12 Cara Jitu Menambah/Mempercepat Koneksi WiFi di Android

12 Tips Untuk Mempercepat Koneksi WiFi di Android - Internetan saat ini semakin mudah khususnya bagi pengguna perangkat Android, karena bisa terkoneksi secara otomatis dengan internet misalnya koneksi jaringan WiFi. Namun tidak jarang pengguna WiFi sering mengalami lemot saat main game online, download video terasa lama, hingga bertransaksi online sering gagal lewat perangkat Androidnya. Ada banyak trik untuk mempercepat koneksi internet, tapi tidak semuanya benar-benar bisa meningkatkan sinyal WiFi di smartphone Androidnya. Kali ini TeknoPlug akan beberkan tips trik ampuh yang paling jitu menambah kecepatan internet WiFi di Android.

cara mempercepat koneksi internet

Ketahui Berapa Kecepatan Koneksi Wifi di Perangkat Android

Sebelum melakukan langkah-langkah untuk mempercepat akses WiFi di Android, ada baiknya kamu terlebih dahulu mengecek kecepatan WiFi yang diakses oleh perangkatmu. Kamu bisa melakukan cara mengecek kecepatan akses internet dari provider antara lain dengan melakukan tes kecepatan internet wifi/android di website.

Cara Menambah Kecepatan Internet WiFi di Ponsel Android


Ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet baik di Android maupun perangkat komputer lainnya. Kamu bisa saja melakukan banyak trik untuk mempercepat internet WiFi di Android, tapi akan percuma kalau kamu tidak tahu apa penyebab lemotnya jaringan WiFi yang diakses oleh perangkatmu (baca artikel Penyebab Internet Lemot).

Baca Juga :


1. Ketahui Ketersediaan Jalur dan Titik Akses ISP Untuk Mendapatkan Kecepatan WiFi Yang Diinginkan di Android

Ketersediaan jalur akses internet beserta infrastrukturnya dan teknologi yang digunakan oleh provider sangat berpengaruh terhadap akses internet. Oleh karena, sebelum mengeluh karena akses internet lambat cari tahu dulu apakah jalur dan jaringan internet cepat seperti Wifi dan 4G LTE sudah tersedia di wilayah domisili kamu.

Dengan mendapatkan informasi tersebut, kamu bisa memilih paket internet dari perusahaan penyedia jasa internet seluler sudah memiliki infrastruktur dan sarana prasarana pendukung layanan internet tersebut.

2. Berlangganan Paket Internet WiFi Dari ISP Yang Terpercaya

Berlangganan paket WiFi dari ISP yang terpercaya adalah strategi yang cukup oke agar bisa menikmati kecepatan WiFi yang maksimal di Android.

Dengan berlangganan WiFi dari provider, kamu bisa menambah kecepatan koneksi Wifi yang bisa diakses di Android sesuai kebutuhan.

Kalau kamu mengidam-idamkan internet lancar untuk download game, atau buat download aplikasi-aplikasi berat favoritmu, ada banyak ISP (Internet Service Provider) WiFi dengan kecepatan tinggi dan unlimited. Misalnya paket Wifi Telkom Indihome, paket 10 Mbps saja sudah sangat kencang apalagi kalau lebih dari itu. Ada juga paket WiFi dari First Media.

(Baca Juga : Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Pelanggan Telkomsel/Indosat/3)

3. Gunakan Perangkat Android Yang Spesifikasinya Memadai Untuk Mempercepat Akses WiFi di Android

Trik untuk menambah kecepatan WiFi di Android berikutya adalah menggunakan perangkat yang speknya sudah mumpuni. Tapi pastikan dulu point nomor 1, apakah jaringan Wifi serta LTE sudah tersedia di area anda.

