Hindari Antrian Saat Bertransaksi Dengan Berbagai Pilihan Mandiri e Banking

Macam Jenis Produk Bank Mandiri E Banking Untuk Transaksi Online - Halo Sobat TeknoPlug, sudah punya buku rekening Bank Mandiri belum ? Kalau sudah, pasti tahu dong manfaat kemudahan dan fasilitas yang diperoleh. Kalau belum punya, kali ini TeknoPlug maun ngasih info nih buat sobat tentang produk-produk Bank Mandiri yang bisa sobat pertimbangkan.

Yuk Kenali Berbagai Jenis Produk Perbankan Dari Bank Mandiri


Dunia perbankan punya pengaruh besar dalam mendongkrak perekonomian baik ekonomi masyarakat maupun perekonomian nasional. Selain dari pajak, pendapatan dan roda perekonomian di Indonesia berasal dari dunia bisnis. Nah, disinilah salah satu peran Bank Mandiri dalam menciptakan iklim bisnis yang kondusif dan potensial. Bank Mandiri bukan cuma berperan dalam bisnis skala makro, tapi juga ekonomi mikro.

Tapi ngomong-ngomong, udah tahu belum seluk beluk serta sejarah Bank Mandiri ? Terus tahu gak gimana peran Bank Mandiri sebenarnya dalam mendorong berkembangnya bisnis di Indonesia ? Yuk kita telusuri.

Layanan Mandiri e Banking Untuk Transaksi Online


Bank Mandiri sebenarnya berdiri di tahun 1998. Pada tahun 1999, karena kebijakan nasional agar membuat dunia perbankan di Indonesia bisa lebih stabil maka terjadilah merger yang meleburkan empat Bank Nasional menjadi satu tubuh. Keempat Bank tersebut yaitu Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Pembangunan Nasional, dan Bank Ekspor Impor Indonesia. Hasil peleburan tersebut itulah yang menjadikan Bank Mandiri seperti yang sekarang sobat kenal.

Perkembangan Bank Mandiri

Dalam perjalanannya, Bank Mandiri terus melakukan renovasi, perbaikan dan peningkatan baik dari visi, misi, struktur, cara pengelolaan, kebijakan, sistem, pengembangan, dan pelayanan. Perbaikan itu dilakukan secara bertahap.

Bank Mandiri menunjukkan bukti pengelolaan dan peningkatan kualitas tersebut dengan laba bersih yang mereka dapatkan setiap tahun, meskipun dalam beberapa tahun diantaranya terjadi fluktuasi capaian secara persentasi tapi nominalnya tetap meningkat setiap tahunnya.

Di tahun 2017, laba bersih Bank Mandiri mencapai Rp 20 Triliun (sebelum audit), naik 53,09 % dibandingkan tahun sebelumnya dimana tahun 2016 sempat mengalami penurunan laba sebesar 32,1%. Kenaikan laba Bank Mandiri ini disumbang oleh segmen korporasi dan segmen ritel (usaha pembiayaan seperti KPR, kendaraan dsb). Sementara di tahun 2018 Semester I (6 bulan pertama) Bank Mandiri telah mendapatkan laba bersih sebesar Rp 12,2 Triliun (naik 28,7% pada semester yang sama di tahun sebelumnya).

Sumber :
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/bank-mandiri-catat-kenaikan-laba-53-menjadi-rp-20-triliun-di-2017
  • https://finance.detik.com/moneter/d-4123368/laba-mandiri-naik-287-jadi-rp-122-t).

Kantor Pusat Bank Mandiri berada di Jalan Gatot Subroto di Jakarta, sementara Kantor Cabangnya sudah tersebar di hampir seluruh Kota di Indonesia berikut Kantor Cabang Pembantu (KCM). Makanya kalau sobat lagi jalan-jalan ke Sumatera Selatan dan ingin mengecek buku rekening sobat bisa ke Kantor Cabang Mandiri Palembang. Atau lagi ada road show dari perusahaan ke Kabupaten Lahat tapi saat yang bersamaan ada saudara yang butuh uang sobat bisa ke Bank Mandiri Lahat. Atau mungkin lagi ada misi dokumentasi ke daerah minyak di Plaju sobat bisa ke Bank Mandiri di Plaju. Ini membuktikan bahwa Bank Mandiri sudah ada di semua belahan Nusantara.

