Table of Content

Jenis Aplikasi Yang Berguna, Paling Dibutuhkan Saat Ini

Kumpulan aplikasi Android yang berguna untuk kehidupan sehari-hari hingga aplikasi yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang.

Aplikasi Yang Berguna-Di era digital saat ini aplikasi smartphone memberikan kemudahan bagi penggunanya. Apakah itu aplikasi yang berguna untuk kehidupan sehari-hari hingga aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang anda bisa memasangnya dari gerai aplikasi Android.

Namun banyak aplikasi smartphone yang useless, bahkan diantaranya merupakan aplikasi yang berbahaya sehingga mesti diuninstal dari smartphone.

Lalu apa aplikasi yang paling berguna untuk sehari-hari untuk kalian pasang di Android kalian ?

Jenis Aplikasi Yang Berguna dan Dibutuhkan Saat Ini

aplikasi paling berguna

Beberapa aplikasi hp berikut ini merupakan aplikasi yang paling berguna untuk aktivitas sehari-hari dan bisa diunduh dengan mudah di Playstore atau dari browser kalian.

Aplikasi Perpesanan

aplikasi paling berguna

Aplikasi perpesanan adalah aplikasi wajib instal di Android kamu karena merupakan aplikasi paling berguna untuk komunikasi harian. Dengan menggunakan aplikasi perpesanan kamu bisa mengirim maupun menerima pesan teks, video, maupun gambar dari maupun kepada keluarga, teman, hingga atasan di kantor.

Beberapa aplikasi perpesanan yang paling berguna untuk sehari-hari yaitu :

  1. Aplikasi WhatsApp dan WhatsApp Bisnis
  2. Aplikasi Telegram
  3. Aplikasi FB Messenger
  4. Aplikasi Line
  5. Aplikasi Signal

Baca juga: Aplikasi Emulator Terbaik Untuk Main Game Android di PC

Aplikasi Berita

aplikasi yang berguna

Aplikasi yang bermanfaat selanjutnya adalah aplikasi berita. Memasang aplikasi berita terupdate membuat kamu selalu mendapatkan informasi terbaru tentang berbagai topik dan berita nasional maupun dunia. Aplikasi berita juga aplikasi yang berguna untuk mengisi waktu luang sambil menambah wawasan, cocok untuk pelajar, mahasiswa, hingga orang tua.

Beberapa aplikasi berita yang berguna untuk mengisi waktu luang anda yaitu :

  1. Detik.com - aplikasi berita nasional
  2. CNN - aplikasi berita dunia
  3. Okezone - portal berita hiburan
  4. Liputan6 - aplikasi berita daerah dan naisonal
  5. CNBC News - aplikasi berita bisnis dan saham

Aplikasi Resep Makanan

aplikasi paling berguna

Aplikasi resep memasak juga merupakan aplikasi paling berguna buat anda yang gemar memasak atau bekreasi membuat makanan. Dengan memasang aplikasi resep anda dengan mudah membuat makanan yang cocok untuk berbagai momen dan even. Dan, juga aplikasi yang berguna bila anda ingin menjalankan usaha kuliner.

Beberapa aplikasi resep yang berguna untuk membantu membuat menu makanan yaitu :

  1. Cookpad
  2. Kitchen Stories
  3. Yummy
  4. Resep Masakan Ikan
  5. Resep Kue Lengkap

Aplikasi Mobile Banking

aplikasi yang berguna

Berikutnya aplikasi hp yang berguna adalah mobile banking karena bermanfaat untuk mengirim atau menerima transfer uang secara online tanpa harus ke ATM atau ke bank, misalnya bila berbelanja di aplikasi online shop.

Beberapa aplikasi perbankan yang berguna untuk melakukan transaksi online antara lain :

  1. aplikasi Mandiri banking atau Livin' by Mandiri
  2. BRIMo
  3. BCA Mobile
  4. BNI Mobile Banking.
  5. BTN Mobile Banking

Aplikasi Kesehatan Online

aplikasi bermanfaat

Bila anda peduli akan kesehatan, maka aplikasi konsultasi kesehatan online adalah aplikasi yang paling berguna untuk itu. Lewat aplikasi kesehatan online kamu bisa berkonsultasi tentang kondisi kesehatanmu, membuat janji pertemuan, bahkan bisa membeli obat online.

