Table of Content

Postingan

Urutan Versi Chat OpenAI GPT Dari Awal Hingga Terbaru

Urutan versi Chat OpenAI GPT dari pertama hingga ChatGPT-4 beserta fitur, kelebihan, dan kekurangannnya.

Urutan Versi Chat OpenAI GPT - ChatGPT, atau Chat OpenAI GPT, adalah chatbot online yang dikembangkan OpenAI. Aplikasi untuk percakapan interaktif dan chatbot yang menggunakan model bahasa kognitif ini telah dirilis oleh OpenAI sejak tahun 2018. Hingga sekarang OpenAI telah merilis versi terbaru Chat OpenAI GPT, yaitu ChatGPT-4.

Chat OpenAI GPT, atau lebih dikenal dengan ChatGPT, adalah salah satu produk revolusi industri 4.0 yang mendapat atensi tinggi dari berbagai pihak. Chatbot ini memiliki kelebihan pada kemampuannya memberikan jawaban terhadap pertanyaan kompleks pada sesi percakapan dengan penggunanya.

Didesain untuk memberikan jawaban dari pertanyaan pengguna, Chat GPT Open AI dapat memahami beragam jenis pertanyaan dan bahasa. Menariknya, ChatGPT bisa mengoreksi jawabannya sendiri.

Sejak pertama kali dirilis, ChatGPT telah mendapatkan respon positif maupun negatif dari berbagai kalangan. Tidak sedikit perusahaan yang menganggap ChatGPT sebagai aplikasi chatbot yang sangat berguna. Namun banyak pula kalangan cendikiawan yang menganggap ChatGPT sebagai ancaman terhadap kemanusiaan.

Terlepas dari kontroversi tersebut, ChatGPT nyatanya terus diperbaharui dan dikembangkan. Uniknya, sejumlah perusahaan raksasa telah menggunakan ChatGPT sebagai alat bantu mereka.

Lalu apa saja urutan versi Chat OpenAI GPT dari pertama hingga terbaru ?

Baca Juga: Apa Itu Chat AI GPT, Fungsi, dan Tujuannya

Urutan Versi Chat AI GPT Yang Dikembangkan OpenAI

versi chat openai hpt

Hingga saat ini, OpenAI telah merilis berbagai versi Chat AI GPT. Versi terbaru Chat AI GPT yaitu ChatGPT-4. Chatbot terbaru OpenAI ini membawa sejumlah kemampuan, diantaranya membaca gambar.

Untuk mengetahui fitur dan kelebihan GPT pada masing-masing versi, berikut adalah urutan versi Chat AI GPTdari pertama kali dibuat hingga sekarang.

ChatGPT v1

Versi pertama Chat AI GPT atau ChatGPT pertama kali diluncurkan pada Juni 2018. ChatGPT-1 adalah aplikasi bot percakapan online yang menggunakan model bahasa AI GPT pertama (GPT-1) yang dikembangkan oleh OpenAI.

Chatbot AI GPT model pertama ini memiliki 117 juta parameter dan dapat menghasilkan teks yang cukup baik dalam bahasa Inggris.

Kelebihan dari GPT-1 adalah kemampuannya untuk menghasilkan teks yang lebih alami dan lebih dekat dengan bahasa manusia, namun kekurangannya adalah masih belum cukup akurat dan sering menghasilkan teks yang tidak konsisten.

Chat OpenAI GPT v2 (ChatGPT-2)

Versi Chat OpenAI GPT berikutnya adalah ChatGPT-2. ChatGPT-2 adalah chatbot Chat OpenAI yang menggunakan model bahasa GPT kedua (GPT-2) yang dikembangkan oleh OpenAI. ChatGPT-2 diluncurkan pada Februari 2019.

ChatGPT-2 memiliki 1,5 miliar parameter dan dapat menghasilkan teks lebih baik dan lebih alami daripada GPT-1, memiliki 1600 hidden units dan 16 attention heads dari 48 layer.

