13 Fitur Unggulan Versi Android Oreo Serta Keseruan Unik Yang Dihadirkannya

16 Fitur Unggulan Versi Android Oreo Serta Keseruan Unik Yang Dihadirkannya - Dirilisnya versi Android 8 Oreo setahun lalu semakin mewarnai persaingan dalam dunia gadget sekaligus memberikan berbagai pilihan bagi pengguna smartphone. Sejak kemunculannya pada kwartal pertama tahun 2017 membuat produsen tidak ketinggalan menciptakan ponsel-ponsel canggih. Tercatat setidaknya ada belasan fitur baru yang tersemat dalam Android berlogo roti pabrikan Oreo ini.




Android terus berinovasi dalam pengembangan teknologi perangkat lunak khususnya untuk sistem operasi perangkat mobile. Setelah sukses besar lewat Android Nougat-nya yang tertanam di ratusan ponsel canggih di dunia mulai dari Samsung, ASUS, hingga Sony Experia besutan Google Inc yang satu ini kembali membuktikan dirinya lewat Android Oreo. Hebatnya, belum selesai euforia Android Oreo, Android Mobile bahkan akan segera merilis versi Android terbaru dalam waktu dekat. Bisik-bisik yang terdengar, versi Android terbaru tersebut akan dinamai Android 9.0 Pie (untuk kode Android "P").


Lalu, apakah Versi Android Oreo akan segera ditinggalkan begitu saja ? Ho-ho, jangan lekas percaya dengan apa yang kamu dengar. Pastinya, Android Oreo menyisakan banyak hal unik yang bakal sulit dilupakan begitu saja bagi pengguna ponsel Android. Seperti halnya Android Nougat yang tetap eksis ditengah kemunculan ponsel-ponsel Android versi Oreo ini.

Pastinya, TeknoPlug menemukan paling tidak ada 13 fitur yang dihadirkan Android Mobile dalam versi Android terbaru 2017 ini. Lalu apa saja fitur-fitur serta kelebihan dan keunikan yang dibawa Android Oreo dalam ponsel-ponsel yang menanamkannya ?

Ngomong-ngomong, kamu sudah menggunakan ponsel versi Android 8.0 Oreo belum ? Kalau belum, Kali ini TeknoPlug akan mengajak kamu untuk mengenali fitur-fitur terbaru Android Oreo berikut kelebihan dan keseruan yang dihadirkannya dalam ponsel-ponsel kekinian.

16 Fitur Baru Versi Android 8 Oreo Serta Kelebihannya


Fitur-fitur terbaru Android Oreo (sumber gambar : androidsage.com)


Android Oreo (kode Android "O") merupakan versi kedelapan pengembangan Android Mobile. Setelah dirilis pertama kali dalam bentuk preview oleh developer pada Maret 2017, berturut-turut Android merilis versi Beta-nya pada bulan Mei 2017 (tepatnya tanggal 17), lalu preview ketiga dari developer pada bulan Juli 2017 untuk menyelesaikan API-nya. Selanjutnya setelah mengalami perbaikan pada bug dan pengoptimalan lainnya, Android 8.0 Oreo resmi dirilis pada 21 Agustus 2018.

Sejak rilis resminya ke publik, Android Oreo telah dirilis dalam dunia versi yaitu versi Android 8.0 Oreo dan versi Android Oreo 8.1.

Tampilan pada status bar Android O lebih bersih. Khususnya pada smartphone besutan Google, Google Pixel sekarang tampilannya putih dimana sejumlah icon mengalami perpindahan sehingga lebih mudah untuk menekan/menyentuhnya. Mungkin butuh waktu untuk terbiasa menggunakan layout "Settings" tetapi umumnya pengelompokannya sekarang jadi lebih gampang.

