Table of Content

Rekomendasi Game Manager Bola Terbaik 2023 Untuk PC & Android

Ingin bermain simulasi sepakbola? Inilah rekomendasi game manager sepakbola untuk dimainkan offline dan online di PC dan smartphone.

Game Manager Sepakbola Terbaik- Bila kamu adalah seorang gamer yang suka menyusun strategi dengan cara mengatur formasi pemain dan melakukan simulasi pertandingan layaknya manager klub sepakbola, game manager bola berikut ini sangat cocok kamu mainkan.

Game sepakbola merupakan salah satu tema game yang populer di kalangan gamer. Selain game 1vs1 seperti Winning Eleven atau Pro Evolution Soccer (PES) yang bisa dimainkan offline menggunakan console PlayStation, game strategi bola juga digemari.

Game manager bola adalah sebuah game strategi dimana seorang user berperan sebagai manajer klub sepakbola untuk membentuk sebuah tim terkuat yang diisi pemain-pemain terbaik pada setiap posisi sesuai formasi dan taktik bermain yang diterapkan untuk memenangkan pertandingan dan menjuarai semua kompetisi.

Semakin berkembangnya teknologi menyebabkan game-game strategi bola juga bisa dimainkan di berbagai perangkat seperti PC dan smartphone. Alhasil semakin banyak pula jenis game manager bola PC dan Android yang dibuat developer setiap tahunnya.

Namun tidak sedikit yang beralih ke satu game manajer bola ke game manager bola lainnya. Hal tersebut disebabkan karena kebanyakan game-game strategi bola tersebut tidak memiliki ide baru, kurang kreatif, dan miskin tantangan.

Rekomendasi Game Manajer Sepakbola Terbaik Untuk PC dan Android

game manager bola
Kumpulan game strategi bola terbaik untuk PC dan smartphone

Game strategi bola berikut ini adalah game manajer bola terbaik untuk dimainkan di PC dan Android bila mengacu pada gameplay, match engine, data resource pemain, pelatih, format pertandingan, program training tim utama, akademi sepakbola, serta kompetisinya.

Football Manager for PC Windows & Mac Sports Interactive

Game strategi bola offline bernama Football Manager atau FM asal Inggris besutan Sports Interactive bersama SEGA Publisher sudah tidak asing bagi penyuka game sepakbola. Sejak dirilis tahun 2004 game Football Manager telah menjelma menjadi game manager sepakbola PC terpopuler sekaligus game strategi offline terbaik di dunia.

Kelebihan game Football Manager yaitu database pemainnya sangat lengkap, dashboard untuk user lebih informatif, serta interface mudah digunakan. Menariknya lagi pada Mode 3D tampilan pemainnya sangat menyerupai aslinya, sehingga wajar menjadi game strategi bola terbaik saat ini.

Baca Juga : Urutan Versi Game Football Manager Dari Pertama

FIFA Manager for PC Windows/Mac Dari EA Sports

Semakin populernya game strategi bola FM Manager milik Sports Interactive menyebabkan EA Sports ikut membuat game manager bola terbaik lainnya bernama FIFA Manager, yang merupakan versi game strategi dari FIFA Winning Eleven, sebuah game multiplayer 1vs1 untuk konsol PlayStation. .

Versi terakhir gim ini adalah FIFA Manager 2014, namun kamu bisa mengarungi musim kompetisi terbaru dengan mendownload patch-nya yang telah mengalami pembaharuan sesuai keadaan sekarang. Hampir serupa dengan FM besutan Sports Interactive, FIFA Manager juga memiliki match engine pada mode 3D.

Football Manager for Mobile

Mulanya Football Manager besutan Sports Interactive ini adalah game manager sepakbola offline di PC Windows. Namun seiring perkembangan teknologi game simulasi bola bisa dimainkan secara online. Sports Interactive merilis game manager sepakbola Android bernama Football Manager for Mobile. Sejak Football Manager for Mobile FM2019 dirilis, Sports Interactive telah meluncurkan aplikasi Football Manager for Mobile FM2020 hinggga yang terbaru FM2023.

