Mengelola Keuangan dan Bayar Belanja Online Jadi Mudah dan Mandiri Dengan Mandiri Online

Bayar Belanja Online Jadi Lebih Mudah Dan Cepat Dengan Mandiri Online - Di era milenium seperti sekarang ini semuanya serba cepat dan serba mudah. Bertransaksi online juga demikian. Dengan beragam pilihan metode transaksi memanfaatkan gadget dan internet, berbelanja online sekarang jadi bisa dilakukan kapan saja dimana saja. 

cara bertransaksi di toko online
Pilihan Metode Pembayaran Belanja Online (ilustrasi : TeknoPlug - logo : Bank Mandiri)

Teknologi yang semakin canggih saat ini memberikan dampak nyata berupa pergeseran dan perubahan terhadap sejumlah pola hidup dan aktivitas manusia. Salah satu perubahan yang terjadi antara lain pola membeli barang. Memilih dan membeli barang secara konvensional (toko fisik) perlahan-lahan mulai beralih ke online, dimana saat ini berbelanja sudah bisa dilakukan lewat laptop atau perangkat seluler. Perubahan ini juga berdampak pada sistem pembayarannya, dimana sistem pembayaran belanja online sekarang lebih variatif.

Sayangnya, belum semua pengguna gadget dan pengguna internet cukup mandiri dalam berbelanja online, khususnya cara order barang online maupun cara pembayaran jual beli online. Bagi yang belum melek teknologi pasti akan menemui kesulitan. Pelajar, mahasiswa, bahkan banyak profesional muda sering kali mengalami kendala dalam hal pembayarannya. Oleh karena itu, sangat penting bagi anak-anak muda sekarang untuk memanfaatkan teknologi serta mendapatkan informasi-informasi seputar transaksi online berikut tata cara belanja online. Kenapa mesti anak muda ? 

Ini karena dalam beberapa tahun mendatang pola jual beli online akan semakin dilirik bahkan akan menjadi pilihan utama bagi penjual maupun pembeli barang. Menurut data dari Statista seperti dilansir oleh Katadata.co.id, pembeli digital diprediksi akan mencapai 31,6 juta pembeli di tahun 2018 (11,6 persen dari total populasi) dan akan terus meningkat dimana tahun 2022 diprediksi mencapai 43,9 juta pembeli.

Selain itu, menurut APJII, jumlah pengguna internet terbanyak saat ini (2017-2018) adalah pada kelompok usia 13-18 tahun (75,50 persen), dan rentang usia 15-34 tahun (74,23 persen), paling banyak diantara populasi. Dan ternyata lagi nih ya, menurut We Are Social pembeli online melalui e-commerce sudah mencapai 24,7 juta. Sementara jumlah penduduk yang paling banyak menggunakan internet berdasarkan pendidikannya adalah pada jenjang S2/S3. Tapi, hanya 7,9 persen yang menggunakan layanan perbankan, terpaut sangat jauh dengan aktivitas chatting (89,35 persen) atau social media (87,13). Artinya, penyumbang rendahnya penggunaan layanan perbankan khususnya yang berhubungan dengan transaksi online (misalnya berbelanja online) berasal dari kelompok usia muda!

Apalagi menurut Statista, metode pembayaran paling banyak dilakukan oleh pembeli online adalah lewat kartu kredit (mencapai 42 persen), diikuti pembayaran elektronik Paypal (39 persen), serta pengguna kartu debit (28 persen).