1. Koneksi Wi-Fi Publik Yang Lebih Baik Dan Lebih Cepat

Salah satu perubahan yang dihadirkan Android pada versi Oreo adalah peningkatan pada kecepatan deskripsi koneksi Wi-Fi publik, dari Slow menjadi Very Fast. Hal ini tentunya berpengaruh besar bagi para pengguna smartphone yang mengalami keterbatasan dalam mengakses data khususnya Wi-Fi. Pada 22 Januari lalu, akun Twitter milik Android mengumumkan update terbaru untuk Android 8.1 mengenai penambahan kecepatan deskriptor untuk koneksi Wi-Fi publik ini.

2. Lebih Asyik Dengan Emoji Baru

Pada dasarnya tidak beda-beda amat dengan Android 7.1.2 Nougat. Kalau kamu penggemar fitur emoji bakalan makin seru saat berchatting ria lewat 50 macam emoji yang didesain ulang lewat dukungan Emoji 5.0 Unicode standard. Kamu bisa melihatnya pada keyboard standar ponsel-ponsel Android Oreo.

3. 'Picture-in-picture Mode', 2 Aplikasi Dalam Satu Tampilan

Salah satu fitur terbaru di ponsel-ponsel yang menyematkan OS versi Android Oreo adalah picture-in-picture. Lewat fitur baru Android O ini kamu bisa melihat dua apps dalam satu tampilan. Misalnya kamu bisa cek email sambil nonton video Youtube lewat jendela pop up. Atau browsing sambil video call via WhatsApp.

Fitur ini bisa diatur melalui Setting > Apps & Notifications > Advanced > Special App Access > Picture-in-picture dan menggantinya dengan aplikasi lain yang bisa menggunakan fitur tersebut.

4. Membuka 2 Aplikasi Sekali Sentuh Dengan 'Multi Windows'

Fitur Multi Windows ini bisa menjadi solusi buat kamu yang punya masalah dengan ribetnya bolak-balik dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya namun harus lewat "Home". Lewat fitur terbaru Android 8 Oreo kamu bisa melihat berbagai aplikasi yang sudah terbuka. Kamu bisa memilih lalu membuka aplikasi-aplikasi tersebut satu persatu.

5. Aplikasi Kamera Terbaru

Android Oreo memperkenalkan aplikasi Google Camera terbaru khususnya pada perangkat Nexus dan Pixel. Memang tidak semua gadget memanfaatkan aplikasi Google Camera yang telah disupport oleh Android Oreo, karena beberapa pabrikan mungkin sudah nyaman dengan kamera-kamera sebelumnya.

Dengan fitur ini, kamu dengan cepat bisa memperbesar objek ke dalam frame dengan men-tap layar dua kali. Selain itu icon baru dekat tombol shutter mempermudah pengguna mengganti mode antara mode kamera ke video maupun sebaliknya.

6. Dapatkan Notifikasi Dengan ‘Notification Dots’

Ada cukup banyak fitur baru dengan notifikasi di Android 8.0. Notification Dots adalah titik-titik kecil yang muncul pada aplikasi-aplikasi maupun folder aplikasi yang menunjukkan adanya notifikasi baru seperti email atau pesan singkat. Cukup dengan menekan dan menahan ikon aplikasinya, kamu sudah bisa melihat notifikasi-notifikasi tersebut dalam bentuk pop-up.

Untuk notifikasi-notifikasi yang tidak begitu penting, Android Oreo memberikan kamu kebebasan untuk memunculkannya kembali di lain waktu. Cukup dengan menggesernya ke kanan atau ke kiri, sentuh icon Clock, dan pilih waktu yang sesuai keinginan kamu.

7. Akun Lebih Aman Dengan 'Google Play Protect'

Untuk mendownload atau memainkan aplikasi-aplikasi android seperti PUBG Mobile, atau misalnya aplikasi perbankan seperti Mandiri Online Google mengharuskan penggunanya untuk memiliki sebuah akun. Seringkali pengguna ponsel bermasalah dengan akun Gmail-nya.

Nah, Android Oreo menghadirkan rasa aman bagi pemilik akun melalui Google Play Protect. Lewat fitur ini, Android Oreo melakukan scanning terhadap ancaman-ancaman yang berpotensi merusak isi ponsel kamu, termasuk akun.

