ASURANSI KENDARAAN MSIG, Berkendara Tanpa Cemas 100%

19 Mei
Teknologi dan internet kini merambah dunia asuransi. Topik kali ini Asuransi Kendaraan MSIG Berkendara Tanpa cemas adalah contoh asuransi kendaraan terbaik dari PT MSIG Indonesia yang terintegrasi secara digital dan bisa jadi rekomendasi untuk mendapatkan Asuransi Mobil yang tepat. Semua proses pendaftaran asuransi kendaraan, cara beli asuransi mobil, pengajuan klaim asuransi kendaraan, hingga pembuatan polis asuransi semua bisa dilakukan dalam waktu singkat dengan internet kapanpun dan dimanapun anda berada.

Saat ini setiap pengguna jalan punya risiko yang sama. Namun ketika membeli kendaraan anda harus menyadari bahwa biaya dan resikonya jauh lebih besar. Setiap tahun pemilik kendaraan pribadi semakin meningkat sehingga kondisi jalanan semakin penuh sesak dengan berbagai merk kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua. Keadaan ini sangat berpotensi rawan kecelakaan.

Bila membeli mobil baru pastilah anda merawatnya agar selalu nyaman saat berkendara. Namun anda tidak pernah tahu kapan naas datang. Risiko mobil rusak akibat tabrakan, lecet karena terserempet, atau hilang dicuri, bahkan resiko kehilangan jiwa bisa terjadi kapan saja. Menurut data Korlantas Polri 2018 lalu yang dirilis Kominfo tercatat setiap satu jam 3 orang meninggal akibat kecelakaan di jalan. Hanya 9 persen kecelakaan karena faktor kendaraan, sementara porsi terbesar justru disebabkan faktor kelalaian dan cara mengemudi manusianya (61 persen).

Alhasil kondisi ini berdampak kerugian besar serta perasaan cemas akan biayanya. Lalu bagaimana pemecahan masalahnya ? Asuransi adalah solusi yang tepat. Bila memiliki asuransi anda bisa meminimalisir kerugian dan atau pengeluaran apabila sewaktu-waktu terjadi sesuatu pada kendaraan anda, diri anda serta penumpang yang anda bawa, atau orang lain.

Agar berkendara tanpa cemas maka yang anda butuhkan adalah Asuransi kendaraan. Asuransi kendaraan adalah jaminan atas risiko yang disebabkan oleh kendaraan bermotor.

asuransi kendaraan msig berkendara tanpa cemas


Apa Itu Asuransi | Asuransi Kendaraan

Secara umum pengertian asuransi yaitu pertanggungan atau perjanjian atau perlindungan antara pihak pembeli asuransi yang berkewajiban membayar iuran/premi dengan pihak perusahaan yang berkewajiban memberikan pertanggungan atas resiko yang terjadi pada pihak pembeli asuransi atau pada barangnya dengan perjanjian yang diketahui saksi-saksi.

Sementara definisi asuransi kendaraan adalah pertanggungan atau jaminan yang diberikan atas resiko menimpa kendaraan, pengemudi, penumpang, maupun pihak ketiga yang diakibatkan oleh kendaraan bermotor tersebut.

Dasar Hukum Asuransi | UU Asuransi Kendaraan

Di Indonesia dasar hukum asuransi serta perusahaan asuransi diatur dalam UU No 2 Tahun 1992 Tentang Usaha Asuransi. Tentang asuransi ini juga tertuang dalam UU No 40 Tahun 2014 dimana didalamnya mengatur tarif premi polis standar asuransi kendaraan Indonesia. UU Asuransi Kendaraan Bermotor ini juga menjelaskan bahwa yang berwenang atas asuransi kendaraan OJK-lah lembaga resmi pemerintah yang mengawasi perkembangan asuransi kendaraan di Indonesia.

Jenis Asuransi Kendaraan Yang Perlu Diketahui

Dalam dunia asuransi sebenarnya terdapat 2 jenis Asuransi Kendaraan, yaitu Asuransi Kendaraan TLO (Total Loss Only) dan Asuransi All Risk/Comprehensive. Jaminan standar asuransi kendaraan ini juga diatur dalam UU Perasuransian.

  • Asuransi Kendaraan Total Loss Only (TLO)

Asuransi Kendaraan TLO adalah asuransi yang memberikan jaminan terhadap kehilangan total dengan syarat klaim di-acc adalah 75%. Istilah kehilangan total dalam asuransi kendaraan adalah bila terjadi kerusakan atau kehilangan lebih dari 75 persen dan kehilangan karena pencurian. Ini bisa diartikan bahwa jaminan tidak dapat diklaim bila kerusakan kendaraan kurang dari 75 persen, karena  bila lebih dari 75 persen kendaraan tersebut dalam kondisi tidak bisa dioperasikan. Jenis asuransi mobil Total Loss Only ini punya kelebihan pada biaya premi asuransi yang relatif lebih ringan.