alat bayar yang digunakan untuk belanja online


Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai kemungkinan, antara lain yaitu :
  • Masih banyak pengguna gadget khususnya pada kelompok usia muda (18-34 tahun) yang belum paham cara berbelanja di online store meskipun mereka sudah menginstal aplikasinya di smartphone. Kebanyakan mereka hanya melihat-lihat barang tapi tidak tahu cara membelinya. 
  • Tidak semua orang mengerti metode pembayaran yang disediakan toko online. Ini disebabkan karena referensi pembeli mengenai jenis-jenis transaksi serta alat bayar yang digunakan dalam bertransaksi termasuk saat membayar belanja di toko online masih kurang. 
  • Faktor ketidakpercayaan terhadap keamanan sistem. Tidak bisa dipungkiri, semakin canggihnya sistem keamanan tidak menjamin aktivitas perbankan benar-benar aman. Ada sejumlah pengalaman terkait bobolnya sistem keamanan perbankan sehingga menimbulkan raibnya uang nasabah. Contohnya yaitu bobolnya credit card warga Australia yang baru saja terjadi. Kartu kredit memang sering menjadi sasaran pembobolan para hacker. 
  • Penetrasi kartu kredit dan kartu debit yang terhubung ke akun bank, dimana jumlahnya (45 persen) tidak sepadan dengan jumlah pengguna ponsel (85 persen). Ini menjadi salah satu PR bagi dunia perbankan agar bisa meyakinkan masyarakat jadi lebih mandiri dan nyaman bertransaksi menggunakan produk serta layanan perbankan yang ada sekarang, misalnya untuk bertransaksi online.

Berbagai Jenis Metode Untuk Bayar Belanja Secara Online


Transaksi online tidak bisa dilepaskan dari aktivitas finansial kita. Ditambah lagi fakta bahwa aplikasi online shop bukan lagi sekedar tempat belanja online saja. Ada banyak jenis aktivitas online yang bisa dilakukan lewat toko online saat ini. Bayar listrik online, bayar PDAM online juga bisa dilakukan lewat aplikasi-aplikasi di toko online maupun aplikasi pembayaran tersendiri baik di smartphone maupun website.

Sejumlah toko online kini menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran belanja online dan tagihan.  Namun dengan pertimbangan keamanan, maka sangat disarankan untuk berbelanja di toko online yang sudah terpercaya.

Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Blibli, dan beberapa toko online lainnya bisa dijadikan destinasi berbelanja dengan opsi pembayaran yang beragam.

Nah, agar masyarakat Indonesia khususnya pelajar, mahasiswa serta profesional muda semakin memahami cara berbelanja online, berikut ini adalah beberapa metode pembayaran yang bisa digunakan untuk bertransaksi online selain menggunakan Mandiri Online.

1. Belanja Online Bayar Di Tempat Atau COD (Cash On Delivery)

bayar belanja online dengan COD
Bayar Belanja COD (ilustrasi : TeknoPlug)

Sistem belanja bayar di tempat sudah mulai digunakan dalam beberapa tahun terakhir ini. Kelebihan cara bayar belanja online lewat COD atau bayar di tempat ini adalah menghindari terjadinya penipuan. Meningkatnya omzet e-commerce membuat sebagian oknum berusaha mendapatkan keuntungan dengan cara membuat toko online abal-abal tapi tidak punya sistem yang memproteksi kenyamanan pelanggannya.

2. Belanja Online Bayar Dengan Kartu Kredit (Credit Card)

bayar belanja online dengan kartu kredit
Bayar Belanja Online Pakai Kartu Kredit (ilustrasi : TeknoPlug)

Metode bayar belanja online selain sistem bayar di tempat (COD) yaitu menggunakan Credit Card. Bisa dikatakan credit card adalah pioner transaksi online khususnya dalam berbelanja, baik di toko fisik maupun di toko online. Caranya yang cukup gampang untuk melakukan berbagai jenis transaksi menyebabkan kartu kredit cukup banyak digunakan di hampir di seluruh toko online di dunia. Toko online sekelas eBay dan Amazon menggunakan kartu kredit sebagai opsi utama pembayaran.

