Table of Content

ZenFone Max Pro M1 HP ASUS Buat Gaming Tanpa Batas

Untuk jajaran hp gaming 3GB/4GB/6GB dan murah 2 jutaan hingga 4 jutaan Zenfone Max Pro M1 adalah smartphone terbaik di kelasnya.
HP ASUS Untuk Gaming Murah - Agar bisa memenangkan kompetisi e-Sport lewat smartphone maka mau tidak mau seorang gamer haruslah memiliki hp gaming terbaik. Kini HP Asus untuk gaming bisa anda gunakan jadi juara game online di Zenfone Max Pro M1.

Ngomong-ngomong soal game, mainan lawas di layar monitor seperti FIFA Manager, Stronghold Crusader, sekuel Age of Empire, Empire of Earth, Counter Strike, pasti sudah cukup akrab ditelinga para penggemar permainan. 

Kalau dulu hanya bisa dimainkan lewat Play Station atau PC, permainan bertema serupa sudah dapat dimainkan oleh siapa saja lewat ponsel. Ada ratusan bahkan ribuan game yang bisa didownload secara gratis maupun berbayar via Play Store atau Apps Store.

HP gaming sekarang cukup mudah didapatkan, mulai dari hp game berat maupun hp untuk game android ringan. ASUS sebagai begawan perangkat ponsel dunia menghadirkan salah satu HP ASUS untuk game yaitu ASUS Zenfone Max Pro M1.

Syarat Utama HP Untuk Gaming

zenfone max pro m1

Smartphone tidak lagi sebatas berkirim pesan singkat, atau berkirim foto via WhatssApp. Smartphone juga bukan lagi cuma untuk ber-Facebook ria, atau eksis di Instagram. Mengikuti trend milenium, smartphone hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan sebuah perangkat yang bisa dijadikan alat hiburan, dan juga gaming.

Derasnya kemunculan aplikasi-aplikasi berbasis mobile yang seolah tidak terbatas menyebabkan produsen smartphone harus siap siaga dengan inovasi maupun perubahan-perubahan spesifikasi. Bicara mengenai aplikasi smartphone, jelas membutuhkan spesifikasi perangkat yang sesuai. Keselarasan antara kapasitas file berikut fitur-fitur pada aplikasi dengan spesifikasi smartphone merupakan prioritas saya terhadap sebuah perangkat keren yang bisa multifungsi.

Kompetisi e-sport yang di Indonesia sendiri sebenarnya sudah cukup lama berlangsung namun mulai diakui sejak berlangsungnya Asian Games 2018 ini menjanjikan banyak peluang profit. Selain perangkat PC dan konsol game, smartphone juga sudah menyentuh ranah olahraga elektronik. Ada banyak turnamen e-sport yang bisa diikuti para penyuka permainan dan bisa meraih prestasi didalamnya. Misalnya Indonesia Esport Premier League (IESPL).

Tapi, agar bisa bermain dengan para kompetitor lainnya di dalam turnamen e-sport dibutuhkan ide, taktik, daya tahan dan kelincahan, serta pastinya perangkat gaming yang juga kompetitif. Maka jadilah smartphone , alat komunikasi yang paling mudah dan paling banyak digunakan karena sifatnya yang fleksibel serta gampang digunakan kapanpun dimanapun, menjadi salah satu alat "perang" yang harus diperhitungkan.

Bagi gamer yang doyan game MOBA terbaru Lokapala di ponselnya, beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain pada chipset processor, RAM, penyimpanan, dan baterai.

Baca Juga : Deretan HP Terbaik Saat Ini


Chipset Serta Processor CPU dan GPU Untuk Ponsel Gaming

Chipset atau SoC (System on Chip) adalah otak pemrosesan segala perintah kerja di smartphone. Seperti halnya pada perangkat komputasi rumah (PC atau laptop), di HP juga tersemat benda mungil bernama CPU dan GPU dalam chipset yang membuat sebuah perangkat seluler menjadi benda pintar multiguna, baik sebagai alat komunikasi maupun sebagai perangkat multimedia dan gaming yang digunakan secara mobile.

Kolaborasi CPU dan GPU dalam chipset menurut saya punya pengaruh signifikan terhadap performa, baik performa gaming maupun kualitas grafis. Bicara tentang processor pasti bicara core dan jumlah core. Ada processor dengan single-core, dual-core, quad-core, hexa-core, bahkan deka-core.

