Table of Content

Download QGIS Aplikasi GIS Open Source dan Multiplatform Gratis

Download gratis QGIS, instrumen GIS open source yang menyajikan data GIS akurat untuk membantu tahapan kerja SIG.

Data GIS kini bisa didapatkan dan dikelola lebih akurat menggunakan aplikasi GIS. Kali ini TeknoPlug akan memberikan panduan cara download aplikasi GIS, salah satunya yaitu menginstal software QGIS, sebuah aplikasi GIS gratis berbasis open source .

GIS saat ini merupakan sistem dan program yang banyak dipakai oleh hampir semua negara untuk berbagai kepentingan. Kepanjangan GIS adalah Geographic Information System. Dalam Bahasa Indonesia sering disingkat sebagai SIG, yaitu Sistem Informasi Geografis (SIG).

Secara umum, pengertian SIG adalah suatu sistem yang terdiri dari software, hardware, manusia/organisasi dan data yang berfungsi sebagai alat untuk memperoleh, memproses, mengelola, menyimpan, memanggil kembali, memanipulasi dan menganalisa serta menyajikan data dengan referensi data geografis (lokasi/ruang) dan digunakan untuk menyelesaikan masalah yang kompleks.

Kemampuan SIG dalam mengelola dan menghasilkan data harus meliputi sejumlah komponen. Komponen GIS terkait data ini sangat penting, karena sistem dan pengelolaan data tidak dapat memberikan informasi yang akurat bila tidak ada data.

Pentingnya Software GIS Dalam Pencitraan Jarak Jauh

aplikasi qgis

Secara umum, manfaat GIS adalah memberikan informasi yang mendekati kondisi dunia nyata, memprediksi suatu hasil, perencanaan strategis.

GIS juga menjelaskan kondisi ruang, menjelaskan suatu kecenderungan (trend), menjelaskan pola spasial, menjelaskan permodelan, dan menjelaskan tentang lokasi atau letak, dimana data ini disimpan sebagai data atribut dan digambarkan secara spasial.

Penerapan SIG dan manfaat SIG di berbagai bidang antara lain yaitu :

  1. Manajemen Tata Guna Lahan
  2. Inventarisasi Sumber Daya Alam
  3. Pengawasan dan Antisipasi Bencana Alam
  4. Perencanaan Wilayah Kota

Dalam pengumpulan dan pengelolaan data, terdapat dua jenis data GIS atau SIG yaitu data spasial dan data non spasial:

  1. Data spasial adalah gambaran nyata suatu wilayah yang terdapat di permukaan bumi. Umumnya dipresentasikan dalam bentuk grafik, peta, gambar dengan format digital dan disimpan dalam format vektor ( koordinat x, y) atau raster/image.
  2. Data non spasial adalah data berbentuk tabel berisi informasi-informasi yang dimiliki oleh obyek dalam data spasial dan saling terintegrasi.

Dalam menjalankan program dan sistem informasi di GIS terdapat sejumlah tahapan yang harus dilakukan, yaitu :

  1. Manipulasi data (SIG mampu melakukan fungsi edit untuk data spasial maupun non spasial).
  2. Manajemen Data (pengolahan data non spasial dan penyimpanan file).
  3. Query dan Analisis (analysis tabular, berupa analisis proximity dan overlay).
  4. Visualisasi (untuk data geografis hasil akhir terbaik adalah dalam bentuk peta).

Menurut Aronaff (1989), SIG adalah sistem informasi yang didasarkan pada kerja komputer yang memasukkan, mengelola, memanipulasi dan menganalisa data serta memberi uraian. Karena itu, dalam mengelola data dan menghasilkan informasi yang akurat, sistem GIS harus didukung sejumlah komponen.

Komponen-komponen GIS yaitu :

  1. Pengguna (User) dan Pemanfaat (Konsumen)
  2. Personal (Manusia) dan Organisasi
  3. Metode Pengumpulan Data dan Manajemen Data
  4. Hardware (Perangkat Keras)
  5. Software GIS

Karena itu, GIS atau SIG membutuhkan sistem terpadu yang terdiri atas jaringan komputer, alat-alat pencitraan seperti drone berkamera, jaringan internet dan satelit, serta tentu saja software atau aplikasi GIS terbaik.

Mengenal Aplikasi QGIS

software qgis

Bagaimana cara download aplikasi GIS ?

Saat ini ada banyak aplikasi GIS berbasis web. Contoh software GIS terbaik yang cukup dikenal adalah ArcGIS, ArcMap, ArcView, ArcInfo, MapInfo, dan MapServer. ArcGIS sudah lama dikenal sebagai salah satu best gis software atau software pemetaan canggih terbaik. Saat ini pengembangnya telah merilis ArcGIS 10.3.

Untuk mengunduh aplikasi GIS free download alias gratis cukup dengan masuk ke situs resmi ArcGis, sign up lalu mulailah mencari versi ArcGIS yang diinginkan untuk didownload. Di situs tersebut tersedia produk ArcGIS yang bisa diunduh gratis tapi trial.

