Table of Content

Mengenal Apa itu Corel Draw, Sejarah, dan Prinsip Kerjanya

Sejarah dan perkembangan Corel Draw dengan prinsip kerja dan cara kerja Corel Draw yang mudah turut berkontribusi menghasilkan gambar desain terbaik.

Mengenal Corel Draw- Desain grafis adalah kegiatan kreatif yang kini banyak dibutuhkan oleh berbagai organisasi. Hal ini tidak terlepas dari pentingnya visualisasi yang menarik untuk mengilustrasikan informasi kepada orang yang melihatnya.

Visualisasi informasi yang didesain semenarik mungkin, akan mempermudah penyampaian pesan. Karena itu hal yang wajar bila saat ini beragam media visual banyak dimanfaatkan orang untuk promosi.

Desain grafis sendiri merupakan metode menyampaikan pesan atau informasi menggunakan elemen visual, mulai dari gambar hingga ilustrasi. Untuk membuat elemen visual tersebut, dibutuhkan software desain grafis.

Ada banyak jenis software desain untuk membuat elemen visual, dan masing-masingnya memiliki kekurangan dan kelebihan tergantung pada jenis elemen yang akan dibuat.

Nah, bila kamu memiliki hobby membuat gambar terutama berbasis vektor, salah satu software desain berbasis vektor terbaik yang bisa kamu gunakan adalah Corel Draw. Bahkan dengan menguasai penggunaan Corel Draw, kamu bisa membuat karya desain sendiri, maupun membuka lapak bisnis desain yang semakin dibutuhkan orang.

Corel Draw telah dirilis dalam banyak versi. Versi Corel Draw terbaru yaitu Corel Draw X8, atau versi ke 18. Ini membuktikan bahwa Corel Draw merupakan software desain yang terus dikembangkan.

Dalam artikel kali ini, TeknoPlug mengulas tentang seluk beluk Corel Draw, mulai dari sejarah, perkembangan, dan cara kerja Corel Draw.

Apa Itu Corel Draw

apa itu corel draw

CorelDraw adalah sebuah software desain berbasis vektor dan garis yang menghasilkan gambar. Ya, CorelDraw atau corel draw ini sebuah software editor yang menghasilkan gambar, tepatnya editor gambar.

Corel Draw merupakan salah satu software terpopuler untuk menggambar grafis berkualitas karena tools, fitur dan pengoperasiannya cukup mudah digunakan.

Kecanggihan tools dan fitur Corel Draw setiap tahun terus mengalami perbaikan dan menawarkan kelebihan-kelebihan. Kemudahan yang diberikan Corel Draw kepada penggunanya sering kali dibanding-bandingkan dengan software desain grafis kompetitornya.

Namun selama perkembangan tersebut ada masa dimana Corel Draw mengalami pasang surut. Karena itu TeknoPlug akan mengajak kalian mengenal lebih dekat sejarah Corel Draw serta perkembangannya hingga saat ini.

Sejarah CorelDraw

Sejarah CorelDraw tidak terlepas dari Cowpland Research Laboratory. Corel Draw awalnya dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak atau software yang bermarkas di Ottawa, Kanada.

Sejarah Corel Draw tidak terlepas dari peran pendiri Corel Cowpland Research Laboratory Michael Cowpland. Dia adalah seorang engineer sekaligus pebisnis kelahiran Sussex, Inggris yang pindah ke Kanada dan mendapat gelar Ph.D. Michael Copwland seorang engineer dan pebisnis.(sumber : Komunitas Corel Draw Indonesia, communty.coreldraw,com).

Sejarah CorelDraw diawali tahun 1985 saat Corel Corporation berdiri pertama kali. Tahun 1987 perusahaan ini merekrut sejumlah programmer untuk proyek software desain grafis yang digagas melalui program Desktop Publishing Corel milik Corel Corporation. Software ini yang kelak mendunia namanya menjadi Corel Draw. Tahun 1988 software ini dirilis dan menjadi bahan perbincangan di berbagai belahan dunia. Sejak saat itu perusaahan ini fokus pada pengembangan perangkat lunak (sumber : jagoandesain.com).

Fungsi Corel Draw

Prinsip kerja Desain Grafis yang memadukan elemen-elemen grafis tersebut mungkin sudah kalian pahami. Lalu apa sebenarnya fungsi utama Corel Draw dalam dunia desain ? Fungsi Corel Draw yang paling utama adalah mempermudah desainer grafis atau pelaku desain untuk membuat visualisasi berisi pesan-pesan komunikatif kepada orang lain.