Tidak selamanya chipset ber-CPU core banyak seperti hexa-core, octa-core atau deka-core benar-benar memberikan performa apik saat menjalankan game kelas menengah ke atas. Yang pasti, menurut saya processor terbaik untuk ponsel gaming bisa dilihat dari bagaimana produsen melakukan kustomisasi dan mengkolaborasikan prosesornya dengan spesifikasi lainnya, antara lain dengan RAM.

Baca Juga :

Smartphone RAM 2GB, 3GB, 4GB, 6GB, Mana Yang Terbaik Buat Gaming ?

Semakin sering mengalami pembaharuan, kapasitas file sebuah aplikasi juga membesar. Apa jadinya bila menjalankan PUBG terupdate pra-instal hampir 1,5 GB di ponsel yang RAM-nya 2 GB, sementara sistem operasi seperti Android juga membutuhkan memori agar bisa beroperasi. Itu belum lagi bila aplikasi-aplikasi seperti Facebook, Youtube, browser, aplikasi edit gambar seperti TextArt atau PhotoPaint,  termasuk OS Android itu sendiri mengalami update. Memang sih masih bisa multitasking, tapi performa smartphone baik saat gaming maupun secara keseluruhan menyebabkan penggunaannya terbatas.

Ketika processor smartphone berkolaborasi dengan RAM besar, akan semakin tinggi performanya saat menjalankan game dan semakin baik kemampuan smartphone "melompat" atau "berpindah" ke aplikasi lainnya yang dijalankan pada saat yang sama.

Menurut Visal Kara (Head of Product Piriform - vendor pembuat CC Cleaner) kepada Digital Trends :
Aplikasi-aplikasi atau game yang dijalankan di smartphone akan dimuat di RAM. Selama aplikasi dan game tersebut ada di RAM, anda bisa kembali ke aplikasi tersebut meskipun anda sempat meninggalkannya. RAM juga memungkinkan aplikasi dijalankan secara background khususnya aplikasi yang sering dioperasikan di ponsel. Itu sebabnya mengapa RAM sangat penting untuk multitasking. Semakin besar RAM, semakin baik kemampuannya menjalankan banyak aplikasi.

Baca Juga : Daftar HP Kamera Yang Bagus

Cari HP Berdaya Besar Agar Bisa Gaming dan Multi Media Lebih Lama

Spesifikasi berikutnya yang menurut saya sangat penting diperhatikan sebelum ponsel yang akan dipakai untuk gaming yaitu baterai. Di masa lalu, baterai tidak menjadi fokus perhatian produsen karena trend saat itu lebih kepada desain.

Tapi sekarang sudah berbeda. Dengan begitu banyaknya aplikasi-aplikasi yang ada saat ini dipasang di smartphone tentunya penggunaan baterai jadi terbagi. Apalagi aplikasi-aplikasi permainan yang berbasis online, penggunaannya begitu menguras daya. Lho emang ada ya pengaruh koneksi internet dengan baterai ?Menurut saya sih ada.

Faktanya, ketika hp bekerja saat mencari koneksi internet saat itu pula baterai dipakai. Tidak jarang ponsel menjadi panas akibat ponsel terus berupaya terkoneksi dengan internet yang sinyalnya tidak bagus. Kondisi ini akan semakin memperburuk keadaan saat main game dengan koneksi internet yang hilang timbul.

Baca Juga :

Pilih Smartphone Gaming Yang Punya Ruang Penyimpanan Besar

Selain chipset dan RAM, ruang penyimpanan adalah salah satu spesifikasi yang cukup penting untuk sebuah smartphone gaming. Oleh produsen-produsen ponsel kekinian, ruang penyimpanan menjadi spesifikasi mewah yang bisa diperoleh dengan mudah.