Kalau seandainya kamu tidak punya uang tunai, atau saldo di rekeningmu menipis tapi kamu terdaftar sebagai pengguna kartu kredit, kamu bisa memanfaatkannya untuk berbelanja. Pembayaran belanja online lewat kartu kredit ini bisa dilakukan dirumah. Tapi jangan sembarangan meninggalkan data di ponsel atau di komputermu, karena bisa menjadi sasaran penyalahgunaan ketika orang lain atau oknum mengetahui data-data kartu kreditmu. Bisa-bisa tagihanmu membengkak setiap bulan padahal kamu tidak menggunakannya.

Beberapa toko online di Indonesia yang menggunakan sistem credit card sebagai alat bayar misalnya Tokopedia, Lazada, Bhineka, dan Zalora.

3. Belanja Online Bayar Pakai Kartu Debit (Debit Card)

bayar belanja online dengan kartu debit
Belanja Online Bayar Pakai Kartu Debit Mandiri (ilustrasi : TeknoPlug)

Membayar belanjaanmu secara online juga bisa dilakukan menggunakan kartu debit atau debit card. Seandainya kamu tidak merasa aman menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksi, atau malas keluar rumah, kamu bisa memanfaatkan kartu debit yang kamu punya.

Kartu debit ini cukup mudah digunakan ketika kamu berbelanja di situs belanja online yang menyediakan pilihan pembayaran debit card. Debit card langsung terhubung ke rekening tabungan, sehingga secara tidak langsung rekeningmu-lah yang membayarkan tagihan belanjaanmu.

Salah satu kekurangan berbelanja menggunakan debit card ini sering sekali dijadikan alat penipuan. Bila sembarangan memberikan nomor PIN ke toko online abal-abal bisa-bisa habis semua saldo di rekening kamu. Toko online yang bisa debit card antara lain misanya Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan Blanja.com.

4. Bayar Belanja Online Via Transfer Bank


bayar belanja online lewat transfer bank
Bayar belanja online melalui transfer bank (ilustrasi : TeknoPlug)

Cara bayar belanja online bisa dilakukan tanpa kartu kredit atau kartu debit, misalnya bayar belanja online menggunakan transfer bank. Cara membayar belanja online lewat bisa dilakukan dengan cara konvensional (mengisi form transfer di bank) atau lewat ATM. Meskipun cara ini old fashion alias jadul, tapi sebagian besar orang masih menggunakan cara yang satu ini. Selain itu, sistem pembayaran transfer bank ini sudah didukung oleh mesin canggih bernama ATM (Anjungan Tunai Mandiri). 

Berdasarkan data dari toko online Bhinneka.com, transfer bank menjadi pilihan yang paling banyak digunakan oleh pembeli online, yaitu 70 persen. Beberapa kekurangan melakukan pembayaran pakai sistem transfer bank ini antara lain yaitu konsumen harus melakukan konfirmasi pembayaran, rekening penjual bisa disalahgunakan, berpotensi terjadinya human error, serta pengiriman barang bisa tertunda bila pembayaran belum dikonfirmasi karena dilakukan pada hari kerja.

5. Bayar Belanja Online Menggunakan Rekening Bersama (Rekber)


Belanja Online Bayar Rekber
Ilustrasi pembayaran belanja online lewat rekening bersama (sumber : TeknoPlug)

Seringnya terjadi kasus penipuan saat berbelanja online oleh oknum-oknum yang memanfaatkan toko online dengan rekening palsu menyebabkan rekber menjadi salah satu opsi yang disediakan oleh situs belanja online. Bukan hanya pembeli yang khawatir, tapi penjual online juga khawatir tidak lagi dipercaya. Cara jual beli online pada dasarnya dilakukan dengan azas kepercayaan. Kalau dari sisi pembayaran saja sudah tidak dipercaya, maka nama baik toko tersebut akan tercemar. 