Produk Bank Mandiri Itu Apa Saja Sih ?

Produk-produk perbankan dari Bank Mandiri bukan cuma untuk skala bisnis, tapi juga untuk perorangan. Mulai dari produk tabungan, deposito, kartu kredit, produk pembiayaan rumah (KPR), produk asuransi, hingga valas.

Secara umum, Bank Mandiri punya dua jenis layanan perbankan. Yaitu kategori Perseorangan, dan kategori bisnis.

Produk Bank Mandiri Perseorangan

Produk Bank Mandiri Perseorangan ditujukan agar nasabah mendapatkan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup. 

Produk Mandiri Perseorangan meliputi :
  • Simpanan (Tabungan Rupiah, Tabungan Valas, TabunganKu, Tabungan Rencana, Deposito Rupiah, Deposito Valas).
  • Pinjaman (Kredit Tanpa Agunan, Kredit Multiguna, Kredit Kendaraan Bermotor, Kredit Kepemilikan).
  • Kartu Kredit (Mandiri Signature, Mandiri Skyz Card, Mandiri Signature, Mandiri Pertamina Card, World Elite, Mandiri Platinum, Mandiri Gold, Everyday Card, Mandiri Golf Signature, Mandiri Golf Platinum, Mandiri Golf Gold).
  • Investasi & Asuransi (Asuransi AXA Mandiri, Asuransi Kesehatan Mandiri InHealth, Reksadana, ORI & Sukuk Ritel, General Insurance Jiwa Sejahtera).
  • E-Banking (Mandiri Online, Mandiri SMS, Mandiri e-money, Mandiri e-cash).

Produk Bank Mandiri Bisnis

Seperti halnya produk Mandiri perseorangan, Bank Mandiri juga menawarkan produk-produk perbankan untuk Bisnis. Produk Mandiri Bisnis ini ditujukan agar nasabah mendapatkan dukungan pertumbuhan dan perkembangan usaha dengan solusi dan layanan yang lengkap dan terintegrasi sesuai pola usaha nasabahnya.

Produk Bank Mandiri Bisnis Antara Lain :
  • Simpanan (Tabungan Bisnis, Giro Rupiah, Giro Valas, Deposito Rupiah, Deposito Valas).
  • Pinjaman (Corporate, UMKM).
  • Kartu Kredit (Corporate Card )
  • Cash Management (Mandiri Auto Debit, Mandiri Cash Management, Mandiri Bill Collection, Mandiri H2H Payment, ).
  • Trade Finance (Mandiri Garansi, Perdagangan Lokal, Mandiri Ekspor, Mandiri Impor, Mandiri Value Chain).
  • Treasury (Financial Institution, Mandiri Treasury).
  • E-Banking (Mandiri Internet Bisnis, Mandiri SMS)
Nah itulah beberapa program/produk perbankan Bank Mandiri yang disediakan untuk nasabahnya. Pastinya calon nasabah akan bingung mau pilih program Bank Mandiri. Tapi jangan khawatir, petugas Bank Mandiri selalu siap memberikan informasi, solusi sekaligus mengedukasi calon nasabahnya agar bisa menentukan pilihannya sesuai kebutuhannya, bukan keinginannya.

Lalu Apa Saja Produk Mandiri E Banking ?


Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, Bank Mandiri juga tidak mau ketinggalan. Bank Mandiri sudah punya sistem dan teknologi sendiri untuk melayani nasabah memanfaatkan gadget melalui internet. 

Produk layanan Bank Mandiri Online menjadi solusi bagi siapa saja yang ingin mendapatkan informasi dan akses secara cepat, yaitu lewat internet. Berikut ini adalah 6 layanan Banking dari Bank Mandiri yang bisa digunakan oleh nasabah Bank Mandiri untuk bertransaksi tanpa harus ke Bank.

