test

Mana Versi Android Terbaik Antara Android KitKat, LolliPop, Marhsmallow, Nougat, Hingga Oreo ?

Macam-Macam Urutan Versi Android Terbaik Yang Paling Banyak Digunakan- Berbagai macam ponsel pintar saat ini sangat banyak dibuat dengan menyematkan sistem pengoperasian yang terkenal milik Google, yaitu OS Android. Hingga tahun ini, dari berbagai sumber data merilis bahwa OS Android adalah sistem operasi perangkat mobile yang paling banyak digunakan di dunia.


Urutan Tingkatan Versi Sistem Operasi Android Terbaru Di Smartphone


urutan versi android terbaik terbaru dan tertinggi sekarang


Tentu saja ini berita baik bagi seluruh pengguna smartphone Android, dan sekaligus kebanggaan tersendiri bagi Android sendiri. Ini membuktikan bahwa OS Android milik Google ini adalah salah satu yang paling digemari oleh kebanyakan pengguna smartphone, dan juga sebagai pembuktian bahwa kompatibilitas serta kecanggihan OS Android lebih diakui.

Sejarah Android dan perkembangannya tidak terlepas dari momen saat Android diakuisisi oleh Google. Penamaan yang unik terhadap versi Android menjadi salah satu penyebab keingintahuan para pengguna smartphone tentang apa saja keistimewaan yang dihadirkan Android di setiap smarpthone yang menggunakan setiap versi.

Nah, kamu pengguna smarpthone dengan versi Android yang mana ? Kali ini TeknoPlug akan mengajak sobat untuk mengetahui lebih banyak urutan nama versi android beserta kelebihan masing-masing versi sejak dirilis sebagai platform komersial oleh Google.

Versi Android Android 4.4 KitKat 

Android Kitkat dirilis pertama sekali dengan kode versi 4.4 (Android 4.4 Kitkat). KitKat adalah salah satu produk cemilan produksi Nestle dan Hershey. Oleh karena itu, Android KitKat dirilis setelah mendapat persetujuan dari Nestle dan Hershey. Android KitKat versi 4.4 diumumkan pada 31 Oktober 2013 dengan API Level 19. OS Android KitKat sendiri telah dirilis dalam berbagai versi, mulai versi Android 4.4. hingga versi 4.4.4.

Fitur-Fitur Pada Android KitKat (Android 4.4 KitKat) :

Peningkatan aksesbilitas API, optimasi kinerja pada perangkat berspesifikasi rendah, peningkatan tampilan mode layar penuh dengan tombol perangkat lunak dan status bar bisa diakses dari tepi dengan cara menggesek.

Versi Android 5.0 LolliPop

Versi Android Lollipop mungkin adalah satu-satunya versi OS dengan penamaan sebuah permen. Android Lollipop pertama kali diperkenalkan dengan kode nama Android L pada 25 Juni 2014 dalam presentasi keynote pada konferensi penembang Google I/O. Lollipop dirilis dengan versi Android 5.0 (Android 5.0 LolliPop). Level API-nya 21.

Kelebihan Android Lollipop yaitu desain dengan peningkatan penggunaan layout berbasis grid, animasi dan transisi responsif, padding dan efek kedalaman seperti pencahayaan dan kedalaman.

Android Lollipop bisa dikatakan sebagai salah satu versi Android terbaik yang paling digemari, dimana versi android yang satu ini memiliki project volta yang berguna untuk meningkatkan daya hidup baterai 30% lebih tahan lama. Kelebihan lainnya yaitu dari segi keamanan dengan adanya fitur factory reset protection dimana ketika perangkat smartphone hilang ia tidak bisa direset ulang tanpa memasukkan akun google dengan password yang benar.

Versi Android 5.0 Lollipop pertama kali digunakan pada perangkat Google Nexus 6 dan tablet Nexus 9.

Versi Android Marshmallow (Android 6.0 Marshmallow)

Android 6.0 diberi nama Marshmallow atau code nama Android M. OS Android Marshmallow pertama kali diperkenalkan pada Mei 2015.  Marshmallow Android versi 6.0 memiliki level API 23.

Kelebihan versi Android Marshmallow pada fitur terbarunya yaitu teknologi manajemen daya baru yang diberi nama Doze, dimana dengan fitur ini dapat mengurangi tingkat aktivitas aplikasi latar belakang saat perangkat menentukan bahwa aplikasi tersebut tidak sedang aktif ditangani pengguna. Hal ini akan menyebabkan pemakaian baterai perangkat menjadi meningkat. Kelebihan lainnya yaitu adanya pilihan yang mengatur ulang semua pengaturan jaringan Wi-fi, Bluetooth dan koneksi seluler.