Mekanisme pembayaran Rekber ini melibatkan pihak ketiga, dimana ketika kamu membeli barang dari seorang pelapak di sebuah toko online lalu memilih cara rekber maka kamu harus mengkonfirmasi ke pihak ketiga (dalam hal ini harus disepakati terlebih dahulu apakah menggunakan toko online tersebut sebagai pihak ketiganya atau menggunakan pihak ketiga lainnya). Setelah itu si penjual akan mengirimkan barang melalui jasa pengiriman yang disedikan toko online. Ketika kamu menerima barang kamu harus mengkonfirmasi lagi ke pihak ketiga bahwa barang telah sampai. Setelah itu pihak ketiga akan mentransfer ke rekening toko online. 

Situs belanja online yang bisa rekber antara lain yaitu Lazada, Tokopedia, Blibli, Blanja.com dan beberapa lainnya.

Selain beberapa jenis metode pembayaran belanja di atas, kamu juga bisa menggunakan alternatif lainnya, yaitu internet banking. Internet banking merupakan metode pembayaran online yang cukup tenar akhir-akhir ini. Hal ini disebabkan karena internet banking bisa memenuhi kebutuhan jual beli online dengan cepat dan mudah serta aman tanpa harus repot-repot keluar rumah.

     Mengelola Keuangan dan Bayar Belanja Online Jadi Mudah Dengan Mandiri Online


belanja online bayar melalui internet banking
Belanja online bayar melalui internet banking (ilustrasi : TeknoPlug)

Ngomong-ngomong soal bagaimana nasabah belajar jadi mandiri mengelola finansial, Bank Mandiri merupakan salah satu bank yang berperan secara tidak langsung memberikan edukasi dalam bertransaksi online memanfaatkan teknologi lewat perangkat selular atau website.

Bank Mandiri yang merupakan bank BUMN gabungan 4 bank nasional di tahun 1999 ini merupakan salah satu bank terdepan dalam hal melayani masyarakat Indonesia. Visi yang diemban oleh Bank Mandiri bukan hanya melayani melalui produk-produk perbankan saja. Tapi juga melayani dengan cara mendorong masyarakat jadi lebih mandiri lewat program CSR (Corporate Social Responsibility) bagi para pelaku usaha kecil dan kegiatan sosial lingkungan lainnya.

Berbagai layanan Bank Mandiri untuk memberikan kemudahan nasabah mengakses serta mengelola finansial antara lain yaitu dengan menggunakan layanan Mandiri Internet Banking (transaksi lewat komputer), Mandiri SMS (transaksi melalui pesat singkat), Mandiri Mobile Banking (transaksi lewat smartphone), Mandiri Bisnis Internet Banking (layanan banking untuk bisnis), Mandiri e-Cash, Mandiri e-Money, Mandiri Credit Card, serta ATM Mandiri. 

Saat ini, agar nasabahnya jadi mandiri dalam bertransaksi online, Bank Mandiri telah merilis sebuah layanan internet banking yang bisa digunakan baik lewat aplikasi smartphone maupun lewat web browser, namanya Mandiri Online. 


bayar belanja online lewat Bank Mandiri
Tampilan alamat web Mandiri Online Bank Mandiri (sumber : Mandiri Online)

Salah satu upgrading yang dirilis Bank Mandiri adalah pengintegrasian dua jenis layanan e Banking yang sudah ada sebelumnya, yaitu Mandiri Internet Banking dan Mobile Banking (Mandiri Mobile). Hasil dari penggabungan ini dinamai Mandiri Online. 

Mandiri online adalah layanan electronic banking dari Bank Mandiri yang dapat diakses melalui jaringan internet menggunakan web browser atau menggunakan aplikasi yang diunduh pada telepon selular maupun tablet. 

Mempertimbangkan sejumlah metode pembayaran belanja online, tentunya harus punya akun dan kartu tersendiri. Kalau mau transfer bank harus punya kartu ATM, kalau mau transfer online lewat laptop harus punya akun Mandiri Internet Banking, kalau mau cek saldo lewat HP harus punya akun Mandiri Mobile. 

Apakah tidak bisa all in one ? Tentu saja bisa. Kamu bisa bebas bertransaksi dengan mudah apalagi kalau cuma bayar belanja online menggunakan Mandiri Online. Dengan kata lain, nasabah bisa lebih mandiri dengan memanfaatkan kemudahan bertransaksi online menggunakan Mandiri Online ini.

Keuntungan Bayar Belanja Online Dengan Mandiri Online  

bayar belanja online lebih mudah dengan mandiri online
Keuntungan bertransaksi menggunakan Mandiri Online (ilustrasi : TeknoPlug)

Layanan Mandiri Online sekarang sudah versi terbaru khususnya pada aplikasi mobile (Mandiri Online mobile apps). Di Mandiri Online, nasabah tidak lagi perlu mendaftarkan rekening tabungan untuk dapat dijadikan sumber dana transaksi, karena rekening sudah otomatis menjadi sumber dana yang digunakan untuk bertransaksi.

Kemudahan pembayaran belanja online menggunakan Mandiri Online ini karena didukung oleh fitur, menu, kegunaan, dan tampilan aplikasi Mandiri Online baik di website-nya maupun di aplikasi smartphone-nya, yaitu sebagai berikut :

1. Tampilan (Interface) Web dan Aplikasi Mandiri Online Lebih Lengkap


Mandiri Online punya tampilan lengkap dengan konsep all in one, dimana dalam 1 layar kamu bisa mendapatkan semua informasi tentang Saldo, Debit, Kredit, Tagihan dsb untuk semua produk perbankan yang kamu punya baik Deposito mau Tabungan.

2. Keamanan Mandiri Online Lebih Terjamin. 


Teknologi Out Of Band (OOB) pada Mandiri Online dari Bank Mandiri membuat transaksi lebih aman. Nasabah atau pengguna Mandiri Online juga bisa memilih cara aproval supaya lebih aman apakah dengan token, atau melalui mobile Apps. 

3. Transaksi Menggunakan Mandiri Online Bisa Kapan Saja dan Dimana Saja. 


Mandiri Online membuat nasabah dan pengguna layanan ini bisa bertransaksi kapan saja dan dimana saja. Bayar setoran uang sekolah anak, menerima transfer tagihan dari orang lain ke rekening kamu, semuanya bisa dilakukan tak terbatas waktu dan tempat. 

4. Transaksi Menggunakan Mandiri Online Cukup Satu Akses. 


Mandiri Online cukup memudahkan penggunanya supaya tidak ribet, karena web dan aplikasi (apps) sudah terintegrasi sehingga pengguna hanya butuh satu akun dan satu password saja.

5. Lewat Mandiri Online Bisa Transfer Ke Bank Lain. 


Selain kemudahan melakukan transfer ke sesama nasabah Bank Mandiri, pengguna juga bisa melakukan transfer ke rekening bank lainnya. 

6. Bisa Top Up. 


Kemudahan berikutnya yang dihadirkan Mandiri Online adalah bisa Top Up, dimana kamu bisa melakukan isi ulang e-cash dan e-money.

7. Bisa Buka Deposito. 


Nah, salah satu kelebihan menggunakan Mandiri Online adalah penggunanya bisa membuka deposito cukup lewat websitenya atau aplikasinya, tanpa harus ke Bank Mandiri.

8. Bisa Cek Riwayat Transaksi. 


Semua aktivitas finansialmu, baik menyetor, membayar tagihan, menerima pembayaran, semuanya terekam dalam Mandiri Online. Di web Mandiri Online maupun di aplikasinya kamu bisa melihat semua transaksi yang terjadi.
Lalu, apa yang harus dilakukan agar bisa transaksi online menggunakan Mandiri Online ?


cara pembayaran di toko online
Berbelanja Online Menggunakan Mandiri Online (sumber : TeknoPlug)

Mandiri Online hanya bisa digunakan oleh nasabah Bank Mandiri aktif yang menggunakan Internet Banking Mandiri dan layanan SMS Banking dari Bank Mandiri. Kalau belum menggunakan kedua layanan tersebut, kamu mesti registrasi dulu. 

Kalau sudah pernah registrasi SMS Banking Bank Mandiri dan Internet Banking Bank Mandiri, sekarang kamu tinggal melakukan langkah-langkah berikut supaya registrasi Bank Mandiri Online-mu sukses mendapatkan User ID dan password Mandiri Online.

Inilah syarat dan ketentuan untuk menjadi pengguna Mandiri Online. 
  • Nasabah telah memiliki rekening Mandiri (giro, tabungan, atau tabungan bisnis) dan juga kartu debet yang diijinkan oleh bank untuk melakukan aktivasi layanan Mandiri Online.
  • Untuk pendaftaran Mandiri Online di Cabang harus menunjukkan bukti asli identitas diri yang sah dan bukti kepemilikan pemegang rekening.
  • Nasabah wajib mengisi dan menandatangani Formulir Pendaftaran Mandiri Online yang disediakan oleb Bank. Setiap perorangan pemegang rekening gabungan masing-masing harus mengisi Formulir Aplikasi Mandiri Online, sementara nasabah Badan pengisian aplikasinya dilakukan oleh pengurus Badan yang berwenang sesuai ketentuan yang berlaku di Badan tersebut termasuk orang yang ditunjuk untuk mewakili. Nasabah juga harus menunjukkan bukti asli identitas diri yang sah dan bukti kepemilikan pemegang rekening, serta nomor ponsel.
  • Saat pendaftaran nomor telepon seluler di Cabang, Bank akan memberikan OTP yang dikirim langsung ke telepon nasabah lewat SMS, setelah itu nasabah pengguna dapat membuat PIN Transaksi menggunakan Pinpad yang ada di cabang.
  • Nasabah diwajibkan melakukan registrasi dan aktivitasi layanan Mandiri Online yang tersedia di web atau aplikasi Mandiri Online dengan cara memasukkan kartu debet (nomor kartu dan tanggal habis masa berlaku kartu), memasukkan OTP yang diterima melalui SMS di nomor telepon seluler yang terdaftar, dan kemudian membuat User ID serta Password/PIN Login Mandiri Online sekaligus mendaftarkan alamat email Nasabah.
Fasilitas yang bakal kamu dapatkan setelah mendaftarkan diri sebagai pengguna Mandiri Online antara lain yaitu User ID, Password, Notifikasi via smartphone serta lewat email.

Cara Mudah Bayar Belanja Online Menggunakan Mandiri Online

bayar belanja online pakai Mandiri Online
Kemudahan Transaksi Menggunakan Mandiri Online (ilustrasi: TeknoPlug)
Sebelum membeli barang-barang incaranmu, kamu harus melakukan registrasi dulu di aplikasi belanja online. Kamu bisa langsung mengunjungi situs toko online atau menginstal aplikasi toko online shop di ponselmu. Mengapa harus mendaftar ? Agar kamu masuk dalam sistem, sehingga ketika melakukan pembayaran toko online tahu bahwa yang berbelanja itu kamu. Selain itu bila sudah mendapatkan ID dan password di toko online, kamu bisa menikmati beragam fitur maupun promo, discount maupun cahsback untuk produk-produk tertentu. 

Lalu, setelah memilih produk, bagaimana membayarnya ? Berikut ini adalah cara bayar belanja online menggunakan Mandiri Online saat berbelanja di toko online. 

