Table of Content

Review Samsung Galaxy S9 & Galaxy S9 Plus dan Spesifikasinya

Berikut ini adalah panduan spesifikasi, harga, serta kelebihan Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9 Plus bagi anda yang ingin membelinya.
Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus akhirnya resmi diluncurkan Februari 2018 lalu. Oleh para pengamat, ponsel pintar besutan pabrikan asal Korea ini punya spesifikasi terbaik, dan tercanggih untuk jajaran high end yang menghadirkan berbagai kelebihan serta fitur-fitur terbaru.

Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus

spesifikasi Samsung Galaxy S9/S9 Plus
Review HP Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus

Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9 Plus dianggap sebagai salah satu hp Samsung terbaik yang pernah ada, meskipun Samsung telah merilis berbagai ponsel terbaru seperti Galaxy S20/Galaxy S21 5G yang jauh lebih canggih.

Baca Juga : Merk HP Terbaru 2020, Kamera Samsung Paling Canggih Saat Ini.

Perbedaan Samsung Galaxy S9 dengan Samsung Galaxy S9 Plus

Pada dapur pacu, Samsung menyematkan prosesor Snapdragon 845 dan Exynos 9810 octa-core di Galaxy S9 dan S9+. Sesuai kebiasaan Samsung, pengguna di kawasan Amerika Serikat dan China mendapatkan handset dengan Snapdragon, dan di luar kedua negara itu mereka mendapatkan handset dengan Exynos.

GPU yang digunakan juga memiiliki perbedaan di mana handset dengan CPU Exynos menggunakan Mali-G72 MP18, dan Snapdragon menggunakan Adreno 630.

Selain pada prosesor, terdapat pula perbedaan pada kapasitas RAM yang disediakan. Galaxy S9 mendapatkan RAM 4 GB dan Galaxy S9+ mendapatkan RAM 6 GB. Selain itu kapasitas baterainya pun berbeda, 3.000 mAh di Galaxy S9 dan 3.500 mAh di Galaxy S9+.

Dari segi ruang penyimpanan, Samsung memberikan kapasitas yang sama yakni mulai dari 64 GB, 128 GB, hingga 256 GB. Kapasitas maksimal pada microSD pun sama-sama mendukung hingga 256 GB

Baca Juga :HP Kamera Terbaik Di Dunia 2017-2018

Kelebihan Samsung Galaxy S9, Dan Galaxy S9 Plus

Seperti diketahui, HP Samsung Galaxy S Series adalah salah satu dari sekian banyak keluarga Samsung Galaxy. Beberapa keluarga android Samsung Galaxy lainnya yang cukup mentereng spesifikasinya antara lain Samsung Galaxy A Series dan Samsung Galaxy Note Series yang spesifikasinya juga cukup handal. Bersama Samsung Galaxy J Series, Samsung smartphone seakan memberikan solusi bagi pengguna smartphone dengan berbagai pilihan, baik pilihan spesifikasi maupun pilihan harga.

Sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S9, dan Samsung Galaxy S9 Plus adalah sebagai berikut.

Baca Juga : Inilah HP Terbaik Tercanggih Saat Ini

1. Fitur Kamera Terbaru Super Slo-Mo, Mampu Menangkap Objek Bergerak

Kecanggihan lainnya yang tersemat dalam HP Samsung Galaxy S9/Galaxy S9 Plus ini yaitu fitur-fitur terbaru berteknologi tinggi. Contohnya yaitu fitur Super Slo-Mo terbaru pada kamera yang tidak dimiliki hp samsung lainnya.

Pada iklan HP Samsung terbaru Galaxy S9 yang berdurasi beberapa detik, diketahui bahwa Galaxy S9 sengaja diciptakan untuk bisa menangkap objek yang sedang bergerak dengan kecepatan tinggi.

Fitur kamera DSLR yang biasa digunakan untuk field photography untuk dokumentasi olahraga seperti sepak bola, bola basket dan olahraga bergerak lainnya, termasuk juga otomotif. Ini karena adanya 'super slo-mo' yang merupakan fitur andalan hp terbaru Samsung dengan kamera terbaik ini.

Membandingkan fitur kamera Galaxy S9 vs Galaxy S7, Samsung Galaxy S7 masih berada di bawah Galaxy S9. Sama-sama mengusung fitur Slo-Mo (slow motion capturing), kemampuan Galaxy S9 jelas berada di atas karena sudah menggunakan versi Super Slo-Mo yang belum dimiliki Galaxy S8 meskipun masih mampu menangkap objek yang bergerak cepat.

2. Fitur Kamera Low Light Photography dan Variable Aperture Hasilkan Gambar Berkualitas

Fitur low light photography adalah salah satu kemampuan yang dimiliki kamera Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9 Plus, dimana kameranya bisa menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi meskipun cahaya yang tersedia sangat sedikit. Ini disebabkan oleh spesifikasi dan kemampuan aperture (bukaan lensa) Samsung Galaxy S9 yang hampir menyerupai kamera DSLR.

Pengaturan aperture Galaxy S9 yang menduplikasi kemampuan kamera DSLR juga didukung oleh variabel aperture dan Low Light Photography. Dengan dukungan seperti ini, Galaxy S9 (mungkin) memang sengaja dibuat agar mampu menangkap objek yang berkualitas meskipun cahaya yang diterima sangat sedikit atau dalam kondisi reman-remang (temaram)

Fitur low light photography Samsung Galaxy S9/S9 Plus vs Galaxy S8/S8 Plus vs Galaxy S7/S7 Plus menempatkan Samsung Galaxy S9 pada posisi teratas untuk high quality image. Ini karena fitur dan kemampuan menangkap gambar pada kondisi cahaya yang kurang pada Galaxy S8 dan S7 berada di bawah level Galaxy S9.

Baca Juga :Deretan HP Samsung Terbaik Dan Tercanggih Harga Murah

3. Punya Fitur Terbaru Animoji (3D Emoji)

Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9 Plus ditengarai sebagai smartphone kamera tercanggih karena keduanya sudah disematkan fitur terbaru 3D Emoji. Fitur ini mirip dengan Animoji miliki iPhone X. Adanya fitur 3D Emoji ini bisa mengkopi wajah yang dibidik dengan mengubahnya menjadi karakter emoji.

4. Material Metal Tahan Gores

Samsung Galaxy S9 Plus juga punya material yang sama dengan Samsung Galaxy S9. Salah satu channel Youtube JerryRigEverything melakukan percobaan kepada Samsung Galaxy S9 Plus tidak lama setelah HP Samsung android terbaru ini diumumkan.

Zack Nelson melalui channel Youtube tersebut menggores layar Samsung S9 2018 menggunakan obeng paku mulai level goresan skala 1 hingga 9. Pada level 6 goresan terlihat di earpiece. Ini membuktikan bahwa material pada bagian earpiece benar-benar terbuat dari metal.

Percobaan lain yang dilakukan untuk membuktikan kebenaran material berbahan metal pada Samsung S9/S9 Plus adalah dengan menggores rangka body menggunakan cutter. Hasilnya terlihat goresan yang cukup kentara, membuktikan bahwa Samsung telah mengupgrade material metal pada HP Android Samsung s9.

Ketika menggoreskan cutter pada kamera depan dan kamera belakang, tidak menimbulkan bekas sama sekali. Selain itu ketika menggores sensor sidik jari meskipun sudah terdapat bekas goresan namun sensor sidik jari masih berjalan normal.

Selain melakukan goresan, Samsung S9 juga dibakar pada permukaan layarnya. Dalam hitungan 12 detik muncul noda putih namun seketika hilang dengan cepat ketikan api dijauhkan dari layar.

5. Body Build Tangguh Yang Sudah Tersertifikasi (Tahan Kondisi, Tidak Mudah Bengkok)

Kelebihan lain yang dimiliki smartphone Samsung Galaxy S9, dan Galaxy S9 Plus adalah pada body buildnya yang cukup tangguh, tahan kondisi dan sudah bersertifikat. Hal ini karena bagian depan dan belakang yang dilapisi kaca sehingga tidak mudah dibengkokkan.

Selain menggores dan membakar, juga dilakukan percobaan untuk mengetes body build/kekokohan body Samsung Galaxy S9 Plus. Caranya yaitu dengan membengkokkan hp android samsung terbaru tersebut. Hasilnya, HP Samsung Galaxy terbaru ini tidak bisa bengkok karena berlapis kaca pada bagian depan dan belakang.

6. Teknologi Jaringan Support Akses Internet Cepat (Wifi dan 4G LTE)

Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9 Plus sudah mampu mengakses internet pada jaringan LTE. Dengan kemampuannya beroperasi pada jaringan internet HSPA dan LTE, bisa dipastikan pengguna akan sangat leluasa mengakses internet dan konten-konten serta aplikasi berbasis internet cepat.

Selain mengakses internet HSPA dan LTE, smartphone Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus juga bisa mengakses jaringan Wi-Fi secara otomatis selama modem wi-fi aktif.