  • Asuransi Kendaraan All Risk (Comprehensive)

Berbeda halnya dengan Asuransi Kendaraan TLO yang punya ambang 75%, maka Asuransi Kendaraan Komprehensif tau All Risk (keseluruhan) adalah asuransi yang memberikan jaminan menyeluruh terhadap kerugian akibat kerusakan ringan, sedang, maupun berat serta kehilangan atas kendaraan. Tentu saja dengan jaminan yang menyeluruh ini biaya preminya lebih besar dibandingkan Asuransi Kendaraan TLO.

Perbedaan Antara Asuransi Kendaraan All Risk Dengan TLO

Dari kedua jenis asuransi kendaraan ini anda bisa mempelajari dan memilih mana premi asuransi kendaraan tersebut yang sesuai dengan kantong anda. Anda juga bisa melakukan estimasi asuransi kendaraan salah satunya dengan membandingkan harga mobil yang dipunyai dan keluaran tahun berapa. Kalau mobil anda adalah Honda CRV keluaran tahun 2016 ke atas dan diestimasikan seharga 150 juta rupiah maka jenis asuransi mobil Honda yang cocok adalah TLO. Tentunya berbeda bila asuransi mobil Toyota yang seharga satu miliar rupiah maka cocoknya adalah asuransi mobil All Risk. Di sini anda bisa mengetahui bahwa ada kesepadanan antara kondisi kendaraan dan jaminan risikonya.

Berkendara Tanpa Cemas Dengan Manfaat Asuransi Kendaraan

Manfaat asuransi kendaraan sangat banyak. Berikut ini adalah beberapa hal mengapa asuransi kendaraan sangat penting dan memberikan berbagai manfaat sehingga tidak lagi merasa khawatir.
  • Mendapatkan perlindungan dan jaminan maksimal pada kendaraan | Ketika terjadi berbagai risiko pada kendaraan baik kerusakan akibat kecelakaan, huru hara, atau kehilangan anda tetap bisa berkendara tanpa cemas karena beban biayanya sudah ada yang menanggung dalam hal ini adalah perusahaan asuransi. 
  • Mendapatkan jaminan perluasan terhadap pengemudi dan penumpang | Itulah pentingnya mengetahui jenis asuransi kendaraan, dengan demikian anda tahu apa saja jaminan yang diberikan serta perluasan jaminan, misalnya potensi cacat atau kehilangan jiwa pengemudi mobil serta penumpang yang ada didalamnya.
  • Covering terhadap komplain pihak ketiga | Seandainya kendaraan anda tabrakan dan merusak mobil atau mengancam jiwa orang lain anda akan terproteksi dari komplain pihak ketiga tersebut. 
  • Mendapatkan penggantian atas kerugian | Inilah keuntungan lain mengapa anda perlu berasuransi. Ketika sesuatu terjadi anda mendapatkan ganti rugi atas kerugian yang anda alami. Besarannya disesuaikan dengan premi yang anda bayarkan. 
Anda sering diselimuti rasa waswas saat berkendara ? Asuransi kendaraan MSIG membuat Berkendara Tanpa Cemas. Dengan teknologi tinggi serta jaringan yang luas sekarang PT Asuransi MSIG Indonesia menyediakan berbagai fitur dan informasi tentang asuransi kendaraan yang bisa anda akses melalui PC atau ponsel lewat situs Asuransi Kendaraan MSIG Online. 

Asuransi Kendaraan MSIG Online

Asuransi Kendaraan MSIG, Berkendara Tanpa Cemas adalah tagline yang menjadi isu hangat pentingnya memiliki asuransi kendaraan. Asuransi online sekarang sudah sangat menjamur. Dengan tersedianya internet semua aktivitas perasuransian bisa dilakukan dengan cepat tanpa mesti ke kantor perusahaan.

Contoh Asuransi Kendaraan yang menggunakan sistem database dan teknologi mutakhir adalah Asuransi Mobil MSIG Online. PT Asuransi MSIG Indonesia sekarang memberikan akses dan layanan online yang serba cepat bagi nasabah maupun calon nasabahnya. PT Asuransi MSIG Indonesia sendiri punya banyak layanan dan fitur produk asuransi, antara lain Asuransi Perjalanan dan Asuransi Kendaraan Mobil.