Cukup banyak smartphone canggih terbaru yang menggunakan OS Android Marshmallow antara lain yaitu :

  • Jajaran Samsung Android (Samsung Galaxy S7, Samsung Galaxy S7 Edge, Samsung Galaxy S6, Samsung, Galaxy S6 Edge, Samsung Galaxy S6 Edge+, Samsung Galaxy Note5
  • Jajaran HP LG Android (LG G3, LG G4, LG G5, LG K10)
  • Deretan HP Android Motorola (Moto G (3rd gen), Motorola Moto X (2nd Gen), Motorola Moto X Play, Motorola Droid Turbo 2).
  • Deretan Smartphone Android Merk Huawei (Huawei Mate 8, Huawei P8, Huawei P9, Huawei Honor 6, Huawei Honor 4X, Huawei Ascend Mate7)
  • Jajaran HP Android Merk Sony (Sony Xperia Z5, Sony Xperia X, Sony Xperia M4 Aqua, Sony Xperia X, Sony Xperia Z3, Sony Xperia Z3+).
  • HP Android Xiaomi (Xiaomi Mi 5, Xiaomi Mi 4).
  • HP ASUS Zenfone (Asus Zenfone 2 ZE551ML) 
  • HTC Desire 816, HTC One M9+, HTC One E9+.

Versi Android Nougat

Versi Android diatas Marshmallow adalah versi Android Nougat. Android Nougat sendiri dirilis dalam beberapa versi. Versi Android Nougat pertama kali perkenalkan versi 7.0 (Android 7.0 Nougat) pada 22 Agustus 2016. Versi Android 7.0 Nougat memiliki level API 24.


Beberapa Fitur dan Kelebihan Versi Android 7.0 Nougat 

Kelebihan Android Nougat terletak pada kemampuan untuk menampilkan kalibrasi warna, kemampuan untuk layar zoom, penambahan Informasi Darurat, Paltform virtual reality (VR), peningkatan teknologi Doze yang memperpanjang masa pakai baterai, dukungan multi-window pada tata letak desktop.

Urutan Versi Android Nougat Terbaru Hingga Versi Android Nougat Tertinggi

  • Versi Android 7.1 Nougat. Versi 7.1 Android Nougat diperkenalkan pada 4 Oktober 2016. Versi Android 7.1 ini memiliki level API 25. Beberapa Fitur dan Peningkatan Versi Android 7.1 Nougat antara lain yaitu perbaikan dan peningkatan pada Android versi 7.1 antara lain dukungan cahaya malam, adanya  dukungan mode VR Daydream, Fitur pengembang, API untuk jalan pintas aplikasi, penyisipan gambar keyboard, metadata wallpaper yang disempurnakan. 
  • Versi Android 7.1.1 dirilis pada 5 Desember 2016. Beberapa pembaruan yang dibawa dalam Android Nougat versi ini yaitu adanya fitur emo baru serta bisa mengirim GIF langsung dari keyboard default.
  • Versi Android 7.1.2 (dirilis pada 4 April 2017) dengan membawa pembaruan dan perbaikan antara lain peringatan penggunaan baterai.
Beberapa perangkat yang menggunakan Android Nougat antara lain :

  • Samsung S8, Samsung S8 Plus, Samsung A7, Samsung A7 Plus, 
  • ASUS Zenfone 3 Max, ASUS Zenfone 4 Max, 
  • Google Pixel XL, OnePlus 5T, OnePlus 3T 
  • dan masih banyak lagi.


Versi Android Tertinggi Sekarang


Versi Android 8.0 diberi nama Android Oreo. Inilah versi Android tertinggi saat ini. Bisa dikatakan versi android terbaru Oreo adalah versi paling tinggi OS Android sampai saat ini. Android Oreo sendiri diperkenalkan pertama kali pada 21 Maret 2017 sebagai preview dari pengembang. Rilis Android versi 8.0 Oreo yang performanya lebih stabil diperkirakan pada Agustus/September 2017.

Versi Android 8.0 Oreo Serta Fitur-Fiturnya

  • Dengan memadukan rancangan platform OS Android versi sebelumnya khususnya Android Kitkat, Android Lollipop, Android Marshmallow dan Android Nougat yang, beberapa perubahan yang dibawa oleh Android versi 8.0 antara lain :
  • Dukungan gambar-dalam-gambar, adanya fitur titik pemberitahuan serta munculnya ikon adaptif
  • Mengalami desain ulang pada layar kunci serta Aplikasi (Apl) Pengaturan dengan peningkatan pada gamut warna yang lebih luas untuk aplikasi.
  • Peningkatan pada saluran pemberitahuan serta titik pemberitahuan

Sebagai versi Android terbaru, Android Oreo v8.0 ternyata diminati oleh sejumlah produsen perangkat terkenal di dunia. Versi Android Zenfone 5 keluaran terbaru sudah memakai OS Android Oreo, misalnya :
  • ASUS Zenfone 5 ZE620KL, 
  • ASUS Zenfone 5Z ZS620KL, 
  • ASUS Zenfone 5 Lite ZC600KL. 
  • Samsung S9, 
  • Samsung S9+, 
  • Samsung A8 2018, 
  • Samsung A8+ 2018.

Bagaimana versi Android berikutnya ? Apakah akan ada update versi Android O atau malah merilis versi Android P ?

Ternyata Android merilis update Versi Android Terbaru Oreo, yaitu Versi Android Oreo 8.1. Bisa dikatakan antusiasme berbagai pihak tentang sistem operasi milik Google ini sangat tinggi dan tidak sabar ingin mengetahui bagaimana cara kerja dan berbagai fitur terbaru di dalamnya.

Smartphone pertama yang akan menerima notifikasi update OS ini tentu saja pengguna smartphone Google Pixel dan juga Nexus, karena keduanya adalah smartphone besutan Google.

Android Oreo Versi Terbaru 8.1 Beserta Fitur-Fiturnya

  • Neural Network API: membuat aplikasi memanfaatkan akselerasi hardware, yang mana harus mengurangi latensi, beban jaringan, dan menyimpan data sensitif pada perangkat itu sendiri. Jika perangkat Anda dilengkapi dengan chip AI khusus, API akan dapat memanfaatkannya. Namun jika tidak, maka akan menempatkan beban pada CPU.
  • Pixel Visual Core: rangkaian prosesor pertama yang dibuat khusus oleh Google. Ini terdapat pada smartphone Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Untuk 'pembelajaran' mesin dan pemrosesan gambar sekarang tersedia bagi pengembang pihak ketiga. Aplikasi yang menggunakan API Android Camera akan dapat dipotret di HDR+.
  • Safer Browsing: fitur ini memungkinkan aplikasi mendeteksi upaya WebView yang dapat menavigasi ke URL buruk yang diketahui.
  • Aplikasi sekarang dibatasi untuk satu suara notif per detik.
  • Indikator baterai Bluetooth dalam Quick Setting: jika Anda memiliki perangkat Bluetooth yang terhubung ke perangkat Anda, maka Anda dapat melihat berapa banyak baterai yang tertinggal langsung dari Quick Setting.
  • Ada perbaikan untuk pengisian otomatis.
  • Peningkatan keamanan pemindai sidik jari: pengguna akan dapat secara permanen mengunci siapa saja yang gagal membuka kunci perangkat dengan sidik jari yang tidak terdaftar beberapa kali.
  • Menu warna ditambahkan ke tab Display di Setting untuk perangkat Pixel 2 dan pIxel 2 XL. Terdapat tiga pilihan, yakni natural, boosted, dan saturated.
  • Memperbaiki masalah Nexus 5X tanpa memainkan audio melalui speaker.
  • Memperbaiki masalah dengan distorsi audio perangkat Pixel 2 dan Pixel 2 XL dalam pemutaran video.
  • Perbaikan emoji hamburger dan bir.

Lalu, manakah Versi Android Terbaik yang selama ini memberikan kemudahan serta mendapatkan apresiasi dari para penggunanya ? Berikut ini adalah daftar versi android terbaik yang paling banyak digunakan di smartphone.

Versi Android Terbaik Apa Yang Paling Banyak Digunakan di Perangkat Smartphone

versi android terbaik saat ini
Urutan Versi Android Terbaik (gambar : dailysocial.id)


Sebagai informasi, Google memberhentikan sertifikasi perangkat baru untuk beberapa versi Android tertentu. Termasuk menghentikan sertifikasi Android generasi ketujuh, Android Nougat pada akhir Maret lalu.

Sehingga, semua perangkat Android baru bersertifikasi Google Play, wajib dirilis dengan Android 8.0 Oreo, sebagai sistem operasi teranyar Android. Menutup sertifikasi platform Android lawas, sudah menjadi standard bagi Google. Seperti ketika Google menutup sertifikasi Andorid Marshmallow pada akhir Januari 2017 lalu, selang lima bulan setelah perilisan Android 7.0 Nougat. Andorid Nougat pun dipensiunkan, tujuh bulan setelah Android Oreo yang rilis Agustus 2017 lalu.

Karena Google sendiri yang menyetop pembaruan Android Nougat, maka ada harapan bagi perangkat Android baru mendapat dukungan modul Project Treble, karena Project Trebel menjadi salah satu persyaratan Google untuk meluncurkan perangkat apa pun yang berbasis Android Oreo.

Pengumuman itu menjadi peringatan bagi vendor yang akan merilis perangkatnya dengan sertifikasi Android Nougat sebelum akhir Maret. Sebab, meskipun perangkat yang tersertifikasi Android Nougat terdaftar sebagai perangkat Android bersertifikasi, bukan berarti perangkat tersebut akan diluncurkan dengan Android Oreo di dalamnya.

Meskipun begitu, bukan berarti Versi Android 8.0 maupun 8.1 menjadi Versi Android Terbaik Yang Paling Banyak Digunakan. Lho, kok bisa ?

Apa Versi Android Terbaik Yang Paling Banyak Digunakan Konsumen ?


Namun, sebagai pengguna smartphone Android, sudahkah Anda menikmati fitur-fitur yang ditawarkan versi terbarunya, Oreo 8.1? Kalau sudah, Anda termasuk dalam populasi yang amat langka. Pasalnya, berdasarkan data dari Google, per tanggal 5 Februari 2018 kemarin, baru ada 1,1% perangkat yang menjalankan Android Oreo (8.0 dan 8.1).

(sumber : https://tekno.kompas.com/read/2018/04/27/18170077/semua-android-baru-akan-berjalan-dengan-oreo-)

Lalu pertanyaannya, kalau bukan yang terbaru, apa versi Android terbaik yang paling banyak digunakan para pengguna smartphone ? Secara spesifikasi dan fitur-fitur terbaru yang canggih, Versi Android Oreo 8.0 dan Oreo 8.1 adalah versi android yang paling canggih di antara semua versi OS Android terbaru.

Tapi tidak serta merta Versi Android Oreo 8.0 dan 8.1 sebagai sasaran pilihan versi Android terbaik yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone karena kalah jauh dibandingkan Versi Android Nougat (7.0 dan 7.1), dengan total 28,5%.

Ini merupakan pertama kalinya Nougat menduduki posisi teratas sejak Google merilisnya sekitar satu setengah tahun yang lalu.

Di bawah Nougat, Marshmallow dan Lollipop rupanya masih memiliki porsi yang cukup besar, masing-masing dengan 28,1% dan 24,6%. Yang cukup mencengangkan, ternyata masih ada 0,3% konsumen yang menggunakan smartphone dengan OS Android Gingerbread, yang versi terakhirnya (2.3.7) dirilis lebih dari enam tahun yang lalu.

Sebagai perspektif, tingkat adopsi iOS 11 sudah mencapai angka 65% per 18 Januari kemarin berdasarkan data dari Apple, sedangkan iOS 10 28% dan sisa 7% untuk versi-versi yang lebih lawas lagi. Kendati demikian, ini tak bisa dijadikan perbandingan langsung mengingat semua perangkat yang menjalankan sistem operasi iOS dibuat oleh Apple sendiri, sedangkan mayoritas perangkat Android bukan berasal dari Google.

(sumber : https://dailysocial.id/post/per-februari-2018-nougat-adalah-versi-android-yang-paling-banyak-digunakan).

Dengan analisa di atas, berikut adalah versi android yang terbaik yang paling banyak digunakan.

