Table of Content

Mana Versi Android Terbaik Antara Android KitKat, LolliPop, Marhsmallow, Nougat, Hingga Oreo ?

Versi Android Nougat dan Marhsmallow menjadi versi android terbaik paling banyak digunakan saat ini daripada versi Android Oreo.

Versi Android terbaik- Saat ini aneka ponsel pintar umumnya menggunakan OS Android sebagai sistem operasinya. Dari berbagai sumberdiketahui bahwa bahwa OS Android adalah sistem operasi perangkat mobile yang paling banyak digunakan di dunia.

Urutan Tingkatan Versi Sistem Operasi Android Terbaru Di Smartphone

urutan versi android terbaik terbaru dan tertinggi sekarang

Sebagai OS terpopuler tentunya ini merupakan berita baik bagi seluruh pengguna smartphone Android, dan sekaligus kebanggaan bagi Android sendiri. Ini membuktikan bahwa OS Android milik Google ini adalah salah satu yang paling digemari oleh kebanyakan pengguna smartphone hingga pengguna TV Android yang banyak dijual di Bukalapak, dan juga sebagai pembuktian bahwa kompatibilitas serta kecanggihan OS Android lebih diakui.

Perkembangan Android tidak terlepas dari momen saat Android diakuisisi oleh Google. Penamaan yang unik terhadap versi Android menjadi salah satu penyebab keingintahuan para pengguna smartphone tentang apa saja keistimewaan yang dihadirkan Android di setiap smarpthone yang menggunakan setiap versi.

Nah, kamu pengguna smarpthone dengan versi Android yang mana ? Kali ini TeknoPlug akan mengajak sobat untuk mengetahui lebih banyak urutan nama versi android beserta kelebihan masing-masing versi sejak dirilis sebagai platform komersial oleh Google.

Android 4.4 KitKat

Android Kitkat dirilis pertama sekali dengan kode versi 4.4 (Android 4.4 Kitkat). KitKat adalah salah satu produk cemilan produksi Nestle dan Hershey. Oleh karena itu, Android KitKat dirilis setelah mendapat persetujuan dari Nestle dan Hershey. Android KitKat versi 4.4 diumumkan pada 31 Oktober 2013 dengan API Level 19. OS Android KitKat sendiri telah dirilis dalam berbagai versi, mulai versi Android 4.4. hingga versi 4.4.4.

Fitur-Fitur Pada Android KitKat (Android 4.4 KitKat) :

Peningkatan aksesbilitas API, optimasi kinerja pada perangkat berspesifikasi rendah, peningkatan tampilan mode layar penuh dengan tombol perangkat lunak dan status bar bisa diakses dari tepi dengan cara menggesek.

Android 5.0 LolliPop

Versi Android Lollipop mungkin adalah satu-satunya versi OS dengan penamaan sebuah permen. Android Lollipop pertama kali diperkenalkan dengan kode nama Android L pada 25 Juni 2014 dalam presentasi keynote pada konferensi penembang Google I/O. Lollipop dirilis dengan versi Android 5.0 (Android 5.0 LolliPop). Level API-nya 21.

Kelebihan Android Lollipop yaitu desain dengan peningkatan penggunaan layout berbasis grid, animasi dan transisi responsif, padding dan efek kedalaman seperti pencahayaan dan kedalaman.

Android Lollipop bisa dikatakan sebagai salah satu versi Android terbaik yang paling digemari, dimana versi android yang satu ini memiliki project volta yang berguna untuk meningkatkan daya hidup baterai 30% lebih tahan lama. Kelebihan lainnya yaitu dari segi keamanan dengan adanya fitur factory reset protection dimana ketika perangkat smartphone hilang ia tidak bisa direset ulang tanpa memasukkan akun google dengan password yang benar.

Versi Android 5.0 Lollipop pertama kali digunakan pada perangkat Google Nexus 6 dan tablet Nexus 9.