Tentang Asuransi MSIG

Asuransi MSIG (Mitsui Sumitomo Insurance Group) merupakan anggota group asuransi kawakan asal Jepang MS & AD, dan salah satu perusahaan asuransi umum patungan terkemuka di Indonesia. Perusahaan asuransi ini telah berkontribusi di Indonesia selama lebih dari 40 tahun. Perusahaan ini tetap berfokus melayani proteksi selama lebih dari 100 tahun melalui perusahaan induk MSIG Asia di kawasan Asia.

Misi PT Asuransi MSIG Indonesia adalah memberikan kontribusi terhadap pengembangan masyarakat serta membantu mengamankan masa depan yang berkesinambungan bagi dunia keamanan dan keselamatan dalam bisnis asuransi serta jasa keuangan global. PT Asuransi MSIG Indonesia berikut produk-produk yang dimilikinya terdaftar legal dan aktivitasnya diketahui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jenis Asuransi Yang Ditawarkan Asuransi MSIG

Bagi anda yang ingin memiliki asuransi terbaik selain asuransi kendaraan PT Asuransi MSIG Indonesia atau MSIG Online menyediakan sejumlah produk dengan harga asuransi bersaing. Produk Asuransi MSIG antara lain yaitu :

Asuransi Personal MSIG :
1. Asuransi Kendaraan Bermotor MSIG
2. Asuransi Perjalanan Internasional MSIG
3. Asuransi Perjalanan Domestik MSIG
4. Asuransi Kecelakaan Diri MSIG
5. Asuransi Homeshield MSIG

Asuransi Komersial MSIG :
1. Asuransi Harta Benda.
2. Asuransi Kendaraan Bermotor.
3. Asuransi Pengangkutan Barang.
4. Asuransi Tanggung Gugat.
5. Asuransi Teknik.

Beli Online Asuransi Kendaraan MSIG, Berkendara Tanpa Cemas

Bila anda ingin terbebas dari rasa cemas selama mengemudi di jalan, beli Asuransi Mobil MSIG adalah solusi langkah smart. Saat ini Asuransi Mobil MSIG dari PT Asuransi MSIG Indonesia adalah salah satu contoh asuransi kendaraan yang terbaik di Indonesia. Berikut penjelasan kenapa beli asuransi kendaraan secara online di situs Asuransi MSIG Indonesia sangat menjanjikan.

1. Kelebihan Utama Asuransi Kendaraan MSIG

  • Proses mudah dan praktis. Segala aktivitas online anda di website Asuransi MSIG mulai dari mendaftar akun, membeli jenis asuransi kendaraan yang anda butuhkan, melakukan pembayaran premi serta pembuatan polis prosesnya berlangsung mudah dan cepat. 
  • Keamanan terjamin. Database nasabah adalah salah satu prioritas utama Asuransi MSIG mengingat maraknya hacking dan pencurian data di internet. Di Asuransi MSIG data nasabah asuransi kendaraan MSIG terjamin dan aman, 
  • Proses lebih cepat. Persoalan klaim asuransi sudah berlangsung lama dan masih terjadi hingga kini. Bahkan pengajuan klaimnya sering kali mandeg. Lewat layanan online pengajuan klaim asuransi kendaraan MSIG berlangsung cepat. Hebatnya lagi anda bisa mengajukan pembuatan polis asuransi sesaat setelah membayar premi asuransi. 

2. Bisa Melakukan Simulasi Asuransi Kendaraan Secara Online

Kelebihan lainnya bila anda berinteraksi di website Asuransi MSIG Online adalah tersedianya fitur Kalkulator Premi agar anda bisa melakukan simulasi asuransi kendaraan. Dengan fitur tersebut anda bisa mengetahui estimasi premi asuransi kendaraan yang harus anda setorkan secara berkala sesuai jenis perlindungan yang anda pilih.

biaya premi asuransi kendaraan MSIG


Objek Asuransi Kendaraan Bermotor

Dalam dunia asuransi dikenal istilah objek asuransi. Istilah asuransi yang satu ini (objek asuransi) dimaksudkan pada apa objek yang dilindungi dan jaminan perlindungan yang akan diperoleh. Pada asuransi kendaraan maka yang menjadi objek perlindungan adalah kendaraan bermotor tersebut, apakah kendaraan roda empat atau kendaraan roda dua.