Versi Android Terbaik Yang Paling Banyak Digunakan Di Smartphone

  1. Versi Android Nougat - 28,5 % (Versi 7.0 sebesar 22,3 %, dan Android Nougat 7.1 sebesar 6,2%)
  2. Versi Android Marshmallow - 28,1 %
  3. Versi Android Lollipop - 24,6% (Lollipop Versi 5.0 sebesar 5,4% dan Versi Lollipop 5.1 sebesar 19,2%)
  4. Versi Android Kitkat (12%)
  5. Versi Android Jelly Bean - 5% (Jelly Bean Versi 4.1.x sebesar 1,7 %, versi 4.2.x sebesar 2,6 %, versi 4.3 sebesar 0,7%)
Nah, anda sudah tahu versi OS Android terbaik yang paling banyak digunakan di smartphone. Lalu, apa smartphone terbaik yang menggunakan versi-versi OS Android terbaru, dan tertinggi sekarang ? 

Daftar Android Terbaik Smarpthone Menurut Android Authority

Android Authority melakukan pengujian terhadap sejumlah smartphone Android untuk mengetahui apa ponsel dengan OS Android terbaik saat ini. Pengujian dilakukan pada spesifikasi layar, audio, baterai, kamera, peforma, pengalaman pengguna (User Experience), dan harga. Dari sejumlah smartphone ber-OS Android terbaik, berikut ini adalah 
  1. BlackBerry KEYone Black Edition (menggunakan Android 7.1.1 Nougat).
  2. Google Pixel 2 XL (menggunakan versi android tertinggi Android 8.0 Oreo).
  3. Huawei Mate 10 Pro (Versi Android tertinggi sekarang, Android 8.0 Oreo).
  4. LG V30 (Android 8.0 Oreo)
  5. Lenovo Moto Z2 Force (Versi Android 7.1.1 Nougat).
  6. Nokia 8 (Android 7.1.1 Nougat).
  7. OnePlus 5T (Android 7.1.1 Nougat).
  8. Razer Phone (Android 7.1.1 Nougat, yang akan ditingkatkan dengan versi Android terbaru Oreo).
  9. Samsung Galaxy Note 8 (Versi Android tertinggi sekarang Android Oreo).
  10. Sony Xperia XZ1 (versi Android Oreo).

Daftar Android Terbaik Smartphone Menurut Top Ten Reviews

Dengan pengujian pada indikator yang hampir sama dengan Android Authority, Top Ten Reviews melakukan tes untuk mengetahui apa smartphone Android terbaik saat ini pada 29 smartphone android terbaik dan tercanggih. Berikut ini adalah 10 Android Terbaik Smartphone menurut Top Ten Reviews : 
  1. Samsung Galaxy S9 (Android 8.0 Oreo)
  2. Samsung Galaxy S9+ (Android 8.0 Oreo)
  3. Samsung Galaxy S8 (Android 7.0 Nougat)
  4. OnePlus 5T (Android 7.1.1 Nougat)
  5. OnePlus 3T (Android 6.0.1 Marhsmallow).
  6. Google Pixel (Android 7.0.1 Nougat).
  7. Google Pixel XL (Android 7.0.1 Nougat).
  8. Samsung Galaxy S8+ (Android 7.0 Nougat)
  9. Samsung Galaxy S7 (Android 6.0.1 Marshmallow)
  10. Nexus 6P (Android 6.0 Marshmallow). 
Dari 2 pengujian di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa jajaran Android terbaik saat ini adalah versi OS Android Nougat, diikuti versi Android Oreo (Versi Android tertinggi sekarang), dan versi OS Android 6.0 Marshmallow (Baca juga : HP Android Terbaru, Terbaik 2017-2018 Dan Awet, Tercanggih Di Dunia)


Baca Juga :


Nah, meskipun Android Marshmallow dan Android Nougat sudah kadung ditutup, kamu gak perlu kecil hati sob. Berarti selama ini kamu sudah menggunakan perangkat dengan Versi Android Terbaik Yang Paling Banyak Digunakan saat ini. Jadi jangan buru-buru ganti ke perangkat versi android terbaik kan, kalau smartphone dengan versi android yang sekarang kamu punya masih oke ? 
Labels: Android, Smartphone, Teknonews

Thanks for reading Mana Versi Android Terbaik Antara Android KitKat, LolliPop, Marhsmallow, Nougat, Hingga Oreo ? . Please share...!

1 Comment for "Mana Versi Android Terbaik Antara Android KitKat, LolliPop, Marhsmallow, Nougat, Hingga Oreo ? "

Terimakasih. Setelah membaca tentang operating sistem android saya menjadi lebih mengerti kelebihan dan kekuranga dari setiap versi OS Android. Apa lagi cara anda memberi uraian sangat bagus, lugas dan mudah di mengerti.��

Back To Top