Kelebihan dari ChatGPT-2 adalah kemampuannya untuk menghasilkan teks yang lebih konsisten dan lebih akurat, namun kekurangannya adalah masih rentan terhadap bias, sering menghasilkan teks yang tidak netral, pengetahuan spesifik masih kurang, serta rentan disalahgunakan.

Chat OpenAI GPT v3 (ChatGPT-3)

Urutan versi Chat OpenAI GPT selanjutnya yaitu ChatGPT-3, diluncurkan pada Juni 2020. Versi Chat AI GPT ini telah menggunakan teknologi GPT model ketiga, yang memiliki 175 miliar parameter dan merupakan model bahasa terbesar yang pernah dibuat.

Chat OpenAI GPT-3 dilatih menggunakan data teks sebesar 570 GB, berasal dari web crawl dan dataset seperti Wikipedia (en), WebText2, Books1, Books2, Common Crawl, CC News, WebText, RealNews Stories, dan Reddit.

Kelebihan dari ChatGPT-3 adalah kemampuannya untuk menghasilkan teks yang sangat alami dan sangat dekat dengan bahasa manusia, serta dapat digunakan dalam berbagai aplikasi seperti penerjemahan bahasa dan chatbot.

Namun, kekurangan dari GPT-3 adalah masih rentan terhadap bias dan sering menghasilkan teks yang tidak netral.

Chat OpenAI GPT v4 (ChatGPT-4)

GPT-4 secara resmi diluncurkan tahun 2023. Model language AI versi ke-4 dari GPT ini diklaim lebih baik dibandingkan ChatGPT. GPT-4 sendiri merupakan model bahasa AI yang dikembangkan dari GPT 3.5.

Kelebihan GPT-4 antara lain bisa mendeteksi gambar, memberikan respon yang jauh lebih aman, percakapan yang jauh lebih panjang, serta kemampuan memahami bahasa yang jauh lebih baik dibandingkan versi terdahulu. Selain itu GPT-4 juga dapat memberikan respon yang ekspresif.

Baca juga: Cara Menggunakan Chat OpenAI GPT

Prospek Chat OpenAI GPT di Masa Depan

Chatbot Chat AI GPT diprediksi akan mengalami pengembangan yang lebih luas. Hal ini dikarena sejumlah perusahaan telah menggunakan teknologi GPT dan ChatGPT pada berbagai platform untuk berbagai kebutuhan dan tujuan.

Beberapa pengembangan yang diklaim akan membuat ChatGPT semakin dibutuhkan antara lain pada memahami berbagai bahasa di dunia serta penyempurnaan terhadap cara GPT AI dan ChatGPT merespon bahasa dan perintah yang diajukan oleh penggunanya.

Selain itu, GPT dan ChatGPT menurut prediksi TeknoPlug setelah mempelajari sejumlah statement dari pengembang aplikasi dari berbagai sumber, bisa memproduksi konten sesuai perintah penggunanya.

Terbukti saat ini banyak developer yang mulai mengembangkan model AI GPT dan ChatGPT merespon prompt pengguna seperti "cara membuat gambar 3D", "cara root kecepatan WiFi di smartphone" beserta gambarnya, dan sebagainya.

Hingga saat ini, ChatGPT-3 dan ChatGPT-3.5 adalah versi Chat OpenAI GPT yang paling banyak digunakan. Banyak perusahaan besar didunia mengadopsi dan memodifikasi ChatGPT-3 dan ChatGPT-3.5 sebagai chatbot mereka sendiri.

Hal ini cukup wajar, mengingat versi ChatGPT-4 tidak memiliki perbedaan signifikan dibandingkan ChatGPT-3 dan ChatGPT-3.5. Selain itu, ChatGPT-3 dan ChatGPT-3.5 adalah versi Chat OpenAI GPT yang dianggap paling mudah disesuaikan dengan chatbot yang telah mereka miliki selama ini.

Suka Teknologi