Android 6.0 Marshmallow

Android 6.0 diberi nama Marshmallow atau code nama Android M. OS Android Marshmallow pertama kali diperkenalkan pada Mei 2015. Marshmallow Android versi 6.0 memiliki level API 23.

Kelebihan versi Android Marshmallow pada fitur terbarunya yaitu teknologi manajemen daya baru yang diberi nama Doze, dimana dengan fitur ini dapat mengurangi tingkat aktivitas aplikasi latar belakang saat perangkat menentukan bahwa aplikasi tersebut tidak sedang aktif ditangani pengguna. Hal ini akan menyebabkan pemakaian baterai perangkat menjadi meningkat. Kelebihan lainnya yaitu adanya pilihan yang mengatur ulang semua pengaturan jaringan Wi-fi, Bluetooth dan koneksi seluler.

Cukup banyak smartphone canggih terbaru yang menggunakan OS Android Marshmallow antara lain yaitu :

  • Jajaran Samsung Android (Samsung Galaxy S7, Samsung Galaxy S7 Edge, Samsung Galaxy S6, Samsung, Galaxy S6 Edge, Samsung Galaxy S6 Edge+, Samsung Galaxy Note5
  • Jajaran HP LG Android (LG G3, LG G4, LG G5, LG K10)
  • Deretan HP Android Motorola (Moto G (3rd gen), Motorola Moto X (2nd Gen), Motorola Moto X Play, Motorola Droid Turbo 2).
  • Deretan Smartphone Android Merk Huawei (Huawei Mate 8, Huawei P8, Huawei P9, Huawei Honor 6, Huawei Honor 4X, Huawei Ascend Mate7)
  • Jajaran HP Android Merk Sony (Sony Xperia Z5, Sony Xperia X, Sony Xperia M4 Aqua, Sony Xperia X, Sony Xperia Z3, Sony Xperia Z3+).
  • HP Android Xiaomi (Xiaomi Mi 5, Xiaomi Mi 4).
  • HP ASUS Zenfone (Asus Zenfone 2 ZE551ML)
  • HTC Desire 816, HTC One M9+, HTC One E9+.

Android Nougat

Versi Android diatas Marshmallow adalah versi Android Nougat. Android Nougat sendiri dirilis dalam beberapa versi. Versi Android Nougat pertama kali perkenalkan versi 7.0 (Android 7.0 Nougat) pada 22 Agustus 2016. Versi Android 7.0 Nougat memiliki level API 24.

Beberapa Fitur dan Kelebihan Versi Android 7.0 Nougat

Kelebihan Android Nougat terletak pada kemampuan untuk menampilkan kalibrasi warna, kemampuan untuk layar zoom, penambahan Informasi Darurat, Paltform virtual reality (VR), peningkatan teknologi Doze yang memperpanjang masa pakai baterai, dukungan multi-window pada tata letak desktop.

Urutan Versi Android Nougat Terbaru Hingga Versi Android Nougat Tertinggi :

  • Versi Android 7.1 Nougat. Versi 7.1 Android Nougat diperkenalkan pada 4 Oktober 2016. Versi Android 7.1 ini memiliki level API 25. Beberapa Fitur dan Peningkatan Versi Android 7.1 Nougat antara lain yaitu perbaikan dan peningkatan pada Android versi 7.1 antara lain dukungan cahaya malam, adanya dukungan mode VR Daydream, Fitur pengembang, API untuk jalan pintas aplikasi, penyisipan gambar keyboard, metadata wallpaper yang disempurnakan.
  • Versi Android 7.1.1 dirilis pada 5 Desember 2016. Beberapa pembaruan yang dibawa dalam Android Nougat versi ini yaitu adanya fitur emo baru serta bisa mengirim GIF langsung dari keyboard default.
  • Versi Android 7.1.2 (dirilis pada 4 April 2017) dengan membawa pembaruan dan perbaikan antara lain peringatan penggunaan baterai.