Bila 5-8 tahun lalu penyimpanan sebesar 8GB sudah cukup gahar yang untuk mendapatkannya harus berpikir panjang mengingat harganya bikin keringat dingin, sekarang penyimpanan 64GB, 128GB, 256GB bahkan SD Card seluas 1-2TB (terrabit) jadi spek mewah yanh bisa dengan gampang diperoleh, meskipun tentunya harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Semakin besar ruang penyimpanannya, smartphone jadi lebih bernapas lega dan pengguna tidak perlu ragu menyimpan file apa saja, termasuk gaming berikut file updatenya. Tidak jarang aplikasi melakukan update secara otomatis, dan tiba-tiba hp menjadi terasa berat saat dioperasikan. Apakah aplikasinya salah ? Kemungkinan besar bukan, karena update adalah hal yang biasa dilakukan vendor. Apalagi melakukan perbaikan bug dan peningkatan fitur adalah salah satu "bukti" pihak ketiga untuk membuat pengguna smartphone khususnya gamer tetap merasa nyaman dan "terbarukan"..

Zenfone Max Pro M1, HP ASUS Untuk Game Murah

Trend olahraga digital aka e-sport sudah diantisipasi oleh ASUS lewat ponsel-ponsel canggih besutan produsen perangkat terkemuka asal Taiwan ini. Salah satunya dari keluarga Zenfone, yaitu Zenfone Max Pro M1. Ponsel yang dirilis tahun 2018 ini merupakan ponsel ASUS pertama yang menyematkan chipset Snapdragon 636. Bukan sekedar ponsel gaming, Zenfone Max Pro M1 mengusung tema Limitles Gaming alias Gaming Tanpa Batas

So, buat para maniak game-game mobile yang medieval menjurus hardcore, ponsel keren yang satu ini sangat pantas untuk diperhitungkan sebagai perangkat mobile canggih untuk mendapatkan kenyamanan memenangkan permainan di dunia digital baik untuk berkompetisi secara pro maupun untuk sekedar pemuas dahaga mendapatkan sensasi bermain game.

Tapi, seperti apa sih ASUS Zenfone Max Pro M1 ini ?

Menurut saya, fitur-fitur dan teknologi berikut ini menjadi keunggulan utama yang dihadirkan oleh sebuah benda canggih bernama Zenfone Max Pro M1. Berikut ini adalah pandangan dan ulasan saya mengenai Zenfone Max Pro M1 beserta fitur-fitur menarik didalamnya.

1. Performa Gaming Lebih Bertenaga Dan Lebih Kencang

benchmark Zenfone Max Pro M1

Benchmark ASUS Zenfone Max Pro M1 (sumber : teknoreview.com)

Teknologi processor merupakan ukuran utama seperti apa performa sebuah smartphone untuk gaming. Dari sisi dukungan terhadap performa, Snapdragon Qualcomm merupakan chipset ponsel yang sangat diperhitungkan termasuk untuk menjalankan aplikasi game. Zenfone Max Pro M1 merupakan smartphone ASUS pertama yang mengusung Snapdragon 636 sebagai chipsetnya. 

Dengan konstruksi pemrosesan 14nm Snapdragon memberikan performa dan ketahanan yang lebih unggul dibandingkan pendahulunya. Perbedaan utama Zenfone Max Pro M1 dibandingkan ponsel pendahulunya yaitu teknologi interface yang sudah pure Android, tidak lagi menggunakan ZenUI.

Kolaborasi OS Android Oreo, Snapdragon 636, CPU Kryo Octa-Core, GPU Adreno dan RAM Besar

Kelebihan utama Zenfone Max Pro M1 menurut saya terletak pada ketangguhannya yang powerful. Alasannya ? Karena adanya kolaborasi antara chipset Quallcomm Snapdragon dengan processor CPU Kryo berinti delapan (Kryo 260 Octa-Core (4x 1.8 GHz + 4x 1.6 GHz) serta RAM LPDDR4 dalam platform OS Android terbaru (Android™ 8.1 Oreo™).

Apalagi didukung oleh RAM 3GB, 4GB, dan 6GB ponsel pintar ini jelas menghadirkan kecepatan dan ketangguhan di kelasnya. Berdasarkan Antutu benchmark, performa Zenfone Max Pro M1 1,54 kali lebih bertenaga. Oya, Zenfone Max Pro M1 saat ini memang sudah dirilis dengan berbagai model RAM 3GB, 4GB, dan 6GB. 

spesifikasi zenfone Max Pro m1
Skor Performa Single Core dan Multi Core ASUS Zenfone Max Pro M1 (sumber : gadgetren.com - ilustrasi : TeknoPlug)

Selain pada performanya, Zenfone Max Pro M1 juga punya nilai plus pada daya tahannya yang stabil dan tidak mudah panas. Ponsel lag akibat overheated adalah masalah yang cukup sering dijumpai saat sudah berlama-lama pencat-pencet, tekan, geser dan swipe. "Budaya" lag dan overheated ini akan sangat jarang dijumpai pada ponsel gaming canggih yang satu ini. Zenfone Max Pro M1 memberikan pengalaman gaming yang berbeda, dimana penggunanya tetap nyaman tanpa khawatir perangkatnya panas, lag atau bahkan hang. 

