Urutan Tingkatan Versi Android Honeycomb Serta Fiturnya

05 Januari
Macam Macam Versi Android Honeycomb - Android Honeycomb atau Android H hadir setelah kemunculan Android Gingerbread (Android G). Android Honeycomb mengalami berbagai perbaikan dan peningkatan. Berikut ini adalah ulasan mengenai versi Android terbaru setelah Android 2.5.


Hadirnya perangkat-perangkat baru turut mempengaruhi keberadaan OS Android. Setelah merilis Android Cupcake dan Gingerbread, kali ini Android merilis versi terbarunya setelah Android G (Android 2.5 Gingerbread) yaitu versi Android 3 Honeycomb.

Seperti apa kiranya versi Android terbaru setelah versi Gingerbread ini ?

versi android 3.0 honeycomb


Tentang Android Honeycomb / Versi Android H

Android Honeycomb adalah versi Android yang pertama kali dibuat khusus untuk perangkat tablet. Android H atau Honeycomb ini dalam perkembangannya telah beberapa kali mengalami update.

Android Honeycomb dibuat untuk memberikan para developer alat-alat dan kemampuan yang mereka butuhkan dalam membuat aplikasi yang lebih cocok untuk tablet dan perangkat sejenis. Honeycomb menyediakan sumber daya pengembangan yang diperlukan untuk mengadaptasi aplikasi yang ada ke yang baru antarmuka pengguna tetap menjaga kompatibilitas dengan versi platform sebelumnya dan faktor-bentuk lainnya.

Seperti diketahui, OS Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang open source sehingga memungkinkan developer dapat membuat berbagai jenis aplikasi sistem terbuka. Setelah diakuisisi oleh Google tahun 2005, Android terus mengalami perkembangan dan versi Android terbaru.

Android Honeycomb sendiri turut mewarnai urutan versi Android. Khususnya untuk Android 3.0 merupakan versi pertama Android Honeycomb dengan level API 11 yang dirilis pada 22 Februari 2011 lalu yang berbasis Kernel Linux 2.6.36. Meskipun sudah sangat sedikit yang menggunakan smartphone Android Honeycomb ini tapi harus diakui versi Android yang satu ini telah memberikan khasanah tersendiri bagi pengguna gadget.

Baca Juga : Tingkatan Versi Android Hingga Versi Android Terbaru Saat Ini.

Peningkatan dan Fitur Terbaru Versi Android Honeycomb

Menurut Wikipedia, OS Android Honeycomb atau Android versi 3.0–3.2.6 adalah versi yang dihentikan dukungannya dari platform Android yang dirancang untuk perangkat dengan ukuran layar yang lebih besar, terutama tablet. Selain penambahan fitur baru, Honeycomb memperkenalkan apa yang disebut tema antarmuka pengguna "hologram" yang baru dan model interaksi yang dibangun pada fitur utama Android, seperti multitasking, pemberitahuan dan widget.

Beberapa fitur pada Android Honeycomb versi 3.0

  • Pengoptimalan dukungan tablet dengan interface virtual baru dan holografis.
  • Memberikan akses cepat pada notifikasi, status, tombol navigasi lunak untuk System Bar.
  • Akses cepat pada exposure, fokus, zoom, flash untuk kamera depan dan fitur lainnya pada kamera.
  • Sejumlah tab web browser mengganti jendela browser, termasuk penambahan mode incognito baru yang memungkinkan pengguna anonim bisa menjelajah.
  • Akselerasi perangkat keras serta dukungan processor multi-core

Macam-Macam Versi Android Honeycomb

Seperti halnya beberapa versi Android sebelumnya, Android Honeycomb merilis sejumlah versi terbaru yang membawa beberapa perubahan baik peningkatan maupun perbaikan. Berikut ini adalah berbagai tingkatan versi Android 3.0 Honeycomb dari versi awal hingga versi Android Honeycomb tertinggi saat ini.

Android 3.1 Honeycomb

Android Honeycomb versi 3.1 dirilis pada 10 Mei 2011 dengan API level 12. Beberapa perubahan atau perbaikan yang dibawa oleh Android Honeycomb versi 3.1 antara lain yaitu perbaikan UI, konektivitas bagi USB serta dukungan joystick dan gamepad. Selain itu pada versi Android 3.1 Honeycomb mengalami peningkatan kinerja Wi-fi dimana koneksi wi-fi akan tetap dipertahankan meskipun layar perangkat dalam keadaan mati.

Versi Android 3.2 Honeycomb

Android Honeycomb versi 3.2 punya level API 13 yang dirilis pada 15 Juli 2011. Pada versi 3.2 Android ini mengalami peningkatan dukungan perangkat keras termasuk pengoptimalan lebih lanjut pada tablet. Selain itu terjadi peningkatan kemampuan aplikasi untuk mengakses berkas pada kartu memori eskternal serta fungsi dukungan tampilan baru yang memberikan lebih banyak kontrol atas tampilan layar oleh pengembang di perangkat android yang berbeda. Google TV telah menggunakan versi Android 3.2 Honeycomb ini.

Android 3.2.1 Honeycomb

Android Honeycomb Versi 3.2.1, dirilis pada 20 September, Android Honeycomb versi 3.2.1 mengalami perbaikan bug dan keamanan, stabilitas dan peningkatan kinerja Wi-fi. Selain itu terjadi peningkatan dukungan Adobe Flash pada web browser serta dukungan prediksi abjad Tionghoa.

Android 3.2.2. Honeycomb

Android Honeycomb Versi 3.2.2 adalah versi Android terbaru Honeycomb setelah Android 3.2.1 yang, dirilis pada 30 Agustus 2011. Perbaikan pada Android 3.2.2 Honeycomb yaitu pada bug dan perubahan minor lainnya pada Motorola Xoom 4G.

Android Honeycomb Versi 3.2.3

Versi Android 3.2.3 Honeycomb dirilis pada tahun 2011, versi terbaru Android Honeycomb mengalami perbaikan dari versi sebelumnya berupa perbaikan bug dan perubahan minor lainnya pada Motorola Xoom dan Motorola Xoom 4G.

Android Versi 3.2.4 Honeycomb

Android Honeycomb 3.2.4, dirilis pada Desember 2011. Tidak banyak perubahan atau perbaikan pada versi ini. Perubahan terbaru terdapat pada fitur Pay as You Go untuk tablet 3G dan 4G.

Versi Android Honeycomb 3.2.5

Android 3.2.5 Honeycomb ini dirilis pada Januari 2012. Versi Android terbaru Honeycomb 3.2.4 ini telah mengalami perbaikan pada bug dan perubahan minor lainnya pada Motorola Xoom dan Motorola Xoom 4G.

Android 3.2.6 Honeycomb

Versi Android Honeycomb yang terbaru dan tertinggi saat ini adalah Android Honeycomb 3.2.6, dimana perbaikan yang terjadi pada versi Android terbaru Honeycomb ini berupa perbaikan konektivitas data saat mode penerbangan pada motorola Xoom 4G (edisi USA). Versi ini dirilis pada Februari 2012.

Nah itulah berbagai tingkatan versi Android Honeycomb beserta fitur terbarunya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »