8 Kelebihan Serta Spesifikasi dan Harga Zenbook UX391UA

18 Januari
TeknoPlug.com. ASUS semakin memberikan banyak pilihan bagi para pengguna notebook. Setelah sukses dengan deretan laptop ultrabook, ASUS kembali bikin gebrakan dengan merilis notebook tipis dan ringan dengan desain premium, yaitu Zenbook UX391UA. Apa saja spesifikasi Zenbook UX391 dan apa kelebihannya ? TeknoPlug akan bagikan informasinya. 


Zenbook S


ASUS sangat tahu trend global dan kebutuhan pengguna. Mulai dari laptop multimedia, hingga laptop untuk gaming. Untuk pelajar, hingga profesional. Tidak ketinggalan ASUS juga merilis jajaran laptop dengan desain berbobot semenjana untuk pengguna milenial yang mobilitasnya tinggi, termasuk untuk dibawa traveling atau perangkat harian selama menikmati liburan.

Untuk memenuhi kebutuhan penggunanya, ASUS Indonesia merilis seri terbaru Zenbook pada 23 Oktober 2018 yaitu UX331UA. Laptop ASUS terbaru ini selain tipis dan ringan, juga tahan banting. Selain itu laptop ini memberikan kesan stylish dan lebih kekinian. Pas banget kalau diajak 'berkeliaran'.

Spesifikasi Lengkap Zenbook UX391UA


ASUS Zenbook S


Sistem Operasi Windows 10 Home
Processor Intel® Core™ i7-8550U ; 1.8GHz quad-core with Turbo Boost (up to 4.0GHz) ; 8MB cache
Grafis Integrated Intel® UHD Graphics 620
Display 13.3” LED-backlit Full HD (1920 x 1080) 16:9 glossy screen ; 5.9mm-thin bezel with 85% screen-to-body ratio ; Wide 100% sRGB color gamut ; 178° wide-view technology ; ASUS Eye Care technology for up to 30% blue-light reduction
RAM 16GB 2133MHz LPDDR3 onboard
Storage 512GB PCIe® SSD
Antarmuka 2 x Type-C™ USB 3.1 Gen 2 (Thunderbolt™) ; 1 x Type-C™ USB 3.1 Gen 1 ; Support fast charging, transfer data, dan konektivitas
Keyboard Full-size backlit, with 1.2mm key travel, Touchpad ; Glass-covered with integrated fingerprint sensor supporting Windows Hello; intelligent palm-rejection; Precision Touchpad (PTP) technology supports up to four-finger smart gestures ; KeyboardTouchpadFingerprint sensor
Audio ASUS SonicMaster stereo audio system with surround-sound; smart amplifier ; Certified by Harman Kardon; Array microphone with Cortana and Alexa1 voice-recognition support ; jack headphone 3.5mm ; Long-travel voice coils for improved low-frequency response
Kamera HD webcam
Koneksi Nirkabel Wi-Fi ; Dual-band 802.11ac Wi-Fi; Bluetooth 4.2
Battery Dan Daya Up to 13.5 hours battery life2 ; 50Wh 4-cell lithium-polymer battery ; 65W power adapter ; Plug Type: Type-C ; (Output: 20V DC, 65W); (Input: 100-240V AC, 50/60Hz universal)
Bobot Dan Dimensi Height 1.29cm (0.51 inches) ; Width 31.1cm (12.24 inches) ; Depth 21.3cm (8.39 inches); With anti-glare display: Approx. 1kg (2.20 pounds) ; With glossy display: Approx. 1.05kg (2.31 pounds)

Kelebihan ASUS Zenbook UX391UA | Review


Kelebihan ASUS Zenbook UX391UA antara lain terletak pada beratnya yang ringin dijinjing, tipis, tahan banting, dan  performa yang tergolong mumpuni untuk sebuah laptop tipis, serta hemat daya.

Key Fiture Zenbook UX391UA yaitu : 

1. Processor terbaru Snapdragon 632
2. Layar 13 Inchi
3. Desain Tipis dengan Fitur ErgoLigt
4. Berat 1 kg
5. Pengisian Cepat pada Baterai

1. Desain Zenbook UX391UA Tipis Dan Ringan Ditenteng

Bobot ASUS Zenbook UX391UA cuma 1kg. Ringan kan ? Yang pasti dengan bobot ringan dan desain tipis pengguna bakalan enteng menenteng si mungil ini cukup dengan satu tangan.