Dengan GPU Qualcomm® Adreno™ 509 Zenfone Max Pro M1 menghadirkan grafis yang cukup digdaya saat memainkan game-game dengan grafis tinggi, sebuah keunikan yang jarang terjadi untuk ponsel kelas menengah. Yang pasti, kolaborasi GPU dan CPU di dalam tubuh ponsel pintar ini akan menghasilkan gambar berkualitas tinggi, bukan cuma saat bermain saja tapi juga saat berkamera ria.

hasil benchmark performa core CPU dan GPU Zenfone Max Pro M1
Pengujian Kinerja CPU dan GPU Zenfone Max Pro M1 Snapdragon 636 GPU Adreno (sumber : kotakgame.com)

Kelebihan lain hasil kolaborasi "jeroan gadget" didalam ASUS Zenfone Max Pro M1 ini adalah kemampuan multitaskingnya yang diatas rata-rata. Dengan RAM yang tersedia (3GB, 4GB, dan 6GB) dalam perpaduan tersebut pengguna tidak perlu khawatir untuk melompat dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Ketangguhan performa seperti inilah yang selalu saya idam-idamkan, dan selalu saya camkan dalam memory ingatan ketika pada akhirnya saya memang harus mengganti ponsel saya.

2. Baterai Zenfone Max Pro M1 Lebih Tahan Lama

Baterai berkapasitas besar merupakan salah satu terobosan yang diantisipasi oleh pabrikan gadget asal Taiwan seiring dengan berkembangnya penggunaan smartphone sebagai perangkat multi guna. Hal ini cukup beralasan karena setiap aplikasi yang dijalankan di ponsel pasti akan menguras daya apalagi bila ada aplikasi yang berjalan secara background. Khususnya penggunaan smartphone untuk bermain game pasti akan  semakin membuat ponsel menjadi boros. Melihat anak-anak sekolahan sampai rela bergantian menggunakan power bank adalah pemandangan yang cukup biasa buat saya. Ada juga yang rela berdiri main hp sambil mengecas di warung kopi.

Tapi bila menggunakan Zenfone Max Pro M1 pemandangan itu pasti bakal cuma cerita masa lalu, karena ASUS menanamkan baterai berdaya besar 5000 mAh untuk mendukung pengguna betah berlama-lama mengoperasikan ponselnya untuk apa saja meskipun tidak lagi menyematkan Power Master.

Memang pada Zenfone Max Pro terbaru ini tidak menggunakan teknologi pengisian cepat (fast charging), tapi dengan kapasitas baterai sebesar itu main game bisa sampai seharian lebih! Pengisian daya pada ponsel yang core processornya hasil kustomisasi Cortex A73 dan Cortex A53 ini sendiri membutuhkan waktu setidaknya 1 jam 11 menit untuk mencapai 60 persen (sekitar 3000 mAh) dan 2 jam 42 menit agar mencapai 100 persen. Faktanya, seorang teman bahkan sampai telat makan karena baterainya belum habis-habis selama 8 jam non stop main PUBG ! Gila aja.

3. Layar Lebih Luas, Lebih Terang, Lebih Besar, dan Lebih Jernih

ASUS juga tidak ketinggalan dalam hal teknologi visual. Terobosan ASUS dari aspek visual adalah menyediakan layar yang lebih luas berkualitas Full HD. Ini karena bezelnya diminimalisir (aspek rasio layar dan body mencapai 18:9).

Zenfone Max Pro M1 semakin terkesan mewah. Kenapa saya katakan demikian ? Karena objek yang terlintas oleh sorotan layar terlihat lebih besar, lebih cerah, dan lebih jernih. Layar berteknologi IPS Full HD dengan display 2160 x 1080 ini punya kejernihan hingga 450 knits dan perbandingan kontras mencapai 1500 : 1.