Versi gratis aplikasi GIS ArcGIS tersebut harus diupdate dan wajib menyertakan serial number produk aslinya. Tapi pastinya akan mengeluarkan biaya yang relatif mahal.

Hal tersebut menyebabkan sejumlah pengguna GIS beralih mencari alternatif software GIS terbaik selain software ArcGIS. Rekomendasi aplikasi QIS terpopuler yang bagus yaitu Quantum GIS atau QGIS.

Bagaimana cara Download Aplikasi QGIS (Quantum GIS) di laptop?

Mahalnya harga produk aplikasi SIG sekelas keluarga ArcGIS menyebabkan sejumlah ahli GIS dan teknologi GIS bekerja sama dengan produsen software merilis Quantum GIS. Quantum GIS atau QGIS menawarkan sesuatu yang berbeda. QGIS merupakan aplikasi kaya fitur namun gratis.

QGIS dirilis sebagai software GIS open source.Sejumlah pengguna aplikasi SIG ini mengatakan QGIS adalah software pemetaan alternatif selain ArcGIS dan merupakan salah satu best GIS software gratis terbaik.

Software GIS terbaik ini merupakan program GIS yang user friendly dengan lisensi di bawah GNU General Public License. QGIS merupakan bagian dari proyek tidak resmi dari Open Source Geospatial Foundation (OSGeo). OSGeo sendiri merupakan lembaga non profit yang disponsori sejumlah lembaga pengguna GIS dari beberapa negara. Selain sponsor juga terdapat donatur lintas negara.

QGIS telah menjelma sebagai software GIS terbaik alternatif karena aplikasi GIS yang satu ini mendukung sejumlah format data. Selain itu, QGIS juga mampu membaca sejumlah format data dari beberapa aplikasi lainnya. Meskipun open source dan multi OS, QGIS tidak bisa dianggap enteng. Saat ini tersedia QGIS desktop dan telah merilis aplikasi GIS android.

Fitur-Fitur Aplikasi QGIS

Software QGIS terus mengalami perbaikan dan peningkatan untuk meminimalisir bug sekaligus mempermudah pemrosesan, karena QGIS banyak digunakan untuk kegiatan pemetaan dan pengelolaan data spasial.

Saat ini pengguna sudah dapat menggunakan aplikasi QGIS telah versi terbaru yaitu QGIS 3.34.1 'Prizren' yang dirilis pada tanggal 24 November 2023. Sebelumnya, versi terbaru QGIS adalah QGIS 3.16.2 'Hannover' (21 Desember 2020) dengan Repositori untuk jangka panjang yaitu QGIS 3.10.13 'A Coruña'.

Software QGIS 3.34.1 kini telah mendukung format data baru, antara lain GeoPackage 3.0 (Format data geospasial yang lebih ringkas dan efisien untuk menyimpan data vektor, 3D, dan raster). Selain itu, juga dukungan untuk format GeoJSON 3.0 (format data geospasial yang populer untuk menyimpan data vektor).

QGIS 3.34.1 juga telah didukung sejumlah fitur baru selain fitur-fitur yang sudah ada sebelumnya, untuk mempermudah pengguna mengoperasikan

Fitur Terbaru QGIS v3.34.1

  1. Fitur untuk menambahkan label ke fitur 3D seperti titik, garis, dan poligon.
  2. Fitur untuk menggunakan simbol kustom untuk gambar 3D dan 3D model.
  3. Fitur untuk analisis statistik pada data 3D (penghitung rata-rata, median, dan standar deviasi.)
  4. Fitur untuk menggunakan alat analisis 3D baru (alat penghitung jarak, luas, dan volume).

Dengan adanya penambahan fitur-fitur baru tersebut serta dukungan untuk sejumlah format, menjadikan aplikasi QGIS Versi Prizren cocok digunakan oleh untuk pengguna pemula dan profesional.

Kelebihan Software GIS QGIS

Software GIS Quantum atau QGIS menjadi salah satu aplikasi GIS terpopuler didunia, karena aplikasi ini menawarkan berbagai kelebihan yang bagi penggunanya.

Kelebihan aplikasi QGIS:

  1. QGIS memiliki fitur lebih lengkap dan lebih fleksibel untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.
  2. Operasi pemetaan jauh lebih cepat dibanding sebelumnya, seperti rendering dan zooming.
  3. Operasi analisis seperti overlay dan buffer, juga lebih cepat.
  4. QGIS bisa didownload gratis (free download) dan open source, dapat diakses maupun dimodifikasi.
  5. QGIS dapat digunakan di berbagai platform sistem operasi perangkat, seperti PC desktop atau laptop OS Windows, macOS, dan Linux.
  6. Software QGIS juga bisa digunakan untuk beragam tugas GIS, misalnya pemetaan, analisis, dan manajemen data. Perangkat lunak ini memiliki fitur yang lengkap dan fleksibel yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna yang berbeda
  7. QGIS memiliki komunitas pengguna aktif yang menyediakan berbagai sumber daya, seperti forum dukungan, dokumentasi, tutorial.

