Table of Content

Perbandingan Laptop Terbaru ASUS, ASUS VivoBook Go 14 vs Zenbook S13 OLED UM5302

Perbandingan prosesor, RAM dan Penyimpanan, Display, Baterai, dan harga ASUS VivoBook Go 14 vs Zenbook S13 OLED UM5302.

ASUS, brand laptop yang sangat populer di dunia selalu menghadirkan inovasi teknologi terbaru pada setiap produknya. Dua laptop ASUS keluaran terbaru, ASUS Vivobook Go 14 dan Zenbook S13 OLED UM5302 hadir dengan spesifikasi unggulan masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan harian Anda.

Yuk, bandingkan kedua laptop tersebut untuk memudahkan Anda menentukan pilihan yang tepat.

Perbandingan Spesifikasi ASUS VivoBook Go 14 vs Zenbook S13 OLED UM5302

laptop asus terbaru

Dua produk laptop terbaru ASUS hadir di tahun 2023 dengan mengusung keunggulan masing-masing yang patut diperhitungkan. Keduanya menawarkan perangkat kerja portabel dengan bodi ringan dan ringkas yang memudahkan Anda saat beraktivitas padat dengan tingkat mobilitas tinggi. Apa saja spesifikasi dan fitur unggulan yang ditawarkan? Berikut perbandingan keduanya.

1. Prosesor

Komponen terpenting yang membuat laptop mampu bekerja adalah prosesor. Dengan tenaga prosesor yang semakin kuat, maka kinerja laptop juga semakin baik untuk menangani tugas-tugas komputasi harian Anda.

ASUS Vivobook Go 14 ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 5 7520U yang mampu bekerja dengan powerful menangani aplikasi multitasking dalam pekerjaan harian yang Anda lakukan. Sementara itu, Zenbook S13 OLED UM5302 ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 7 6800U yang merupakan prosesor generasi terbaru yang membuat laptop tampil baik dengan kinerja tinggi untuk mendukung pekerjaan dengan aplikasi berat seperti editing video dan desain.

2. RAM dan Penyimpanan

RAM dan penyimpanan merupakan dukungan agar performa laptop semakin baik, kencang, dan responsif. Semakin besar RAM dan ruang penyimpanan, maka kinerja laptop juga semakin tinggi untuk menampilkan banyak aplikasi di waktu bersamaan secara responsif. ASUS Vivobook Go 14 hadir dengan RAM 8GB LPDDR5 5500MHz onboard dan penyimpanan 256GB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD yang cepat dan responsif. Tak mau kalah, Zenbook S13 OLED UM5302 didukung oleh RAM 16 GB dan ruang penyimpanan PCle 4.0 SSD 1 TB dengan booting ultra-cepat dan menampung banyak aplikasi serta dokumen tanpa Anda merasa khawatir ruang penyimpanan cepat penuh.

3. Display

Setiap pengguna pasti menginginkan fitur display mampu menghadirkan tampilan layar dramatis dan imersif. Terutama jika pekerjaan Anda di bidang kreatif yang membutuhkan tampilan gambar dengan warna akurat, tajam, dan detail.

ASUS Vivobook Go 14 hadir dengan panel NanoEdge 14 inci dengan sudut pandang luas, layar IPS Full HD, dan resolusi 1920 x 1080 piksel. Layar laptop ini dapat diputar 180 derajat agar Anda bisa berbagi tampilan dengan pengguna lain saat bekerja sama atau berdiskusi dengan klien. Sementara itu, Zenbook S13 OLED UM5302 hadir dengan teknologi layar sentuh berukuran 13,3 inci empat sisi bezel ultra-slim untuk memberi tampilan lebih luas serta resolusi 2880 x 1800 piksel. Teknologi OLED yang digunakan menawarkan kualitas gambar yang jauh lebih baik dengan kontras yang lebih tinggi serta ketajaman warna lebih jelas dan akurat.

Baca Juga: Fitur dan Keunggulan Vivobook 14X M1403

4. Baterai

Kapasitas baterai melengkapi performa laptop yang diunggulkan. Kualitas dan kapasitas baterai menjadi sangat penting dan dibutuhkan, terutama bagi Anda yang memiliki aktivitas padat di luar ruangan dengan tingkat mobilitas tinggi. ASUS Vivobook Go 14 mendapat dukungan dari baterai berkapasitas 42 Whrs dan fitur fast charging untuk mengisi ulang daya hingga 60% dalam waktu 49 menit. Sedangkan Zenbook S13 OLED UM5302 hadir dengan kapasitas baterai 67 Whr untuk pemakaian hingga 19 jam. Pengisian ulang daya dilengkapi dengan teknologi fast charging, yang mampu meningkatkan kapasitas baterai hingga 60% dalam hanya 49 menit. Anda bisa bekerja menjauh dari sumber daya atau stop kontak selama berjam-jam dengan lebih percaya diri.

Dari segi performa, Zenbook S13 OLED UM5302 tampak lebih unggul dibanding ASUS Vivobook Go 14. Dukungan prosesor terbaru yang lebih kuat dan RAM lebih besar membuat ASUS Zenbook S13 OLED mampu menjalankan berbagai aplikasi berat yang cocok untuk pekerjaan desain dan editing. Namun, performa ASUS Vivobook Go 14 juga tidak bisa dipandang remeh. Laptop ini mampu mendukung tugas komputasi harian dan menjalankan aplikasi multitasking tanpa hambatan.

Dari segi harga, ASUS Vivobook Go 14 menjadi lebih unggul dengan penawaran yang lebih bersahabat di kisaran Rp 9 jutaan. Sedangkan Zenbook S13 OLED UM5302 yang berada di kelas flagship, ditawarkan dengan harga lebih tinggi, yaitu Rp 18 jutaan. Anda bisa memilih di antara keduanya dengan menyesuaikan pada kebutuhan pekerjaan dan anggaran yang telah Anda sediakan.

Baca juga : Cara Mengoptimalkan Laptop ASUS Untuk Efisiensi Belajar

Zenbook S13 OLED UM5302 merupakan pilihan yang tepat untuk menjalankan pekerjaan dengan aplikasi berat. Namun, jika Anda membutuhkan laptop berkualitas dengan harga terjangkau, maka ASUS Vivobook Go 14 merupakan solusi terbaik.

Suka Teknologi