Secara tidak langsung, internetan lewat perangkat Android dengan spesifikasi mumpuni bisa menambah kecepatan koneksi Wifi di Android, khususnya pada teknologi jaringan yang tersedia di ponsel. Bila masih menggunakan ponsel dengan teknologi jaringan EDGE, atau 2G, bisa dipastikan kamu tidak akan bisa memperoleh kecepatan internet yang kamu harapkan.

Bila jaringan internet cepat 3G atau 4g LTE sudah tersedia, maka untuk mendapatkan kecepatan akses internet di android secara maksimal gunakan gadget dengan spek berikut ini :
  • RAM besar, minimal 2 Gb ke atas. 
  • Memori penyimpanan internal (internal memory/ROM) besar. Biasanya sejumlah produsen perangkat mobile menyiapkan memori internal 8 Gb. Tapi gunakan yang lebih besar lagi, misalnya 16 Gb. Untuk memori eksternal bisa menggunakan 32 Gb ke atas. 
  • CPU Prosesor hp tercepat dan GPU terbaik. Prosesor CPU dan GPU terbaik adalah yang memiliki core banyak dan kecepatannya tinggi  (Baca juga : Daftar Urutan Prosesor HP Tercepat GPU Terbaik)
Secepat apapun koneksi internet yang tersedia dan sebanyak apapun kuota internet yang dimiliki, bila speknya tidak mendukung maka kecepatan akses internet yang maksimal tidak akan pernah didapatkan.

4. Gunakan Versi OS Terbaru Agar Bisa Mempercepat Koneksi Internet Wifi Android

Cara biar internet cepat selama mengakses internet WiFi adalah menggunakan smartphone versi OS terbaru. Sistem operasi (OS) adalah sebuah software yang menjadi salah satu aspek yang memungkinkan perangkat komputer bisa menjalankan dan mengoperasikan sistem dalam perangkat komputer.

Smartphone terbaru dan tercanggih saat ini sudah bisa mengakses internet cepat dengan kecepatan maksimal selama menggunakan sistem operasi yang support jaringan internet. Pengguna internet sekarang bisa mengoperasikan banyak aplikasi di smartphone yang berplatform Android, iOs, maupun Windows Mobile.

Untuk menambah kecepatan WiFi di Android bisa dikatakan sangat tergantung dengan OS yang terdapat dalam ponsel. Semakin tinggi versinya, semakin canggih fiturnya, dan akan semakin baik performanya untuk mengelola sistem jaringan internet dalam perangkat. Setiap versi updatenya menghadirkan performa untuk mengelola data internet yang berbeda-beda. Memaksakan browsing atau main game online via laptop yang OS nya jadul bisa membuat laptop jadi hang. Kamu bisa saja mengatasi laptop lemot saat internetan, tapi melihat perkembangan teknologi terkini akan sangat naif kalau kamu terus mempertahankan menggunakan laptop yang OS-nya lawas.

Android adalah sebuah sistem operasi berbasis Linux yang dikelola oleh Google. Android hanya bisa digunakan oleh pengguna bila ada koneksi internet. Versi Android sangat mempengaruhi cepat atau lambatnya pengoperasian aplikasi-aplikasi di smartphone. Versi Android terbaru seperti Android 7.1.1 sampai Android 8.0 Oreo jelas lebih mumpuni kemampuan aksesnya dibandingkan Android Jelly Bean dan KitKat. Cara agar internet cepat di Android juga bisa dilakukan dengan meng-upgrade OS versi ter-update secara online atau pergi ke counter hp terdekat (Baca Juga : Versi Android Terbaik Saat Ini).

5. Gunakan Aplikasi Seperlunya di Perangkat 

Selanjutnya, kamu juga bisa mempercepat koneksi Wifi di Android menggunakan softeware. Aplikasi dan software saat ini melimpah ruah di internet dan dengan mudahnya bisa dipasang di laptop maupun smarpthone. Mulai dari software desain grafis online untuk PC/Laptop, hingga aplikasi Online Shop Android terbaru bisa ditemukan. Tapi pesan TeknoPlug, bijaklah memasang aplikasi di perangkat.