Langkah-Langkah Membayar Belanja Online Dengan Mandiri Online

cara bertransaksi di toko online
Urutan Langkah Pembayaran Belanja Online Dengan Mandiri Online (ilustrasi : TeknoPlug)
  • Buka aplikasi toko online di ponsel atau langsung ke website  (misalnya Shopee). Lalu login, masukkan User ID berikut passwordnya.
  • Pilih barang yang akan dibeli, lalu masukkan ke menu "Keranjang" (Biasanya toko online punya fitur ini meskipun punya istilah yang berbeda.
  • Setelah yakin dengan barang-barangmu, sekarang Pilih metode pembayaran Transfer Bank
  • Pilih opsi pembayaran "Bank Mandiri".
  • Selanjutnya lakukan "Check Out". Halaman ini berisi form order. Di sini kamu masukkan barang-barang yang sudah ada di "Keranjang". Istilah "Checkout" ini mungkin berbeda di setiap toko online, tapi intinya adalah sebuah halaman yang berisi daftar produk yang kamu beli.
  • Kemudian pilih metode pengiriman barang, misalnya JNE, JNT, Pos, dan pihak ketiga lainnya. 
  • Setelah selesai, akan muncul kode pembayaran. Kode ini merupakan kode unik, atau sering juga disebut sebagai Virtual Account. Catat kode bayar tersebut, atau copy paste ke notepad yang tersedia di laptop atau smartphone.
  • Setelah itu lanjut buka website Mandiri Online (https://ibank.bankmandiri.co.id/retail3/ untuk login) atau Mandiri Online mobile Apps.Isi User ID dan Password Login di aplikasi Mandiri Online itu.
  • Pilih menu "Pembayaran", pilih opsi "Buat Pembayaran Baru".
  • Selanjutnya pilih "Multipayment", dan pada opsi "Penyedia Jasa" pilih "Transferpay".
  • Masukkan kode bayar yang tadi sudah tampil di aplikasi online shop (Shopee), selanjutnya pilih opsi "Tambah Sebagai Nomor Baru".
  • Kemudian akan muncul halaman konfirmasi. Di halaman ini Nama Pembeli, Kode Bayar (VA Number), serta jumlah dana untuk bayar belanja online-mu akan ditampilkan.
  • Pilih "Konfirmasi" bila kamu sudah yakin dengan isianmu.
  • Selanjutnya masukkan "MPIN". Jika transaksi sukses, pembayaran akan dikonfimasi secara otomatis oleh toko online tersebut (Shopee) lewat notifikasi yang isinya transfer berhasil. 
Bagaimana, mudah bukan ? Dengan melakukan transaksi online menggunakan Mandiri Online dari Bank Mandiri, kamu bisa dengan cepat membayar tagihan belanja online. Oya, kamu juga bisa lho beli tiket online di Traveloka, bayar tagihan listrik di toko online, bayar tagihan PDAM, beli voucher game online, beli pulsa online, dan masih banyak lagi transaksi lainnya menggunakan Mandiri Online. 

Tips Jadi Mandiri Bertransaksi Online Dan Kelola Fnansial Lewat JadiMandiri.Org

cara belanja online melalui situs jadimandiri.org
Dapatkan tips bertransaksi online secara aman di JadiMandiri (sumber : JadiMandiri.Org)


Kemudahan bertransaksi di era digital saat ini memberikan dua sisi dampak. Di satu sisi si pengguna gadget yang berbelanja online bisa jadi mandiri mengatur finansialnya, sementara di sisi lain berpotensi meningkatkan kejahatan elektronik. Hal ini lumrah terjadi, karena kecanggihan teknologi membuat pelaku kejahatan juga meningkatkan kemampuannya dalam membobol sistem keamanan.

Oleh karena itu, salah satu kiat agar pembeli jadi aman dalam bertransaksi online adalah dengan memperbanyak informasi serta referensi yang edukatif, misalnya tata cara belanja online, kiat hemat dalam berbelanja, dsb.

Apa referensi yang paling cocok buat anak-anak muda untuk mendapatkan edukasi dan informasi seputar transaksi ? Namanya komunitas JadiMandiri.

