Table of Content

9 Layanan Internet Rumah Terbaik dan Tercepat di Indonesia

Rekomendasi layanan internet rumah terbaik dan tercepat dengan teknologi fiber optik serta siaran TV untuk internetan dan hiburan keluarga.

Internet Rumah Terbaik - Internet rumah wajib dipertimbangkan bila kamu membutuhkan koneksi internet terbaik untuk melakukan berbagai aktivitas daring di rumah. Dengan memilih paket internet rumah yang tepat, keluarga Anda tidak hanya puas berinternetan namun juga bisa menghemat biaya pengeluaran bulanan.

Koneksi internet, di era digital kini semakin penting karena sebagian besar aktivitas harian kita seperti berkomunikasi, baca berita, menyelesaikan pekerjaan di kantor, berbelanja, hingga menikmati hiburan sudah menggunakan aplikasi-aplikasi dari laptop maupun smartphone.

Berbagai layanan internet dari provider kini bisa dinikmati untuk mengakses internet. Selain internet seluler, layanan internet rumah dapat menjadi pilihan terutama bila kamu memiliki beberapa anggota keluarga dengan kebutuhan internet yang berbeda.

Salah satu keuntungan memasang internet rumah adalah bisa diakses oleh semua penghuni rumah secara bersamaan. Layanan internet rumah juga dapat meningkatkan kebersamaan anggota keluarga. Mereka tidak perlu lagi ke rumah tetangga untuk internetan, atau mengeluarkan biaya lebih banyak untuk membeli paket data seluler.

Bila Anda bingung memilih layanan home internet, beberapa layanan internet rumah terbaik di Indonesia berikut dapat menjadi referensi.

Rekomendasi Layanan Internet Rumah Terbaik di Indonesia

paket internet wifi murah untuk di rumah

Saat ini provider internet menyediakan berbagai pilihan jenis internet rumah dengan kecepatan koneksi dan biaya bervariasi. Mulai home internet unlimited hingga paket WiFi rumah plus channel siaran digital dengan biaya per bulan Rp 200 ribuan.

Bila kamu membutuhkan paket wifi rumah atau layanan internet rumah, berikut adalah beberapa provider internet rumah terbaik untuk Anda berlangganan.

IndiHome

internet rumah

Ingin memasang wifi rumah unlimited tanpa kabel? Coba Indihome. Layanan Indihome merupakan paket WiFi rumah Telkomsel dan PT. Telkom yang telah menggunakan teknologi fiber optik, telepon rumah, TV interaktif.

Telkomsel Indihome menyediakan beragam pilihan paket wifi rumahan mulai Rp 200 ribuan. Bila pada tahun-tahun sebelumnya Kecepatan WiFi basic pada setiap paket internet rumah IndiHome adalah 10 Mbps, Indihome telah memperbarui paket dengan kecepatan internet mulai 30 Mbps. Pilihan paket Indihome tersebut antara lain Jitu 1-1P, Jitu 1-2P, Jitu 1-3P, dan Indihome Movie.

Keunggulan paket internet rumah IndiHome yaitu kecepatan koneksi tinggi yang dibundling dengan sejumlah layanan TV Channel berkualitas HD. Misalnya bonus layanan film iFlix, HOOQ, iFlix, layanan telepon lokal maupun interlokal 100 menitan, tergantung jenis paket home internet pilihan kamu.

Telkomsel juga memberikan promo internet rumah Indihome bagi setiap pelanggan baru dengan sejumlah bonus dan discount. Dengan koneksi yang relatif stabil dan kecepatan tinggi plus tayangan menarik dari sejumlah channel populer akan membuat keluarga kamu betah internetan dan nonton di rumah.

Area layanan home internet Telkomsel Indihome telah mengcover hampir seluruh pelosok Tanah Air, baik kota-kota besar seperti Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Surabaya, hingga pedesaan.

First Media

home internet

Layanan internet rumah selain Indihome yaitu First Media. Beragam penghargaan seperti Indonesia Best Brand 2018 dan 2019 Award, Indonesia Most Innovative Businnes 2019 Award serta Customer Experience Service Quality untuk kategori Internet Service Provider bisa menjadi referensi bahwa First Media merupakan salah satu internet rumah terbaik Indonesia.