Supaya akses internet bisa dinikmati dengan lancar tanpa lemot, cara mempercepat koneksi internet di Android dapat dilakukan dengan download dan pasang aplikasi seperlunya. Terlalu banyak memasang aplikasi di PC maupun Android justru memperlambat performa perangkat, karena sejumlah memori terpakai dan bandwidth juga terkuras sehingga memperlambat koneksi internet saat browsing.

6. Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan 

Cara mempercepat koneksi WiFi di Android juga bisa dilakukan dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan. Apabila seorang pengguna perangkat sedang membuka aplikasi banyak aplikasi yang tidak berguna justru akan membuat internet lambat karena bandwidth akan terpakai oleh semua aplikasi online tersebut, alias bandwidth-nya terbagi.

Bandwidth yang terbagi bukannya membantu mempercepat koneksi internet android, tapi akan menghabiskan kuota internet. Selain membuat koneksi menjadi lambat, aplikasi yang dibuka dalam jumlah banyak akan membuat performa gadget jadi menurun. Cara mempercepat koneksi internet wifi di perangkat PC juga bisa diterapkan mengikuti trik ini.

7. Pasang Browser Tercepat Yang Ringan dan Bebas Iklan Untuk Membantu Menambah Kecepatan WiFi di Android

Trik mempercepat koneksi internet Wifi Android berikutnya yaitu menggunakan browser terbaik, ringan dan kompatibel. Saat ini sejumlah produsen software dan pihak ketiga berlomba-lomba membuat aplikasi web browser support internet cepat dan kompatibel dengan versi android. Browser paling recommended adalah Google Chrome, Mozilla, Opera, Maxthon, Safari, dan Yandex.

Salah satu fitur pendukung internet cepat di browser adalah adanya aplikasi pemblokir pop up (iklan dan lainnya). Fitur lainnya adalah tersedianya multi tab. Menggunakan browser Android terbaik sangat disarankan agar lebih meningkatkan sinyal wifi yang tidak stabil dan sering putus di perangkat Android.

Menutup tab browser yang tidak digunakan bisa membuat OS dan sistem berikut memori bisa agak longgar. Ketika beban kerjanya agak leluasa akan sangat membantu membantu mengatasi koneksi internet lambat. Membuka tab dalam jumlah banyak justru akan jadi penyebab laptop lemot, dimana performa perangkat laptop maupun smartphone saat internetan jadi lambat karena bandwidth dan memori terpakai oleh tab yang sedang terbuka. Selain Telkomsel, cara mempercepat koneksi internet indosat dan 3 juga bisa meniru trik ini

(Baca Juga : Browser Terbaik, Tercepat Di Dunia 2017/2018).

8. Gunakan Perangkat Yang Support Teknologi Jaringan Saat Ini 

Cara lain mempercepat koneksi Wifi Android yang lemot yaitu dengan mengakses internet lewat perangkat yang sudah support teknologi jaringan terbaru.

Kalau kamu biasanya menggunakan laptop/PC yang belum support teknologi jaringan terkini, maka sudah saatnya kamu mempertimbangkan untuk beli laptop yang lebih bagus. Kamu mesti memilih laptop yang bagus untuk main game online, atau untuk belanja online yang sudah punya fitur-fitur dan pengaturan yang lebih canggih agar terkoneksi dengan jaringan internet yang ada sehingga internetan jadi kencang.

Bagaimana dengan pengguna internet lewat smartphone yang cuma support EDGE, 2G, dan 3G ? Cara agar koneksi internet stabil di android maka gunakan perangkat HP android yang sudah support jaringan 4G. Trik menggunakan HP support 4G merupakan langkah tepat mempercepat koneksi internet di perangkat android. Namun pastikan dulu jaringan internet cepat sudah tersedia (lihat point satu di atas).

