start smartphone android maupun perangkat seluler lainnya 
  • Pastikan sudah memegang atau menuliskan nomor Kartu Tanda Pengenal serta nomor Kartu Keluarga (KK) pada selembar kertas (sewaktu-waktu lupa)
  • Tentukan waktu registrasi kartu SIM. Misalnya pada malam hari antara jam 22.00 - jam 06.00. Sebelum jam 11.00 jaringan internet masih padat tergantung broadband dan sistem layanan operator broadband jaringan. Setelah jam 06.00 jaringan mulai padat. 
Oleh karena itu,  cara registrasi kartu 3/Axis/As/Im3 yang gagal bisa diantisipasi dengan trik di atas sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Karena ternyata rentang waktu registrasi kartu SIM sampai 28 Februari 2018. 

Ketahui Apa Itu Traffic Internet (Internet Traffic)

Untuk diketahui, traffic internet (internet traffic) atau bandwidth dapat diartikan sebagai ukuran transfer data yang dilakukan oleh website (upload dan download). Traffic internet atau bandwidth internet dipengaruhi oleh tampilan web, proses upload dan download, dan POP3-SMTP. Ketika sejumlah pesan baik pesan teks (SMS) maupun pesan elektronik (email) menyertakan attach (lampiran) masuk dalam sistem, proses tersebut telah menggunakan bandwidth. Untuk mengetahui dan mengontrol seberapa besar bandwidth atau traffic internet dipergunakan maka digunakan teknik internet traffic monitor atau teknik monitoring jaringan.

Cara Registrasi Kartu Tri, Axis, As, Im3 dan Kartu Seluler Lainnya Yang Tepat

Cara registrasi kartu seluler bila dilakukan dengan tepat dan benar maka prosesnya akan mudah. Setiap kartu SIM dari operator selular memiliki format registrasi yang berbeda. Nah, berikut ini adalah cara registrasi kartu 3, kartu Axis, Kartu As, Kartu Im3 yang tepat.

Cara Registrasi Kartu SIM Perdana

Setiap pembelian kartu perdana biasanya akan meminta pengisian format awal kemudian dikirimkan ke 4444. Pendaftaran kartu SIM prabayar perdana berlaku untuk pengaktifan kartu prabayar pada tanggal 31 Oktober 2017 dan setelahnya setelah mengaktfikan kartu dengan menyertakan KK dan NIK.

Registrasi dengan nomor NIK dan KK dilakukan setelah aktivasi awal di mana operator seluler meminta sejumlah data (nama, alamat, ID outlet, dsb) untuk mengaktifkan kartu.

Cara registrasi Kartu perdana Simpati, Kartu As (Operator Telkomsel) yaitu :
  1. Ketik : REG<spasi>16 digit NIK#16 digit nomor KK
  2. Setelah itu kirimkan ke 4444

2. Cara registrasi Kartu perdana XL Axiata (XL, Axis)  yaitu :
  1. Ketik : DAFTAR#16 digit NIK#16 digit nomor KK
  2. Kemudian kirimkan ke 4444

3. Cara Registrasi Kartu Perdana 3 (tri), Indosat (Im3, Mentari), Tri (3) dan Smartfren yaitu :
  1. Ketik : 16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  2. Kemudian kirim ke 4444

Cara Registrasi Kartu SIM Prabayar Pelanggan lama (kartu SIM aktif)

Registrasi ini berlaku bagi pelanggan lama yang sudah memiliki kartu SIM aktif sebelum tanggal 31 Oktober 2017.

1. Cara Registrasi kartu Telkomsel (Simpati, Kartu AS):

  1. Ketik : ULANG<spasi>16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  2. Lalu kirimkan ke 4444


2. Cara Registrasi kartu XL Axiata (XL, Axis) :

  1. Ketik : ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK
  2. Kemudian kirim ke 4444


3. Cara Registrasi Kartu Indosat (IM3, Mentari), Tri, dan Smartfren:

  1. Ketik : ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  2. Setelah itu kirim ke 4444


Setelah mengirimkan SMS registrasi ke 4444, biasanya akan ada SMS balasan dari nomor tersebut untuk memberitahukan apabila registrasi sukses atau tidak (misalnya karena nomor NIK atau KK salah).

Pelanggan mesti menggunakan nomor NIK dan KK asli. NIK dan KK palsu tidak bisa digunakan karena operator seluler secara otomatis akan mencocokkan informasi yang dikirimkan pelanggan dengan pusat data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
Labels: Internet, Teknonews, Trik Internet

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Cara Registrasi Kartu 3/Axis/As/Im3 Gagal, Ini Penyebabnya. Silakan Berbagi...

2 Comment for "Cara Registrasi Kartu 3/Axis/As/Im3 Gagal, Ini Penyebabnya"

Gak usah buru-buru gan, registrasinya kan masih lama sampai feb 2018

Registrasi kartu sim gw udah berhasil, tp termasuk lama karna gagal melulu. Jd gw tunggu aja kapan jaringan sedang tidak padat

Software

Back To Top