Mengusung slogan Internet Rumah Tercepat dan TV Kabel Terbaik, layanan home internet First Media cocok buat keluarga yang membutuhkan internet rumah bebas kuota dan hiburan terlengkap.

Selain paket internet, First Media menawarkan layanan TV berkualitas serta Streaming. Beberapa layanan internet juga dibundling dengan TV channel berkualitas HD, Internet plus Streaming, serta Internet + TV + Streaming.

Layanan internet rumah First Media menghadirkan sejumlah kelebihan yang dapat dinikmati pelanggan, antara lain koneksi internet tercepat tanpa batas tanpa khawatir dengan penggunaan data, koneksi cepat dan stabil dengan sistem DOCSIS 3.0, serta hiburan internet tanpa hambatan dengan kecepatan 1 Gbps.

Jangkauan paket internet First Media mengcover area Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Tanggerang, Depok, Bogor, Bekasi, Bandung, Gresik, Sidoarjo, Malang, Surabaya, Bali.

Baca juga: Perbedaan TV Digital dan Analog

Anda bisa memilih sejumlah layanan, seperti paket internet rumah dan TV kabel berkecepatan hingga 100 Mbps-200 Mbps dengan biaya mulai 200 ribuan per bulan, atau paket internet dan streaming berkecepatan hingga 50 Mbps-300 Mbps.

Biznet Home

layanan internet rumah

Keluarga Anda ingin menikmati internet terbaik plus tayangan menarik untuk menemani aktivitas di rumah? Coba Biznet Home, salah satu layanan WiFi rumah dengan kecepatan tinggi di Indonesia.

Biznet Home adalah layanan internet rumah besutan Biznet, sebuah perusahaan infrastruktur digital yang memiliki sekaligus mengelola jaringan fiber optic. Selain layanan WiFi rumah Biznet Home, Biznet juga memiliki layanan Cloud Computing, Data Center, dan TV berbayar (IPTV).

Khusus untuk layanan internet, pelanggan bisa memilih sejumlah paket Home Internet dan Home Gamers sesuai domisili. Biznet menyediakan paket Home Internet berkecepatan mulai 50 Mbps dengan FUP 1.500 GB serta extra kuota 375 GB plus tayangan video dengan biaya langganan mulai 200 ribuan per bulan.

Baca Juga: Perbedaan WI-FI dan LIFI

MyRepublic

internet rumah terbaik

Bila keluarga Anda membutuhkan koneksi internet tercepat dan stabil sekaligus hiburan berkualitas di rumah, layanan home internet MyRepublic layak Anda pertimbangkan.

Layanan internet rumah MyRepublic adalah bagian dari Sinar Mas Group,

MyRepublic menghadirkan internet rumah tercepat melalui layanan Internet Fiber yang dilengkapi fitur channel TV, serta layanan Add-On. Pelanggan dapat memilih paket internet rumah terbaik menurut kebutuhannya.

Penghargaan Fastest Fixed Network Indonesia Q3-Q4 2023, dan Excellent Service Experience Award 2024 adalah salah satu bukti bahwa MyRepublic adalah layanan internet rumah terbaik dan tercepat di Indonesia.

Beberapa rekomendasi paket internet rumah terbaik MyRepublic diantaranya adalah Combo Internet+TV dengan kecepatan WiFi unlimited mulai 30 Mbps, plus siaran digital WeTV dan VIP, serta free 75 channel TV selama setahun dengan biaya Rp 300 ribuan per bulan.

MNC Play

home internet terbaik

Rekomendasi internet rumah terbaik berikutnya untuk memenuhi kebutuhan internet dan hiburan bagi keluarga kamu adalah MNC Play. Layanan home internet besutan MNC Vision Network ini menghadirkan layanan high speed internet berkecepatan 1000 Mbps yang sudah menggunakan teknologi fiber optik 100% dari rumah pelanggan hingga tier 1 upstream internet menggunakan infrastruktur terkini Fiber To The Home (FTTH).

Layanan internet rumah MNC Play juga terintegrasi dengan TV Kabel Interaktif, Interactive New Media, serta Crystal Clear Telephony dengan fitur Video Call.