Beberapa perangkat yang menggunakan Android Nougat antara lain yaitu Samsung S8, Samsung S8 Plus, Samsung A7, Samsung A7 Plus, ASUS Zenfone 3 Max, ASUS Zenfone 4 Max, Google Pixel XL, OnePlus 5T, OnePlus 3T, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Urutan Versi Android Dari Terendah Sampai Tertinggi

Versi Android Terbaru

Sejak 2018 hingga tahun 2021 ini, ada 3 versi Android terbaru yang fiturnya sangat canggih, karena telah menyematkan teknologi AI sehingga sistem pada ponsel dapat mengetahui apa keinginan si pengguna perangkat. Versi Android terbaru tersebut adalah Android 8 Oreo, Android 9 Pie, dan Android 10. Tak berapa lama lagi Android 11 juga akan segera dirilis, yang pastinya akan lebih canggih lagi.

Android 8.0 Oreo

Versi Android 8.0 diberi nama Android Oreo. Android Oreo sendiri diperkenalkan pertama kali pada 21 Maret 2017 sebagai preview dari pengembang. Rilis Android versi 8.0 Oreo yang performanya lebih stabil diperkirakan pada Agustus/September 2017. Berikut ini adalah beberapa fitur di Android Oreo :

  • Dengan memadukan rancangan platform OS Android versi sebelumnya khususnya Android Kitkat, Android Lollipop, Android Marshmallow dan Android Nougat yang, beberapa perubahan yang dibawa oleh Android versi 8.0 antara lain :
  • Dukungan gambar-dalam-gambar, adanya fitur titik pemberitahuan serta munculnya ikon adaptif
  • Mengalami desain ulang pada layar kunci serta Aplikasi (Apl) Pengaturan dengan peningkatan pada gamut warna yang lebih luas untuk aplikasi.
  • Peningkatan pada saluran pemberitahuan serta titik pemberitahuan

Sebagai versi Android terbaru, Android Oreo v8.0 diminati oleh sejumlah produsen perangkat terkenal di dunia. Versi Android Zenfone 5 keluaran terbaru sudah memakai OS Android Oreo, misalnya : ASUS Zenfone 5 ZE620KL, ASUS Zenfone 5Z ZS620KL, ASUS Zenfone 5 Lite ZC600KL, Samsung S9, Samsung S9+, Samsung A8, Samsung A8+.

Google kemudian merilis update Versi Android Terbaru Oreo, yaitu Versi Android Oreo 8.1. Antusiasme berbagai pihak tentang sistem operasi milik Google ini sangat tinggi dan tidak sabar ingin mengetahui bagaimana cara kerja dan berbagai fitur terbaru di dalamnya.

Smartphone pertama yang akan menerima notifikasi update OS ini tentu saja Google Pixel dan juga Nexus, karena keduanya adalah smartphone besutan Google.

Android 9 Pie

Android 9 atau Android Pie adalah versi Android yang dirilis Google pada 2019 lalu. Bisa dikatakan fitur-fitur pada Android 9 Pie adalah perbaikan dan peningkatan dari versi Android sebelumnya yaitu Android Nougat dan Android Oreo, utamanya pada artificial intelligence yang semakin baik.

Baca Juga : Fitur Terbaik Android 9 Pie

Android 10

Inilah versi Android terbaru 2020. Fitur utama Android 10 atau Android Q ini adalah adanya teknologi jaringan 5G yang punya kecepatan sangat tinggi dibandingkan internet 4G. Hanya saja karena di Indonesia teknologi jaringan 5G belum mapan maka koneksi internet pada smartphone Android Q belum bisa dinikmati layaknya di negeri Paman Sam ataupun negeri Tirai Bambu.

Baca Juga : Fitur dan Kelebihan OS Android 10

Versi Android Terbaik Saat Ini

versi android terbaik saat ini
Urutan Versi Android Terbaik (gambar : dailysocial.id)

Perlu diketahui bahwa Google telah memberhentikan sertifikasi perangkat baru untuk beberapa versi Android tertentu. Termasuk menghentikan sertifikasi Android generasi ketujuh, Android Nougat pada akhir Maret lalu.

Semua perangkat Android baru bersertifikasi Google Play pun kini wajib dirilis dengan Android 8.0 Oreo atau versi Android terbaru yang lebih tinggi seperti Android 9 dan Android 10. Menutup sertifikasi platform Android lawas, sudah menjadi standard bagi Google. Seperti ketika Google menutup sertifikasi Andorid Marshmallow pada akhir Januari 2017 lalu, selang lima bulan setelah perilisan Android 7.0 Nougat. Andorid Nougat pun dipensiunkan, tujuh bulan setelah Android Oreo yang rilis Agustus 2017 lalu.

Karena Google sendiri yang menyetop pembaruan Android Nougat, maka ada harapan bagi perangkat Android baru mendapat dukungan modul Project Treble, karena Project Trebel menjadi salah satu persyaratan Google untuk meluncurkan perangkat apa pun yang berbasis Android Oreo atau yang lebih tinggi.

Pengumuman itu menjadi peringatan bagi vendor yang akan merilis perangkatnya dengan sertifikasi Android Nougat sebelum akhir Maret. Sebab, meskipun perangkat yang tersertifikasi Android Nougat terdaftar sebagai perangkat Android bersertifikasi, bukan berarti perangkat tersebut akan diluncurkan dengan Android Oreo di dalamnya.

Apa Versi Android Terbaik Yang Paling Banyak Digunakan Konsumen ?

Meskipun Android 10, Android 9 Pie, maupun Android 8 Oreo adalah versi Android terbaru dengan fitur tercanggih namun tidak serta merta ketiga versi Android tersebut adalah yang terbaik, setidaknya dalam hal jumlah penggunanya.

Menurut situs Dailysocial, Android versi Nougat adalah versi Android terbaik yang paling banyak digunakan. para pengguna smartphone dengan total 28,5%.

Di bawah Nougat, Marshmallow dan Lollipop rupanya masih memiliki porsi yang cukup besar, masing-masing dengan 28,1% dan 24,6%. Yang cukup mencengangkan, ternyata masih ada 0,3% konsumen yang menggunakan smartphone dengan OS Android Gingerbread, yang versi terakhirnya (2.3.7) dirilis lebih dari enam tahun yang lalu.

Sebagai perspektif, tingkat adopsi iOS 11 sudah mencapai angka 65% per 18 Januari kemarin berdasarkan data dari Apple, sedangkan iOS 10 28% dan sisa 7% untuk versi-versi yang lebih lawas lagi. Kendati demikian, ini tak bisa dijadikan perbandingan langsung mengingat semua perangkat yang menjalankan sistem operasi iOS dibuat oleh Apple sendiri, sedangkan mayoritas perangkat Android bukan berasal dari Google.

Dengan analisa di atas, berikut adalah versi android yang terbaik yang paling banyak digunakan.

Versi Android Terbaik Yang Paling Banyak Digunakan Di Smartphone

  1. Versi Android Nougat - 28,5 % (Versi 7.0 sebesar 22,3 %, dan Android Nougat 7.1 sebesar 6,2%)
  2. Versi Android Marshmallow - 28,1 %
  3. Versi Android Lollipop - 24,6% (Lollipop Versi 5.0 sebesar 5,4% dan Versi Lollipop 5.1 sebesar 19,2%)
  4. Versi Android Kitkat (12%)
  5. Versi Android Jelly Bean - 5% (Jelly Bean Versi 4.1.x sebesar 1,7 %, versi 4.2.x sebesar 2,6 %, versi 4.3 sebesar 0,7%)
  6. Versi Android 8 Oreo : n/a
  7. Versi Android 9 Pie : n/a
  8. Versi Android 10 : n/a

Nah, itulah versi Android terbaik yang paling banyak digunakan oleh pengguna gadget. Dapatkan update terbaru tentang versi Android terbaik selanjutnya.

anda sudah tahu versi OS Android terbaik yang paling banyak digunakan di smartphone.

Suka Teknologi