Kesan stylish dan premium sangat mengemuka di laptop yang membawa tema desain ErgoLift dengan tampilan casing alumunium berwarna red burgundy dan deep dive blue. ErgoLift sendiri adalah desain inovatif ASUS yang memungkinkan keyboard membentuk sudut 5,5 derajat dan layar monitor laptop bisa terbuka dengan sudut mencapai 145°, lebih luas dibandingkan model sejenisnya. Dengan desain membentuk sudut seperti itu memberikan sejumlah keuntungan, antara lain tersedia ruang di bawah laptop agar angin menjadi lancar. Keuntungan lainnya yaitu pengalaman mengetik sehingga pengguna jadi lebih santai.  

2. Layar Full HD Lebih Luas, Lebih Jernih dan Lebih Hidup 

Kelebihan lain Zenbook UX391UA terletak pada display-nya. Zenbook UX391UA berukuran 13.3” LED-backlit Full HD (1920 x 1080) 16:9 glossy screen. Bezel Zenbook UX391UA lebih tipis hingga 5,9mm, apalagi dengan teknologi NanoEdge layar jadi terlihat lebih luas dengan rasio screen-to-body mencapai 85%.

Selain itu ASUS menyematkan teknologi Eye Care pada aspek blue-light reduction hingga 30%. Ditambah lagi kualitas warna gamut pada mode Wide hingga 100% RGB, dengan objek serta warna yang terlihat tetap hidup pada posisi angel hingga178° sehingga memanjakan mata penggunanya.

Ada inovasi yang disematkan ASUS di sini, yaitu adanya backlit, sehingga pengguna bisa melakukan pengaturan warna dan cahaya.

3. Body Zenbook UX391UA Kokoh, Tahan Banting Dan Tahan Benturan 

Selain desain yang menjadi kelebihan mencolok Zenbook UX391UA, body yang kokoh juga menjadi kelebihan berikutnya. Bukan sembarang kokoh, karena ternyata Zenbook UX391UA tahan banting serta tahan benturan.

Kualitas adalah prioritas ASUS terhadap produk-produknya, sehingga setiap produk termasuk laptop wajib melewati standar-standar uji kualitas. Hebatnya, dibalik body yang tipis dan bobot ringan ASUS Zenbook UX391UA justru telah lolos sertifikasi Military Grade MIL-STD 810G, yang merupakan rangkaian pengujian peralatan standar militer negeri Paman Sam.

Zenbook S UX391UA Lolos Sertifikasi Military Grade MIL-ST-810G

Dalam pengujian berstandar Military Grade MIL-STD 810G, Zenbook UX391UA melewati sejumlah rangkaian tes seperti ketahanan benturan, hempasan, dijatuhkan dari ketinggian, balistik, hingga tes ketahanan suhu ekstrim.

Wah, laptop terbaru ASUS ini bakalan bandel banget ya. Pengguna gak usah khawatir kalau saat berlibur, travelling, atau perjalanan dinas laptopnya terhimpit atau bahkan terjatuh seperti kebiasaan saya yang harus pelan-pelan mengeluarkan atau memasukkan laptop dari dan ke tas.

4. Performa Zenbook UX391UA Tangguh Dibalik Body Rampingnya


Zenbook S UX391UA processor Core i7 8th Gen RAM 16GB

Meskipun didesain ramping dan ringan, performa ASUS Zenbook UX391UA tetap terjaga. Ini karena didalamnya ditanamkan processor terbaru Intel® Core™ i7-8550U quad-core yang mampu berlari pada kecepatan 1,8GHz. Processor ini berarsitektur 14nm sehingga membuatnya lebih hemat daya.

spesifikasi sistem motherboard CPU GPU
Sistem Pengoperasian ASUS Zenbook UX391UA (sumber : notebookcheck.net)

Kinerja CPU Zenbook UX391UA Core i7 quadcore
CPU ASUS Zenbook UX391UA Intel Core i7 quadcore 1,80GHz (sumber : notebookcheck.net)

Pengoperasian Zenbook UX391UA juga terasa lebih ringan karena laptop yang dengan Sistem Operasi Windows 10 ini menyematkan memory RAM 16GB dan penyimpanan bertipe M.2 NVMe PCIe SSD. Memori SSD memang lebih cepat dalam hal membaca data file dan program dibandingkan HDD biasa.