Bila masih menggunakan hp yang cuma support 3G ke bawah (GPRS, EDGE dan 2G) masih bisa diakali dengan melakukan pengaturan. Trik mempercepat koneksi internet di android dilakukan dengan mengubah atau mengganti settingan internet di gadget tersebut.

Bagaimana cara mengubah hp 3g menjadi 4g di android ? Caranya cukup mudah.
  • Masuklah melalui pilihan Options atau Pengaturan di smartphone android. 
  • Lalu pilih pengaturan "4G Only" atau "LTE Only" (masing-masing gadget memiliki kalimat pengaturan berbeda-beda. ). 
  • Jangan pilih "WCDMA/CDMA/GPRS". Bila memilih opsi itu justru bukan mempercepat koneksi internet.

Meskipun kekurangan smartphone bisa diakali melalui trik mengubah hp 3G agar menjadi 4G, tapi perlu diingat bahwa teknologi terus mengalami perkembangan. Oleh karena itu pertimbangkan untuk membeli hp yang sudah menggunakan teknologi visioner sehingga kapan saja terjadi perubahan dan perkembangan teknologi jaringan bisa diantisipasi.

9. Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi Dengan Membersihkan Cache, dan Junk Files di PC dan HP


Solusi lain untuk mempercepat koneksi internet di hp android adalah membersihkan cache, file sampah (junk files) dan riwayat penelusuran. Penumpukan cache dan file sampah (temporary files) hasil browsing menyebabkan peramban menjadi lambat dan berdampak pada aktivitas online lainnya menjadi lemot.

10. Bersihkan Virus Untuk Mempercepat Koneksi Internet 

Solusi selanjutnya untuk mempercepat koneksi Wifi yang lemot di Android adalah dengan membersihkan virus. Virus bisa menyerang sebuah perangkat kapan saja dan dengan cara apa saja. Salah satu jalan masuknya virus adalah aktifitas online melalui peramban. Virus dapat menyebabkan sejumlah fitur tidak berfungsi dan fatalnya merusak perangkat.

Melakukan pembersihan virus merupakan cara mempercepat koneksi internet selular yang cukup penting. Mengapa ? Karena virus dan malware bisa menganggu kinerja sistem operasi. Bila dibiarkan, proses menjalankan operasi perangkat dan transfer data internet akan sangat lambat, bahkan berakibat fatal.

11. Gunakan Pengaturan User Agent 

Trik mempercepat akses internet di android berikutnya yaitu melakukan setting pada user agent. Sejumlah situs saat ini sudah dimodifikasi versi mobile. Bila membuka situs-situs yang sudah versi mobile namun pada perangkat mobile masih settingan default (tampilan desktop) menyebabkan internetan menjadi lemot.

12. Pastikan Anda Sudah Bayar Paket Internet

Hayo ngaku, siapa yang sering ngamuk-ngamuk karena internetan wifi lemot gara-gara belum bayar paket internet ? Bukan cuma lemot bo, tapi bisa dipastikan paket internet Wifi diputus karena belum bayar. Lha namanya juga langganan paket bulanan, ya harus bayar dong tiap bulan. Yang pastinya bikin geli adalah mau main game Android online di hp tapi gak punya pulsa internet. Aneh kan ?

Baca Juga :


Nah sob, itulah tips dan Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi, dan Android di Perangkatmu. Yang pastinya, gunakanlah internet secara bijak dan bermanfaat. Jangan main game online melulu dong kalau lagi ujian semester.
Labels: Internet, Trik Internet

Thanks for reading 12 Cara Jitu Menambah/Mempercepat Koneksi WiFi di Android. Please share...!

1 Comment for "12 Cara Jitu Menambah/Mempercepat Koneksi WiFi di Android"

kalau mau percepat wifi di android, sebaiknya gunakan ponsel android yang udah os terbaru. biasanya kalo OS android yang baru lebih canggih, lebih terupdate

Back To Top