Kegunaan Corel Draw Dalam Dunia Graphic Desain

  • Sebagai alat yang membantu menuangkan ide dan inspirasi.
  • Sebagai alat yang membantu para desainer untuk memenuhi kepentingan desain grafis yaitu terciptanya karya-karya desain seperti desain logo, desain kaos, banner, spanduk, leaflet, gambar desain rumah, desain interior, desain website, desain koreografi untuk kepentingan pentas, hingga desain interaktif seperti iklan dan video clip.
  • Sebagai alat untuk mempermudah pengembangan ide yang melibatkan unsur-unsur seni menjadi gambar-gambar visual baik statis maupun interaktif yang bisa mempengaruhi orang yang melihat.
  • Yang terbaru, Corel Draw juga punya fungsi untuk membuat desain-desain di bidang engineering atau keteknikan. Dengan Corel Draw, orang bisa membuat estimasi biaya berdasarkan visualisasi dan desain rancang bangun untuk membangun gedung, jembatan, jalan, mobil, industri dan sebagainya. Hal ini terbukti dengan telah dirilisnya CorelDraw Technical Suite 2018.

Prinsip Kerja Corel Draw

Prinsip kerja Corel Draw dalam menghasilkan gambar visual adalah membuat titik dan garis serta menggabungkan titik dan garis tersebut. Kombinasi titik dan garis tadi bila diatur sedemikian rupa akan menghasilkan gambar baik statis maupun efek bergerak serta efek nyata (real time) maupun animasi. Di era terbaru sekarang, elemen-elemen grafis bukan hanya titik, garis, bidang dan ruang saja. Tapi juga telah melibatkan warna dan lingkungan.

Semua hal yang berbau grafis di era teknologi canggih saat ini berhubungan erat dengan komputer. Kini kehadiran komputer sangat penting dalam pembuatan gambar dan desain lainnya.

Intinya, prinsip kerja Corel Draw adalah membuat dan memadukan elemen-elemen desain grafis menjadi sebuah visualisasi baik statis maupun bergerak untuk memberikan pesan tertentu pada orang lain.

Kelebihan CorelDraw Menurut Desainer Grafis

Tentu kalian bertanya apa kelebihan Corel Draw sehingga banyak desainer memilih Corel Draw sebagai alat kerjanya. Berikut ini adalah sejumlah kelebihan yang dihadirkan Corel Draw bagi penggunanya.

  • Sangat Komprehensif, dimana CorelDraw merupakan aplikasi profesional yang menghasikan desain apapun atau proyek foto.
  • Kreatif. Corel Draw adalah software yang serba bisa dan sangat intuitif untuk mengekspresikan style yang unik dan membuat orang terkagum-kagum.
  • Produktif. Corel Draw merupakan alat desain yang sangat cepat prosesnya, sangat efisien, dan mendukung banyak format data.
  • Inovatif, dimana fitur-fitur terbaru pada sejumlah tool dalam Corel Draw mendukung aktivitas dan kreatifitas.
  • User Friendly. Corel Draw sangat mudah dipergunakan oleh siapapun dan memberikan pengalaman-pengalaman desain.
  • Nah untuk membantu para penggemar atau pelaku desain, baik web designer (desainer web), desain ruangan/arsitektur, desain fashion sampai desain teknik (technical designer) sejumlah vendor atau korporasi software telah menciptakan dan merilis sejumlah produk aplikasi cepat seperti CorelDraw ini.

Ada software berarti harus ada hardware (perangkat keras). Kalau dianalogikan dengan perang, menggunakan CorelDraw sebagai senjata andalan pasti harus didukung perangkat keras sebagai peluncurnya. Apa saja hardware-nya ? Sudah pasti komputer PC atau laptop, mouse, pen (bila menggunakan layar sentuh) , meja, Multi Media, Printer dan Scanner. Hardware juga memiliki spek yang kompatibel/sesuai dengan softwarenya. Gak mungkin juga dong pakai software terbaru hardware-nya lawas.

Contoh-Contoh Kegunaan Corel Draw Dalam Bidang Desain Grafis

  • Membuat desain logo produk, logo perusahaan, logo mobil, logo website. logo klub olahraga.
  • Membuat desain kaos distro, kaos olahraga, topi, tas.
  • Membuat desain banner, spanduk, leaflet, undangan.
  • Membuat desain cover buku dan majalah.
  • Membuat desain rancang bangun, gambar rumah, desain indoor.
  • dan lain-lain.

Baca Juga : Urutan Versi Corel Draw Terbaru.

Cara Menjadi Mahir Corel Draw

Untuk menjadi seorang desainer grafis atau web ilustrator, atau penyedia jasa cetak undangan dan cetak logo saja, kamu harus lolos beberapa syarat utama, yaitu :

  • Punya komputer PC atau laptop
  • Punya software atau aplikasi desain grafisnya (bisa beli kalau punya uang. Kalau gak punya duit buat beli, gak apa-apa deh gratisan, bisa download versi trialnya langsung di website, atau bisa download aplikasi gratis full version di internet. Untuk ilmu gak ada yang gak mungkin)
  • Bisa mengoperasikan komputer PC atau laptop
  • Mengerti apa itu garis, vektor dan grafis
  • Punya visi, intuisi dan passion dalam membuat desain
  • Mau bertanya dengan yang sudah ahli.
  • Pastikan di tempatmu ada sumber listrik.

Nah, itulah yang perlu kamu ketahui tentang Sejarah, Prinsip Kerja, Serta Kelebihan Corel Draw dalam Dunia Desain.

Suka Teknologi