Dengan spesifikasi processor dan memori seperti ini, multitasking juga bisa berjalan baik. Buat saya yang sering membuka multitab browser sembari menjalankan software-software editing seperti Photoshop atau Corel Draw pasti akan lebih mudah tanpa harus loading berlama-lama. Sudah gitu, tersedia ruang penyimpanan berkapasitas 512GB. Cukup luas untuk menyimpan file-file besar.

Kalau main game gimana ? Masih bisa lah ya, kecuali kalau buat game-game mainstream bertipe hardcore ya sebaiknya pilih laptop yang tepat untuk itu. 

5. Mengetik Lebih Lancar Dan Tidak Mudah Panas

Mengetik adalah aktivitas yang paling sering dilakukan pengguna saat di depan laptop. Entah itu mengetik dokumen, mengedit data, hingga mengetik pesan chatting. Tidak jarang pengguna laptop, seperti saya misalnya, sering berkutat dengan kesalahan-kesalahan saat mengetik teks sehingga menghabiskan waktu karena harus mengedit lagi. Salah satu penyebabnya, selain keterampilan mengetik yang ala kadarnya, juga dipengaruhi oleh kualitas papan dan tombol ketik.

Mengetik di laptop ASUS Zenbook UX391UA akan sangat membantu meminimalisir kesalahan-kesalahan ketika mengetik. Ini karena tuts keyboard didesain solid. Selain itu terasa soft saat menekan tuts. Hm, istri saya pasti gak bakalan terganggu lagi deh mendengar suara riuh rendah ketika mengetik membuat laporan atau mengerjakan data. Apalagi kalau lagi chatting atau bersosial media di keramaian, gak bakalan malu deh.

Dengan teknologi pendingin terbaru lewat kolaborasi komponen berupa kipas kaca kristal cair yang tipis (cuma 0,33mm) dan pipa panas tembaga berdinding setipis 0,1, serta desain interior kipas model terbaru yang telah mengalami peningkatan pada sistem aliran udara, menyebabkan udara hangat akan keluar melalui ventilasi tersembunyi di engsel sehingga tidak panas. Mekanisme ini menghasilkan kinerja dan kualitas aliran udara hingga 13,4 persen lebih baik. Saat di depan laptop khususnya ketika mengetik atau lainnya telapak tangan tetap berasa sejuk ketika beraktivitas di atas palm-area.

6. Baterai Lebih Lama Tapi Pengisian Daya Lebih Cepat

Nah, ini dia nih salah satu kemampuan lainnya yang bisa ditemukan di Zenbook UX391UA saat menemani liburan, traveling atau kegiatan outdoor lainnya. Menikmati multimedia, atau nonton video di spot Wi-Fi di ruang terbuka gak harus dekat-dekat colokan listrik. Soalnya baterai Zenbook 391UA tahan sampai 13 jam.

Yang lebih istimewa, laptop ASUS yang sering juga disebut Zenbook S ini gak pakai lama buat mengisi baterai. Karena didalamnya sudah menyematkan teknologi fast charging yang umumnya sudah digunakan di sejumlah smartphone. Dengan teknologi pengisian cepat, baterai Zenbook S akan terisi hingga 60 persen dalam waktu 49 menit. Wow, canggih banget kan ? Khas perangkat kekinian pokoknya.

7. Transfer File Dan Data Lebih Cepat

Koneksi dan Transfer Data Zenbook S UX391UA Cepat

Saya menyambungkan kabel USB dari ponsel ke port USB laptop. Lalu mulai memilih folder yang harus dipindahkan. Hm, total seluruhnya hampir 4GB. Proses transfer mulai berlangsung dan butuh waktu lebih setengah jam. Tak apalah. Dari ponsel saya membuka pengaturan hot spot agar laptop terkoneksi internet. Iseng-iseng menunggu proses transfer data saya mampir ke dashboard blog sambil buka email.