Buat pengguna ponsel pintar yang sering mengeluhkan layar yang terkesan minimalis entah itu karena bodinya kecil atau karena bezelnya lebih besar pasti akan sumringah. Melototin musuh sambil mengeker sasaran jadi lebih mudah saat main PUBG Mobile di smartphone berlayar 6 inchi. Kalau buat saya, bezel besar atau kecil punya keuntungan masing-masing. Saya sih tidak punya masalah dengan itu (bezel). Yang pasti, memiliki sebuah smartphone berlayar jernih Full HD adalah sebuah keistimewaan.

4. Dual Camera Hasilkan Foto Keren dan Berkualitas

ASUS menyematkan teknologi dual camera yang berbeda pada setiap versi RAM Zenfone Max Pro M1 yang dirilis. Pilihan itu antara lain camera dual 16MP/5MP dan 13MP/5MP dengan kamera selfie 8MP dan 16 MP (tersedia untuk versi RAM 6GB).

Beberapa fitur yang menarik dari teknologi kamera dual pada Zenfone Max Pro M1 ini antara lain fitur bokeh, yang pastinya akan membuat kesan ponsel berbaterai besar tapi kualitas kamera rendah akan segera punah. Dengan dual camera, pengguna bisa mengambil gambar fokus dengan background blur yang hampir-hampir mirip kamera DLSR, sesuatu yang tidak dimiliki kamera saya saat ini. Itu sebabnya saya terkesan cukup kaku mengambil foto objek berkualitas apalagi objek bergerak.

Uniknya, ASUS menyematkan sejumlah fitur fotografi yang berbeda. Contohnya untuk kamera belakang dual kamera, main rear camera 13/16MP dengan LED Flash ini memiliki fitur-fitur keren seperti Effects, Redeye Reduction, Beauty Shot, Continuous Shot, Scene Mode dan Portrait Mode. Sementara second rear camera-nya punya fitur Portrait Mode For Depth Sensing. Kamera depan yang punya Softlight LED Flash juga mengalami hal serupa.

Bukan cuma fotografi, merekam video lewat Zenfone Max Pro M1 hasilnya tidak akan mengecewakan, karena teknologi 4K yang kualitasnya diatas FHD. Buat saya, ponsel gaming yang dilengkapi kamera video 4K jelas akan masuk dalam 5 daftar benda kesayangan yang "wajib" saya rawat. Apalagi belakangan ini pekerjaan saya mengharuskan adanya video dokumenter untuk bahan kajian sekaligus media sosialisasi. Kamera yang saya miliki sekarang masih HD, yang kualitasnya dibawah FHD dan jauh dibawah resolusi 4kUHD.

Baca Juga :


5. Ruang Penyimpanan Lebih Besar

Seperti yang saya katakan, ruang penyimpanan adalah spesifikasi wajib yang harus dimiliki oleh perangkat gaming mobile agar pengguna tidak khawatir ketika menyimpan file-file besar khususnya aplikasi yang terupdate secara otomatis.

ASUS menyediakan berbagai pilihan ruang penyimpanan sesuai RAM, antara lain RAM 3GB untuk 32GB ROM, RAM 4GB dan 6GB untuk penyimpanan 64GB.

6. Desain Kekinian Dan Kokoh

Untuk pekerja lapangan sekaligus penyuka game nomaden seperti saya, pastinya membutuhkan sebuah perangkat yang aman dan nyaman untuk dibawa kemana saja dan untuk ngapain aja.

Desain kokoh dan kekinian menjadi ciri khas ponsel gaming milenium ala ASUS. Kekokohan itu ternyatakan lewat body yang dibalut metal berukuran 6 inchi dan tipis, pas ditangan dan disaku. Memang sih dengan berat mencapai 180 gram bagi sebagian orang akan terasa berat. Tapi menurut saya itu hal yang wajar, mengingat casing metal yang membalutnya serta baterai besar yang ditanamkan di dalamnya. Dan bagi saya tidak berat-berat amat untuk ditaruh dikantong celana.

7. Audio Jernih dan Tajam Memuaskan

Selain keunggulan-keunggulan di atas, Zenfone Max Pro M1 juga sejumlah fitur pendukung yang mewakili sebuah perangkat yang menurut saya sempurna sebagai alat komunikasi, hiburan, hingga gaming kelas atas. Yang terbaru, ASUS menyematkan teknologi audio dengan loudspeaker menggelegar yang didalamnya terdapat 5 magnet, dibarengi pula dengan teknologi NXP sebagai pusat amplifier yang bisa mengatur distorsi jadi lebih rendah.

Teknologi audio Zenfone Max Pro M1 juga dibubuhi fitur MaxBox yang semakin menambah keseruan saat main game ataupun ketika rame-rame nonton Youtube tanpa harus menambah kabel atau baterai. Suara yang dihasilkan lewat kombinasi NXP amplifier dan MaxBox ini bisa ditingkatkan hingga 200 persen dan 41 persen lebih keras.

Spesifikasi Zenfone Max Pro M1
asus zenfone max pro m1
HP ASUS Zenfone Max Pro M1 Gaming Tersedia dalam 3 Varian RAM
HP yang dirilis 2018 tepatnya Mei lalu ini awalnya varian 3GB, dan sekarang sudah cukup mudah didapatkan. Uniknya, sejak pertama kali dirilis Zenfone Max Pro M1 terus diupdate dan mengalami peningkatan khususnya antara lain pada bug untuk mengoperasikan sejumlah aplikasi. 

Berikut ini adalah spesifikasi ASUS Zenfone Max Pro M1 3GB dan ASUS Zenfone Max Pro M1 4GB yang bisa didapatkan secara online di Lazada atau Blibli.
  • Teknologi Jaringan : GSM/HSPA/LTE
  • Rilis : Mei 2018
  • Dimensi : 6,26 x 2,99 x 0,33 inchi
  • Berat : 180 gr
  • Layar : IPS LCD capacitive touchscreen 1080 x 2160 pixel 404 ppi
  • Platform OS : Android 8.1 Oreo
  • Chipset : Qualcomm SDM636 Snapdragon (14nm)
  • CPU : Octa-core 1,8 GHz Kryo 260
  • GPU : Adreno 509
  • Memori Internal : 64 GB (RAM 4GB/6GB), 32 GB (RAM 3GB) dengan slot MicroSD hingga 512 GB
  • Kamera Belakang : Dual 13MP/5MP (untuk RAM 3GB), 16MP/5MP
  • Kamera Depan : 8 MP, 16 MP (untuk RAM 6GB)
  • Baterai : Non-removable 5000 mAh
  • Stand-by Up to 840 h (3G)
  • Talk time Up to 42 h (3G)
  • Harga : 2 jutaan hingga 4 jutaan (tergantung RAM)
Buat mobile gamer Indonesia yang menginginkan perangkat gaming canggih yang juga oke buat multimedia dan fotografi ini, tersedia varian RAM 3GB (32GB ROM) dan 4GB (64GB ROM). 
Harga Zenfone Max Pro M1 - Ponsel Gaming Keren Murah
harga dan spesifikasi Zenfone Max Pro M1
Spesifikasi Zenfone Max Pro M1

Smartphone canggih yang lengkap berperforma mumpuni yang nyaris tanpa minus dan dilepas seharga 2 jutaan hingga 4 jutaan (tergantung RAM dan ROM) adalah perangkat sensasional. Pastinya, sekali lagi ASUS akan semakin akrab dengan predikat inovator terbaik penyedia perangkat canggih berkualitas harga ekonomis di kelasnya, lewat hp gaming 2 jutaan hingga 4 jutaan pada Zenfone Max Pro M1.

Sejatinya, ponsel-ponsel gaming high-end cukup sulit didapatkan untuk pengguna berkantong tipis. Alhasil, kebebasan memainkan game-game menantang level dewa menjadi sangat terbatas. Tapi anggapan itu terpatahkan lewat ASUS Zenfone Max Pro M1 yang sebenarnya merupakan mid-level namun spesifikasi nya tergolong sempurna dengan harga terjangkau untuk semua kalangan. So, kenapa juga mesti membatasi diri ketika ada perangkat mewah yang menawarkan sejuta sensasi gaming tanpa batas dalam ASUS Zenfone Max Pro M1.

Baca Juga :

Suka Teknologi