Aplikasi yang bermanfaat untuk melakukan konsultasi kesehatan online yaitu :

  1. SehatQ
  2. Alodokter
  3. KlikDokter
  4. Halodoc
  5. Get Well

Aplikasi Editor Video Android

Membuat video merupakan salah satu kegiatan harian yang sering dilakukan banyak orang mulai pelajar, mahasiswa, profesional, bahkan orang tua. Selain memasang aplikasi desain grafis untuk mengedit gambar, kalian juga bisa memasang aplikasi pembuat video untuk mengisi waktu luang anda dengan cara membuat atau mengedit video menjadi lebih menarik di smartphone.

Beberapa aplikasi yang bermanfaat untuk mengedit video di Android yaitu :

  1. FilmoraGo - aplikasi edit video di Android
  2. Magisto - edit video Android
  3. PowerDirector - edit video Android
  4. VivaVideo - editor video Android
  5. Video.Guru - pembuat video Youtube

Aplikasi Meeting Online

Aplikasi wajib Android salah satunya yaitu aplikasi rapat online. Sejak wabah Covid19 mewabah di dunia aktivitas luar ruangan dipersempit dengan melakukan aktivitas dalam ruangan menggunakan pola wfh (work from home). Mau tidak mau segala bentuk kegiatan tatap muka dilakukan secara online.

Adanya aplikasi meeting online sangat berguna untuk melakukan rapat-rapat atau belajar secara online agar aktivitas kerja, belajar, maupun berinteraksi tetap dapat dilakukan.

Beberapa aplikasi yang berguna untuk mengikuti rapat atau belajar daring yaitu :

  1. Aplikasi Zoom
  2. Google Class
  3. BlueJeans
  4. Google Meet
  5. Skype

Aplikasi Pembelajaran Online

Bukan hanya pola belajar saja yang sekarang bisa dilakukan melalui gawai, tapi juga teknik dan metode pembelajaran. Dengan semakin canggihnya teknologi, kamu bisa mengikuti kurikulum sekolah, membuat dan melaporkan tugas, bahkan orang tua bisa mengikuti perkembangan pendidikan anak-anaknya.

Beberapa jenis aplikasi yang berguna untuk belajar mengajar, meningkatkan kemampuan akademik anak didik, hingga mengetahui perkembangan akademik anak-anak yaitu :

  1. Ruangguru
  2. Schoolmedia
  3. Edmodo
  4. Plagiarisme Checker
  5. Quizlet

Aplikasi Game Edukasi Anak

Aplikasi game edukasi juga sangat berguna untuk mengisi waktu luang anda. Sembari mengontrol anak-anak bermain, anda bisa membantu perkembangan otak anak-anak kesayangan di rumah melalui aplikasi game edukasi.

Aplikasi game edukasi yang bermanfaat untuk anak-anak anda yaitu:

  1. Youtube Kids
  2. Supermarket Bayi Panda
  3. Toca Kitchen - Aplikasi Game Belajar Memasak Untuk Anak
  4. Paket Belajar Lengkap TK & PAUD
  5. Marbel - Belajar Sholat (Beserta Audio)

Aplikasi Pemutar Musik

Aplikasi pemutar musik merupakan aplikasi wajib di Android kamu. Sangat banyak manfaat dari memasang pemutar musik di HP kalian. Selain untuk menghibur kala penat dan susah hati, pemutar musik juga bisa menjadi sumber inspirasi, mood boster, maupun untuk menemani kebersamaan saat sedang berkumpul dengan keluarga dan teman.

Beberapa aplikasi pemutar musik Android yang bisa kalian coba di smartphone yaitu :

  1. VLC for Android
  2. AIMP
  3. Spotify
  4. Winamp Player
  5. JOOX Pemutar Musik

Aplikasi Streaming dan TV Online

Aplikasi streaming dan nonton film online saat ini semakin menjamur. Memasang aplikasi streaming atau aplikasi nonton online sangat berguna kala anda membutuhkan hiburan. Banyak siaran dan channel hiburan tersedia di aplikasi tv online sehingga mudah buat anda memilih tayangan.

Beberapa aplikasi streaming yang bisa anda coba yaitu :

  1. MAX Stream
  2. MOLA TV
  3. RCTI+
  4. MIVO TV
  5. Usee TV

Baca Juga : aplikasi nonton bola live di smartphone.

Itulah aplikasi yang berguna di Android untuk sehari-hari maupun untuk mengisi waktu luang. Sebagai penutup, bijaklah menggunakan aplikasi-aplikasi di smartphone. Kalau bisa memasang aplikasi yang menghasilkan dan berguna untuk sehari-hari, mengapa harus memasang aplikasi yang gak punya manfaat sama sekali bukan ?

Suka Teknologi