11 Fitur Unggulan Android 9 Pie Yang Hadir Di Ponsel Kekinian

Eksistensi Android dalam dunia gadget milenium ini sepertinya akan terus berlanjut. Belum usai euforia kesuksesan Android versi Nougat dan versi Android Oreo, tahun ini Android kembali merilis versi kesembilan. Android versi ini dinamai Android Pie. Android P diyakini menghadirkan banyak fitur baru dan memudahkan penggunas perangkat. Lalu apa saja fitur-fitur yang diusung oleh versi Android yang dinamai dengan nama kue khas negara-negara barat ini ? Kali ini TeknoPlug mengajak sobat tekno untuk mengetahui kelebihan dari update versi Android Pie ini.

Sejarah Serta Release Date Android 9 Pie


Google merilis sejumlah fitur baru pada android 9 pie
Android 9 Pie

Google melalui Android labs kembali merilis update terbarunya. Versi Android P atau kini dikenal dengan Android Pie diumumkan bulan Maret lalu (7 Maret 2018), atau tepat setahun setelah Android Oreo versi review pengembang dirilis. Seperti diketahui, Android Oreo kemudian secara resmi dilepas pada Agustus 2017 setelah melalui sejumlah update mulai dari versi review pertama developer, versi beta, dilanjutkan update review kedua developer dimana Android Oreo mengalami sejumlah perbaikan bug serta peningkatan-peningkatan.

Padahal versi Android Oreo kala itu dilepas saat kejayaan versi Android Nougat masih menggema lewat puluhan bahkan ratusan produk smartphone serta tablet yang dibundling oleh produsen ponsel dunia. Kejadian yang sama kemudian terjadi, saat versi Android terbaru yaitu versi Android Pie dirilis 6 Agustus 2018  lalu bahkan saat Android Oreo masih dalam masa keemasannya dan ponsel-ponsel Android Nougat masih malang melintang di toko.

Dari pengamatan TeknoPlug bersumber dari situs Android.com, keberanian Android melepas Versi Android P sebenarnya hal yang wajar, mengingat Android sendiri punya komitmen untuk memberikan layanan terbaik dan peningkatan-peningkatan yang mumpuni untuk sejumlah lini fitur, mengingat kebutuhan para pengguna smartphone yang semakin berkembang seturut tingginya kompetisi di sektor pengoperasian oleh sejumlah produsen OS, misalnya iOS milik Apple Inc atau Windows Mobile milik Microsoft.

Baca Juga :

Update Fitur-Fitur Andalan Dan Terbaru Android 9 Pie


Ngomong-ngomong soal fitur Android Pie, sejumlah fitur yang diusung Android versi terbaru ini selain merupakan peningkatan pada versi Android sebelumnya (versi Android Nougat dan Android versi Oreo) juga ada fitur-fitur baru.

Seturut pada tujuan Google untuk memudahkan pengguna smartphone, fitur-fitur Android Pie ini sepertinya memprioritaskan pada Artificial Intelligence (AI), User Experience (UE) dan User Intelligence (UI). Hal ini terbukti pada peningkatan pada pengaturan notifikasi, timer, konsumsi baterai, serta lay out yang sebenarnya sudah ada pada Android Oreo. Fitur-fitur versi Android Pie ini akan diuraikan lebih lengkap berikut ini. Stay tuned ya.

#1 Baterai Yang Adaptif (Adaptive Battery) Sehingga Ponsel Jadi Hemat Daya

Android 9 Pie punya fitur Adaptive Battery dan Adaptive Brighteness


Fitur Adaptive Battery yang diusung Android 9.0 Pie ini sangat menarik. Hal ini merujuk pada artificial intelligence (AI) khususnya aplikasi-aplikasi yang mengkonsumsi daya, dimana dengan fitur ini baterai nantinya akan digunakan oleh aplikasi-aplikasi yang memang membutuhkan baterai sebagai tenaganya. Seperti diketahui, tidak semua aplikasi benar-benar memakai daya. Dengan kata lain, fitur ini akan membuat daya jadi lebih hemat dan berpengaruh terhadap peningkatan pada lamanya ponsel beroperasi.

#2 Kecerahan Yang Adaptif (Adaptive Brightness)

Versi Android Pie oleh Google sekali lagi masih menjadikan artificial intelligence (AI) sebagai rujukannya, khususnya pada sektor cahaya pada layar, dimana nantinya kecerahan layar akan tergantung pada preferensi pengguna berikut lingkungannya.

#3 Material Theme

Google merilis fitur Material Theme merujuk pada tampilan User Intelligence. Tampilan Material Theme ini desainnya sangat unik dengan bentangan warna putih dan sudut-sudut berbentuk rounded.

#4 Dark Theme

Tema gelap (Dark Theme) sebenarnya sudah cukup lama menjadi pembahasan sejumlah pengamat gadget apakah Google benar-benar akan merilisnya dala versi Android terbaru (Android Pie) ini. Spekulasi ini kemudian benar-benar menjadi kenyataan, dimana dengan tema ini pengguna bisa mengatur temanya lewat settingan gelap dan terang.

#5 Peningkatan Pada Notifikasi

fitur notifikasi telah diupdate dalam android 9 pie
Notifikasi merupakan bagian lain yang mengalami peningkatan pada versi terbaru Android selain baterai. Di sini, Android Pie menghadirkan sejumlah rangkaian pada peningkatan tersebut untuk memperoleh pengalaman harian yang lebih baik.

Contohnya saat membalas sebuah pesan singkat atau email, pengguna perangkat akan melihat ikon bertajuk "smart replies" dengan sebuah ketukan sehingga bisa memangkas waktu dan memudahkan pengguna. Selain itu juga akan memudahkan pengguna mengatur notifikasi lalu mematikannya dengan cepat. Apalagi ketika misalnya banyak notifikasi masuk dari aplikasi-aplikasi yang ada di ponsel, tentu sangat melelahkan bukan ? Karenanya, dengan fitur baru Android Pie ini cukup dengan menekan lama dari salah satu opsi tersebut dan notifikasi tersebut berhenti.

#6 Pembaharuan Pada Rotasi Layar

Rotasi layar sebenarnya sudah ada pada fitur-fitur Android versi terdahulu. Namun pada Android versi terbaru ini, pengguna bisa mengatur arah rotasi pada layar lewat icon pop-up yang muncul saat pengguna memutar layar ponsel.

#7 Sistem Navigasi Baru

Selain fitur-fitur di atas, Android juga menghadirkan fitur baru pada sistem navigasi di perangkat-perangkat yang nantinya menggunakan sistem operasi Android 9 ini.

Android Pie punya sistem navigasi antar-muka baru yang bertujuan agar multi-tasking lebih mudah dipahami, dengan sebuah tombol pada layar yang bersih. Ini mirip-mirip bar horizontal milik iPhone X yang akan mengganti model "home" berikut tombol-tombol yang umumnya ada saat ini. Fitur baru pada sistem navigasi Android 9 memang sudah direncanakan oleh Google agar pengalaman pengguna jadi lebih sederhana dan bisa menyesuaikan dengan semua desain ponsel, dan pastinya hal ini jadi pola pendekatan yang cukup mudah bagi pengguna baru.

Pengguna bisa melihat aplikasi-aplikasi apa saja yang terbuka dengan menggeser layar dari atas ke bawa dibagian manapun pada layar tersebut dengan setidaknya terdapat lima aplikasi yang terprediksi.

#8 Fitur App Actions


Fitur terbaru Android 9 Pie

Google membuat Android jadi sebuah sistem operasi yang lebih pintar dan lebih cepat memprediksi apa yang akan dilakukan pengguna ponsel. Sebagai contoh, jika Android mengira pengguna akan mengakses sejumlah pesan thread dari sebuah kontak, Android akan segera memunculkannya sebagai pilihan utama. Perilaku prediktif dari Android 9 ini akan terjadi pada sebagian besar aktivitas pengguna dan aplikasi-aplikasi yang akan digunakan. Icon pop-up fitur App Actions akan muncul di atas daftar aplikasi-aplikasi tersebut.

#9 Fitur 'Slices"

fitur terbaru Android P
Slices atau potongan, adalah fitur baru lainnya pada Android 9 Pie. Fitur ini membuat pengguna jadi sangat terbantu saat melakukan pencarian (searching). Contohnya ketika searching "TeknoPlug" di search engine, hasil pencarian yang paling mendekati kemudian akan ditampilkan dalam bentuk slices (potongan). Dengan adanya fitur slices ini, pengguna bisa dengan mudah memilih mana hasil yang paling diinginkan. Tampilan slices ini akan mengikuti arah swipe pengguna (baik dari atas ke bawah maupun sebaliknya). Hm, unik bukan ?



#10 Kontrol Volume Suara

Android Pie mengalami pembaharuan pada tombol volume onscreen
Desain terbaru Android Pie meletakkan pengontrol volume pada layar yang jaraknya cukup dekat dengan tombol volume. Nah, sekarang menaikkan atau menurunkan volume secara default bisa dilakukan lewat pengontrol volume onscreen tadi secara default cukup dengan mengetuk saja.

Kalau menurut TeknoPlug, meletakkan tombol volume onscreen punya keuntungan tersendiri bagi pengguna. Karena tidak jarang tombol volume yang biasa didesain oleh pabrikan pada sisi ponsel mengalami error atau bahkan rusak. Dengan desain terbaru pada onscreen, volume jadi bisa dikontrol tanpa harus menekan tombol volume disisi ponsel.