Hadirnya software QGIS yang multiplatform dan open source dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan pemetaan dan pengelolaan data antara lain perencanaan wilayah, perencanaan kota, dan manajemen sumber daya alam, pemasaran, logistik, dan perencanaan produksi, pengajaran dan penelitian GIS, pemantauan lingkungan, perencanaan perjalanan, dan pariwisata.

Download Aplikasi GIS Quantum Terbaru

Meskipun QGIS free download dan open source, namun ada beberapa hal yang penting diketahui pengguna terutama dalam spesifikasi perangkat. Bila spesifikasi minimal yang dipersyaratkan tidak terpenuhi, pengoperasian GIS akan tidak optimal karena laptop menjadi lebih lemot.

Spesifikasi Laptop Untuk Download QGIS

Berikut ini adalah spek minimum QGIS sebelum men-download-nya.

  • Ketersediaan : Free / Gratis
  • Lisensi : GNU General Public License
  • Operating System (OS) : Windows, Linux, Mac OSX, Unix
  • Dapat Membaca Format Data : Shapefile, MapInfotable, KML, AutoCAD DXF
  • Support Format Data : GeoTIFF, ECW, DTED, DEM, JPEG2000, Arc/Info Grid
  • Support Format for Android
  • Processor: minimal Intel Core 3 atau yang setara.
  • Memori RAM: minimal 4GB
  • Penyimpanan kosong tersedia: minimal 2GB
  • Layar: minimal resolusi 1280 x 800
  • Grafis: minimal kartu grafis 3D yang kompatibel dengan OpenGL 3.3 atau lebih baru
  • Minimal GDAL 3.3.0, Qt 5.15.2, Python 3.10 atau lebih baru

Untuk proses download dan instalasinya silakan simak panduannya berikut ini.

Cara Download Aplikasi QGIS Untuk Windows Free Download

Untuk memasang software QGIS di perangkat Windows anda, terlebih dahulu dapatkan filenya yang bisa didownload dari situs resminya. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

  • Pada laptop, buka browser terbaik di laptop anda, dan melalui kolom pencarian Google ketik : Download Quantum GIS atau Download QGIS untuk Windows
  • Atau anda bisa langsung ke halaman ini : https://qgis.org/id/site/forusers/download.html
  • Pada halaman tersebut banyak pilihan perangkat dan installer-nya. Pilih saja "Unduh untuk Windows".
  • Selanjutnya akan muncul pilihan jenis installernya, yaitu Installer OSGeo4W Network (64 bit) dan Installer OSGeo4W Network (32 bit). Kedua pilihan installer ini tergantung pada jenis laptop anda, apakah menggunakan format 64 bit atau 32 bit. Bila laptop anda menggunakan 64 bit, klik tombol Installer OSGeo4W Network (64 bit)
  • Selanjutnya akan muncul pop up pengunduhan yang berarti proses download sedang berlangsung.
  • Setelah proses download selesai, buka folder tempat dimana file tersebut disimpan ketika didownload. Bila sudah ketemu, klik saja file tersebut dan ikuti instruksi yang keluar.
  • Sebelum men-download, terlebih dulu anda mematikan antivirus laptop Windows yang aktif karena ketika selesai terunduh antivirus akan memblokirnya karena dianggap benda tak dikenal.
  • Bila anda mengikuti semua instruksi saat instalasi tadi dengan benar, maka kini aplikasi QGIS anda telah terpasang di perangkat.
  • Anda juga bisa mengubah versi desktop QGIS di Windows menjadi full version melalui pengaturan tingkat lanjut, dimana nantinya harus mendowload lagi sejumlah source yang diinstruksikan.

Cara Download Gratis Aplikasi QGIS Untuk MacOs dan Linux

Download dan instal QGIS untuk macOS (perangkat Mac) dan Linux pada prinsipnya sama saja dengan download aplikasi QGIS untuk Windows. Yang membedakan adalah installer-nya, dimana masing-masing sistem operasi (OS) disedikan installer masing-masing.

Cara Download Aplikasi QGIS Untuk Android

Bila anda lebih sering menggunakan GIS di perangkat mobile, juga dapat memasang aplikasi QGIS di Android. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengunjungi Google Play Store dan pada kolom pencarian ketik "QGIS Android".

Ketika menemukan hasil pencarian QGIS untuk Android di Play Store, klik saja tombol "Download". Biarkan beberapa saat karena proses downloadnya otomatis. Selanjutnya ketika sudah terunduh, klik unduhan tersebut dan biarkan instalasi berlangsung selama mengikuti petunjuk instalasinya dengan benar.

Bila menemui kendala saat melakukan download dan pemasangannya maupun pengoperasiannya, anda dapat bergabung dalam forum komunitas pengguna. Disana terdapat diskusi yang interaktif dan juga tutorial.

Nah, itulah cara download aplikasi GIS Quantum versi terbaru 2020 di komputer Windows maupun perangkat mobile anda. Selamat mencoba.

Suka Teknologi