Nogomong-ngomong soal transfer data dan koneksi internet, salah satu sensasi saat menikmati liburan adalah internetan ditemani laptop. Apalagi sambil blogging dan nonton video Youtube di pinggir sungai, rasanya gimana gitu. Tapi internetan akan lebih asyik kalau aksesnya cepat.

ASUS menyematkan teknologi dan perangkat terbaru yang mendukung konektivitas tinggi di Zenbook S aka UX391UA berupa 2 slot Thunderbolt™ 3 USB-C™ yang kecepatan transmisinya mencapai 40Gbps, lebih cepat dibandingkan tipe sebelumnya, plus 1 slot USB C™.

Dengan port USB yang tersedia, bukan cuma transmisi saja yang berlangsung cepat tapi juga proses transfer file lintas perangkat. Yang lebih special, ASUS menyertakan hardwarenya juga (Mini Dock) untuk mengakomodir proses ini.

8. Multimedia Dan Hiburan Lebih Seru Dengan Suara Lebih Jernih Dan Berkualitas

ASUS juga sangat memperhatikan kemampuan dan performa pada sektor multimedia dan hiburan di laptop Zenbook nan tipis ini. Salah satunya yaitu dengan menggunakan teknologi audio terbaru Harman Kardon.

Lewat kolaborasi tim ASUS Golden Ear dengan sang spesialis audio Harman Kordon yang menghasilkan audio SonicMaster Premium plus dua speaker stereo berkualitas tinggi dengan efek suara surround, menjadikan nonton film action atau dengar track list mp3 lagu-lagu favorit jadi lebih hingar bingar dengan volume maksimum tapi distorsi rendah.

Fitur-Fitur Unggulan Lainnya Pada Zenbook UX391UA


Selain berbagai spesifikasi dan kelebihan yang hadir ketika mengoperasikan laptop Zenbook S 16GB ini, juga terdapat fitur canggih yang diusung ASUS.

  • Fitur Windows Hello dan Finger Print Sensor

Fitur Windows Hello menjadi salah satu andalan ASUS di berbagai produk notebook yang dikeluarkannya. Dengan fitur ini memberikan pengalaman baru bagi penggunaWindows, dimana cukup dengan satu sentuhan dan laptop akan kembali pada mode on ketika sempat 'nganggur' atau sleep tanpa harus mengotak-atik password. Proteksinya juga lebih ketat karena terintegrasi dengan teknologi sensor sidik jari, sehingga mode on hanya bisa terjadi ketika sensor mengenali sidik jari si pemiliknya.


  • Fitur Amazon Alexa

Alexa 12 (Amaxon Alexa) merupakan fitur layanan suara berbasis cloud yang menyebabkan laptop bisa menjalankan sejumlah perintah hanya lewat suara.

Bagaimana, keren kan spesifikasi Zenbook UX391UA berikut fitur-fiturnya ? Buat saya, laptop ASUS Zenbook keluaran terbaru 2018 ini akan berbicara banyak. Pakai laptop jadul aja masih asyik buat nemanin liburan, apalagi kalau sudah punya Zenbook UX391UA pasti deh jadi super asyik. Ya iyalah, nyambi liburan malah dapat bonus minum gratis plus satu kotak tisu berbahan kulit kerang terus buka laptop sampai berjam-jam.

Harga Terbaru Zenbook UX391UA
Zenbook UX391UA dirilis dengan harga Rp 26 jutaan. Bagi sebagian kalangan harga ini tergolong mahal, namun tentu saja sangat relatif mengingat spesifikasi dan fitur terbaru yang dihadirkannya.

Zenbook UX391UA dapat dibeli di sejumlah toko online seperti Pricebook atau Lazada. 

Baca Juga :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 Comments

Write Comments
21 Januari, 2019

Boleh juga nih ZenbookUX391UA nya buat dibawa kemana-mana ransel gak bakal berat

avatar
27 Januari, 2019

Lengkap ulasannya, tq mimin.
Tapi kalau harganya 26 juta gitu sementara clock speednya 1,8 GHz biarpun quad core, kayaknya blm mampu deh main game. ASUS ROG aja masih dapat belasan juta.

avatar