Kelebihan internet rumah MNC Play adalah layanan internetnya benar-benar unlimited tanpa Fair Usage Policy (FUP) baik untuk upload maupun download.

Hal yang menarik dari layanan home internet MNC Play adalah di tahun 2024 seluruh pelanggan internet MNC Play akan menjadi pelanggan Indosat Ooredo Hutchison dan selanjutnya dikenal dengan Indosat HIFI. Dengan kata lain, khusus layanan internetnya merupakan layanan Indosat HIFI. Sementara untuk layanan channel TV berbayar (IPTV) tetap oleh MNC Play.

Jangkauan area layanan paket internet Wifi untuk rumah murah MNC Play meliputi berbagai kota di Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Malang.

Indosat HIFI

Kamu juga bisa mempertimbangkan layanan internet Indosat HIFI untuk menunjang kelancaran bekerja, bersosialisasi di media digital, belajar daring, maupun menikmati hiburan online dari rumah.

Sebagai salah satu provider internet rumah terbaik, Indosat Ooredo Hutchison menawarkan kecepatan internet tinggi yang dapat diakses pengguna tanpa mengorbankan kuota internetnya.

Di tahun 2024 jumlah pelanggan Indosat HIFI mencapai 300.000 pelanggan dari sebelumnya 20.000 pelanggan. Ini setelah Indosat Ooredo Hutchison atau PT. Indosat Tbk (ISAT) mengakuisisi pelanggan internet rumah MNC Play.

Selain mendapatkan koneksi internet rumah yang cepat dan stabil mulai 30 Mbps hingga 1 Gbps, pelanggan Indosat HIFI juga mendapatkan gratis router tanpa biaya pemasangan.

XL SATU

Kamu juga bisa mencoba internet terbaik untuk rumah XL SATU, yaitu sebuah layanan terpadu antara fixed internet broadband yang disambungkan dengan serat optik untuk mengakses internet di rumah (XL Home), dan kuota bersama prabayar berkapasitas 300 GB yang dapat diakses ketika pelanggan berada di luar rumah.

XL sendiri sebelumnya telah menyediakan layanan internet untuk di rumah bernama XL Home. XLHome adalah layanan internet untuk di rumah dengan koneksi super cepat yang terdiri dari beberapa jenis, antara lain XL Home IZI dan XL Home Prabayar yang juga terdiri dari beberapa paket mulai Home Premium hingga Home Business.

Kembali ke layanan XL Satu, XL juga menyediakan beberapa jenis paket internet rumah antara lain XL Satu Fiber, XL Satu Lite, dan XL Satu BIZ untuk di kantor maupun tempat usaha.

Kecepatan internet untuk rumah XL Satu Fiber mulai dari 75 Mbps tanpa biaya pemasangan, gratis kuota bersama mulai 8 GB dan 2 kartu SIM XL Prabayar. Berbeda dengan XL Satu Fiber, paket XL Satu Lite menawarkan kuota internet rumah unlimited mulai 30 GB dengan bonus kuota bersama seluler 15 GB.

Sementara XL Satu BIZ adalah salah satu paket internet fiber terbaik untuk pelaku bisnis karena merupakan paket internet unlimited tercepat dengan kecepatan koneksi mulai 100 Mbps gratis biaya pemasangan plus 50 GB kuota bersama untuk 5 nomor.

CBN Fiber Home dan CBN Fiber Pro

Tidak bisa dipungkiri bila CBN adalah salah satu provider internet terbaik di Indonesia. Selain merupakan pemain lama dalam industri jasa internet, CBN memiliki berbagai layanan digital yang kini digunakan banyak perusahaan di Indonesia mulai Data Center, Cloud Computing, hingga TV Interaktif.

Khususnya untuk pelanggan internet yang membutuhkan koneksi internet terbaik untuk di rumah sekaligus mendapatkan tayangan hiburan menarik, CBN menyediakan layanan home internet yang telah terintegrasi dengan teknologi fiber optik.

CBN Fiber Home adalah salah satu layanan internet rumah terbaik yang bisa Anda coba. CBN menyediakan beberapa paket home internet unlimited 200 ribuan dengan kecepatan mulai 50 Mbps, plus sejumlah benefit antara lain tayangan TV setiap saat setip waktu lebih dari 42 channel nasional dan internasional, hingga Podcast.

CBN juga menyediakan layanan CBN Fiber Pro yang terdiri dari beberapa beberapa paket internet rumah bagi perkantoran dan usaha dengan kecepatan internet mulai 100 Mbps, tentunya menyertakan banyak benefit antara lain channel TV termasuk siaran olahraga premium Vision+, kecepatan upload dan download simetris, serta gratis router berkecepatan tinggi.

Oxygen Zoom

Terakhir rekomendasi paket internet rumah terbaik dan tercepat di Indonesia untuk keluarga Anda adalah Oxygen Zoom, yang merupakan salah satu layanan internet rumah dari Oxygen Home.

Oxygen merupakan salah satu provider internet dan TV berbayar yang cukup populer di Indonesia. Kelebihan internet rumah Oxyegn Home adalah 100% Fiber Optic, pelanggan mendapatkan Modem WiFi gratis, internet tanpa kuota, channel TV premium, dan bisa diakses melalui TV Apps.

Kecepatan internet rumah Oxygen Zoom tersedia dalam beberapa pilihan yang bisa dipilih oleh pelanggan, yaitu kecepatan internet hingga 50 Mbps sampai 200 Mbps plus 61 saluran TV.

Selain Oxygen Zoom, Oxygen juga menyediakan layanan home internet lain untuk apartemen dan mall dengan kecepatan bervariasi.

Tips Memilih Layanan Internet Wifi Rumah

Ditengah maraknya promosi layanan internet rumah seringkali orang mengambil keputusan beresiko. Banyak orang tanpa menyadarinya harus mengeluarkan biaya lebih demi mendapatkan paket WiFi rumahan. Agar tidak terjebak dengan biaya extra dibalik promosi paket WiFi murah, pahami beberapa hal berikut.

Wifi Rumah Murah Belum Tentu Berkualitas

Tidak semua paket WiFi murah untuk di rumah benar-benar menyajikan layanan berkualitas meskipun dibarengi embel-embel paket wifi rumah unlimited Rp 200 ribuan. Anda wajib memperhatikan kualitas jaringan layanan internet rumah murah.

Apa Paket WiFi Untuk Rumah Paling Dibutuhkan?

Hal selanjutnya ketika memilih paket Wifi untuk di rumah adalah memastikan kebutuhan internet. Apakah keluarga cuma internetan, ataukah punya keinginan berbeda. Contohnya memakai paket WiFi rumah unlimited agar berinternetan sekaligus menonton siaran live streaming bola, tapi anak-anak ingin mengerjakan tugas-tugas online sekaligus memanfaatkan internet untuk membuat konten.

Sesuaikan Budget Dengan Harga Paket Home Internet

Harga paket wifi rumahan sangat beragam. Sekali lagi pilihlah paket internet terbaik. Anda bisa saja melakukan top up layanan internet rumah, namun harus siap mengeluarkan biaya tambahan.

Baca juga: Manfaat Migrasi ke TV Digital

Koneksi Wifi Rumah Lemot? Coba Percepat WiFi

Perlu diketahui bahwa jenis kecepatan akses Wifi dipengaruhi beberapa faktor. Misalnya saat nonton sepakbola via aplikasi nonton bola sinyal WiFi di Android hilang, atau saat live streaming game via Google Stadia koneksinya putus putus. Pastinya bikin jengkel bukan ?

Karenanya sangat disarankan mengecek berapa kecepatan akses internet WiFi di gadget.

Kalau ribet, uji kecepatan internet WiFi online. Jika hasil pengujian kecepatan akses WiFi menunjukkan bahwa kecepatannya memang bermasalah maka perlu melakukan cara berikut:

  1. Trik Menambah Sinyal WiFi Di PC/Laptop
  2. Mempercepat Koneksi WiFi di Android

Itulah daftar Paket Wifi Untuk Di Rumah terbaik. Supaya lebih detil informasi harga paket wifi rumahan terbaru berikut biaya pemasangan wifi rumah sebaiknya kunjungi situs resmi masing-masing ISP tersebut.

Suka Teknologi