Untuk mendukung FM Mobile, Sports Interactive meluncurkan FM2021 Touch yang kompatibel untuk Android, iOs, PC Windows, MacOS, serta Google Stadia. Uniknya lagi database setiap edisi bisa diupdate agar nama-nama pemain jadi sama lengkapnya dengan versi terbaru.

Pro Evolution Soccer Championship Manager (PESCM)

Game sport lainnya dengan role manajer klub sepak bola adalah PESCM (Pro Evolution Soccer Championship Manager) besutan Konami. PESCM sendiri dibuat untuk platform mobile Android, namun kamu bisa memainkannya di PC dengan menggunakan emulator Android.

Role manajer di game strategi bola PESCM sedikit berbeda daripada Football Manager FIFA Manager. Manajer bola di game PESCM adalah menjadikan sang pemain masuk ke jajaran hall of fame sepanjang masa klub. User mendapatkan pemain-pemain potensial dari bonus update aplikasi, giveaway/kontes di PESCM, ataupun dari pembelian pemain sesuai kepemilikan poin user di game PESCM.

Fantasy Manager

Satu lagi game strategi bola terbaik offline maupun online di smartphone yaitu Fantasy Manager. Apk Fantasy Manager adalah aplikasi game football manager untuk iOs (iPhone/iPad).

Fantasy Manager versi 2020 update 2021 diketahui telah memperbarui database pemain lebih dari 1000 pemain di seluruh dunia beserta klub ternama dari liga-liga elite di Eropa. Kamu bisa merekrut, menjual, menyusun pemain pilihan sesuai formasi idaman untuk menghadapi pertandingan melawan tim-tim lainnya.

Soccer Manager

Soccer Manager terus melakukan peningkatan agar aplikasi game strategi sepakbola untuk Android ini memberikan tantangan menarik serta kepuasan memenangkan setiap pertandingan. Versi terbaru Soccer Manager for Android ini adalah SM2021.

Gameplay Soccer Manager versi terbaru ditingkatkan, serta match engine-nya juga diupdate. Kamu bisa memilih format 2D atau 3D untuk menyaksikan jalannya pertandingan tim. Lebih menariknya, kamu akan mendapatkan poin dari setiap pertandingan sehingga menjadi modal beli pemain sepakbola top.

Baca Juga : Cara Memainkan Game Android di PC Dengan Emulator

Cara Memainkan Game Strategi Bola Offline Online Terbaik

Game strategi bola melatih user memiliki kemampuan mengelola tim sesuai target klub. Agar tim menjadi kuat serta mampu menjalankan strategi, beberapa hal berikut ini perlu dilakukan ketika menjadi manajer di game simulasi sepakbola di atas.

  • Memilih Formasi Tim. Formasi dalam sepakbola mulai dari 4-4-2, 4-3-3, hingga 3-6-1 dapat kalian otak-atik formasi sesuai komposisi pemain. Formasi pemain akan semakin konsisten ketika selalu bermain bersama.
  • Strategi Bermain. Karakter bermain akan terlihat pada semua formasi. Dalam game strategi ada settingan-settingan game di komputer supaya tim kamu punya karakter bertahan, karakter normal, maupun karakter menyerang.
  • Menyusun Starting Line Up. Starting line up adalah salah satu fitur menarik buat menentukan daftar 11 pemain utama. Tentunya kamu sangat menginginkan sebuah tim berkualitas sesuai posisinya.
  • Fasilitas Training. Agar pemain memiliki skill kelas dunia, sebuah klub harus punya strategi memanfaatkan training camp. Strategi terbaik agar klub bisa mencetak pemain-pemain hebat yaitu merekrut pelatih.
  • Pastikan spesifikasi komputer cukup mumpuni memainkan game manajer bola terbaik PC. Spesifikasi sangat mempengaruhi lancar tidaknya memainkan game. Semakin tinggi spesifikasi sebuah game harus diimbangi dengan spesifikasi komputer. Bila tidak dipastikan komputer akan lemot.

Itulah beberapa game manager sepakbola terbaik terpopuler offline maupun online di PC dan smartphone.

Suka Teknologi