#11 Android 9 'Digital Wellbeing '

Digital Wellbeing merupakan fitur tercanggih Android Pie


Perangkat kamu digunakan untuk ngapain aja sih ? Chatting, ber-medsos, nonton Video, kirim email, atau main game ? Mungkin semua aplikasinya sudah digunakan di ponsel, tapi seberapa sering ? Nah, Google membantu penggunanya untuk mengetahui apa saja kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan saat memegang ponsel lewat fitur Digital Wellbeing.

Digital Wellbeing hingga saat ini adalah sebuah fitur terbesar dan paling fundamental yang pernah disematkan Google pada selama eksisnya OS Android pada versi Android Pie. Hal ini cukup wajar karena sebelumnya memang sudah terjadi sejumlah perdebatan mengenai fitur yang satu ini, dan saat ini fitur tersebut benar-benar diwujudkan oleh Google. App Dashboard dan App Timer merupakan fitur-fitur yang ada dalam Digital Wellbeing.

  • App Dashboard


Lewat App Dashboard, Google mengajak pengguna Android jadi lebih smart lewat penyediaan dashboard untuk mengelola aplikasi-aplikasinya, mengetahui aplikasi mana yang sedang terbuka, serta mengetahui aplikasi apa saja yang paling sering dibuka. Pengelolaan dashboard aplikasi ini hampir serupa saat seseorang sedang mengelola dashboard blogger atau dashboard email.

  • App Timer


Fitur vital lainnya yang disematkan Google dalam Android 9 Pie adalah App Timer. Dengan fitur ini pengguna bisa mengetahui dan memangkas waktu yang dibutuhkan untuk melakukan navigasi pada aplikasi-aplikasi. App Timer ini bisa dieksekusi lewat App Dashboard. Pastinya fitur terbaru Android P ini akan sangat membantu dalam mengontrol penggunaan smartphone berikut aplikasi-aplikasi oleh anak-anaknya. Dengan mengatur timer, sekali saja ikon aplikasinya berganti abu-abu maka anak-anak tidak lagi bisa membukanya.

Ponsel-Ponsel Yang Sudah Menggunakan Versi Android 9


Versi Android P atau Android P sendiri pertama kali disematkan sebagai OS untuk smartphone Google Pixel milik Google serta Essensial Phone pada Agustus 2018. Untuk Android P versi pre-installed, Soni Experia adalah perangkat pertama yang menanamkan versi Android terbaru 2018 tersebut. Google sendiri mengumumkan bahwa versi lite (ringan) Android Pie akan dirilis dengan nama Android 9 Pie.

Para pengembang Android Pie sendiri tentunya akan mendapatkan tantangan baru untuk membuat aplikasi-aplikasi yang kompatibel dengan Android Pie ini. Apalagi, fitur-fitur unggulan Android Pie cukup canggih dan pastinya bakal bikin developer maupun produsen ponsel semakin kesengsem. Sebagai contoh, Nokia mulai menguji Android 9 Pie versi Beta-nya pada Nokia 6.1 Plus.

Berikut Ini Adalah Merk HP Yang Sudah Menggunakan OS Android 9.0 Pie
  • Google Pixel 2
  • Google Pixel 2 XL
  • Google Pixel
  • Google Pixel XL
  • Essential Phone

Selain itu, beberapa merk ponsel pintar lainnya yang direncanakan akan dirilis akhir-akhir ini dengan OS Android P antara lain :
  • Sony
  • Xiaomi
  • HMD Global
  • Oppo
  • Vivo
  • OnePlus
  • Android One phones (Select)
Itulah beberapa hal menarik serta fitur terbaru Android 9 Pie yang akan memberikan sensasi tersendiri serta pengalaman-pengalaman baru bagi pengguna gadget. Lalu, apakah merk ponsel andalanmu sudah update Android P ?

Baca Juga :


Labels: Android, Teknofocus

Thanks for reading 11 Fitur Unggulan Android 9 Pie Yang Hadir Di Ponsel Kekinian. Please share...!

4 Comment for "11 Fitur Unggulan Android 9 Pie Yang Hadir Di Ponsel Kekinian"

Pastinya ponsel yg pakai android 9 pie ini tampilannya jadi lbh keren.

Belum pernah nyoba nih android pie. tapi wellbeing itu bikin penasaran. udah ada belum ya hp android 9 yang harganya murah ?

android 9 pie udah pake dashboard ya ? dah kayak buka blog aja ada dashboardnya. canggih pastinya nih fitur android terbaru

inilah versi android tercanggih, android pie dengan semua fiturnya. tapi kayaknya fiturnya gak baru-baru amat ya, di versi oreo sudah ada beberapa.

Back To Top