#1 ATM Mandiri

Fasilitas ATM merupakan salah satu bentuk layanan Mandiri e Banking yang ingin melakukan transaksi cepat agar terhindar dari lamanya mengantri. Seperti diketahui, waktu transaksi yang berlangsung di Kantor Cabang sangat terbatas. Mulai dari jam 07.30 pagi hingga jam 16.30. Tentu rentang waktu ini sangat singkat mengingat nasabah yang ingin melakukan transaksi baik buka buku rekening, melakukan penarikan, melakukan penyimpanan/menabung, melakukan pembayaran dsb harus mengantri menggunakan nomor antrian. 

Selain menjadi solusi terhadap waktu, ATM dan Kartu Kredit juga menjadi alternatif solusi untuk bertransaksi khususnya untuk melakukan pembayaran. Kecuali program Kartu Kredit yang memang untuk melakukan transaksi pembayaran saja, ATM bisa melakukan apa saja. Cel saldo, transfer antar rekening Bank, membeli pulsa, bayar tagihan listrik bisa dilakukan lewat ATM. Gerai ATM Bank Mandiri tersebar cukup banyak, seperti di bandara, di mall, SPBU, di kampus, pusat pertokoan, dan di hotel.

Memang sih ATM sudah memberikan solusi. Tapi bagaimana dengan nasabah yang cukup mobile, punya intensitas kerja tinggi, nasabah yang harus standby di depan komputer, atau yang sedang berlibur di daerah yang jauh dari kota. Atau yang di lokasinya jauh dari gerai ATM. Pastinya akan bikin repot dan transaksi tersendat. Apalagi kalau misalnya pas lagi tidak pegang uang cash waktu makan di restoran. 

Nah disinilah keuntungan yang diberikan Bank Mandiri buat nasabahnya untuk bisa bertransaksi kapan saja di mana saja. Dengan memanfaatkan gadget yang sekarang serba canggih, nasabah bisa bertransaksi online. Tentunya selama gadget terhubung dengan internet. Nasabah bisa menggunakan layanan Mandiri Internet Banking, SMS Banking, Mobile Banking, maupun Mandiri Bisnis Internet Banking.

#2 Mandiri Internet Banking

Bayar belanja online sekarang sangat mudah lewat perangkat selular, netbook, laptop, tablet, maupun komputer PC melalui websitenya. Sobat yang always on alias selalu terkoneksi dengan internet baik WiFi maupun seluler, kamu bisa memanfaatkan layanan Mandiri Internet Banking dari Bank Mandiri ini bukan cuma bayar belanja online, tapi juga bayar cicilan, bayar tagihan pulsa dsb.

#3 Mandiri Internet Banking Bisnis 

Produk Mandiri e Banking berikutnya yaitu Mandiri Internet Banking Bisnis. Layanan Mandiri Internet Bisnis memang ditujukan untuk nasabah atau pelanggan Bank Mandiri yang beraktivitas di bidang bisnis. Seperti halnya layanan Mandiri Internet Banking, nasabah bisa bertransaksi kapanpun di manapun melalui perangkat selular, laptop, PC, netbook, maupun tablet selama terkoneksi dengan internet.

#4 Mandiri SMS Banking

Layanan Mandiri e Banking yang cukup tenar sebelumnya yaitu Mandiri SMS Banking. SMS Banking cukup tenar di awal-awal pengintegrasian sistem di Bank Mandiri menjadi berbasis internet. Layanan SMS Banking ini dulunya lebih banyak digunakan oleh karyawan atau pegawai kantoran. Tapi sejak itu hampir semua orang dari berbagai latar belakang bisa menggunakan layanan ini. Caranya juga cukup mudah dan cepat, karena hanya menggunakan pesan singkat via SMS. Ini bisa menjadi solusi buat sobat yang tidak terkoneksi dengan internet, atau bagi sobat yang belum punya hp canggih. Fitur SMS Banking merupakan syarat utama bagi nasabah yang ingin menggunakan layanan Mandiri Online atau Internet Banking Mandiri.

#5 Mandiri Mobile Banking

Layanan Mobile Banking Bank Mandiri merupakan produk Mandiri e banking yang sudah cukup lama gaungnya, sejak era awal munculnya aplikasi-aplikasi Android maupun iOS. Layanana Mandiri Mobile Banking memang ditujukan untuk nasabah pengguna selular saja, dengan cara memasang aplikasi di ponsel. Sobat yang punya smartphone Android, iPhone dan iPad (iOS Mac), bisa bertransaksi seperti cek saldo, melakukan pembayaran tagihan dsb.