8. System UI Tuner

Android O atau Android Oreo menambahkan sebuah opsi baru pada User Intelligence Tuner (UI Tuner), sebuah menu tersembunyi yang membuat kamu mengontrol seluruh penampilan smartphone, yaitu sebuah pintasan pengunci layar (Lockscree shortcuts).

Lewat fitur tersembunyi System UI Tuner ini pengguna ponsel Android bisa mengatur ikon-ikon pintasan ke tab Chrome dan aplikasi-aplikasi.

9. Menu Setting, Files App, Dan Ringtone Selector Terbaru

Pada Android Oreo, sebuah tombol "Add" ringtone di bawah daftar ringtone membuat kamu bisa menambahkan file audio apa saja. Hal ini sangat berbeda dibanding versi Android sebelumnya dimana pengguna harus menggunakan aplikasi pihak ketiga atau mesti copy files terlebih dahulu ke /sdcard/Notifications, /sdcard/Ringtones, atau /sdcard/Alarms).

Selain itu, di Android Oreo menu "Files App" telah mengganti pintasan ikon "Downloads" terdahulu. Tombol untuk menyortir file (Sorting Files) juga terlihat jelas.

10. Daya dan Performa Lebih Baik

Bagi pengguna ponsel yang boros baterai kehadiran teknologi baterai di ponsel-ponsel Android Oreo menjadi berita baik. Setidaknya, Android Oreo tidak semata tentang tampilan saja, tapi juga tentang performa.

Android Oreo memungkinkan proses untuk memulai pengoperasian jadi dua kali lebih cepat. Hal ini karena terjadinya pengoptimisasian pada core sehingga mempersingkat waktu yang digunakan untuk booting.

Selain itu, Android Oreo juga memperkenal menu setting baterai terbaru yang memungkinkan kamu bisa mengontrol aplikasi-aplikasi yang menguras daya.

11. Smart Text Selection dan Autofill

Fitur Autofill pada perangkat dengan versi Android Oreo bisa memangkas waktu yang dibutuhkan untuk meng-copy teks dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Layanan Autofill terbaru membuat aplikasi-aplikasi melakukan registrasi sendiri. Lewat papan ketik, kamu bisa memilih sebuah aplikasi untuk agar password, user name, alamat serta lain-lainnya tetap terdeteksi.

12. Animasi Yang Lebih Baik Dan Ikon Yang Adaptif 

Tidak bisa dipungkiri, Android sudah lama dikritik karena animasi yang buruk serta scrolling yang lambat. Namun lewat Android Oreo hal tersebut sudah mengalami perbaikan.

Ikon yang adaptif membuat developer lebih mudah memanfaatkan ruang untuk pintasan-pintasan aplikasi yang tersedia. Para pengembang dapat menambahkan berbagai karakter dan icons sesuai proporsi layar ponsel.

13. Audio Bluetooth Berkualitas Tinggi

Perangkat audio wireless seperti headphone dan speaker menjadi perangkat yang sangat signifikan penggunaannya saat ini. Maka tidak heran bila Android Oreo memberikan peningkatan pada sektor audio. Android Ore sendiri mendukung codec wireless LDAC milik Sony, yang meningkatkan kualitas audio tiga kali lebih cepat (990kbps) daripada Bluetooth standar.

Nah, itulah berbagai fitur unggulan versi Android Oreo. Kamu suka fitur-fitur yang mana ?

Baca Juga :


Labels: Android

Thanks for reading 13 Fitur Unggulan Versi Android Oreo Serta Keseruan Unik Yang Dihadirkannya. Please share...!

3 Comment for "13 Fitur Unggulan Versi Android Oreo Serta Keseruan Unik Yang Dihadirkannya"

Kyknya biarpun udah ada versi android 9, android oreo msh bakalan eksis beberapa waktu ke depan...

ponsel android oreo kayaknya masih mahal deh ya...kalo lihat fiturnya, android 8 ini keren

android 8 oreo...fiturnya gak semuanya baru kayaknya. di androd nougat juga sudah ada, misalnya yg notifikasi

Back To Top