Lebih Dekat Dengan JadiMandiri

JadiMandiri dikelola oleh sekumpulan anak muda yang peduli dengan pengembangan diri tanpa melupakan waktu untuk happy. Komunitas muda ini punya tujuan untuk menginspirasi dan mengedukasi anak muda.

Buat kamu para muda-mudi yang ingin mengembangkan diri, sangat cocok untuk berinteraksi di komunitas ini. Caranya bagaimana ? Caranya mudah, kamu cukup mengunjungi situs JadiMandiri.Org. 

Selain tips-tips seputar cara bertransaksi online atau cara berbelanja online, kamu juga akan mendapatkan segudang informasi dan konten inspiratif di berbagai bidang lewat JadiMandiri.Org. JadiMandiri bakalan memberikan pencerahan agar kamu punya wawasan yang lebih luas untuk mengembangkan usaha, melakukan investasi,  serta mengembangkan diri sehingga lebih punya kapasitas dan lebih mandiri untuk berbuat hal-hal positif yang inspiratif bagi siapa saja. Misalnya ya itu tadi, bagaimana cara membayar belanja online dan jadi mandiri dengan Mandiri Online dari Bank Mandiri.

Situs JadiMandiri (jadimandiri.org) adalah sebuah media yang menyajikan informasi seputar dunia kewirausahaan (enterpreneurship), keuangan (financial), pengembangan diri (self development), dan wisata (tourism & travelling).

Selain wawasan dalam bidang enterpreneurship, finansial serta pengembangan diri, kamu diajak mengarungi dunia lewat kategori "Destinasi".

JadiMandiri juga memberi kamu kesempatan berbagi wawasan dengan reader lainnya dengan membuat tulisan dan mensubmitnya di media tersebut.

Baca Juga :


So, sobat TeknoPlug, apa kamu sudah jadi mandiri bertransaksi online sekarang ? Semua hal bisa kamu lakukan sendiri lewat gadget dan internet dengan mudah, aman, kapanpun dan dimanapun, karena Bayar Belanja Online Jadi Lebih Mudah Dan Cepat Dengan Mandiri Online.
Labels: Teknofinance, Teknofocus

Thanks for reading Mengelola Keuangan dan Bayar Belanja Online Jadi Mudah dan Mandiri Dengan Mandiri Online. Please share...!

10 Comment for "Mengelola Keuangan dan Bayar Belanja Online Jadi Mudah dan Mandiri Dengan Mandiri Online"

Bank Mandiri produknya banyak banget dan oke, pilihannya sesuai kebutuhan. Kebetulan kalau istri saya belanja online bayarnya paket Mandiri Online. Lebih cepat gitu.

Ngomong-ngomong soal kemandirian, kayaknya gak cuman belanja online deh ya..ada banyak kok yg bisa dilakukan supaya jadi lebih mandiri.

Oya, baru dengar tuh ada komunitas JadiMandiri. Moga bisa menginspirasi ya, sukses selalu.

Iya nih, layanan Bank Mandiri emang banyak, tergantung kebutuhan nasabah.

Informasinya bagus. Memang benar sekarang jamannya teknologi canggih, jadi harus bisa memanfaatkan aplikasi aplikasi yang ada di smartphone.

Mungkin admin bisa membuat lebih banyak artikel tentang kredit perbankan.

Terima kasih.

terima kasih masukannya, akan dipertimbangkan.

Supaya lebih mandiri banyak banget yang bisa dilakukan, misalnya bagaimana menjadikan gadget memberikan manfaat bagi semua orang.

Artikelnya cukup menarik, sukses selalu

keren infonya...
teruslah menginspirasi agar semua bisa jadi makin mandiri di era teknologi canggih sekarang.

trims...masih perlu banyak belajar

Kalau belanja online yg paling mudah itu nurut sy sih pakai internet banking. Bisa dr rumah

Sy jg baru denger ada komunitas ini

Back To Top