Objek Dan Risiko Yang Dijamin Asuransi Kendaraan MSIG

Bila anda memilih beli Asuransi Mobil Komprehensif misalnya paket Asuransi Mobil Aman maka PT Asuransi MSIG Indonesia akan memberikan jaminan pada kerusakan rangka berupa kerusakan atau kerugian total maupun sebagian pada kendaraan akibat resiko kecelakaan, benturan, tabrakan, begal/pencurian/perbuatan jahat orang lain, kebakaran, sambaran petir, kecelakaan yang diakibatkan oleh roda, kecelakaan akibat kejadian ketika melakukan penyeberangan kapal feri, kerugian akibat pengeluaran biaya derek mobil, serta tanggung gugat oleh pihak ketiga.

Jika anda beli asuransi mobil MSIG Online TLO (Total Loss Only) maka PT Asuransi MSIG Indonesia akan menjamin kerusakan atau kerugian yang biaya perbaikannya lebih dari 75 persen dari harga sebenarnya kendaraan bermotor tersebut, serta jaminan atas kehilangan mobil bila kendaraan tersebut tidak ditemukan dalam 60 hari terhitung sejak hilangnya kendaraan.

Asuransi Kendaraan MSIG juga menyediakan jaminan kombinasi dengan perluasan berupa jaminan resiko kecelakaan yang berakibat kematian atau cacat pada penumpang, jaminan resiko kecelakaan terhadap pengemudi kendaraan, serta perluasan manfaat akibat Pemogokan, Huru-hara, Kerusuhan, Sabotase, dan Terorisme.

Bengkel Rekanan Asuransi MSIG

Bila anda mencari asuransi kendaraan yang punya bengkel rekanan (authorized workshop) terlengkap maka pilihan tepat jatuh pada Asuransi MSIG. Bengkel rekanan Asuransi Mobil MSIG tersebar di hampir seluruh daerah di Indonesia. Semisal anda mengalami kecelakaan di Kota Bengkulu dan menyebabkan mobil anda rusak berat anda bisa segera menghubungi call center yang online 24 jam. Cara termudahnya yang bisa anda lakukan untuk menemukan dimana bengkel rekanan Asuransi MSIG adalah cukup lewat fitur bengkel rekanan di website Asuransi MSIG Online yang bisa anda akses lewat smartphone.

Namun agar semuanya berjalan lancar anda harus mengantisipasi berbagai hal salah satunya periksa terlebih dahulu kondisi polis anda setiap anda akan berkendara baik di dalam kota maupun keluar kota untuk mengetahui apakah mobil boleh diperbaiki di bengkel umum atau memang harus di bengkel resmi Asuransi MSIG.

Nah, sampai disini kami yakin anda sudah mulai memahami tentang Asuransi Kendaraan MSIG. Lalu apa yang harus anda lakukan ketika anda ingin beli Asuransi Mobil MSIG ?

Cara Beli Asuransi Kendaraan MSIG

Berikut adalah langkah-langkah yang anda lakukan untuk membeli asuransi kendaraan :

1. Daftar Online Akun Asuransi MSIG

Kunjungi website Asuransi MSIG Online pada alamat https://msigindonesia.co.id dan pilih layanan bahasa (misalnya Bahasa Indonesia). Atau anda bisa klik ini : Asuransi Kendaraan MSIG.

Mulailah mengisi data-data yang dibutuhkan pada formulirnya. Yang pasti anda harus punya dulu email dan nomor HP.

2. Pelajari Produk Asuransi Kendaraan Yang Tersedia

Pada tahap ini sangat krusial bagi anda untuk mengetahui sebanyak mungkin informasi asuransi kendaraan di MSIG, Mulai dari jenis asuransi kendaraan, premi asuransi, jenis jaminan dasar dan perlindungan yang akan diperoleh, pengajuan klaim, hingga syarat-syarat daftar asuransi kendaraan yang perlu dipersiapkan. Yang juga sangat penting anda pelajari adalah klausul kontrak asuransi kendaraan yang akan anda beli nantinya.

3. Beli Asuransi Mobil Yang Tepat

Setelah anda yakin dengan pilihan jenis asuransi kendaraan, anda tinggal membeli produk asuransi kendaraan MSIG tersebut cukup lewat pengisian form pembeliannya. Disana anda akan mengisi data kendaraan mulai jenis/merk kendaraan, tahun pembuatan mobil, nomor rangka kendaraan, plat area,  serta estimasi harga mobil anda. Bila data-data telah anda isi, berikutnya anda akan menuju halaman formulir survey. Isi data selengkap mungkin untuk memudahkan petugas Asuransi MSIG melakukan survey lokasi dan kendaraan nantinya.