#6 Mandiri Online

Produk Mandiri e Banking termutakhir yaitu Mandiri Online. Pada dasarnya Layanan Mandiri Online punya fungsi yang sama dengan Mandiri Internet Banking. Tapi Mandiri Online juga punya fitur yang sama dengan yang dimiliki Layanan Mobile Banking. Intinya, Layanan Mandiri Online adalah integrasi dari Internet Banking dan Mobile Banking. Menu dan fitur pada Mandiri Online terbilang cukup lengkap sehingga nasabah (user) pengguna Mandiri Online bisa dengan leluasa dan fleksibel melakukan transaksi apa saja lewat perangkat selular, laptop, netbook, PC dimana saja. Anda bisa melakukan transaksi baik melalui website atau melalui aplikasi smartphone hanya dengan 1 user ID dan password.

Nah itulah 5 jenis layanan E-Banking Bank Mandiri yang bisa digunakan oleh nasabah Bank Mandiri untuk bisa bertransaksi dimana saja dan kapan saja.

Selain 5 Jenis Layanan E-Banking Mandiri untuk bertransaksi online, ada 2 jenis lagi layanan online dari Bank Mandiri. Keduanya yaitu E-Cash dan E-Money. E-Cash dan E-Money punya fungsi dan kegunaan yang hampir sama dengan Internet Banking Mandiri, yaitu sebagai alat transaksi online. Tapi ada beberapa perbedaan.

Perbedaan Layanan Mandiri Internet Banking Vs Mandiri E Cash & Mandiri E Money

Apa perbedaan antara E-Cash dan E-Money dengan jenis layanan Internet Banking Mandiri lainnya ? Mandiri E-Cash dan Mandiri E-Money adalah produk layanan perbankan Bank Mandiri berupa uang elektronik. Keduanya punya perbedaan signifikan dibandingkan layanan internet banking lainnya.

Sumber Transaksi Mandiri E Banking Pada Internet Banking Vs E-Cash & E-Money

Perbedaan lainnya antara Internet Banking dan E-Money terletak pada saldo dan cara pengisian saldo. Seperti tadi sudah diutarakan bahwa Internet Banking mengelola transaksi keuangan dari rekening, ini berarti saldo rekening bisa saja berasal dari orang yang menyetor ke rekening kita baik melalui aplikasi maupun transfer manual lewat slip transfer di bank dengan jumlah nominal tidak terbatas. Kita juga bisa mengisi saldo rekening kita bila dalam keadaan defisit dengan menyetor tunai dari ATM Tunai, atau mentransfer dari rekening bank lain, atau langsung ke Bank untuk melakukan transaksi penyetoran dengan mengisi slip setor/slip transfer yang menuju ke nomor rekening kita.

Berbeda halnya dengan E-Cash, bila saldo di Wallet habis maka pengisiannya mesti dilakukan lewat aplikasi Mandiri Online  atau menyetorkan uang ke Indomaret. Pengisian bisa juga dilakukan lewat kartu apa saja yang berlogo Visa/Mastercard. Khusus bagi verified user, bisa melakukan transfer ke rekening Bank Mandiri.

Baca Juga :


So, bagaimana ? tertarik dengan Macam Jenis Produk Bank Mandiri E Banking Untuk Transaksi Online ? Kalau berminat, sobat bisa langsung ke Bank Mandiri terdekat untuk segera buka rekening, dan dapatkan kemudahan-kemudahan bertransaksi kapan saja dimana saja.
Labels: Internet, Teknofinance

Thanks for reading Hindari Antrian Saat Bertransaksi Dengan Berbagai Pilihan Mandiri e Banking. Please share...!

2 Comment for "Hindari Antrian Saat Bertransaksi Dengan Berbagai Pilihan Mandiri e Banking"

Wah banyak juga e banking mandirinya

Saya pakai mandiri online untuk transaksi, terus sudah pernah ikutan juga reksadana mandiri, cukup lumayan untuk investasi, produknya ternyata lebih banyak ya

Back To Top