Baca Juga :Jajaran HP Samsung Kamera Terbaik Serta HP Samsung Kamera Bagus Harga Murah

7. Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9 Plus Punya RAM Besar (4GB-6GB)

Setiap tahun Samsung Smartphone selalu melakukan perbaikan dan peningkatan pada setiap produknya. Selain untuk memuaskan pengguna, juga untuk memberikan berbagai pilihan terbaik sesuai kebutuhan. Jadi jangan tanyakan apalagi membandingkan Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9 Plus dengan Samsung Galaxy S generasi awal (Samsung Galaxy S1, Galaxy S2, Samsung Galaxy S3, Samsung Galaxy S4) karena dari segi apapun Galaxy S9 jelas jauh lebih unggul.

Dalam hal ini, diketahui bahwa Galaxy S9 dan S9 Plus menyematkan RAM besar yaitu 4GB untuk Galaxy S9 dan 6 GB untuk Galaxy S9 Plus. Besarnya RAM dan ruang penyimpanan akan sangat membuat pelanggan puas untuk menyimpan semua file dan dokumen besar, baik foto maupun video/film.

Kecepatan akses memori dan kecepatan pengoperasian yang tinggi oleh processor serta ruang penyimpanan besar belakangan ini menjadi salah satu syarat utama untuk menyandang status HP Terbaik. Penggunaan RAM cukup besar pengaruhnya dalam mendukung kecepatan akses memori. Sama halnya seperti komputer laptop, RAM yang besar dengan frekuensi akses tinggi akan menentukan performa perangkat serta hasil yang berkualitas.

Selain kelebihan-kelebihan di atas, Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus juga mumpuni dalam hal editing. >Untuk urusan editing, Samsung Galaxy S9 serta Galaxy S9 Plus sama-sama dilengkapi fitur photo/video editor sehingga pengguna bisa mengedit file apa saja di smartphone samsung terbaru ini.

8. Baterai Lebih Besar, Lebih Hemat, dan Lebih Cepat Pengisiannya

Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus merupakan hp samsung baterai besar dan merupakan salah satu hp yang hemat daya. Hal ini karena hp android samsung galaxy S9 2018/Galaxy S9 Plus memiliki baterai 3000mAH (Galaxy S9) dan 3500mAH (Galaxy S9 Plus) serta sudah memiliki teknologi fast charging yang bisa mengisi baterai dengan cepat.

Membandingkan baterai Galaxy S9 vs Galaxy S6 vs Galaxy S7, baterai Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus cukup hemat dan lebih baik performanya dibandingkan kompetitornya tersebut.

Bagaimana dengan Samsung Galaxy S9 vs Samsung Galaxy 8 ? Keduanya memiliki kemampuan setara dalam hal daya tahan baterai. Hanya faktor X yang menentukan, yaitu aplikasi dan fitur yang digunakan sehari-hari dalam kedua smartphone Samsung android tersebut.

9. OS Bisa Diupgrade Ke Versi Android Terbaru

Seiring dengan kemajuan teknologi, versi Android terus mengalami peningkatan menjadi lebih baik. Hal ini dimanfaatkan oleh Samsung dengan menyematkan versi Android terbaik yang tertinggi saat ini, yaitu Android 8.0 Oreo.

Dengan menyematkan Android Oreo yang bisa diupgrade ke Android Q sebagai sistem operasinya membuat performa Galaxy S9 serta Galaxy S9 Plus berada dalam posisi teratas.

Kamera Samsung Galaxy S9 Vs Kamera Samsung S9 Plus

Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus digadang-gadang merupakan hp Samsung kamera terbaik terbaru flagship yang memberikan fitur-fitur terupdate dengan sejumlah perbaikan dari seri Galaxy sebelumnya (Galaxy S8). Hal ini dinyatakan oleh situs review gadget ternama, Trusted Reviews (trustedreviews.com).

Samsung Galaxy S9 memiliki kamera belakang 12 MP. Kedua hp terbaik Samsung terbaru ini memiliki kesamaan pada resolusi kamera depan yaitu sebesar 8MP.

Memang ada yang berbeda dari kedua hp kamera terbaik Samsung ini. Perbedaan itu terdapat pada spesifikasi kamera dan fiturnya. Tapi kedua jenis hp kamera terbaru Samsung ini memiliki aperture yang tinggi. Fitur aperture untuk menyesuaikan cahaya yang masuk melalui lensa, dimana pada Samsung Galaxy S9 memiliki kecerahan yang tinggi yaitu f/1,6.

Samsung Galaxy S9 kamera belakangnya hanya satu (single camera snapper) dengan resolusi 12 MP dan telah memiliki fitur OIS (Optical Stabilization Image). Sementara Samsung Galaxy S9 Plus memiliki kamera belakang dual kamera (dual camera set up) masing-masing sebesar 12 MP.

Baca Juga :Cara Memilih Spesifikasi HP Kamera Terbaik

Spesifikasi dan Harga Terbaru Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus

Samsung Galaxy merupakan brand smartphone Samsung yang menjelma menjadi smartphone tercanggih sejak dimulainya era android. Deretan hp Samsung Android sukses meraih banyak simpati dan mengambil hati pengguna smartphone android.

Harga HP terbaru Samsung Galaxy S9 2021 berkisar sekitar Rp 7 Jutaan untuk model RAM 4GB memori 64 GB. Sementara untuk harga Samsung Galaxy S9 Plus dibanderol dengan Rp 11 jutaan (untuk tipe RAM 6GB/memori 64GB) dan Rp 14.499.000 (untuk model RAM 6GB/memori 256GB).

Samsung Galaxy S9 sudah mendapatkan sertifikat TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) dari Kementerian Perindustrian Indonesia. Dengan adanya sertifikat ini, maka Samsung Galaxy S9 sudah resmi dirilis untuk pasar smartphone di Indonesia.

Daftar Spesifikasi Lengkap Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus

  • OS : Android 8 Oreo
  • Tinggi : 147,7 mm, Lebar : 68,7 mm, Tebal : 8,5 mm, Berat : 163 gram
  • Layar : 5,8 inci Quad HD + Curved Super AMOLED, rasio layar 18,5:9, 570ppi
  • Anti-debu, anti-air (seritifikat IP687 )
  • SIM: Dual SIM (Hybrid SIM) Nano SIM + Nano SIM atau MicroSD
  • Konektor : USB Type-C, Audio jack 3,5 mm
  • CPU : Exynos 9810 (Indonesia) atau Snapdragon 845, 10nm, 64-bit, Octa-core processor (2,7/2,8 GHz Quad + 1,7 GHz Quad)
  • RAM/memori : 4 GB/64 GB + up to 400 GB via microSD card
  • Sensor : Iris sensor, Pressure sensor, Accelerometer, Barometer, Fingerprint sensor, Gyro sensor, Geomagneti sensor, Hall sensor, HR sensor, Proximity sensor, RGB Light sensor
  • Kamera utama : 12 Megapiksel dual aperture F1,5 dan F/1,4, video 1080p
  • Kamera depan: 8 MP AF (F/1,7) Video slow-motion 960 fps resolusi 720p/240 fps resolusi 1080p Konektivitas Bluetooth 5.0, NFC, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4/5GHz), VHT80 MU-MIMO, 1024QAM Baterai 3.000 mAh

Spesifikasi Samsung Galaxy S9 Plus

  • Sistem operasi : Android 8 Oreo
  • Tinggi : 158,1mm,Lebar : 73,8 mm,Tebal : 8,5 mm,Berat : 189 gram
  • Anti-debu, anti-air(seritifikat IP687)
  • Layar : 6,2 inci Quad HD + Curved Super AMOLED, rasio 18.5:99,10, 529ppi
  • SIM :Dual SIM (Hybrid SIM): Nano SIM + Nano SIM or MicroSD slot
  • Konektor: USB Type-C, Audio jack 3,5 mm
  • CPU : Exynos 9810 (Indonesia) atau Snapdragon 845, 10nm, 64-bit, Octa-core processor (2,7/2,8 GHz Quad + 1,7 GHz Quad)
  • RAM/memori : 6 GB/64 GB atau 256 GB + up to 400 GB via microSD card
  • Sensor : Iris sensor, Pressure sensor, Accelerometer, Barometer, Fingerprint sensor, Gyro sensor, Geomagnetic sensor, Hall sensor, HR sensor, Proximity sensor, RGB Light sensor
  • Kamera utama : Dual Camera with Dual OIS - Wide-angle: Super Speed Dual Pixel 12MP AF sensor (F1.5/F2.4) - Telephoto: 12MP AF sensor (F2.4)
  • Kamera depan : Dual 16MP + 8 MP, f/1.9, 1080p, Video slow-motion960 fps resolusi 720p/240 fps resolusi 1080p
  • Konektivitas : Bluetooth 5.0, NFC, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4/5GHz), VHT80 MU-MIMO, 1024QAM
  • Baterai : 3.500 mAh

Baca Juga :Daftar HP ASUS Terbaru, Terbaik dan Tercanggih Serta Harga HP ASUS Terbaru

Nah, anda telah mengetahui Kelebihan, Harga, serta Spesifikasi Samsung Galaxy S9/Galaxy S9 Plus ini dan anda bisa membandingkannya dengan hp Samsung terbaik lainnya baik spesifikasi maupun harga terbarunya. Yang mana yang akan anda pilih ? Keputusan ada di tangan anda.

Suka Teknologi