4. Bayar Premi Asuransi Kendaraan Secara Rutin Terjadwal

Selamat, anda sudah menjadi nasabah Asuransi Kendaraan Bermotor MSIG. Sesuai pilihan jenis jaminan dan klausul kontrak yang disepakati, saatnya anda melakukan pembayaran premi setiap bulan. Ingat langkah nomer 2, sesuaikan pilihan jenis asuransi kendaraan dengan kemampuan anda membayar premi. Anda bisa melakukan pembayaran juga secara online dan melakukan konfirmasi via email maupun layanan call centernya. Pembayaran online bisa anda lakukan menggunakan kartu kredit, kartu ATM Bank Mandiri dan Bank CIMB, atau melalui ATM Bersama. Anda bisa melakukan pembuatan polis juga secara online sesaat setelah anda memastikan telah menyetor premi.

5. Lakukan Klaim Asuransi Bila Kendaraan Anda Terkena Resiko

Rawat dan peliharalah kendaraan anda agar tetap berkendara tanpa cemas. Tapi bila anda mengalami risiko pada kendaraan bisa langsung mengajukan klaim asuransi kendaraan. Bagaimana prosedur klaim Asuransi Mobil MSIG ?

Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor

Klaim Asuransi Kendaraan seringkali menjadi permasalahan asuransi di Indonesia. Cukup banyak nasabah yang merasa kecewa ketika mengetahui produk asuransi yang dimilikinya ternyata tidak diakui OJK. Bahkan aktivitas perusahaan asuransi kendaraan bermotor OJK tidak mengetahuinya alias ilegal. Ketika klai asuransi kendaraan bermotor diajukan ternyata tidak di-acc karena perusahaan asuransinya tutup.

Klaim asuransi kendaraan bermotor MSIG cukup simpel. Berikut ini adalah prosedur dan syarat melakukan klaim asuransi kendaraan MSIG.

Cara Mengajukan Klaim Asuransi Kendaraan MSIG

1. Hubungi Claim Center MSIG Online 24 Jam

Bila anda tidak tahu atau belum sempat mengisi formulir klaim saat naas terjadi, langkah cepat mengajukan klaim asuransi MSIG adalah menghubungi claim center MSIG Indonesia selama 24 jam pada hotline (021) 292 79 636. Operator akan memandu proses klaim asuransi kendaraan anda.

2. Kirimkan Info Pengaduan Dan Ajukan Klaim Asuransi Kendaraan

Anda juga bisa mengirimkan email informasi pengaduan dan pengajuan klaim asuransi kendaraan anda melalui alamat claim-motor@id.msig-asia.com.

3. Perbaiki Kendaraan di Bengkel Rekanan Asuransi MSIG

Langkah berikutnya adalah melakukan perbaikan terhadap kerusakan kendaraan anda. Biasanya petugas dari bengkel rekanan asuransi mobil MSIG akan segera menghubungi anda melalui claim-center tadi. Kirim dokumentasi kendaraan anda dan serahkan formulir berikut salinannya.

Syarat Mengajukan Klaim Asuransi Kendaraan

Seperti umumnya asuransi, pada asuransi kendaraan pun terdapat syarat-syarat yang mesti dilengkapi atau disiapkan yaitu berupa dokumen. Syarat-syarat klaim asuransi kendaraan MSIG antara lain yaitu dokumen antara lain :
  1. Salinan polis asuransi yang anda punya. 
  2. Formulir isian pengajuan klaim.
  3. Salinan SIM dan STNK kendaraan. Khusus untuk klaim kendaraan hilang anda harus membawa SIM, STNK, dan BPKB asli. 
  4. Dokumentasi kerusakan kendaraan dengan gambar jelas. 
  5. Membawa kunci duplikat, kuitansi kosong 2 (dua) buah dimana salah satunya ditandatangani dan dicap perusahaan, faktur pembelian kendaraan, dokumen laporan kepolisian setempat (khusus untuk pengajuan klaim kendaraan hilang). 
Klaim asuransi kendaraan anda akan segera diproses oleh Asuransi MSIG. Cepat kan ?

Nah itulah cara beli asuransi kendaraan serta cara klaim asuransi mobil di Asuransi Kendaraan MSIG. Informasi pengajuan klaim yaitu setiap hari Senin-Jumat (pkl 08.00 - 17.WIB) :

  • Hunting: (021) 2523110.
  • Motor: (021) 5201269.
  • Non Motor: (021) 2522771.
  • Fax: (021) 2524084 / 2524083.
  • Layanan telepon darurat 24 jam: 021-2927963.

Setiap orang berhak untuk mendapatkan kenyamanan dengan perlindungan asuransi. Khususnya agar tetap nyaman selama di jalan maka membeli Asuransi Kendaraan MSIG adalah langkah tepat. Tunggu apalagi, dapatkan Asuransi Kendaraan MSIG, Berkendara Tanpa Cemas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »