Fitur Terbaru Android Ice Cream Sandwich Terupdate

11 Januari
Android 4.0 Ice Cream Sandwich merupakan versi Android terbaru setelah Android Honeycomb yang menjadi jadi titik awal pembaruan dan kompatibilitas platform gadget OS Android. Apa saja fitur Android Ice Cream Sandwich ini ?
Setelah merilis versi Android termasuk Android Cupcake, Gingerbread dan Honeycom, Google kembali merilis OS terbaru Android yang diberi nama Ice Cream Sandwich. Android I atau Android Ice Cream Sandwich (selanjutnya disingkat Android ICS) ini merupakan upgrade Android berbasis Android 3.0 Honeycomb.

Perubahan signifikan Android 4.0 ini menurut Wikipedia terjadi demi mewujudkan sebuah platform yang bisa digunakan baik di smartphone maupun di tablet. Caranya yaitu dengan menyederhanakan dan memodernisasi semua pengalaman pengguna Android melalui set baru human interface guidelines.

Android Ice Cream Sandwich sendiri dirilis pada 19 Oktober 2011 lalu dengan versi awal yaitu Android 4.0 dengan level API 14.

Baca Juga : Urutan Tingkatan Versi Android Hingga Versi Android Terbaru.

fitur android versi ice cream sandwich


Fitur Android Ice Cream Sandwich

Android versi 4.0 mengalami sejumlah peningkatan dibandingkan versi Android sebelumnya yaitu Android 3.0 agar menjadi platform sistem operasi yang kompatibel baik perangkat smarpthone maupun tablet.

Beberapa fitur Android Ice Cream Sandwich antara lain tampilan baru "Holo" yang dibuat sangat bersih, minimalis, dengan typeface baru bernama "Roboto".

Fitur Android 4.0 lainnya antara lain support near-fiel communication (NFC) dengan kemampuan "beam" konten ke user lain dengan teknologi. Adapula fitur refreshed home screen, Manajer kontak yang terintegrasi dengan jaringan media sosial, kemampuan mengakses kamera dan kontrol musik lewat lock screen, serta penambahan aplikasi pengedit foto bawaan, Wi-Fi Direct, merekam video 1080p bagi perangkat Android tertentu, akselerasi perangkat keras UI.

Android 4.0 Ice Cream Sandwich juga punya fitur pesan suara dengan dukungan visual, face unlock, serta kemampuan memonitor dan membatasi penggunaan mobile data.

Tingkatan Versi Android Ice Cream Sandwich Hingga Yang Paling Tinggi

Android Ice Cream Sandwich mengalami berbagai update baik berupa perbaikan maupun penambahan fitur. Beberapa macam versi Android Ice Cream Sandwich adalah sebagai berikut.

Android Ice Cream Sandwich Versi 4.0.1

Versi Android 4.0.1 dirilis pada 21 Oktober 2011 merujuk pada Android yang mengalami perbaikan bug minor upada Samsung Galaxy Nexus.

Versi Android Ice Cream Sandwich 4.0.2

Android Ice Cream Sandwich versi 4.0.2  dirilis tanggal 28 November 2011 untuk perbaikan bug minor pada Verizon Galaxy Nexus namun baru diluncurkan pada Desember 2011.

Android Versi 4.0.3 Ice Cream Sandwich

Versi Android Ice Cream Sandwich terbaru setelah versi 4.0.2 adalah versi Android 4.0.3 yang dirilis pada 16 Desember 2011. Versi Android 4.0.4 punya API Level 15. Ice Cream Sandwich 4.0.3 adalah versi Android terakhir yang yang mendukung Flash Player Adobe System. Beberapa perubahan yang dibawa pada versi Android 4.0.3 Ice Cream Sandwich ini antara lain sejumlah perbaikan bug dan optimasi, perbaikan aksesbilitas seperti peningkatan akses konten bagi pembaca layar.

Peningkatan lain pada versi 4.0.3 Android Ice Cream Sandwich yaitu API baru bagi pengembang (termasuk API arus sosial di penyedia kontak), fitur baru aplikasi kamera yang meningkatkan stabilisasi video dan resolusi QVGA, serta peningkatan fungsionalitas grafis, basis data, Bluetooth, spell checker (pemeriksa ejaan).

Android Ice Cream Sandwich Versi 4.0.4

4.0.4 adalah versi Android tertinggi Ice Cream Sandwich yang diumumkan pada 29 Maret 2012. Perubahan yang dibawa dalam versi Android ini yaitu peningkatan stabilitas, kinerja kamera yang lebih baik, peningkatan fitur pengidentifikasian nomor telepon serta rotasi layar yang lebih halus.

Sayangnya, dukungan terhadap versi Android Ice Cream Sandwich ini sudah dihentikan oleh Google tahun 2018 lalu, dimana Play Service API tak akan lagi mendukung versi Android tersebut. Google telah menetapkan OS minimal bagi para developer untuk menggarap API level 16 adalah Android 4.1 Jelly Bean.

Namun demikian pengembang aplikasi sebenarnya tetap bisa memperbarui aplikasinya untuk Android ICS, walaupun hanya pada API level 14 atau 15. Namun tentu aplikasi-aplikasi tersebut tak akan bisa memanfaatkan fitur-fitur terbaru yang ada di Play Service karena Fitur Terbaru Android Ice Cream Sandwich sudah tidak support lagi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »